15 Cara Mencegah Asam Lambung Naik yang Berlebihan

4493

Asam lambung merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang sangat umum. Penyakit ini banyak menyerang remaja dan usia lanjut. Hal yang paling tidak nyaman dari gangguan ini adalah perasaan mual dan penurunan nafsu makan yang sangat cepat. Selain itu penyakit ini juga bisa menjadi lebih buruk terutama ketika sudah menyebabkan gangguan untuk lambung dan usus. Kenaikan asam lambung bisa menyebabkan cairan yang naik hingga ke tenggorokan. Kemudian bisa membuat perut atau lambung menjadi sangat perih. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik dan harus diwaspadai. Salah satunya adalah makanan penyebab asam lambung naik yang umumnya tidak diperhatikan. Produksi asam lambung yang berlebihan bisa sangat menganggu. Gangguan ini menyebabkan penderita tidak bisa melakukan akifitas seperti biasanya. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah asam lambung naik berlebihan :

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Untuk mencegah asam lambung maka Anda bisa mencoba untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak. Makanan yang mengandung lemak bisa menyebabkan organ pencernaan sulit untuk menerima bahan tersebut. Bahkan lambung bisa menambah produksi asam hanya untuk membuat organ pencernaan bisa menerima lemak. Selain itu konsumsi lemak juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan potensi penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan jenis penyakit lain. Baca juga: makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabelakibat kelebihan lemak dalam tubuhmakanan yang bikin gemuk super cepatbahaya lemak jenuh bagi kesehatan tubuh.

  1. Kurangi Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas memang bisa meningkatkan selera. Namun kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas bisa membuat potensi asam lambung naik dengan cepat. Makanan pedas tidak hanya menyebankan lambung menjadi perih. Produksi asam akan menjadi berlebihan untuk membuat ruang pencernaan menerima makanan pedas tersebut. Anda harus mengurangi makanan pedas untuk membuat keseimbangan asam dalam lambung. (baca juga: bahaya makanan pedas untuk ibu hamil dan kesehatan – pantangan ambeien wajib dihindari)

  1. Hindari Makanan Asam

Anda mungkin suka makan makanan yang pedas dan asam seperti rujak atau jenis makanan lain. Namun jika memiliki gangguan asam lambung maka harus menghindari makanan yang asam. Makanan yang asam biasanya identik dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun ternyata zat asam akan memicu asam lambung yang berlebihan. Hal ini juga bisa merusak kondisi lambung. Selain itu konsumsi makanan asam yang berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit seperti maag. Perhatikan jika sudah terkena gejala penyakit maag – ringan – sedang – kronis karena makanan asam bisa memicu kekambuhan.

  1. Hindari Makan Permen

Permen memang menjadi camilan yang banyak disukai oleh semua orang. Namun permen bisa membuat kondisi asam lambung terus meningkat. Permen biasanya akan membuat prosuksi air liur yang berlebihan. Kemudian juga akan menurunkan nafsu makan karena Anda merasa masih kenyang. Hal ini bisa membuat asam lambung menjadi lebih buruk. Kandungan berbagai bahan pengawet dalam permen juga bisa menyebabkan masalah pada lambung. (baca juga: bahaya permen karet jika tertelan bagi kesehatan dan gigibahaya anak menelan permen karet bagi tubuhbahaya menelan permen karet pada anak – kesehatan orang dewasa)

  1. Hindari Coklat

Coklat juga harus dihindari atau dikurangi jika Anda memiliki asam lambung yang berlebihan. Coklat mengandung senyawa alami kimia yang membuat nafsu makan Anda menurun. Selain itu makan coklat juga akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang cepat. Namun sebenarnya  senyawa dalam coklat bisa menjadi asam dalam lambung. Hal ini kemudian akan meningkatkan produksi asam lambung yang berlebihan. Jadi hindari terlalu banyak makan coklat jika Anda memiliki gangguan asam lambung.

  1. Hindari Bawang Putih

Menambahkan bawang putih dalam masakan memang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Namun terlalu banyak bawang putih bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebihan. Bawang putih akan merusak sistem asam dalam lambung secara alami. Kandungan sulfur dalam bawang putih juga bisa menyebabkan gangguan untuk lambung. (baca juga: efek samping bawang putih bagi kesehatanbahaya bawang putih mentah)

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein tinggi

Jika Anda memiliki gangguan asam lambung maka Anda harus mencoba untuk tidak minum kopi atau jenis minuman lain yang mengandung kafein. Semua jenis minuman yang mengandung kafein bisa menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan. Selain itu efek kafein juga bisa menurunkan nafsu makan, mengurangi tingkat keseimbangan cairan dalam tubuh serta efek lambung yang berlebihan. Anda bisa menghindari kopi atau mengurangi jumlah kopi dan minuman berkafein lain agar lambung menjadi lebih sehat. (baca juga: efek bahaya kafein bagi tubuhbahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan)

