17 Cara Mengatasi Jantung Lemah Secara Alami     

Organ jantung memiliki bentuk sebesar kepalan tangan. Dari bentuknya yang kecil ternyata jantung memiliki fungsi yang sangat besar. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke semua bagian tubuh lewat pembuluh darah. Organ tubuh dan semua bagian tubuh memerlukan darah untuk menyerap nutrisi dan oksigen. Jika kekurangan nutrisi dan oksigen maka tubuh akan lebih lemah dan mudah sakit. Sementara jantung lemah merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak bisa berfungsi dengan baik. Ciri-ciri jantung lemah sudah bisa dikenali sejak awal dengan penyebab yang berbeda-beda. Penyebab jantung lemah bisa diakibatkan dari kondisi penyakit tertentu atau kebiasaan hidup yang buruk.

Apakah jantung lemah bisa diatasi? Tentu saja ada berbagai cara untuk mengatasi jantung lemah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jantung lemah.

  1. Jika Anda Merokok, Mulailah Berhenti Merokok

Efek rokok memang sangat berbahaya, salah satunya adalah efek kesehatan yang bisa melemahkan jantung. Nikotin dalam rokok sangat berbahaya untuk jantung, karena nikotin akan masuk ke dalam darah secara langsung kemudian menyebabkan kemampuan pembuluh darah sangat menurun. Akibatnya maka penyempitan pembuluh darah yang bisa membuat jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang sehat dan cukup. Sistem ini kemudian akan melemahkan jantung. Bahkan nikotin bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang membuat kondisi jantung lemah menjadi lebih parah. Jadi mulai sekarang berhentilah untuk merokok dan memulai gaya hidup yang lebih sehat.

  1. Cobalah Berolahraga Rutin

Olahraga bisa membuat jantung yang lemah menjadi lebih kuat. Hal ini disebabkan karena ketika tubuh banyak bergerak dengan beberapa olahraga yang bisa memperkuat jantung seperti senam, jalan kaki, jogging dan senam jantung maka denyut jantung dan otot jantung akan bekerja lebih baik. Bahkan olahraga juga bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh menurun sementara kolesterol baik akan meningkat. Bagi penderita tekanan darah tinggi akibat jantung lemah juga bisa mendapatkan tekanan darah yang lebih normal. Beberapa olahraga yang sangat disarankan adalah seperti berjalan kaki, senam ringan, senam jantung, bersepeda. (baca juga : manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh)

  1. Batasi Makanan Mengandung Lemak Hewani

Lemak hewani adalah jenis lemak yang terkandung dari semua produk hewan seperti daging sapi, kambing dan unggas. Semua jenis lemak hewani bisa membuat kesehatan jantung menjadi lebih buruk karena kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh yang terlalu banyak dalam tubuh akan meningkatkan kolesterol dan bisa menumpuk di arteri. Selain itu juga bisa menyebabkan pengerasan arteri sehingga jantung menjadi sangat lemah. Penderita jantung lemah tetap bisa mengkonsumsi lemak hewani namun dalam jumlah yang sangat terbatas. Mengkonsumsi makanan rendah kolesterol jahat juga sangat disarankan.

  1. Batasi Asupan Lemak Trans

Lemak trans menjadi salah satu penyebab lemah jantung yang sangat kompleks. Hal ni disebabkan karena lemak trans akan meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh yang bisa membahayakan jantung. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak trans tinggi adalah daging ayam goreng, produk makanan beku, produk makanan cepat saji, dan produk makanan olahan dalam kaleng. Perhatikan juga label kandungan lemak trans jika membeli makanan dalam kemasan. Lebih baik lagi jika rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung sehingga bisa membantu memelihara kesehatan jantung.

  1. Mencoba Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebihan atau obesitas adalah salah satu pemicu munculnya beberapa komplikasi penyakit seperti jantung lemah, stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi.Ketika tubuh memiliki berat badan yang berlebihan maka biasanya juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi sehingga bisa menyebabkan pembuluh darah terhambat dan jantung tidak mendapatkan sirkulasi darah yang cukup. Dalam kondisi ini maka tekanan darah juga akan meningkat. Untuk mencoba menurunkan berat badan maka bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan berserat, minum air putih, hindari lemak dan olahraga secara teratur. (baca juga : makanan penurun berat badan)


  1. Menekan Tingkat Stres

Stres adalah salah satu pemicu utama dari berbagai jenis penyakit jantung termasuk jantung lemah. Kondisi ini disebabkan karena ketika tubuh mengalami reaksi stress yang tinggi maka tekanan saraf dalam tubuh bekerja lebih keras. Ada berbagai jenis hormon dan enzim dalam tubuh yang terpengaruh dari keadaan ini. Akibatnya maka stress menyebabkan tekanan yang berat untuk jantung, pembuluh darah bahkan sel tubuh. Langkah untuk mengurangi tingkat stress misalnya seperti bepergian, menikmati suasana pagi, bertemu dengan banyak orang serta melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. (baca juga : cara mengatasi stress super ampuh)

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin B6 dan Vitamin E

Vitamin B6 dan vitamin E memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi jantung yang lemah. Vitamin B6 dan vitamin E bisa mendorong tubuh untuk meningkatkan kadar homosistein. Sebaiknya kedua jenis vitamin ini didapatkan secara alami dari sumber makanan tertentu. Konsumsi vitamin dari suplemen juga harus dibatasi karena bisa menyebabkan komplikasi jantung dan ginjal. Makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi seperti : biji bunga matahari, kacang pistasio, ikan tuna, daging tanpa lemak, buang kering, pisang, dan alpukat. Makanan yang mengandung vitamin E tinggi contohnya seperti : produk kedelai (tahu dan tempe), kacang almond, ikan salmon, alpukat, kerang, brokoli dan labu. (baca juga : makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya)

  1. Berhenti Minum Alkohol

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, maka mulai sekarang juga harus dihentikan. Alkohol bisa meningkatkan resiko penyakit jantung termasuk jantung yang lemah. Alkohol akan masuk ke dalam tubuh dan juga melewati darah. Semakin banyak kandungan alkohol dalam tubuh maka bisa menganggu kerja pembuluh darah dan menyebabkan jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Selain itu alkohol juga berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan resiko kanker dan tekanan darah tinggi. (baca juga : efek bahaya alkohol bagi kesehatan)

  1. Mengurangi Asupan Garam

Garam atau natrium memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi orang yang sudah menderita penyakit jantung lemah sebaiknya juga menghindari asupan garam dalam jumlah yang terlalu tinggi. Garam bisa meningkatkan tekanan darah dan mengurangi sistem kerja pembuluh darah. Jika masalah ini terjadi secara terus menerus maka bisa menyebabkan jantung semakin lemah. Untuk mengurangi asupan garam maka bisa menghindari semua jenis makanan kemasan yang mengandung garam, mencoba memasak makanan sendiri tanpa garam, dan kurangi konsumsi makanan beku.

  1. Tingkatkan Konsumsi Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran, buah, kacang – kacangan bisa membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol. Selain itu makanan yang mengandung serat tinggi juga bisa membuat perut merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Secara otomatis maka juga bisa membantu menurunkan berat badan. Makanan berserat juga bisa membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Jika tubuh kekurangan serat maka bisa mengalami bahaya akibat kurang serat bagi tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Sumber Omega 3

Asam lemak omega 3 adalah asupan terbaik untuk mengatasi jantung lemah. Penyakit jantung lemah berhubungan dengan sistem pembuluh darah yang tidak mampu mensuplai darah yang cukup ke jantung. Akibatnya maka jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian tubuh. Asam lemak omega 3 akan membantu mengatasi masalah ini karena mampu mendukung sistem kerja pembuluh darah dan juga menurunkan kolesterol. Berbagai jenis makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon dari perairan liar sangat disarankan.

  1. Minum Teh Hijau

Kebiasaan minum teh hijau telah berkembang di Jepang selama berabad-abad yang lalu. Khasiat teh hijau yang bisa memiliki kandungan antioksidan tinggi ternyata juga bisa melindungi jantung yang lemah dari kerusakan yang semakin parah. Bahkan teh hijau mampu menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh sehingga juga sangat baik untuk pembuluh darah. Namun konsumsi berlebihan juga tidak bagus karena bisa meningkatkan kandungan oksalat yang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Jadi minum satu gelas teh hijau sudah cukup untuk memelihara kesehatan jantung.

  1. Campurkan Cabai Rawit dalam Menu Anda

Cabai rawit mengandung capcaisin yang dipercaya bisa mengatasi jantung yang lemah, menurunkan kolesterol dan membantu membersihkan darah dalam tubuh. Bahkan capcaisin bisa membantu tubuh mendapatkan sistem kekebalan alami. Makan cabai rawit tidak perlu dilakukan berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bagi penderita penyakit maag dan gangguan asam lambung juga tidak bisa mengkonsumsi banyak cabai rawit.

  1. Gunakan Kunyit untuk Memasak

Kunyit menjadi salah satu bahan tradisional untuk memasak. Tanda disadari maka kebiasaan ini juga ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yang lemah. Kunyit mengandung bahan curcumin yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi proses oksidasi kolesterol. Selain itu curcumin juga bisa mengurangi penumpukan plak di dalam pembuluh darah, bekerja dan mencegah peradangan pada jantung. Untuk mendapatkan khasiat kunyit maka Anda bisa menambahkan kunyit dalam beberapa menu masakan selama dua kali dalam seminggu.

  1. Bawang Putih

Memakai bawang putih sebagai bumbu masakan juga sangat bagus untuk mengatasi lemah jantung. Bawang putih berkhasiat untuk mengatur kolesterol dalam darah dan juga mengendalikan tekanan darah tinggi. Bawang putih juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit jantung karena peradangan. Anda bisa mencampurkan bawang putih dalam bumbu masakan atau mengunyah satu siung bawang putih setiap hari.

  1. Istirahat Cukup

Memiliki waktu istirahat yang cukup akan membantu mengatasi jantung lemah sekaligus juga mencegah serangan berulang. Istirahat harus dilakukan dengan baik misalnya untuk tidur malam paling tidak harus memiliki waktu tepat untuk tidur dan kapan harus bangun. Istirahat malam menjadi waktu istirahat yang terbaik sehingga usahakan untuk tidak terlambat, mengurangi jam tidur malam atau pesta. Jadi istirahat akan membuat jantung menjadi lebih baik dan sehat. Jangan terbiasa begadang karena bisa menyebabkan bahaya akibat begadang bagi kesehatan.

  1. Kendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah juga membantu Anda dalam mengatasi penyakit lemah jantung. Ketika kadar gula darah sering naik maka potensi diabetes akan lebih tinggi. Sementara ketika tubuh sudah terkena penyakit diabetes maka bisa menyebabkan penyakit jantung sulit untuk dikendalikan. Cara untuk mengatur kadar gula darah bisa dilakukan dengan mengurangi berbagai jenis makanan manis, karbohidrat komplek dan konsumsi makanan berserat.

Tips Hidup Lebih Baik untuk Menghadapi Jantung Lemah

  1. Buat diri Anda merasa senang sepanjang hari seperti dengan melakukan pekerjaan seperti orang yang normal. Anda tidak perlu terus menerus mengingat penyakit Anda namun juga tetap menjaga diri.
  2. Berusaha untuk tidak memicu penyakit jantung lemah menjadi lebih parah seperti merokok, minum alkohol, dan stress. Jika Anda berat meninggalkan kebiasaan itu maka ingatlah ada keluarga dan teman yang mendukung.
  3. Bergabung dengan komunitas jantung lemah sehingga Anda mendapatkan berbagai pengetahuan dan dukungan yang besar untuk terus bisa hidup sehat.
  4. Selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui kondisi jantung, tingkat kolesterol, tingkat kadar gula dalam darah dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Langkah ini untuk menjamin bahwa kesehatan tubuh Anda benar-benar terjaga.
  5. Selalu berusaha melakukan pekerjaan seperti biasa namun mengurangi pekerjaan yang berat, memicu stress dan menyita banyak waktu istirahat.

Hidup yang teratur, gaya hidup yang sehat dan konsumsi makanan yang sehat akan mengendalikan jantung yang lemah. Semua penderita jantung lemah bisa melakukan hal ini untuk bisa hidup lebih baik.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung