22 Ciri – Ciri Jantung Lemah dan Cara Mengatasinya

Lemah jantung yakni menurunnya kemampuan dari fungsi jantung dalam memompa darah. Dimana darah yang telah dipompa ini akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh manusia dengan membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menghantarkan nutrisi melalui aliran darah, jantung ini juga berperan sebagai pembawa limbah – limbah pada tiap sel tubuh. Jantung ini merupakan salah satu organ intim pada tubuh manusia yang terdiri dari sekumpulan otot dengan ukuran sekepal tangan dengan kemampuan yang sangat bergantung pada tekanan darah seseorang.

Ketika kinerja jantung melemah maka tubuh akan mengalami beberapa ciri – ciri yang dapat diamati sebagai gejala penyakit lemah jantung. Dimana penyakit lemah jantung ini mempunyai ciri – ciri yang khas serta serupa antara satu orang dengan orang lainnya. dengan tidak normalnya fungsi jantung maka akan semakin menurun pula kemampuan jantung dalam memompa darah. Tekanan darah yang tinggi dapat berpotensi membuat jantung berkerja lebih keras dan mempunyai ukuran yang semakin membedar. Perlu diketahui bahwa semakin besar otot jantung maka kemampuan jantung ini justru akan semakin menurun.

Ciri Ciri

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia dalam menjalankan fungsinya untuk memompa darah kemudian mengalirkannya keseluruhan bagian tubuh itu sendiri. Jadi bisa dibayangkan jika kinerja jantung tidak maksimal bukan? Hal ini pada umumnya disebabkan oleh rusaknya bagian tertentu pada jantung. Kerusakan ini dapat mengakibatkan jantung menjadi semakin lemah. Untuk mengetahui apa saja indikasi penyakit jantung, berikut ciri – ciri jantung anda lemah :

 1. Mengalami Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat dijadikan indikator kesehatan jantung anda. Meskipun melakukan aktivitas atau kegiatan yang tidak terlalu berat namun tubuh anda merasa sangat kelelahan dan mengalami sesak nafas atau sulit untuk bernafas, maka anda perlu memeriksakan kesehatan jantung anda kepada pihak medis. Sesak nafas pada penderita lemah jantung terjadi akibat kembali masuknya darah kedalam organ tubuh yang berfungsi dalam memasok oksigen pada paru – paru kearah jantung. Fungsi ini diperankan oleh pembuluh darah dalam tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan pernafasan.


 2. Cepat Lelah

Daya tahan tubuh yang tidak berkerja maksimal dapat ditandai dengan melemahnya tubuh ketika beraktivitas. Namun kondisi tubuh yang sangat cepat mengalami kelelahan meskipun melakukan aktivitas ringan ini diwaspadai sebagai gejala atau ciri – ciri jantung anda lemah. Selain itu perasaan anda akan mengalami tahap kecemasan atau rasa khawatir ketika tubuh anda merasa lemas. Jantung yang lemah tidak mampu memompa darah untuk dialirkan keseluruh bagian tubuh dengan benar. Hal ini menyebabkan kebutuhan pada bagian tertentu seperti organ tubuh otak tidak terpenuhi secara maksimal. Baca detilnya (Cepat lelah dan jantung berdebar):

 3. Mengalami Batuk yang Sulit disembuhkan

Ketika jantung anda mengalami permasalahan yang serius maka gejala yang dapat dirasakan yakni batuk parah. Jantung merupakan organ tubuh yang bertugas memompa darah supaya tidak terjadi adanya penumpukan cairan pada bagian paru – paru. Namun ketika kinerja jantung menurun akibat gejala penyakit lemah jantung maka sangat mungkin terjadi penumpukan cairan pada paru – paru yang berpotensi menyebabkan batuk kronis yang sulit untuk disembuhkan. Bahkan pada beberapa kasus, batuk berdahak dapat bercampur dengan darah.

 4. Detak Jantung tidak Teratur

Pada penderita lemah jantung, ciri – ciri yang paling umum yakni detak jantung yang terasa cepat serta tidak beraturan. Hal ini dapat terjadi karena jantung akan meningkatkan kecepatan detak dalam mengimbangi miniminya kemampuan jantung tersebut dalam memompa darah dan mengalirkannya keseluruh bagian tubuh dengan arah yang benar. Denyut jantung yang cepat ini tentu dapat dirasakan oleh tubuh hingga kemudian memicu reaksi rasa cemas pada penderita jantung lemah (Baca : Penyebab jantung berdebar kencang).

