Home Penyakit dan KelainanBatuk 21 Ciri ciri Penyakit Batuk yang Berbahaya Wajib Diwaspadai

21 Ciri ciri Penyakit Batuk yang Berbahaya Wajib Diwaspadai

by Lia Yuliana

Penyakit batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dialami oleh masyarakat indonesia. Baik dialami oleh bayi, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang tua. Penyakit batuk ini disebabkan karena adanya virus yang menyerang tubuh kita. Penyakiy batuk terbagi menjadi beberapa golongan yaitu penyakit batuk yang ringan, dan penyakit batuk yang berbahaya. Penyakit batuk yang berbahaya jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan seseirang mengalami kematian. Untuk itu anda perlu mengetahui apa saa ciri ciri dari penyakit batuk yang berbahaya. Adapun ciri ciri dari penyakit batuk yang berbahaya adalah sebagai berikut.

Ciri ciri penyakit batuk yang berbahaya

1. Berlangsung selam 3 minggu tak kunjung sembuh

Tahukah anda salah satu ciri dari batu yang abda alami berbahaya atai tidak adalah dilihat dari lamanya batuk tersebut berlangsung. Jika batuk tersebut berlangsung secara terus menerus dan tidak kunjung sembih anda perlu waspada karena batu trrsebut bisa saja menjadi salah satu ciri dari seseorang yang mengalami batuk berbahaya.

2. Hidung meler dan tersumbat tak kunjung sembuh

Pada kasus tertentu batuk juga akan disertai denngan hidung meler ataupin hidung tersumbat.  Jika anda mengalami hal tersebut dan hidung meler atau tersumbat tifak kunnung sembuh anda perlu waspada. Hal ini disebabkan karena hidung meler dan trrsumbat yang tidak kunjung sembuh merupakan salah satu viri dari seseorang yang mengalami penyakit batuk berbahaya. Untuk itu anda perlu memeriksakannya kedokters segera.

3. Mengalami sesak nafas

Jika anda mengalami batuk yang disertai dengan sesak nafas, dan hal ini tidak hanya terjadi sekali dua kali, namun terjadi secara berulang ulang anbda petlu waspada. Sebab batuk yang disertai dengan sesak nafas merupakan salah satu ciri dari batuk yang berbahaya, segera tanyakan pada dokter trrdekat anda.

4. Mengalami demam berkepanjangan

Mengalami demam tinggi dan berkepanjangan, serta diikuti batuk yang trris meberus baik pada pagi hari ataupun terjadi pada malam hari adalah merupakan salah satu ciri dari seseorang yang mengalami batuk berbahaya.

5. Mual dan muntah

Mengalami mual dan muntah dapat menjadi gejala dari barbagai macam penyakit. Mual dan muntah merupakan respon tubuh karena didalam tubuh sedang tidak beres. Namun tahulan anda bahwa mengalami mual dan muntah secara terus menerus juga dapat menjadi salah satu ciri ketika seseorang mengalami batuk yang berbahaya. Untuk itu segera lakukanlah pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

6. Sakit kepala berlebihan

Tidak hanya rasa mual dan muntah yang dalat dijadikan menjadi cori seseorang mengalami penyakit batuk yang berbahaya, pada kenyataannya jika seseorang sering mengalami sakit kepala yang berlebih dan tak kunjung sembuh dan disertai dengan batuk dapat menjadi salah satu ciri dari seseorang yang mengalami batuk berbahaya. 

7. Batuk berdarah

Ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk yang tidak berdahak. dalam kasusu tertentu batuk berdahak yang semakin parah ataupun batuk berdahak yang berbahaya akan menganti dahak tersebut menjadi darah. Ketika anda mengalami batuk berdarah segeralah konsltasikan pada dokter anda.  Ketika anda mengalami batuk berdarah untuk mempermudah dalam menyembuhkan batuk berdarah maka perlu mengetahui penyebab batuk berdarah dan ketahui lah pula bahaya batuk berdarah. Mengatahui penyebab batuk berdarah ini akan mempermudahkan dalam menyembuhkan batuk berdarah.

8. Penurunan berat badan

Mengalami penurunan berat badan juga mejadi salah satu ciri dari seseorang yang mengalami batuk berbahaya. Mengalami penurunan berat badan juga menjafi salah satu ciri dari seseorang yang mengalami penyakit tipus yang sudah parah. 

