8 Bahaya Tidur Pagi Hari Bagi Kesehatan

9532

Tidur merupakan aktivitas yang pastinya disukai setiap orang. Bagaimanapun tidur adalah satu-satunya aktivitas yang akan menghentikan pikiran kita sejenak dari berbagai beban yang harus menjadi tanggungan otak. Saat tidur, bukan hanya otak atau pikiran kita yang istirahat sejenak, namun juga fisik kita, seperti anggota badan (tangan, kaki, mata, dan sebagainya). Saat tidur, organ dalam tubuh kita pun akan bekerja secara normal, artinya tidak akan terpacu dengan aktivitas tertentu yang dapat membuatnya bekerja terlalu keras. Sementara seorang ahli mendefinisaikan tidur sebagai suatu keadaan bawah sadar. Dimana manusia masih dapat dibangunkan dengan memberinya rangsangan sensorik maupun dengan rangsangan lainnya. Dapat dikatakan bahwasannya tidur itu merupakan keadaan sementara manusia tidak sadarkan diri, namun masih tetap bisa dibangunkan dengan memberinya rangsangan tertentu.

Tidur di Pagi Hari

Waktu tidur yang umum dan biasa dilakukan adalah ketika malam hari. Hal ini karena memang pada siang hari manusia disibukkan dengan aktivitas atau kegiatan yang melelahkan atau melibatkan fisik serta pikiran, sehingga waktu yang dimiliki untuk istirahat adalah malam hari. Namun ternyata tidak hanya di malam hari saja manusia biasanya melakukan kegiatan tidur ini. Biasanya, selain malam hari, manusia juga banyak yang melakukan tidur di siang hari. tidur di siang hari ini juga merupakan perilaku yang sudah umum ditemui di masyarakat Indonesia. Yang biasa melakukan tidur siang ini adalah anak- anak dari bayi, balita, hingga mereka yang berada pada usia sekolah. Selain akank- anak, tidur siang juga biasa dilakukan oleh anak remaja, terlebih mereka yang sedang duduk di bangku kuliah. Namun selain tidur malam dan tidur siang ini, ada waktu tidur lain lagi yang terkadang dilakukan oleh orang-yaitu tidur di pagi hari. Meskipun secara adat, khususnya adat Jawa, tidur pagi ini sangat tidak dianjurkan, namun ternyata masih banyak saja orang yang melakukannya. Lalu, sebenarnya tidur pagi itu baik atau tidak untuk kesehatan maupun untuk hal- hal lain?

Bahaya tidur pagi hari pada dasarnya lebih banyak dampak buruknya bagi tubuh. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari yang namanya tidur di pagi hari antara lain :

1. Masalah metabolisme

Jika tidur terlalu lama, maka lama-kelamaan tubuh akan berfungsi sesuai dengan ritmenya. Jika kebanyakan tidur, maka perut akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini akan membuat kecepatan metabolisme terpengaruh, sehingga membuat bobot meningkat.

2. Lesu

Tidur pagi hari juga akan membuat badan terasa lesu dan juga lemas. Hal ini karena metabolisme tubuh masih bekerja dalam aturan malam hari dan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal.

3. Kehilangan waktu produktif

Menurut para Ahli, waktu yang paling produktif adalah pagi hari. Hal ini karena pikiran masih terasa segar setelah diistirahatkan semalaman. Jika pagi hari Anda gunakan untuk tidur, maka tubuh akan kehilangan waktu yang berharga tersebut.

4. Gaya hidup yang tidak sehat

Pagi hari adalah awal permulaan hari, dimana sangat baik untuk memulai aktivitas kecil, seperti olahraga dan juga sarapan. Sinar matahari pagi hari yang banyak mengandung vitamin D juga sangat bagus untuk tubuh. Sehingga apabila di pagi hari kita hanya tidur dan tidak mengeluarkan energi atau gerak apapun, maka kita menerapkan gaya hidup tidak sehat.

5. Disorientasi (sulit berkonsentrasi)

Tidur yang terlalu lama akan membuat otak sulit berkonsentrasi. Tidur terlalu lama atau bangun siang akan membuat kita menjadi orang yang bingung dan sulit menemukan jalan keluar. Kita juga tidak bisa mengembangkan ide- ide yang telah kita rancang sebelumnya. Akibat lebih parahnya lagi akan terjadi kelupaan pada diri kita.

6. Sakit kepala

Ketika kita tidur terlalu lama, maka cairan serebrospinal akan bergerak ke otak. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan menyebabkan sakit kepala sakit parah, dan dampak paling buruk akan menyebabkan kebutaan.

7. Merasa malas beraktivitas

Karena bangun siang akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, akibatnya tubuh akan merasa malas untuk melakukan aktivitas, baik aktivitas berfikir maupun aktivitas fisik.

8. Mengganggu masalah psikologi

Kondisi yang sangat umum adalah sel-sel otak akan kembali bekerja ketika kita bangun pagi. Sementara bahaya tidur pagi jika sering dilakukan, justru akan membunuh sel- sel otak kita, akibatnya kita akan merasa malas untuk berpikir. Hal Ini akan mengganggu kondisi psikologi kita.

Manfaat Tidur Pagi Hari

Tidur di pagi hari memang terkadang dilakukan oleh beberapa orang, terlebih bagi orang yang pada malam harinya begadang untuk berbagai urusan tertentu. Yang biasa melakukan kebiasaan tidur di pagi hari adalah remaja, dimana pada malam sebelumnya lembur mengerjakan tugas atau terpaksa tidur malam karena ada kegiatan- kegiatan tertentu yang membuatnya menjadi tidur terlampau malam. Atau bahkan tidak tidur sama sekali di malam harinya. Hal ini sangat dapat memicu terjadinya aktivitas tidur di pagi hari. Untuk kondisi yang demikian, tidur pagi boleh saja dilakukan karena untuk mengistirahatkan tubuh setelah sehari semalaman beraktivitas.

Tidur memang sangat penting bagi manusia untuk mengistirahatkan fisik maupun pikirannya. Bagaimanapun manusia perlu yang namanya istirahat. Tidur yang diperlukan manusia adalah tidur yang berkualitas, dimana karena aktivitas tidur ini maka vitalitas tubuh akan kembali, otot- otot yang ada di dalam tubuh akan terelaksasi, serta dapat memperbarui sel-sel tubuh yang telah rusak. Manusia memerlukan tidur yang cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuhnya. Tidur yang cukup ini bukan berarti tidur selama sehari suntuk atau berjam- jam tanpa jeda. Tidur yang cukup itu mempunyai batasan waktu. Bersumber dari beberapa penelitian yang telah dilakukan di luar negeri, dapat disimpulkan bahwasannya tidur yang baik dan sehat itu adalah sekitar 7 jam sehari.

Info kesehatan tentang aktivitas tidur lainnya :