20 Akibat Kurang Serat Bagi Tubuh

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi proses pencernaan dan kesehatan tubuh kita. Serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari, untuk kemudian diikat dan dicerna secara sempurna.

Serat sendiri memiliki banyak sekali fungsi. Fungsi – fungsi dari serat ini sangatlah penting bagi tubuh, terutama untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi manfaat serta fungsi dari serat yang ada di dalam tubuh kita.

Para ahli gizi menyarankan agar tubuh kita mendapatkan asupan serat yang cukup yaitu sebanyak 25 – 35 gr serat dalam satu harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh kita akan serat, maka proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh kita pun akan menjadi lebih baik dan tidak terhambat.

Lalu, Apa akibat yang terjadi ketika tubuh kekurangan serat?

Ketika asupan serat yang masuk ke dalam tubuh anda tidak cukup, pastilah tubuh akan merespon melalui fungsi – fungsi organ yang menjadi tidak optimal. Berikut ini adalah gejala – gejala dan penyakti yang kemungkinan timbul apabila anda kekurangan asupan serat dalam satu hari :

1. Sembelit

akibat kurang seratSembelit merupakan suatu kondisi dimana anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan buang air besar. Sembelit akan mengakibatkan rasa tidak nyaman di bagian lambung dan perut anda, seolah perut anda terasa penuh. Biasanya, selain terjadi karena kurangnya serat, sembelit juga dapat terjadi karena :

  • Sering menahan buang air besar
  • Makan terlalu cepat
  • Gangguan pada organ pencernaan, seperti lambung, ginjal, usus dan hati

Untuk mencegah terjadinya sembelit, maka sudah pasti anda wajib menerapkan pola hidup sehat, terutama dengan mengkonsumsi bahan makanan yang berserat tinggi, antara lain :

  • Biji – bijian
  • Sayur – sayuran
  • Buah – buahann
  • Rajin minum air putih
  • Olahraga secara teratur

2. Kenaikan Berat Badan

Serat memiliki fungsi utama dalam mengikat lemak sehingga mudah dicerna dan dibuang dari tubuh. Ketika anda mengalami kondisi kekurangan serat, maka dapat dipastikan, lemak dalam tubuh anda akan sulit keluar, dan mengendap sehingga anda akan mengalami kegemukan.

Selain itu, serat juga memiliki sifat yang mudah mengenyangkan, sehingga anda tidak akan terstimulasi untuk makan berlebihan, yang akan menyebabkan kenaikan berat badan juga.

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan :

  • Olahraga secara teratur
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi
  • Perbanyak konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran
  • Perbanyak minum air putih

3. Kadar gula darah yang tidak stabil

Ternyata, salah satu pemicu dari munculnya penyakit diabetes adalah kekurangan serat. Selain itu, kekurangan asupan serat dalam satu hari dapat menimbulkan efek tidak stabilnya gula darah dalam tubuh, yang artinya, akan berpengaruh kepada kesehatan tubuh secara umum.

4. Akan muncul gangguan pencernaan

Serat memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pencernaan. Dan dapat ditebak, ketika anda mengalami kekurangan serat,, maka akan muncul gejala – gejala dari gangguan pencernaan. Gejala – gejala gangguan pencernaan ini akan sangat terasa pada bagian perut anda. berikut ini gejala – gejala pencernaan yang mungkin akan timbul ketika anda kekurangan asupan serat dalam sehari :

  1. Diare
  2. Wasir atau ambeyen
  3. Rdang lambung dan radang usus
  4. Susah buang air besar
  5. Sakit perut
  6. Mual
  7. Usus Buntu
  8. Penyakit ginjal

Untuk menghindari berbagai masalah pencernaan tersebut, selain mencukupi kebutuhan serat tubuh dalam sehari, anda juga perlu rutin mengkonsumsi air putih secara teratur, karena air putih dapat membantu proses pencernaan dan menjaga metabolism tubuh.

5. Munculnya penyakit

Sudah menjadi hal yan gumum ketika ada salah satu penyakit yang kemudian menimbulkan komplikasi atau memunculkan penyakit lainnya. Kekurangan serat juga ternyata dapat menimbulkan penyakit – penyakit lain,, yaitu :

  1. obesitas
  2. Diabetes
  3. Kolestrol
  4. Diverticulosis
  5. Batu empedu
  6. Hernia
  7. Hipertensi
  8. Kanker usus
  9. Kencing manis

Untuk mencegah berbagai macam penyakit tersebut, tentu saja anda harus menerapkan pola hidup sehat, mencukupi asupan serat dan makan makanan yang memiliki kalori rendah, namun dengan kandungan protein dan serat yang tinggi.

Apa yang terjadi ketika tubuh mengalami kelebihan asupan serat?

Seperti kata pepatah, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.begitu pula dengan asupan serat. Serat yang masuk ke tubuh secara berlebihan tenyata memiliki efek negative bagi kesehatan tubuh anda. apa saja? Berikut ini efek buruk dari kelebihan serat :


  1. Sembelit. Wah, ternyata kelebihan asupan serat malah akan menyebabkan terjadinya sembelit juga. Hal ini disebabkan karena sifat dari serat yang dapat menyerap cairan. Dengan tigginya asupan serat, maka kandungan cairan dalam organ pencernaan akan terserap, dan menyebabkan kesulitan dalam melakukan buang air besar
  2. Dehidrasi. Seperti efek buruk yang sudah disebutkan sebelumnya, serat merupakan jenis zat yang dapat menyerap cairan dalam tubuh. Ketika asupan serat mengalami kelebihan, maka cairan dalam tubuh akan terserap dengan banyak, dan akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan
  3. Perut Kembung. Terlalu banyaknya serat dalam tubuh akan menyebabkan proses pencernaan berjalan tidak semestinya, dan lambung akan merespon dengan mengeluarkan gas. Gas inilah yang dapat menyebabkan perut anda menjadi terasa kembung.
  4. Kenaikan Berat Badan. Kenaikan badan akibat konsumsi serat yang berlebihan ada hubungannya dengan sifat serat yang dapat mengikat air. Serat akan mengikat air, sehingga air akan mengendap di dalam tubuh, hal ini biasa disebut dengan istilah retensi air. Tertahannya air ini akan menyebabkan berat badan anda menjadi naik.

Bagaimana Memperoleh asupan serat yang optimal?

Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, anda dapat mengandalkan produk – produk alam. Usahakan jangan terlalu sering mengkonsumsi multivitamin serat. Berikut ini beberapa produk alami yang memiliiki kandungan serat tinggi :

  • Sayur – sayuran hijau
  • Buah = buahan
  • Biji – bijian
  • Kacang – kacangan
  • Umbi – umbian
  • Gandum

Baca : Makanan kaya serat

Itulah beberapa akibat dari kekurangan serat dalam tubuh, beserta sumber – seumber serat alami yang dapat mencukupi kebutuhan serat anda dalam sehari. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Sunday 22nd, March 2015 / 03:16 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi