17 Gejala TBC paru Yang Paling sering Terjadi

3538

Penyakit TBC, apasih sebenarnya TBC itu. TBC merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi ini tentu disebabkan karena bakteri dan mikroba yang menempel pada pagian pernafasan. Bakteri itu biasanya adalah mikobakterium tuberkolosa. Biasanya paru-paru menjadi tenpat yang diserang oleh bakteri ini. Itu sebabnya terjadilah TBC paru. Karena TBC menyerang pada paru-paru Penyakit yang satu ini biasanya  tidak memperlihatkan beberapa gejala yang khas layaknya penyakit lainnya. Biasanya penyakit tbc ini hanya seperti panyakit batuk biasanya.

Jadi terkadang tidak bisa dilihat dengan pasti apakah itu tbc ataukah hanya batuk biasa. Tapi perlu diperhatikan bahwasannya ternyat penyakit TBC tetap ada saja bedanya dengan batuk yang lain. Terkadang hal-hal ini tidak terlalu diperhatikan oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak yang juga mengabaikan hal tersebut. Sejatinya hal-hal yang menjadi gejala TBC ini hampir sama dengan batuk biasa tetapi tetap saja berbeda.  TBC memiliki beberapa gejala, adapun gejala dari TBC itu sendiri adalah

  1. demam

sudah menjadi hal yang normal ketika batuk disertai dengan demam, batuk biasa pun disertai dengan demam. Pada dasarnya demam yang dialami oleh TBC ini berbeda dengan demam pada batuk biasa, ketika TBC demam yang dirasakan ini hampir sama dengan gejala demam tifus. Sehingga demam yang dirasakan kadang naik dan kadang turun begitu seterusnya sampai pada demam menjadi sangat panas dan semakin lama akan semakin berkurang tetapi kadang kembali lagi panas tinggi dan kemudian kembali lagi turun seperti itu seterusnya. Untuk itu jika demam yang dirasakan seperti itu alangkah baiknya segera diperiksakan, karena TBC ini dapat menular dengan sangat cepat.

  1. Nafsu makan berkurang

Seperti biasa orang yang sakit pasti akan mengalami rasa tidak enak ketika makan, entah lidah terlalu pahit atau pun makanan yang dirasa tidak sedap, hal itu sangat mempengaruhi seseorang ketika ingin mengkonsumsi makanan. Untuk itu mengapa bisanya seorang yang sakit cenderung diberikan makanan yang enak dan makanan yang ia sukai. Hal ini bertujuan agar anak dapat makan dengan banyak sehingga akan membatu percepatan dalam proses penyembuhan. Memang hal itu sangat baik, namun perlu diperhatikan pula bahwasannya makanan yang disukai itu tidak semuanya baik, ada kalanya makanan yang disukai anak yang sakit itu malah tidak sehat untuk tubuh. Maka dari itu usahakan memilih dan memilah makanan yang memang cocok dan baik untuk kesembuhan anak. Seperti  :

  1. Berat badan menurun

Berat badan menurun disebabkan karena nafsu makan berkurang sehingga asupan makanna tidak dapat tercukupi akibatnya tubuh menjadi lelah dan berat badan menjadi turun.Hal ini disebabkan karena tidak ada Makanan yang mengandung karbohidrat yang dikonsumsi sehingga badan terasa sangat kurus, meskipun pada dasarnya makanan mengandung karbohidrat ini menyebabkan ngantuk, tetappi makanan ini juga diperlukan untuk melengkapi kebutuhan asupan dalam tubuh.

Oleh sebab itu sangat dibutuhkan makanan karbohidrat ini. Namun selain mengkonsumsi makanan karbohidrat  makanna seperti makanan yang mengandung serat , buah buahan yang segar-segar itu pun dibutuhkan untuk menjaga kesehtan dan berat badan pada tubuh agar tetap ideal.

  1. Batuk berdarah

Batuk yang diderita tidak hanya batuk biasa, batuk TBC paru ini biasanya disertai dengan keluarnya darah pada saat batuk. Keluarnya darah pada saat batuk ini mengakibatkan dada menjadi sakit dan sesak. Hal ini dikarenakan ada bagian yang luka pada dada sehingga dada menjadi terluka dan mengeluarkan darah ketika batuk. Tentunya hal ini dikarenakan adanya bakteri penyebab TBC yang membuat fungsi pada bagian pernafasan menjadi abnormal.

  1. Batuk lama

Selain batuk berdarah, pada penderita TBC paru ini akan mengalami batuk yang cenderung lama, tentu batuk itu akan dialami lebih dari 3 minggu, jika batuk kurang dari tiga minggu, itu biasanya masih tergolong pada batuk biasa, namun jika batuk sudah lebih dari 3 minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Tentu hal ini sudah harus diwaspadai karena hal tersebut bisa jadi menandakan bahwa batuk itu adalah batuk dari TBC.

  1. sakit kepala

sakit kepala akan kerap terjadi ketika sedang sakit, karena ada beberapa syaraf yang tertekan oleh bakteri sehingga menyebabkan syaraf-syaraf menajdi tertekan, begitu pula dengan syafat bagian kepala, sehingga menyebabkan sakit pada kepala. Sakit ini bisa berakibat kepala menjadi berat sehingga susah beraktivitas. Bawaannya merasa ingin terus terusan tidur.

  1. Sakit dada

Pada saat menderita TBC paru, dada akan terasa sakit, sakit pada dada inilah yang menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat, selian itu sakit pada dada ini membuat penderita merasa sesak nafas, selain itu sakit pada dada ini salah satu penyebab batuk mnejadi berdarah. Sakit pada dada ini dapat diatasi dengan melakukan perenggangan pada otot-otot dada, jangan hanya didiamkan saja, karena sakit dada jika hanya didiamkan saja lama kelamaan akna semakin parah dan akan semakin menjadi untuk itu agar dada mudah sembuh segerala lakukan perenggangan pada dada. Selain itu konsumsilah makanna-makanan yang sehat yang baik untuk dada sehingga dada akan merasa lebih reda.

  1. sesak nafas

penyebab dari sesak nafas itu sendiri adalah bakteri yang menyerang paru sehingga dada menjadi sesak, atau sesak nafas. Dada terasa sakit ini pun mnejadi penyebab terjadinya sesak nafas, oleh sebab itu lebih baik belajarlah untuk mengatur nafas sendiri agar ketika nafas mulai sesak dapat mengaturnya dengan baik.Hal tersebut dapat dipelajari dari cara mengatur pernafasan ketika sedang sesak nafas, seperti angkat tangan lallu bernafas dan sebagainya. Selain itu ketika sesak nafas jangan manja hanya diam saja di rumah atau tidur dikamar, usahakan jalan-jalan untuk menghirup udara yang segar agar bakteri penyebab TBC itu dapat dimusnahkan dan dapat sembuh TBC nya. Karena dengan oksigen yang cukup tentunya dengan oksigen yang bersih ini akan membantu mengurangi sesak nafas. Seperti layaknya orang yang sesak nafas akan dibawa kepantai untuk mengobati sesak nafasnya. Begitu pula cara menagani sesak nafas pada penderita TBC ini.

  1. Keluar nanah

Nanah yang keluar ini disebabkan karena adanya infeksi tulang, infeksi tulang inilah yang menyebabkan keluarnya nanah dari tubuh. Hal ini tentu sudah menjadi hal yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai agar tidak mudah tertular, karena nanah yang dikeluarkan itu pun dapat menular pada penderita lainnya.

  1. Kejang-kejang

Gejala lainnya adalah kejang-kejang. Kejang-kejang ini dapat terjadi karena sesak nafas yang sudah gawat sehingga menyebabkan kejang-kejang pada tubuh. Tentunya hal ini menjadi bahaya karena kejang-kejang ini dapat menimbulkan atau menyebabkan pingsan.

  1. Kehilangan konsentrasi

Selain itu fikiran akan terganggu terutama pada konsentrasi, konsentrasi pada saat menderita TBC akan terganggu, itu sebabnya mengapa penderita TBC terkadang mengalami lama dalam merespon, tentu hal ini disebabkan karena adanya gangguan yang buruk sehingga mengganggu konsentrasi pada penderita itu. Selain itu bagai penderita TBC haru mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kerja otak, karena dengan makanan itulah yang menjadi salah satu cara meningkatkan kinerja otak dengan kinerja otak yang terbantu akan membantu menambah konsentrasi sehingga ketika konsentrasi sudah kembali akan lebih mudah pula penderita mendapatkan kesembuhannya.

