10 Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami dan Sehat

Tubuh manusia memerlukan asupan makanan dan juga minuman untuk tetap dapat bertahan hidup ataupun menjalankan sistem yang ada didalam tubuh. Makanan tersebut menjadi sumber energi untuk kerja-kerja organ yang anda didalam tubuh manusia. Tapi manusia ternyata bisa bertahan tanpa asupan makanan dalam jangka waktu tertentu. Tapi tidak untuk minuman karena sebagian tubuh manusia ternyata terdiri dari air, sehingga manusia disebut hanya akan bisa bertahan tanpa air dalam waktu tiga hari saja.

Jadi kabar baiknya untuk anda yang mengalami masalah makan secara berlebihan sebenarnya itu terletak pada nafsu dan pola pikir Anda saja. Namun sebenarnya ada cara mengurangi nafsu makan yang bisa Anda lakukan secara alami, dengan apakah itu? Simak dan baca artikel ini hingga selesai, dan Anda akan mendapat jawabannya.

  1. Mengambil Sedikit Makanan

Mengubah porsi makan Anda menjadi salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan. Anda bisa membiasakan diri hanya untuk makan apa yang ada saja. Anda tidak akan mencari-cari makanan atau mengambil porsi yang lebih banyak. Trik ini bisa membuat Anda merasa malas untuk mengambil makanan lagi. Selain itu pastinya keinginan untuk meneruskan acara makan atau makan dengan porsi yang lebih banyak menjadi tertunda.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak orang. Minum air putih dengan jumlah yang semakin banyak, otomatis perut Anda akan menjadi kenyang dan merasa penuh. Sehingga ini dapat menurunkan nafsu Anda untuk makan. Ataupun jika Anda tetap saja makan, tentu porsinya tidak akan sebanyak biasanya. Selain itu minum air putih dalam jumlah yang cukup juga sangat baik untuk kesehatan karena bisa mengurangi resiko dehidrasi dan mendukung sistem metabolisme. Cara ini juga bisa mengurangi efek kekurangan air putih untuk tubuh dan terhindar dari bahaya akibat kekurangan air putih.

  1. Membuat Jadwal Makan dan Jam Makan

Membatasi lamanya makan tentu akan membuat Anda berpikir bahwa Anda harus secepatnya menghentikan atau menuntaskan makan. Hal ini juga bisa membuat Anda makan dalam jumlah porsi yang lebih sedikit. Terlebih jika Anda harus memasak dan mengolah makanan itu sendiri maka waktu yang dibutuhkan untuk makan tentu akan tersita. Hal ini juga harus diterapkan saat ingin membeli makan yang harus mengantri dan menunggu hidangan siap di atas meja. Kebiasaan ini akan membuat Anda merasa bisa memiliki waktu makan terbaik dan bukan tergantung dari nafsu makan.

  1. Lihat Gambar Makanan yang Anda Sukai atau Tidak

Langkah ini sebenarnya bisa membuat Anda menjadi memiliki nafsu makan yang tinggi atau rendah. Dengan melihat gambar makanan maka bisa membuat Anda merasa sudah kenyang dan kemudian nafsu makan akan turun. Anda bisa melihat berbagai gambar dari internet, foto di instagram  atau media sosial lain.


Dengan melihat foto makanan maka Anda sudah cukup merasa kenyang sehingga tidak ingin makan. Dan setelah Anda mencoba untuk makan sendiri maka mungkin rasanya tidak selezat yang Anda bayangkan. Jadi nafsu makan Anda sudah pasti akan berkurang drastis.

  1. Mengunyah Lebih Lama

Mengunyah lebih lama juga akan membuat seseorang menjadi lebih lama menggerakan mulut. Karena terlalu lama rasa makanan tersebut sudah hilang dalam kunyahan. Sehingga Anda akan menjadi lebih cepat puas makan, atau justru lebih cepat bosan dalam satu kali makan. Hal ini juga bisa mengurangi nafsu makan Anda dan terhindar dari penyebab sering mual setelah makan.

Selain itu mengunyah lebih lama juga bisa mendatangkan beberapa manfaat seperti:

  • Mengurangi resiko sakit tenggorokan.
  • Mengurangi resiko cegukan terus menerus dan penyebab sendawa yang berlebihan setelah makan.
  • Meningkatkan produksi air liur yang bisa membantu metabolisme tubuh terutama untuk pemecahan karbohidrat.
  • Membantu organ pencernaan agar lebih baik saat menyerap sari makanan sehingga nutrisi untuk tubuh terpenuhi.
  • Mencegah perkembangan bakteri jahat dalam saluran pencernaan karena air liur yang bisa membasmi bakteri jahat dari kerongkongan hingga ke saluran pencernaan.
  1. Menggunakan Peralatan Makan yang Lengkap

Sebenarnya peralatan untuk makan memang memiliki pengaruh untuk nafsu makan. Misalnya jika Anda ingin makan steak maka harus menggunakan pisau dan garpu. Terkadang olahan steak tidak mudah dipotong dengan pisau sehingga butuh waktu yang lama. Karena waktu yang lama inilah maka keinginan makan Anda akan turun. Akibat perasaan yang tidak nyaman saat makan maka konsumsi makanan juga akan ikut turun.

  1. Makan dengan Orang Lain

Makan dengan orang lain di tempat umum juga bisa membuat perasaan Anda kurang nyaman. Hal ini juga bisa mengurangi nafsu makan. Ada beberapa hal yang biasanya dirasakan saat makan di tempat umum seperti malu, kurang percaya diri dan tempat yang tidak nyaman untuk makan. Karena beberapa hal ini maka tentu saja keinginan makan Anda juga akan turun sehingga Anda bisa mengurangi jumlah porsi makan. Bahkan beberapa gangguan seperti tempat yang penuh, suara orang berisik, suara makan yang berisik dan sendawa juga bisa mengurangi nafsu makan Anda.

  1. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Anda juga bisa membiasakan makan pagi sebelum melakukan berbagai aktifitas harian. Makan pagi dengan jumlah yang kecil bisa menurunkan nafsu makan saat siang dan malam hari. Hal ini disebabkan karena makan pagi akan membuat perut Anda menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu merasa lapar. Tanpa disadari maka kebiasaan ini akan menurunkan nafsu makan sepanjang hari namun tidak menyebabkan sakit.

  1. Kurangi Makanan Manis

Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan manis juga bisa menurunkan nafsu makan sepanjang hari. Metabolisme tubuh sebenarnya bekerja berdasarkan jumlah dan jenis makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika Anda banyak mengkonsumsi makanan manis maka tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk memecah kadar gula. Kenaikan jumlah kebutuhan insulin akan membuat Anda merasa cepat lapar. Jadi mengurangi manis akan menurunkan nafsu makan karena tubuh tidak banyak membutuhkan insulin. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi makanan manis juga akan meningkatkan resiko penyakit diabetes.

  1. Konsumsi Makanan Serat Tinggi

Serat menjadi kebutuhan tubuh terutama untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Semakin banyak konsumsi serat makan semakin sehat organ pencernaan tubuh Anda. Selain itu serat akan membuat perut merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena serat membantu tubuh menyumbang energi dan menjaga agar tidak mudah lapar. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi makanan berserat juga bisa menghindari tubuh dari akibat kurang serat dan sebagai cara untuk melancarkan buang air besar secara alami.

Jadi, silahkan mencoba salah satu metode dan kira – kira manakah yang paling cocok untuk kepribadian Anda?

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Diet