20 Cara Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Manusia

5778

Alat peredaran darah sangat berfungsi dan dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan adanya alat peredaran darah maka tubuh dapat mengalirkan darah sehinga seluruh tubuh dapat menrima darah dengan baik dan benar, jika salah satu alat peredaran darah ini. Sehingga sangat penting mengetahui cara menjaga kesehatan peredaran darah, agar metabolisme dalam tubuh terjaga dan sehat. Pada dasarnya banyak sekali penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah sehingga hal tersebut juga harus diketahui, untuk memperlancara peredaran darah sangat memerlukan konsumsi makanan untuk melancarkan peredaran darah. Alat perdaran darah yang digunakan dalam tubuh manusia adalah

  • Jantung
  • Pembuluh darah

Untuk itu bila ingin menjaga alat peredaran darah maka yang diperlukan adalah menjaga jantung dan pembuluh darah jangan sampai jantung mengalami penyakit jantung seperti serangan jantung dan jantung koroner, karena tidak sedikit gejala jantung koroner yang ada. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan alat peredaran darah manusia :

  1. Menghindari makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung

Dengan menghindari makanan yang menyebabkan penyakit jantung, maka jantung akan tetap sehat, sehingga jantung akan dapat normal untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh.

  1. Tidak merokok

Bukan hal yang asing lagi bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan pada jantung, dengan sering merokok jantung juga akan semakin terganggu, perlu diketahui mengenai bahaya rokok bagi jantung manusia agar jangan sampai jantung rusak hanya karena merokok.

  1. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung bengkak

Mengkonsumsi makanan ini juga perlu, karena jantung bengkak juga berbahaya bagi kesehatan jantung, jika kesehatan jantung terganggu maka peredaran darah juga akan terganggu.

  1. Jangan mengkonsumsi alkohol

Alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, bahkan tidak hanya kesehatan jantung saja, alkohol ini sangat berbahaya untuk penyakit yang lainnya seperti halnya bahaya pengaruh alkohol bagi penderita diabetes.  Dengan begitu, alkohol tidak hanya berbahaya bagi jantung saja, tetapi alkohol ternyata berbahaya bagi kesehatan, maka ketahuilah efek bahaya alkohol bagi kesehatan. Untuk itu agar kesehatan tetap terjaga jangan sampai sedikitpun mencicipi alkohol.

  1. Berfikir positif

Memang berfikir positif juga akan membuat jantung menjadi sehat, mengapa demikian ? karena dengan berfikir positif maka jantung akan selalu merasa tenang dan tidak ada getaran-getaran yang membuat jantung berdebar dengan lebih kencang, dengan demikian jantung akan lebih sehat. Untuk memberi kesehatan pada jantung maka harus memberikan ketenangan pada fikiran dan otak terutama psikologis dan emosi. Pada dasarnya psikologi dan emosi pada otaklah yang membuat segalanya bergerak termaksud dalam menenenangkan jantung dan merawat jantung.

  1. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia

Obat-obatan kimia juga tidak terllau baik untuk jantung dan ginjal, terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dapat membuat orang yang mengkonsumsi ini menderita penyakit jantung dan penyakit ginjal. Pada dasarnya obat-obatan memang dapat menyembuhkan penyakit yang sedang diderita oleh pasient, tetapi alangkah baiknya jika untuk mengobati segala hal penyekit itu menggunakan obat-obatan yang berasal dari alam saja, karena obat tradisional atau obat yang berasal dari alam tidak akan terllau membawa dampak buruk bagi organ yang lainnya.

  1. Memperbanyak minum air putih

Memang, megkonsumsi air putih dapat digunakan untuk obat berbagai macam penyakit, tak jarang orang yang menggunakan air putih ini untuk terapi air putih karena memang air putih sangat mujarab bagi kesehatan tubuh terutama dengan kesehatan jantung, meskipun demikian, air putih tidak selalu baik, terlalu banyak minum air putih juga berbahaya jadi memang ada bahaya akibat terlalu banyak minum air putih dan juga akibat kelebihan air putih. Jadi bila ingin mengkonsumsi air putih untuk terapi air putih alangkah baiknya minum air putih sesuai dengan porsinya. Seperti halnya air putih dapat digunakan untuk cara diet air putih tetapi bukan berarti mengkonsumsi air putihnya terllau banyak, karena justri hal ini tidak akan membuat tubuh menjadi kurus laayaknya seorang diet, tetapi akan menyebabkan penyakit lain yang disebabkan oleh air putih. Jadi untuk apapun itu, lakukan sesuai porsinya, jangan terllau berlebihan tetapi jangan telalu sedikit.

  1. Olah raga yang teratur

Olaharaga dengan teratur juga dapat membuat jantung menjadi sehat, olahraga dengan teratur akan membuat jetak jantung lebih teratur sehingga dalam mengalirkan darahpun jantung akan dapat bekerja lebih baik ketimbang dari jantung yang tidak pernah melakukan olahraga sedikitpun. Olah raga jantung ini dapat dilakukan untuk melakukan cara melatih kesehatan jantung. Tentunya hal ini tidak sulit dilakukan jika sudah terbiasa untuk dijalankan.