  1. Hindari Konsumsi Minuman Berkarbonasi

Mengkonsumsi minuman berkarbonasi memang menjadi kebiasaan beberapa orang. Namun minuman yang mengandung karbon ternyata memiliki efek yang sangat besar untuk bagian lambung. Mimuman ini akan memicu produksi asam yang berlebihan karena lambung tidak bisa menerima karbon. Selain itu minuman ini juga bisa menyebabkan perut menjadi tidak bisa lapar seperti biasanya. Ada beberapa dampak minuman berkarbonasi untuk kesehatan secara umum. (baca juga: dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamil)

  1. Makan dalam Porsi yang Kecil

Jika Anda ingin menjaga kesehatan lambung, maka cobalah untuk terbiasa makan dalam jumlah yang kecil. Cara makan dengan jumlah porsi yang kecil serta sering akan membuat lambung bisa bekerja dengan lebih baik. Bahkan kebiasaan ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sementara jika makan dalam jumlah yang besar namun jarang maka bisa membuat organ pencernaan bekerja sangat berat. Hal ini juga sangat buruk untuk tubuh karena meningkatkan berat badan.

  1. Meninggikan Bantal Saat Tidur

Membuat posisi bantal yang lebih tinggi saat tidur juga bisa menjadi cara mencegah asam lambung secara alami. Cara ini juga sangat baik untuk membuat aliran darah menjadi lebih baik. Jika Anda sedang flu atau menderita sinusitis maka posisi bantal yang lebih tinggi bisa membantu mengalirkan cairan. Sementara posisi ini sangat baik untuk asam lambung karena mencegah agar produksi asam yang berlebihan tidak naik sampai tenggorokan. Cara sederhana ini akan mengurangi asam lambung dan membuat lambung lebih cepat sehat.

  1. Hindari Tidur Setelah Makan

Jangan pernah tidur setelah baru saja makan. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan asam lambung cepat naik. Ketika Anda makan maka lambung baru saja menerima makanan. Kemudian jika langsung tidur maka bisa menyebabkan asam naik dengan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh perlawanan lambung dan organ pencernaan lain terhadap gaya gravitasi. Asam akan lebih mudah naik dan bahkan kembali naik ke tenggorokan. Jika terus terjadi maka bisa menyebabkan mual dan muntah. (baca juga: bahaya tidur setelah makan yang pasti terjadibahaya berbaring setelah makan bagi kesehatanngantuk setelah makan pagi dan siang : penyebab, bahaya dan cara mengatasi)

  1. Jangan Memakai Celana yang Ketat

Jika Anda memiliki gangguan asam lambung maka jangan pernah menggunakan celana atau ikat pinggang yang ketat. Pakaian yang ketat akan memaksa menekan lambung dan berbagai organ pencernaan lain. Hal ini sangat berbahaya karena bisa membuat lambung tidak bisa bekerja dengan baik. Tekanan pada bagian perut akan merusak sistem pencernaan yang sering ditandai dengan mual dan muntah. (baca juga: bahaya memakai celana ketat bagi kesehatanbahaya celana skinny terlalu ketat bagi kesehatan)

  1. Jangan Merokok

Rokok memang salah satu hal yang paling dilarang karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan gangguan untuk organ pernafasan seperti paru-paru. Selain itu kandungan asam dalam rokok juga akan merusak sistem asam dalam lambung. Hal yang paling berat adalah bahwa merokok bisa menyebabkan penurunan nafsu makan yang berat. Cara inilah yang kemudian bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih parah. Baca juga: efek bahaya nikotin rokok untuk kesehatanbahaya makan abu rokok bagi kesehatanbahaya tar pada rokokbahaya merokok bagi remajabahaya menelan asap rokok bagi kesehatan tubuh)

  1. Hindari Produk Gluten

Orang yang memiliki gangguan asam lambung sebaiknya juga tidak mengkonsumsi berbagai produk yang mengandung gluten. Gluten adalah salah satu produk yang bisa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum. Gluten akan menyebabkan gangguan pencernaan karena sulit untuk dicerna oleh usus dan diterima oleh lambung. Gejala awal yang paling sering terjadi adalah mual, perasaan tidak nyaman untuk perut dan nafsu makan menurun. Produk gluten bisa menyebabkan asam lambung yang lebih tinggi.

  1. Hindari Alkohol

Semua penderita asam lambung sebaiknya juga tidak mengkonsumsi produk alkohol. Alkohol sangat buruk untuk tubuh karena bisa menyebabkan asam lambung naik. Selain itu juga bisa menganggu kesehatan hati dan ginjal. Hal yang lebih buruk adalah bisa merusak kerja otot perut  yang penting untuk lambung. Alkohol berlebihan juga akan memberikan dampak untuk bagian tenggorokan sehingga bisa merusak semua sistem pencernaan dari atas ke bawah. baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosialpengaruh alkohol terhadap sistem syaraf manusiabahaya minuman keras bagi kesehatan. Gangguan asam lambung memang bisa sangat berbahaya. Dalam kondisi yang sudah buruk maka kenaikan asam lambung akan menyebabkan lambung tidak bisa menerima makanan. Jika hal ini terjadi maka tubuh Anda bisa mengalami kekurangan nutrisi dan gagal fungsi organ. Simak juga informasi mengenai asam lambung dan maag: