6 Penyebab Meninggal Pada Saat Tidur

Penyebab meninggal pada saat tidur memang dapat disebabkan oleh beberapa gejala penyakit yang disadari atau tidak di sadari.  Kematian mendadak ini memang sangat menakutkan dan mengejutkan bagi sebagian anggota keluarga yang bersangkutan. Namun kita harus mengetahui, apa penyebab kematian pada saat tidur yang semakin sering terjadi pada era modern.

1.  Serangan Jantung

Penyakit jantung memang menjadi momok dan penyakit paling mematikan di dunia. Serangan jantung mendadak atau penyakit yang berhubungan dengan jantung adalah salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa pada saat tidur. Namun pada usia muda masih banyak orang yang belum menyadari bahwa kinerja jantung mereka bermasalah atau sudah mulai terkena penyakit jantung.

Jenis Jenis Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung

Banyak yang tidak menyadari bahwa penyakit jantung memiliki gejala yang bukan instan, artinya pasti anda akan mengalami tanda jika jantung sudah mulai bermasalah. Berikut beberapa gejala yang harus anda perhatikan :

  • Rasa lelah walau tubuh tidak melakukan aktivitas / aktivitas kecil saja seperti berjalan kaki 10-30 meter saja.
  • Sering pingsan : Baca : Penyebab pingsan Mendadak
  • Detak jantung terlalu cepat
  • Mudah lelah
  • Tidak kuat untuk lari
  • Keringat dingin di telapak tangan
  • Nyeri dada kiri

Penyebab Penyakit Jantung

Deteksi dan pencegahan

Jika anda mengalami gejala yang dirasakan pada jantung anda, sebaiknya anda melakukan beberapa cara di bawah ini :

2. Sleep Apnea


Sleep apnea merupakan salah satu penyebab kematian saat tidur yang tidak boleh di sepelekan.  Sleep apnea adalah masalah pernafasan saat tidur dimana anda akan mengalami nafas pendek / dangkal saat tidur. Hal ini penting untuk orang yang anda kasihi, terkadang anda harus memperhatikan pola tidur mereka karena mereka secara fisik berhenti bernapas selama 10-60 detik beberapa kali sepanjang malam. Inilah sebabnya mengapa orang yang mengalami dengan sleep apnea berisiko kematian yang lebih tinggi; jika tubuh mereka tidak dapat mulai bernapas dalam waktu mereka akhirnya akan mati lemas. Biasanya ketika mereka sedang terkena sleep apnea mereka akan bangun dengan tersedak atau terkejut.

Gejala Sleep Apnea

  • Sakit kepala di pagi hari
  • Memori atau masalah belajar dan tidak mampu berkonsentrasi
  • Merasa tersinggung, depresi, atau memiliki perubahan suasana hati atau perubahan kepribadian
  • Bangun sering buang air kecil
  • Mulut kering atau sakit tenggorokan saat bangun

Pencegahan

  • Hindari alkohol
  • Latihan pernafasan secara rutin
  • Olahraga secara rutin

3. Sudden Arrhythmia Death Syndrome (SADS)

Sindrom kematikan mendadak umumnya digunakan untuk menggambarkan, penyebab lain yang belum ditentukan tiba-tiba meninggal saat tidur. Hal ini bukan penyakit yang seseorang telah di idap seseorang; sebagian besar Terjadi karena karena masalah kesehatan lain seperti kondisi jantung genetik yang mungkin telah terdiagnosis pada seseorang.

Tidak ada cara yang pasti untuk menghindari SADS; Namun, jika Anda tahu dari riwayat keluarga untuk kondisi jantung atau Anda mulai merasa perubahan mendadak dalam dada Anda, Anda perlu mencari bantuan medis untuk mengobati masalah kesehatan.

4. Pembekuan Darah

Sebagian besar waktu pembekuan darah dalam jumlah kecil tidak berbahaya bagi kesehatan seseorang; Namun, ketika gumpalan besar mulai terbentuk mereka membatasi gerakan darah yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab kematian mendadak.

Setelah kecelakaan parah merupakan salah satu penyebab yang dapat menyebabkan pembekuan darah serta berdampak menjadi penyebab kematian pada saat tidur. Hal ini hanya akan terjadi jika bekuan mempengaruhi aliran darah ke jantung atau otak.


Tindakan pencegahan terbaik yang dapat diambil adalah dokter dan tenaga medis lainnya menggunakan tes yang sesuai seperti MRI dan CT pada korban trauma.

5. Sudden Cardiac Arrest

Sudden cardiac death (SCD) terjadi ketika jantung tiba-tiba kehilangan kemampuan fungsi seperti biasanya. SCD sebenarnya adalah penyebab nomor 1 kematian alami di Amerika Serikat setiap tahun.

Ketika sistem listrik yang mengontrol jantung menjadi tidak teratur, jantung mungkin mulai untuk berdetak terlalu cepat. Detak jantung yang cepat menyebabkan apa yang dikenal sebagai fibrilasi ventrikel, yang merupakan kepakan ventrikel. Pada saat ini darah tidak mampu mengalir ke seluruh tubuh dan otak secara normal, menyebabkan ketidaksadaran.

Tanpa pengobatan segera, kurangnya aliran darah dapat menyebabkan kematian. Beberapa tanda-tanda bahwa Anda perlu mencari pengobatan segera adalah pusing, detak jantung sangat cepat, atau irama jantung yang tidak teratur lainnya.

6. Usia Tua

Penyebab kematian saat tidur salah satu yang cukup sering adalah usia yang sudah beranjak tua. Tubuh kita terus-menerus menalami penuaan karena. Proses penuaan menciptakan banyak perubahan dalam tubuh kita maupun di luartubuh kita. Banyak orang bahkan harus konsumsi obat secara rutin untuk membantu fungsi tubuh dengan baik.

Nah, terkait hal ini, tubuh memiliki organ organ vital yang telah memiliki kinerja yang lemah. Salah satunya adalah organ jantung yang memiliki potensi paling berpengaruh drop pada saat usia sudah tua.

Penyebab kematian saat tidur memang dapat bervariasi, namun secara garis besar memang berhubungan dengan penyakit jantung, untuk itu anda wajib membaca lebih jeli mengenai beberapa info tentang penyakit jantung diantaranya:

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, January 2016 / 08:26 Oleh :
Kategori : Sumber Penyakit