  1. Kesadaran menurun

Selain konsentrasi yang hilang, terkadang penderita batuk TBC paru ini mengalami kesadaran yang menurun, bahkan dapat menurun drastis, untuk itu ketika seorang penderita TBC ini melakukan aktivitas terkadang sering tidak sadar apa yang sedanng dilakukan dan habis melakukan apa. Pada penderita TBC ini memerlukan pendampingan yang serius atau pengobatan yang serius agar penyakit ini dapat segera pulih dan dapat normal kembali. Agar setiap aktivitas yang dilakukan tidak terganggu karena adanya penyakit ini.

  1. Fisik menjadi lemah

Selain kesadaran yang menurun fisik penderita pun akan menjadi sangat lemah dan sangat lemah, semakin hari jika tidak segera sembuh fisik akan terus semakin melemah sehingga terkadang membuat penderita menjadi lemas lunglai. Jika hal ini tidak segera ditangani bahkan dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu segera periksalah jika ciri-ciri di atas sudah memperlihatkan bahwa anda sedang menderita TBC paru, jangan sampai karena kemalasan anda untuk periksa teman-teman menjadi korban tularan anda. Oleh sebab itu mengapa seorang yang menderita TBC paru lebih disarankan untuk rawat kedokter dan rawat inap dirumah sakit karena agar penyakitnya lebih mudah untuk ditangani dan vitus tidak menyebar kemana-mana.

  1. cepat lelah

ketika fisik lemah otomatis badan akan terasa lemah pula, badan akan merasakan cepat merasa lelah meskipun hanya sedikit saja yang dilakukannya. Hal ini tentu akan menyebabkan tubuh tidak dapat bergerak banyak dan membutuhkan tenang ayang banyak. Maka banyak disarankan untuk penderita TBC agar mau untuk makan dan minum yang banyak. Minum pun bertujuan agar penderita cepat  buang air dan beberapa bakteri dan penyakit dapat terbuang juga.

  1. Mengalami batuk berdahak

Tidak hanya batuk berdarah saja, dan batuknya lama, batuk pada saat menderita sakit TBC paru ini akan mengalami batuk berdhak, dimana batuk itu tentu akan  membuat perih dan sakit dada, serta kepala menjadi sangat pusing karena banyak syaraf  syaraf yang tentunya tersentak dengan adanya batuk itu.

  1. Badan terasa pegal-pegal

Selain itu badan pun akan mudah terasa pegal-pegal pada saat menderita TBC paru ini, karena TBC paru tidak hanya menyerang bagian paru saja tetap ada beberapa bagian yang dimana bakteri itu menyebar hampir ke seluruh tubuh, sehingga orang yang menderita penyakit ini akan merasakan lelah dan pegal serta capek seluruh tubuh. Badan akan terasa pegal-pegal dan linu-linu, apalagi pada posisi persendian. Terkadang akan sakit ketika ingin digerakan atau melakukan suatu aktivitas yang diinginkannya.

  1. Keringat dingin

Keringat dingin biasa terjadi di malam hari, tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini pula terjadi di siang hari. Penderita penyakit ini biasanya lebih sering merasakan tubuhnya sangat dingin padahal suhu tubuhnya saja sangat panas, begitulah seorang yang menderita TBC. Oleh sebab itu hal ini perlu ditangani sampai serius, seperti halnya gejala demam berdarah dan gejala tifus pun hampir seperti itu, jika dibiarkan maka bakteri akan terus berkembang dan tumbuh dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh tidak sembuh-sembuh dan luka akan semakin parah. Jangan sampai luka itu berhasil merenggut nyawa anda atau nyawa orang-orang yang anda sayang.

Itulah gejala yang ditimbulkan dari penyakit batuk TBC paru, ketika gejala-gejala itu sudah mulai muncul maka dengan segera konsultasikan kedokter, mintalah obat dokter dan lakukan perawatan yang intensif jangan sampai malah menjadi masalah nantinya. Jangan sampai batuk itu dianggap batuk biasa dan akhirnya tidak dirawat secara intensif malahan membiarkan batuk itu menyebar kemana-mana, tentu hal tersebut akan membuat orang lain celaka.