20 Cara Meningkatkan Kinerja Otak Manusia dengan Cepat

4450

Otak kita sebenarnya mempunyai kekuatan kerja yang jauh lebih baik dan cepat dari apa yang kebanyakan orang selama ini gunakan. Selama ini kebanyak orang baru menggunakan kekuatan otak sebesar 10% dari kapasitas kemampuan otak kita. Kebanyakan orang tidak berusaha untuk meningkatkan kinerja otak agar bisa bekerja dan digunakan dengan lebih baik lagi. Mereka banyak yang mengira bahwa kemampuan otak mereka memang hanya sesuai apa yang sudah digunakan, tetapi faktanya bahwa kemampuan otak manusia baru digunakan sekitar 10% saja. (baca juga: cara meningkatkan IQ)

Otak seperti halnya otot yaitu bisa dilatih dalam meningkatkan kinerjanya. Dalam meningkatkan kinerja otot bisa dilakukan dengan melakukan pelatihan fisik seperti olahraga dengan didukung mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dalam meningkatkan kinerja otak berbeda dengan cara meningkatkan kinerja otot. Otot bekerja lebih berhubungan dengan fisik, sementara otak lebih berhubungan dengan logika. Memang kinerja otak ditentukan 50% oleh faktor keturunan, tetapi bukan berati anda tidak bisa melatih otak anda agar lebih tinggi kinerjanya. Beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk cara meningkatkan kinerja otak manusia :

  1. Lakukan sesuatu yang baru

Sesuatu hal yang baru akan merangsang kerja otak anda. Jika anda tidak berusaha mencoba hal baru dengan tetap menggunakan sesuatu hal yang lama maka akan membuat anda hanya terpaku dengan cara itu saja. Otak anda tidak akan terbiasa dengan tantangan baru. Biasakan dengan melakukan hal-hal baru agar tercipta jalur saraf baru di otak anda sehingga otak anda akan terlatih untuk meningkatkan kinerja otak. Anda bisa melakukan hal-hal baru seperti mencoba resep masakan baru, melalui rute baru ketika bekerja atau melakukan metode baru dalam melakukan latihan. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga termasuk aktifitas fisik, tetapi hal ini telah terbukti bahwa dapat meningkatkan kinerja otak anda. Dengan berolahraga maka anda menciptakan sel-sel otak baru sehingga konerja otak anda akan lebih tinggi. Jangan bermalas-malasan tetapi bangkitlah dan lakukan aktifitas fisik untuk mendukung kinerja otak anda menjadi lebih sehat dan aktif. Olahraga secara teratur akan semakin baik untuk meningkatkan kinerja otak. Tidak harus setiap hari melakukan olahraga, anda bisa melakukan olahraga ketika hari libur kerja atau hari minggu. (baca juga: dampak negatif tidak pernah berolahraga)

  1. Melatih memori otak

Memori otak perlu dilatih dengan terbiasa melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kinerja otak. Hal ini bisa anda lakukan dengan menghapal nomor telephon, nomor SIM, atau nomor penting lainnya. Dengan terbiasa melakukan hal tersebut maka akan melatih otak untuk meningkatkan kinerjanya. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi akan merangsang otak untuk menyimpan memori yang banyak serta merangsang otak agar terus menggali informasi yang baik sehingga ilmu yang didapat akan semakin meningkat. Terus tingkatkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ilmu dan hal-hal yang baik agar kinerja otak semakin meningkat, tetapi jangan biarkan diri anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap urusan orang lain atau hal-hal privasi tentang orang lain. hal itu merupakan tindakan dan sikap yang tidak baik. Rasa ingin tahu yang tinggi hanya baik untuk hal-hal yang baik serta ilmu yang baik. (baca juga: penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah)

  1. Berpikir positif

Berpikirin negatif akan menimbukan stres dan kecemasan. Stres dan kecemasan akan dapat membuat neuron otak terbunuh serta menghentikan pembentukan neuron baru. Dengan berpikir positif maka sel neuron didalam otak dapat tumbuh lagi secara cepat dan akan meningkatkan kinerja otak. Maka kurangilah berpikir negatif segera ganti pikiran anda dengan hal yang positif dengan begitu maka selain anda akan terhindar dar stres dan kecemasan maka anda juga akan bisa meningkatkan kinerja otak anda sehingga lebih cerdas dan smart. (baca juga: kesehatan sistem saraf otak)

  1. Makan sehat

Makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kinerja otak kita. Otak akan menyerap 20% dari semua nutrisi dan oksigen yang masuk kedalam tubuh sehingga perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk konsumsi tubuh dan otak. Makanan yang baik untuk otak seperti buah-buahan, sayuran serta ikan berminyak yang mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. (baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