  1. Manfaatkan sinar matahari

Ternyata  sinar matahari juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, seperti layaknya yang sering didengar saat kecil, sinar matahari di pagi hari memiliki kandungan vitamin D untuk tubuh tak terkecuali untuk jantung.

  1. Menghindari aktivitas yang berat

Aktivitas yang berat juga akan menggangu kesehatan jantung, jadi untuk menjaganya lebih baik menghindari aktivitas-aktivitas yang berat jika memang sudah dapat dipastikan bahwa tubuh memiliki riwayat penyakit jantung.

  1. Kegemukan

Kegemukan atau obesitas ini juga dapat menggangu kesehtan jantung, bagaimana tidak ? kesehatan jantung juga ditentukan dengan bentuk tubuh. Bentuk tubuh yang menganggu dalam bergerak akan menggangu pula gerak dan peredaran darah pada jantung.

Itulah yang harus dijaga dari jantung agar peredaran darah dapat berjalan dengan normal, selain jantung, menurut pembahasan tadi yang perlu dijaga adalah pembuluh darah. Untuk itu akan dijelaskan juga mengenai cara menjaga kesehatan pembuluh darah.

Cara Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, maka seorang yang ingin menjaga dan merawat alat peredaran darah ini harus mengkonsumsi makanan yang baik untuk pembuluh darah diantaranya adalah :

  1. Mengkonsumsi ikan

Ikan memiliki omega 3 dan juga memiliki asam lemak yang cukup kaya sehingga dapat membantu sirkulasi darah agar lebih lancar, pada dasarnya omega 3 memang membantu dalam perkembangan dalam kekebalan diri manusia itu juga, ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah

  1. Konsumsi teh hijau

Tak hanya untuk kecantikan, teh hijau juga memiliki manfaat yang cukup baik bagi pembuluh darah pada manusia. Bahkan teh hijau tidak hanya dapat menjaga pembuluh darah saja tetapi juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, untuk mengontrol gula darah dan juga mengontrol kolesterol pada manusia, karena kolesterol ini dapat menyebabkan ganguan pada pembuluh darah juga. Sehingga harus dijaga kesehatan agar peredaran darah tidak terganggu

  1. Konsumsi banyak almond

Almond mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan jantung dan juga kesehatan pembuluh darah. Selain itu almond juga salah satu buah yang memiliki banyak lemak tak jenuh sehingga tidak akan menyebabkan kolesterol menjadi tinggi tetapi akan membuat dan mengatur kolesterol dan gula darah menjadi normal

  1. Alpukat

Tak hanya almond, tetapi alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga pembuluh darah dapat terjaga dengan baik. Sama halnya dengan almond, alpukat juga dapat menurunkan kolesterol pada lemak. Terutama lemak pada  wajah. Jadi memang almond ini sangat cocok untuk kesehatan wajah yang kering, karena dapat mengontrol lemak.

  1. Konsumsi buah delima

Buah delima mengandung banyak antioksidan yang dapat digunakan untuk melindungi arteri atau pembuluh darah yang digunakan untuk mengedarkan darah. Sehingga dapat menghindari dari kerusakan pembuluh darah tersebut. Selain itu buah delima juga dapat mengatur kestabilan aliran darah pada sirkulasi darah tersebut

  1. Brokoli

Sayur-sayuran yang satu ini juga bermanfaat untuk menjaga pembuluh darah, bahkan brokoli tidak hanya menjaga pembuluh darah saja tetapi juga dapat menjaga jantung agar jantung tetap sehat.

  1. Telur ayam maupun telur bebek

Makanan ini juga mengandung banyak sekali omega 3 dan termasuk makanan omega 3 yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga pembuluh darah juga.

  1. Kacang-kacangan

Tidak hanya telur bebek maupun telur ayam saja yang mengandung banyak omega 3 tetapi kacang-kacangan juga memiliki kandungan omega 3 yang tidak kalang tingg dari telur ayam dan telur bebek ini.

  1. Susu kambing

Susu kambing juga salh satu makanan yagn mengandung  omega 3, bahkan susu kambing ini lebih banyak manfaatnya dbanding susu sapi. Dengan begitu susu kambing ini juga lebih memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga kesehatan dan keseimbangan tubuh lainnya.

Itulah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah, dengan adanya alat peredaran darah maka darah akan dapat berjalan dengan baik, sehingga seluruh tubuh dapat menerima darah yang dialirkan dari jantung dan menggunakan pembuluh darah tadi.

Di atas sudah dijelaskan mengenai cara merawat jantung dan juga cara merawat pembuluh darah yang memang berfungsi untuk mengalirkan darah. Sehingga hal tersebut harus benar-benar dijaga agar peredaran darah ini benar-benar dapat berjalan lancar sehingga kesehatan tubuh juga terjaga dengan baik.