5. Berat Badan Menurun Drastis

Pada penderita lemah jantung, berat badannya akan mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang gagal diterima oleh tubuh. Meskipun asupan gizi dan nutrisi dapat masuk kedalam tubuh namun ketika sistem pencernaan yang tidak mendapat pasokan darah tidak dapat berkkerja secara optimal.

6. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan akan menurun ketika penderita lemah jantung mengalami rasa mual bahkan kenyang sebelum mengkonsumsi makanan ataupun minuman. Rasa mual ini disebabkan karena hati dan sistem pencernaan tubuh yang tidak menerima pasokan darah bersih sehingga memicu rasa mual berlebih. Nafsu makan yang berkurang ini nantinya akan berdampak pada menurunnya berat badan penderita lemah jantung secara drastis.

7. Daya Ingat Menurun

Penderita lemah jantung akan mengalami gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh tidak mengalirnya darah secara benar pada otak. Selain itu, beberapa kadar zat yang tidak normal didalam darah juga sangat mempengaruhi aliran darah menuju otak. Disadari atau tidak, daya ingat atau disorientasi akan terjadi pada penderinta lemah jantung.

8. Terjadinya Pembengkakan Tubuh

Tubuh pada bagian tertentu akan mengalami edema atau kita biasa menyebutnya dengan istilah pembengkakan. Pada umumnya penderita lemah jantung akan mengalami pembengakan pada bagian pergelangan kaki dan tangan. Kondisi ini disebabkan oleh tidak normalnya aliran darah yang menuju ginjal sehingga ginjal tersebut tidak dapat berkerja secara maksimal. Terganggunya kerja ginjal ini menyebabkan diproduksinya hormon yang mengakibatkan adanya simpanan garam dan air secara berlebih.

9. Tekanan darah tinggi atau rendah

Ciri Ciri Darah Tinggi atau Ciri Ciri Darah Rendah yang anda alami bisa jadi salah satu penyebab terjadinya jantung lemah. Kerja jantung yang tidak optimal akhirnya membuat ginjal menyimpan lebih banyak garam yang membuat tekanan darah lebih tinggi. Sayangnya Gejala penyakit Jantung di awal sangat sulit di ketahui.

Tekanan darah rendah dapat terjadi karena fungsi pompa jantung yang memompa darah lemah, sehingga menjadi penyebab darah rendah.

10. Sering sakit kepala

Kurangnya aliran oksigen pada otak akibat jantung lemah juga dapat menyebabkan kepala pusing atau sakit kepala. Tidak heran terkadang sakit kepala pun dapat disebabkan oleh jantung lemah.

11. Mudah Lupa

Masih terkait dengan aliran oksigen yang mengalir ke otak, terkadang juga dapat menyebabkan seseorang mudah lupa.

12. Nafas yang pendek

Anda tidak bisa lari ? bahkan lari atau olahraga 10 menit saja langsung capek ? tidak kuat ? mungkin ini adalah salah gejala jantung lemah. Detak jantung di bawah normal bisa berakibat nafas yang pendek.

13. Mudah Lelah

Naik tangga 1 lantai saja capek? jalan 30 meter aja lelah ? walau banyak kondisi yang dapat menyebabkan mudah lelah seperti kolesterol tinggi dan penyakit lainnya. Nah kurang lancarnya aliran oksigen di darah bisa menyebabkan cepat lelah.

14. Sering Pingsan

Penyebab sering pingsan memang bisa jadi karena berbagai indikasi medis atau penyakit jantung. Nah salah satunya adalah lemah jantung. Ini terjadi karena aliran oksigen yang kurang di otak dan darah.

15. Sulit berkeringat

Jantung terlalu cepat mungkin bisa menjadi penyebab keringat berlebihan , sebaliknya jantung lemah menyebabkan anda lebih sulit berkeringat, atau bahkan ketika anda berolahraga hanya sedikit yang keluar  dari tubuh.

16. Sianosis

Istilah awam dari sianosis adalah kebiruan, jantung lemah dapat menyebabkan pertukaran oksigen dengan karbondioksida dalam darah tidak selancar orang pada umumnya. Hal ini menyebabkan banyaknya karbondioksida dalam tubuh dibanding dengan oksigennya. Tanda kebiruan paling mudah adalah melihat di kuku, bibir, dan telapak tangan.

17. Jantung berbunyi mendesir (murmur jantung)

Selain berdebar-debar, para penderita jantung lemah mungkin saja dapat mendengar jantung berbunyi seperti bunyi desiran. Bunyi desiran ini umumnya dapat diperjelas dengan bantuan stetoskop.