  1. Membaca buku

Dengan membaca buku maka anda akan banyak mendapat berbagai informasi dan ilmu. Aktifitas membaca akan merangsang otak untuk menggambar atau membentuk imajinasi dari apa yang dibaca. Dengan membaca maka otak anda akan terlatih dan memaksakan pikiran anda untuk menggambarkan serta membayangkan apa yang dibaca. Maka banyak-banyak membaca agar otak anda terlatih dengan mengimajinasikan sesuatu. (baca juga: cara mengatasi sakit maka sebelah)

  1. Istirahat cukup

Tidur akan membantu otak untuk merefresh apa yang telah dilakukan selama seharian. Saat tidur, otak akan meregenerasikan sel-sel serta menghilangkan racun-racun yang telah diterima otak selama seharian. Istirahatlah dengan cukup agar otakmu kembali fresh besok harinya. Tidur malam yang efektif yaitu waktu antara 21.00 sampai 24.00 maka pada waktu tersebut akan mendapatkan waktu tidur yang efektif. Jadi jangan tidur terlalu malam hanya karena begadang yang tidak bermanfaat, karena hal tersebut hanya akan mengganggu kinerja otak. (baca juga: bahaya tidur pagi)

  1. Jangan tergantung dengan GPS

Dengan adanya aplikasi GPS memang semakin mempermudah manusia, tetapi jika kita tidak bisa menggunakannya dengan baik sama saja akan membuat kita ketergantungan dengan aplikasi. Mengandalkan GPS maka akan membuat otak kita malas bekerja sehingga tidak menggunakan otak dengan efisien. Kembali dengan cara lama menggunakan peta justru akan semakin meningkatkan kinerja otak sehingga lebih efisien dalam bekerja sehingga otak akan lebih memahami tentang tata ruang.

  1. Jangan tergantung pada penggunaan kalkulator

Sama dengan penggunaan aplikasi GPS, penggunaan kalkulator juga akan semakin membuat otak malas bekerja. Penggunaan perhitungan dengan otak maka akan semakin meningkatkan kinerja otak. Jangan terlalu ketergantungan dengan kalkulator, karena sebenarnya kinerja otak kita jauh lebih cerdas dibanding dengan kalkulator. (baca juga: bahaya rokok terhadap otak)

  1. Visualisasikan ingatan dengan gambar

Jika kita mengingat sesuatu atau belajar sesuatu akan lebih efektif jika divisualisasikan dengan menggunakan gambar. Dengan gambar maka otak akan lebih cepat merekam informasi yang ada dibanding dalam bentuk teks. Maka banyak orang lebih mudah mengingat isi komik dibanding membaca buku tanpa gambar.

  1. Belajar dengan menulis

Cara meningkatkan kinerja otak dengan cepat lainnya yaitu dengan menuliskannya. Dengan menulis maka kita akan melakukan dua aktifitas otak, yaitu membaca, kemudian menyerap informasi dan menyampaikan informasi yang telah didapat melalui tulisan. Dengan menulis maka informasi yang kita dapat akan semakin terekam dalam memori otak sehingga otak akan terbiasa dengan merekam informasi. (baca juga: bahaya alzheimer)

  1. Ajarkan ilmu yang kamu miliki ke orang lain

Hal ini memang hampir sama dengan cara belajar menulis, tetapi bedanya kita menyampaikan kepada orang lain sehingga otak kita akan terbiasa untuk belajar menyampaikan dan memahamkan orang lain tentang suatu informasi atau ilmu. Maka banyak orang seperti guru, dosen, mentor bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teori atau ilmu dengan lancar dan cepat karena memang sudah terbiasa dengan aktifitasnya. (baca juga: cara meningkatkan kecerdasan otak)

  1. Belajar dengan mendengarkan rekaman

Cara belajar lain untuk meningkatkan kinerja otak yaitu dengan mendengarkan rekaman. Kadang ada orang yang lebih efektif belajar dengan mendengar. Dengan kita mendengar maka kita seperti merasa tidak sedang belajar tetapi hanya sedang mendengarkan yang ringan-ringan saja. Daripada kita tidak melakukan aktifitas ketika menunggu sesuatu atau ketika sambil nyuci maka lebih baik kita mendengarkan rekaman yang berisi tentang ilmu atau motivasi seperti motivasi dari Mario Teguh yang dapat menjadikan hidup lebih semangat sehingga otak kita akan terlatih untuk tetap bekerja sehingga tidak malas-malasan.

  1. Kurangi makanan manis dan ganti dengan sayur hijau

Orang yang terbiasa makan manis dengan berlebihan maka akan lebih mudah terkena diabetes atau kadar gula darah yang tinggi, kalau sudah terkena penyakit ini maka akan lebih mudah lupa. Maka hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau rasa manis. Ganti konsumsi manis anda dengan perbanyak mengkonsumsi sayur yang berwarna hijau. Sayuran warna hijau akan membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak karena konsumsi otak lebih baik pada sayuran yang berwarna hijau. Nutrisi otak terpenuhi maka otaka dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik. (baca juga: kacang hijau bagi penderita kista)

  1. Konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung nutrisi baik untuk otak

Konsumsilah makanan yang baik untuk otak yaitu makanan yang mengandung nutrisi baik. Banyak makanan yang mengandung nutrisi baik untuk otak yaitu seperti coklat, blue berry, kacang, brokoli, telur, ikan, serta makanan lain. makanan tersebut mengamdung nutrisi baik yang dibutuhkan oleh otak seperti omega, vitamin E, antioksidan serta nutrisi yang baik untuk otak. Anda bisa mengkonsumsi secara rutin makanan-makanan yang mengandung nutrisi baik tersebut agar otak anda dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik sehingga anda menjadi lebih cerdas dalam berpikir. (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan mineral)

  1. Jauhi maksiat

Melakukan banyak maksiat juga dapat mengurangi kinerja otak. Dulu pernah ada cerita tentang kisah Imam Safi’i yang akan pergi menyetor hapalan kitabnya kepada gurunya, tetapi beliau melewati pasar. Di pasar Iman safi’i tidak sengaja melihat betis seorang perempuan yang terbuka karena kainnya terkena angin. Imam Safi’i beristighfar karena beliau tidak sengaja melihatnya. Sampai dirumah gurunya semua hapalannya hilang dari ingatannya. Padahal hapalannya yang hilang adalah satu kitab. Sekarang kita padahal sering sekali melakukan maksiat, makanya otak kita susah untuk menghapal atau memikirkan suatu ilmu. Apalgi untuk menghapalkan Al qur’an maka kita harus menjauhi maksiat dan bersih hatinya. (baca juga: akibat pergaulan bebas)

  1. Bermain game yang membutuhkan pikiran

Otak kita setelah melakukan bekerja atau melakukan hal-hal yang menguras pikiran maka akan butuh istirahat. Maka kita bisa memanfaatkan istirahat kita dengan melakukan permainan yang tidak begitu ringan, tetapi tetap bermanfaat dan mengasah kecerdasan otak. Pilihlah permainan yang tetap membutuhkan kinerja otak tetapi bukan yang terlalu berpikir keras. Misal kita bisa melakukan permainan puzzle, teka-teki, catur atau permainan lain yang membutuhkan kecerdasan dan konsentrasi otak.

  1. Sarapan dipagi hari sebelum jam 09.00 WIB

Sarapan sangat menentukan aktifitas kita pada siang hari. Sarapan itu lebih penting dibanding dengan makan siang atau makan malam karena sarapan menjadi pondasi untuk berpikir. Sarapan terbukti akan meningkatkan kinerja otak. Usahakan sarapan sehat sebelum jam 09.00 pagi sehingga otak anda akan menerima asupan gizi baik dari makanan yang dikonsumsi sehingga kinerja otak dapat meningkat. Usahakan selalu sarapan rutin setiap pagi sebelum anda melakukan aktifitas anda. (baca juga: madu untuk penderita endometriosis)

  1. Berusaha berpikir kreatif

Berpikir kreatif akan mampu meningkatkan kinerja otak. Dengan berpikir kreatif maka otak anda akan terbiasa untuk berpikir diluar apa yang kebanyakan orang pikirkan. Berpikir kreatif yaitu berpikir keluar dari kotak atau out of the box. Dimana-mana orang kreatif akan dibutuhkan karena hidup kita akan lebih indah jika diisi denga kekreatifitasan daripada monoton dengan hal-hal yang sama. Dengan terbiasa berpiir kreatif maka otak anda akan terbiasa bekerja dengan baik sehingga otak akan bisa meningkatkan kinerjanya. (baca juga: ngantuk saat olahraga)

Demikian beberapa cara meningkatkan kinerja otak yang bisa anda lakukan dan. otak dengan kinerja otak tinggi maka akan menghasilkan pemikiran yang cerdas. selamat mencoba dan membuktikannya sendiri.