9. Kelelahan yang berlebih

Seseorang yang mengalami penyakit batuk berbahaya ini disebabkan karena adanya virus yang menyetabg tubuh anda. Untuk itu mengalami penyakit batuk yang berbahaya dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan yang berlebih. Cepat lelah atau mengalami kelelahan yang berlebih ini tentu perlu di waspadai. Biasanya seorang yang sering cepat lelah mereka memiliki daya tahan tubuh yang sedikit. Pada intinya sistem metabolisme atau kesehatan metabolisme tubuhnya bbelum terbangun dengan baik.

Selain mengkonsumsi obat batuk anda juga dapatvmebgkonsumsi obat obatan yabg dapat dogunakan untuk menyembuhkan atau memulihkan tubub agarvtidak mebgalami kelelahan dan rasa lesu yang berlebih.

10. Mulas

Jika anda mengalami baguk disertai dengan rasa mulas yang tidak kunjung sembuh anda perlu waspada sebab mengalami batuk dan mengalami mulas yang berlebih dan tak kinjing sembuh dapat menjadi salah satu ciri bahwa batuk yang anda alami adalah batuk yang berbahaya. Segeralah konsultasikan kepada dokter yang anda percaya dan lakukanlah pemeriksaan medis agar anda segera mengetahui penyakit apa yang sedang anda derita.

11. Rasa pahit atau asam dimulut

Merasakan pahit atau asam pada lidah biasa trrjadinpada seaeorang yang mengalami batuk atau seseorang yang mengalami batuk jarena adanya infeksi pada paru paru. Jika anda mengalami lidah atau mulut yang pahit dan tidak kunjung hilang anda perlu memeriksakan ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang sedang anda derita.

12. Disertai muntah dan sesak nafas

Penyakit batuk yabg tak kunjung sembuh dan diaertai denngan muntah atau sesak nafas secara terus menerus merupakan salah satu ciri dari seseorang yang mengalami penyakit batuk berbahaya. Untuk itu lakukanlah penanganan dan pengobatan dengan segera agar anda tidak mengalami hal hal yang tidak diinginkan.

13. Batuk disertai dengan sakit maag

Penyakit batuk yang disertai maa, merupakan salah satu ciri seseorang mengalami penyakit batuk yang berbahaya. Hal ini disebabkan karena ditakutkan terjadinya jomplikasi oada tubuh anda. Segera lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut apakah hal yang anda derita merupakan ciri dari seseorang yang mengalami batuk berbahaya. Banyak gejala yang ditimbulkan seseorang yang menderita penyakit maag. Beberapa gejala penyakit maag yang juga perlu diwaspadai seperti nyeri pada perut, dan perut terasa panas. Hal ini bisa menandakan bahwa terjadinya  bahaya asam lambung naik

14. Batuk yang disertai dengan mengigil

Batuk secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh, serta aering mengalami mengingil oada malam hari ataupun pada pagi dan siang hari dapat menjadi salah satu ciri bahwa batuk yang anda alami adalah batuk berbahaya.

15. Batuk yang disertai dengan mimisan

Selain batuk yabg disertai mengigil batuk yabg disertai mimisan juga merulakan salah satu ciri jika seseorang mengalami batuk berbahaya. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter kepercayaan anda atau doktrr terdekat jika hal tersebut sering terjadi. 

16. Merasakan nyeri pada dada

Jika batuk disertai degan nyeri pada dada tentu perlu diwaspadai karena hal ini merupakan ciri-ciri batuk berbahaya. Nyeri pada dada dan batuk ini biasanya timbul karena adanya alergi atau virus yang menyerang bagian dada. Sehingga menyebabkan sesak nafas dan rasa nyeri yang timbul pada bagian dada.  Jika nyeri ini terlalu sering timbul maka segera periksakan ke dokter. Bisa jadi batuk tersebut merupakan batuk berbahaya yang harus segera ditangani dengan baik.

Itulah beberapa ciri dari seaeorang yang mebgalami batuk berbahay. Namun masih ada beberapa ciri lagi batuk berbahaya yang dapat anda ketahui. Adapun beberapa ciri dari batuk berbahaya yang dapat anda ketahui adalah sebagai berikut.

17. Dada terasa terbakar

18. Batuk disertai dengan flu

19. Batuk pada malam hari secara terus menerus

20. Batuk yang timbul setelah konsumsi obat

21. Batuk disertai banyak dahak

Itulah 21 ciri seseorang mengalami penyakit batuk yang berbahaya. Semoga dengan adanya artikel ini anda dapat lebih waspada jika anda mengalami batuk, dan tidak mengabaikan batuk yang anda derita. Perhatikan ciri ciri batuk betbahaya diatas agar lebyakit batuk tidak membahayakan nyawa anda.

You may also like