Perbedaan Sakit Jantung dan Gerd : Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Pernahkah anda merasa nyeri pada bagian dada? Mungkin bsetelah anda mengalaminya anda bertanya-tanya sakit apakah gerangan tadi yang menyerang apakah serangan jantung atau penyakit lainnya. hal ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang. rasa nyeri pada dada memang bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung atau kelainan pada jantung, gangguan pada paru-paru atau karena naiknya ciri asam lambung dan obatnya dan GERD.

Banyak pasien yang tidak bisa membedakan hal ini dan seringkali mereka harus mengkonsultasikan langsung dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Pemeriksaan dini ini memang penting untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang anda alami. Dalam artikel ini akan membahas lebih jauh apa saja perbedaan penyakit jantung dan juga GERD. Namun sebelumnya alangkah lebih baik jika anda mengetahui apa itu penyakit jantung dan apa itu GERD terlebih dahulu.

baca juga: madu bagi penderita asam lambung

Penyakit jantung

jenis-jenis Penyakit jantung merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan termasuk dalam daftar penyakit yang mematikan. Penyakit jantung disebabkan oleh terhalangnya pembuluh darah jantung oleh lemak atau kolesterol. Adanya penyumbatan pembuluh darah oleh lemak dinamakan dengan istilah aterosklerosis. Selain bisa menyumbat darah masuk ke jantung, atesklerosis juga berpotensi menjadi penggumpalan darah dan jika darah terhenti sepenuhnya maka saat itu akan terjadi serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian. Beberapa hal yang mampu memicu adanya aterosklerosis antara lain adalah karena merokok, minum alkohol, makan makanan berkolesterol dan juga karena komplikasi dari penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi dan gejala diabetes.

  • Gejala penyakit jantung

Penyakit jantung dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu angina dan serangan jantung. Angina merupakan istilah medis untuk apa yang sering disebut dalam masyarakat sebagai bahaya angin duduk. Gejala angina ini terkadang tidak muncul sehingga sangat berbahaya jika angina kambuh dan tidak disadari. Rasa sakitnya akan terasa pada dada dan sangat membakar serta penderita akan kehilangan nafas. Jika tidak segera diatasi angina ini bisa memicu kematian terutama untuk jenis angina yang tidak stabil dan tidak mudah diprediksi. Namun angina bisa ditangani dengan menggunakan obat-obatan tertentu ketika angina kambuh.

Selain itu jenis lainnya adalah serangan jantung. Tidak jauh berbeda dari angina, serangan jantung juga berpotensi menyebabkan kematian bahkan lebih besar dari angina karena serangan jantung lebih banyak datang secara mendadak karena beberapa faktor seperti terlalu lelah, berolahraga terlalu berat, dan juga karena depressi serat stress. Serangan jantung jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan gagal jantung yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

baca juga: penyebab angin duduk

  • Pemeriksaan penyakit jantung

Gejala yang  timbul pada penyakit jantung adalah biasanya ditandai dengan rasa nyeri di bagian dada kiri dan juga sesak nafas serta pandangan kabur. Jika anda mengalami hal ini secara terus menerus maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter. Untuk memastikan apakah anda mengalami penyakit jantung atau tidak maka bisa menggunakan berbagai prosedur tes misalnya saja tes drah. MRI, CT scan, angigrafi koroner dan elektrokardiogram.

Untuk membantu mencegah hadirnya penyakit jantung maka bisa dilakukan dengan langkah pencegahan seperti berikut ini:

  • Hentikan aktivitas merokok dan usahakan tidak terpapar asap rokok
  • Terapkan gaya hidup sehat seperti makan rendah kolesterol dan lakukan olahraga teratur
  • Selalu jaga berat badan ideal
  • Hentikan minum minuman keras dan beralkohol

baca juga: gejala sesak nafaspenyebab nyeri ulu hati

GERD

Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah nama lain dari penyakit ciri asam lambung. dan obatnya Penyakit ini termasuk umum dialami oleh sebagian besar masyarakat. kondisi penyakit ini disebabkan karena naiknya asam lambung hingga ke bagian eksofagus sehingga menyebabkan efek dada panas seperti terbakar dan juga nyeri.

Penyebab utama dari penyakit GERD ini adalah karena lowe esphagea sphincter (LES) yang berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan membuka saat makanan ditelan dan menutup kembali mengalami kegagalan fungsi. Hal inilah kemudian yang menyebabkan asam lambung naik hingga ke bagian eksofagus dan menyebabkan rasa nyeri terutama pada bagian ulu hati.

  • gejala GERD

setidanya terdapat beberapa hal yang bisa menunjukkan gejala atau tanda adanya GERD dalam tubuh anda, antara lain adalah sebagai berikut:

  • munculnya rasa pahit di lidah akibat asam lambung yang naik hingga ke mulut
  • munculnya sensasi rasa terbakar pada daerah dada dan juga ulu hati, rasa ini terkadang membuat orang kesulitan bernafas.
  • Mengalami kesulitan menelan
  • Merasa seperti ada benjolan di kerongkongan terutama saat menelan
  • Gigi bau dan rusak
  • Sakit pada daerah dada
  • Batuk kering dan tidak kunjung sembuh
  • Bau napas tidak sedap
  • Air liur bertambah secara tiba-tiba.

baca juga: cara mengobati asam lambung naikcara mencegah asam lambung


  • Pengobatan GERD

secara umum pengobatan untuk masalah GERD bisa diatasi dengan menggunakan obat pereda asam lambung. Selain itu anda juga bisa memakan makanan yang tidak memicu naiknya asam lambung seperti makanan asam, pedas, soda dan alkohol. Selain itu ketika habis makan jangan langsung tiduran karena membuat asam lambung naik lebih cepat dan jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

baca juga: makanan untuk penderita asam lambung

Perbedaan sakit jantung dan GERD

Setidaknya terdapat beberapa kesamaan antara penyakit jantung dan GERD yang membuat banyak orang bingung apakah dirinya mengalami sakit jantung atau GERD. Persamaan itu adalah rasa sakit dan sensasi terbakar pada bagian dada dan disertai dengan susah bernafas. Namun perbedaannya adalah sebagai berikut ini:

  • Bila anda mengalami GERD maka anda akan mengalami rasa sakit pada dada seperti terbakar serta diiringi dengan rasa pahit di dalam mulut akibat adanya asam lambung yang naik hingga ke mulut.
  • Sedangkan untuk sakit jantung, para penderitanya juga akan mengalami rasa sakit pada daerah dada namun tidak diiringi dengan rasa pahit di mulut. Rasa sakit yang menekan pada dada kiri ini kemudian bisa menjalar ke bagian tangan dan bahu kiri jika sudah dalam 10 menit lamanya.

baca juga: penyabab radang tenggorokanpenyebab perut panas

Memang untuk membedakan dan memastikan lebih lanjut apakah rasa sakit di dada itu adalah sakit jantung atau GERD cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan sehingga tim medis dapat melakukan serangkaian tes untuk bisa melihat apakah anda mengalami sakit jantung atau GERD. Jadi, jika anda mengalami hal tersebut janganlah sungkan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 13th, August 2016 / 12:20 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung