Akibat Bahaya Buah Nangka bagi Penderita Maag Kronis

6504

Buah nangka pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Buah ini sangat mudah dijumpai di lingkungan kita. Saat sudah matang, buah nangka akan memiliki warna kuning dan memiliki rasa yang manis. Sebagian orang juga sering memanfaatkan buah ini untuk membuat jus. Buah nangka yang masih muda juga tidak kalah bermanfaat. Banyak orang yang memanfaatkan buah nangka muda sebagai bahan baku untuk masakan, terutama di rumah masakan Padang. Buah nangka memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, beberapa orang tidak bisa mengkonsumsi jenis buah ini karena memiliki riwayat gangguan lambung yaitu penyakit maag. Namun, sebelum kita membahas mengapa seseorang yang memiliki penyakit maag tidak boleh mengkonsumsi buah nangka, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai nutrisi apa saja yang terkandung di dalam buah nangka. (baca juga: efek samping buah nangka)

Kandungan Nutrisi dalam Buah Nangka

Nangka adalah buah negara tropis yang bisa Anda jumpai dengan mudah di sekitar Anda. Adapun beberapa kandungan nutrisi dalam buah nangka adalah sebagai berikut:

  • Kalori dalam buah nangka tergolong sangat tinggi. Dalam 100 gram buah nangka terkandung 95 kalori. Daging buah nangka yang sudah matang sangat mudah dicerna karena mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Dengan mengkonsumsi buah nangka yang sudah matang, energi akan bertambah secara signifikan. (baca juga: olahraga yang membakar kalori super banyak)
  • Fitonutrisi yang bernama lignans, isoflavon, dan saponin adalah beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalam buah nangka. Fitonutrisi merupakan jenis nutrisi yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dan juga mencegah terjadinya penuaan dini. (baca juga: penyebab penuaan dini)
  • Serat adalah kandungan nutrisi yang umum dijumpai dalam sayuran dan buah-buahan. Nangka adalah buah yang sangat kaya akan kandungan serat. Kandungan serat dalam buah nangka dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta membersihkan usus dari berbagai jenis kotoran. (baca juga: makanan yang mengandung serat tinggi)
  • Vitamin C¬†adalah nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berguna sebagai antioksidan alami. Asupan vitamin C secara cukup akan membantu tubuh mengontrol jumlah kadar sel darah putih sehingga tubuh terasa lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. (baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)
  • Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan penglihatan. Selain itu, vitamin A juga berguna untuk mencegah dampak negatif dari radikal bebas. Vitamin A juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Kandungan vitamin A dalam buah nangka relatif tinggi sehingga dengan mengkonsumsi nangka Anda akan memperoleh sejuta manfaat vitamin A. (baca juga: akibat kekurangan vitamin A)
  • Potassium juga bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah nangka. Potassium berguna untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh. (baca juga: makanan yang mengandung potasium)
  • Magnesium merupakan nutrisi yang berguna untuk menguatkan tulang. Magnesium akan membantu penyerapan kalsium secara lebih optimal sehingga tulang tidak akan mudah mengalami pengeroposan. (baca juga: makanan yang mengandung magnesium tinggi)
  • Zat besi berguna sebagai komponen utama untuk membentuk sel darah merah. Dengan kata lain, mengkonsumsi buah nangka akan mencegah ciri-ciri anemia karena kandungan zat besi dalam buah nangka akan membantu proses pembentukan sel darah merah. (baca juga: akibat kelebiha dan kekurangan zat besi)
  • Protein juga bisa temukan dalam biji buah nangka. Jadi kandungan nutrisi buah nangka tidak hanya kita jumpai dalam daging buah nangka saja. Biji buah nangka juga bisa kita ambil nutrisinya. Kandungan nutrisi protein tersebut berguna sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Biji buah nangka baru-baru ini telah dikreasikan menjadi olahan yang nikmat untuk dikonsumsi yaitu susu biji buah nangka. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein)

Yang lebih penting lagi, nangka memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah. Karena itulah, mengkonsumsi buah nangka aman bagi siapa saja yang memiliki gangguan ciri-ciri penyakit jantung. Bahkan, Anda juga bisa memasukkan buah nangka ke dalam menu asupan diet harian Anda.

Bahaya Buah Nangka bagi penderita Maag

Meskipun buah nangka kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah yang satu ini. Buah nangka adalah salah satu jenis makanan pantangan bagi penderita maag. Banyak yang telah mengalami sekaligus membuktikan bahwa mengkonsumsi buah nangka akan meningkatkan resiko kambuhnya penyakit maag. Penyakit maag adalah jenis penyakit pencernaan yang menyerang bagian lambung. (baca juga: madu bagi penderita penyakit lambung)

Salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi penderita maag adalah makanan yang mengandung gas dan serat yang terlalu tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah nangka adalah salah satu jenis buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Penderita maag yang mengkonsumsi buah nangka tentu akan mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi buah nangka juga akan meningkatkan kandungan gas dalam perut sehingga membuat perut terasa begah dan kembung. Karena itu, sebaiknya penderita maag menghindari buah nangka, baik yang sudah matang maupun masih muda. (baca juga: gejala sakit maag pada anakmakanan yang mengandung serat tinggi)

Tidak hanya penderita maag saja, Anda yang tidak memiliki gangguan pencernaan pun juga tidak boleh mengkonsumsi buah nangka terlalu banyak. Kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah nangka bisa memicu gangguan pencernaan seperti bahaya diare.