18. Kaki dan tangan agak bengkak

Penyebab kaki dan tangan bengkak, mungkin bisa disebabkan karena berbagai penyakit. Namun salah satu pemicu yang mungkin menjadi penyebab adalah aliran darah ke ginjal yang terganggu memaksa organ tersebut memproduksi hormon jauh lebih banyak dibandingkan biasanya. Akibatnya, terjadi penumpukan garam maupun air di daerah tubuh tersebut, khususnya di bagian ujung, seperti kaki dan tangan..

19. Perut membesar

Penyebab perut buncit bisa jadi dari pola diet yang salah atau konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi terlalu banyak. Namun tidak banyak yang sadar jantung lemah juga bisa menjadi penyebab  perut membesar ini.  Ketika fungsi hati terganggu oleh jantung yang lemah, maka penumpukan cairan tidak hanya di kaki, tetapi juga bisa terjadi di perut atau yang biasa disebut dengan istilah medis ascites.

20. Urat di leher sedikit membesar

Jantung lemah dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah Vena, yang ada di kedua sisi leher. Tekanan ini disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah dari kepala ke jantung hingga menumpuk di vena tersebut.


21. Hati Membesar

Seperti halnya perut dan kaki tangan membesar, aliran darah ke jantung yang terhambat juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di hati, yang dapat mengganggu fungsi hati dan menyebabkan pembesaran.

22. Sering kesemutan

Jika anda mengangkat tangan anda ke atas saat berbaring, coba rasakan, kesemutan ? nah, ini tandanya jantung memompa darah tidak kuat, sehingga darah di ujung tangan tidak mengalir sebagaimana mestinya sehingga dapat menyebabkan kesemutan.

Faktor Penyebab Penyakit Lemah Jantung

Lemah jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah hingga mengalirkannya keseluruh bagian tubuh dengan arah yang benar secara optimal. Hal ini akan menyebabkan kondisi tubuh mengalami beragam gangguan kesehatan apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama. Lemah jantung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh beragam faktor. Berikut ini penyebabnya :

  1. Hipertensi atau riwayat penyakit tekanan darah tinggi
  2. Kerusakan pada fungsi jantung
  3. Penyekatan aliran darah dari jantung (aortic stenosis)
  4. Detak jantung terganggu
  5. Anemia atau darah rendah

Pada umumnya lemah jantung dapat berasal dari penyakit atau gangguan kesehatan lain didalam tubuh yang menyebabkan aliran darah menjadi lemah. Selain itu, jenis penyakit yang berhubungan dengan aliran darah juga sangat berpotensi memicu penyakit lemah jantung. Pembesaran otot jantung sangat merugikan kesehatan tubuh manusia untuk itu menjaga kesehatan jantung merupakan investasi kesehatan yang sangat penting.

Cara Mengatasi Jantung Lemah

  1. Olahraga ringan 30 menit seperti bersepeda, jalan kaki, senam, dan berkebun
  2. Hindari makanan pabrik, pilih yang herbal (Baca : bahaya minuman bersoda)
  3. Turunkan berat badan (Makanan penurun berat badan)
  4. Cek penyakit lain yang menyebabkannya. Jantung lemah bisa di sebabkan diabetes, kolesterol tinggi, dan darah tinggi.

Pada artikel ini telah dipaparkan mengenai ciri – ciri lemah jantung. Jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang menimpa jantung ini merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia (baca : Penyakit paling mematikan di dunia). Untuk itu kita sebaiknya lebih menerapkan gaya hidup sehat serta berusaha jangan sampai terjangkit beragam penyakit yang berdampak pada kesehatan jantung. Jantung mempunyai otot yang mempunyai karakter berbeda dengan otot lainnya didalam tubuh manusia.

Jika pada organ tubuh lainnya, pembesaran otot dapat diasumsikan kedalam hal yang positif namun pembesaran pada otot jantung merupakan gejala gangguan kesehatan yang sangat berbahaya. Selain itu fase penyembuhan dan pengobatan dari penyakit lemah jantung ini juga memerlukan intensitas dan waktu yang cukup lama. Untuk itu, sangat dianjurkan supaya anda mengetahui apa saja ciri – ciri penyakit lemah jantung. Hal ini nantinya akan membantu anda dalam mendeteksi dan memperoleh pengobatan lebih awal supaya penyakit lemah jantung tidak semakin parah.

Baca juga : Dokter Jantung Terbaik Indonesia & Penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung