Pahami Gejala Awal ini ! Berarti Anda Mengidap Penyakit Bau Mulut

985

Yang dimaksud dengan Halitosis dalam dunia medis adalah sebuah kondisi buruk dimana seseorang mengidap penyakit aroma nafas kurang sedap. Pada masyarakat luas, aroma nafas tak sedap ini dikenal dengan istilah umum yaitu bau mulut. Cukup sering dialami oleh banyak orang terutama kelompok orang dewasa.

Dilihat dari tingkat penyakit terparah, Halitosis dianggap sebagai penyakit yang memalukan sehingga wajib segera diobati karena jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan rasa percaya diri anda di depan umum menjadi turun dan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Nah dalam dunia medis, penyakit bau mulut terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu pertama adalah bau mulut karena hal wajar – wajar saja / biasa dan bau mulut karena tidak wajar alias diduga karena ada penyakit tertentu dari dalam tubuh. Bau mulut yang wajar contohnya adalah aroma nafas anda kurang sedap pada waktu bangun di pagi hari atau ketika anda sedang melakukan puasa. Bau mulut karena penyakit pada umumnya erat kaitannya dengan gangguan kesehatan yang serius.

Ketahui Penyebab Munculnya Halitosis

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya penyakit ini diantaranya adalah sebagai berikut, tersebut di bawah ini :

  • Kondisi mulut kurang bersih, dimana masih banyak ada sisa –sisa makanan dan hal ini sangat disukai oleh bakteri jahat di dalam mulut atau pada permukaan lidah yang memicu munculnya bau tak sedap pada mulut. Sisa – sisa makanan yang menyangkut di sela – sela gigi dan merembet ke gusi atau lidah menyebabkan munculnya kondisi gingivitis / radang gusi sehingga beberapa gigi menjadi berlubang. Dari sinilah muncul bau mulut yang menyengat dan rasa pahit serta kering di dalam mulut anda.
  • Kurang bersih dalam mencuci gigi tiruan anda. Dimana kondisi ini akan menyebabkan sisa – sisa makanan menumpuk dan memicu bakteri jahat hidup subur pada permukaan gigi tiruan. Selanjutnya adalah muncul aroma mulut tak sedap yang kadang – kadang disertai penyakit gusi / jaringan Periodontal / pembengkakan terhadap jaringan penyangga gigi yang memicu munculnya penyakit gusi.
  • Rentan terserang penyakit sistemik dimana gejala awal adalah bau mulut yang menyengat sebagai tanda bahwa anda mengidap penyakit tertentu contohnya gangguan pencernaan, infeksi saluran pernafasan, diabetes, atau penyakit hati.
  • Kondisi mulut anda mulai terasa kering, dalam dunia medis dikenal dengan istilah Xerostomia dimana akan semakin parah jika didukung oleh pengaplikasian obat – obatan tertentu seperti obat tekanan darah tinggi dan depresi. Xerostomia dapat juga terjadi karena adanya kelainan kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun.
  • Kebiasaan merokok berlebihan atau bernafas lebih suka melalui lubang mulut akan menyebabkan mulut anda cenderung mudah kering.

Gejala – Gejala Awal Yang Diperlihatkan

Sangat mudah untuk mengenali gejala dasar terjadinya Halitosis seperti tersebut di bawah ini :

  • Aroma nafas tak sedap tercium dari mulut anda.
  • Mulut mulai terasa kering dan pahit menelan.
  • Pada permukaan lidah terdapat lapisan menumpuk berwarna putih yang sangat disukai oleh bakteri jahat untuk berkembang.

Melakukan Diagnosis

Diagnosis terhadap penyakit bau mulut pada umumnya wajib melakukan rangkaian pemeriksaan berupa wawancara disertai check up fisik secara menyeluruh terhadap gigi dan rongga mulut dilanjutkan dengan pemeriksaan pada area tenggorokan dan hidung apakah terdapat luka – luka yang cukup parah. Apabila tim dokter mencurigai bahwa anda terserang penyakit yang bersifat “sistemik” maka wajib mengikuti pemeriksaan pendukung yang lainnya seperti tersebut di bawah ini yang kami rangkum dari berbagai sumber berita :

  • Endoskopi
  • Rontgen perut
  • Rontgen dada

Pencegahan Dan Pengobatan Wajib Segera Dilakukan

Penyakit bau mulut atau Halitosis biasa muncul disebabkan oleh hal – hal yang wajar – wajar saja seperti ketika anda baru bangun tidur maka mulut dan nafas akan mengeluarkan aroma tak sedap, segera atasi dengan cara sikat gigi. Untuk Halitosis disebabkan karena penyakit atau hal – hal yang tidak wajar maka membutuhkan pengobatan dari dokter.

Di bawah ini kami berikan beberapa cara termudah bagi orang awam yang mesti segera dilakukan guna mengatasi masalah Halitosis :

  • Sehari anda wajib sikat gigi dua kali yaitu pada waktu pagi hari usai anda melakukan sarapan pagi dan menjelang tidur pada waktu malam hari.
  • Usia sikat gigi yang dapat disimpan adalah 3 s/d 4 bulan. Ganti dengan segera sikat gigi anda jika dirasa sudah tidak nyaman saat digunakan untuk menyikat gigi.
  • Sikat gigi secara teratur setiap hari disertai dengan pembersihan pada bagian permukaan lidah secara teratur. Gunakan sikat gigi lembut atau dalam istilah medis dikenal dengan nama tongue cleaner.
  • Penting untuk melakukan flossing yaitu sekali sehari guna menghilangkan plak dan sisa – sisa makanan yang tersangkut diantara celah – celah gigi atau aplikasikan mouthwash yang bermanfaat seperti sikat gigi namun jangkauannya mampu membersihkan area paling sulit di mulut.
  • Pengaplikasian obat – obatan kumur / mouthwash antibakteri membantu pertumbuhan bakteri di dalam mulut berkurang, misalnya adalah obat kumur yang mengandung zat Chlorhexidine namun sebelumnya anda wajib konsultasi dengan dokter tentang apakah obat kumur yang akan dipilih aman dilakukan dalam jangka panjang atau justru dapat menimbulkan masalah baru.
  • Scaling wajib dilakukan yaitu karang gigi harus dibersihkan secara rutin beberapa bulan sekali dan sigap jika ketahuan ada gigi yang berlubang harus segera ditambal.
  • Merokok atau penggunaan produk – produk berbahan dasar dari tembakau sangat rentan menyebabkan gigi anda mudah rusak. Kurangi hobi buruk anda ini dan yang banyak minum air putih guna menjaga keseimbangan kelembaban pada rongga mulut atau anda dapat mengkonsumsi permen karet tanpa gula yang bermanfaat untuk merangsang air liur menjadi lebih banyak sehingga membantu membersihkan sisa – sisa makanan yang disenangi oleh bakteri.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan yang sehat dengan menghindari makanan / minuman memicu munculnya bau mulut. Bagi yang memakai gigi palsu maka menjelang tidur di malam hari harus melepaskan gigi – gigi palsu tersebut.
  • Secara teratur kunjungi dokter gigi anda masing – masing setiap 6 bualn sekali guna mengadakan check up rutin disertai pembersihan.

Demikian kami menjelaskan semoga saja bermanfaat !