Home Penyakit dan KelainanMaag Bahaya Santan bagi Penderita Maag Kronis

Bahaya Santan bagi Penderita Maag Kronis

by Roro Dyiah

Maag adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang terjadi di bagian lambung. Maag terjadi karena adanya peningkatan kadar asam lambung yang berlebih di dalam lambung. Peningkatan kadar asam lambung tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti infeksi kuman dan juga pola asupan makanan yang tidak terkontrol. Menjaga makanan harus di perhatikan agar maag tidak kronis

Penyebab Bahaya Santan bagi Penderita Maag

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag adalah jenis makanan yang bersantan. Makanan bersantan biasanya mengandung kadar lemak yang relatif tinggi. Penderita maag hendaknya menghindari jenis makanan yang bersantan dan juga berlemak. Makanan yang mengandung santan akan meningkatkan resiko penyakit maag kambuh atau semakin parah. Terkadang, penderita penyakit maag yang mengkonsumsi makanan bersantan akan merasa mual dan ingin muntah. (baca juga: bahaya buah nangka bagi penderita maag)

Makanan yang mengandung santan hendaknya dihindari oleh penderita maag. Makanan bersantan akan melemahkan klep kerongkongan bawah (GERD). Akibatnya, gejala asam lambung akan naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan akan menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan pada beberapa kasus menyebabkan sensasi sesak napas. Maka tidak heran jika seseorang yang mengkonsumsi makanan bersantan dan merasa mual atau ingin muntah bisa jadi orang tersebut menderita gangguan pencernaan di bagian lambung. (baca juga: penyebab muntah darah)

Mengkonsumsi makanan yang mengandung santan akan meningkatkan produksi asam lambung. Karena itu, penderita maag sebaiknya menghindari jenis makanan yang bersantan. Peningkatan asam lambung bisa berakibat buruk bagi pencernaan, salah satunya adalah terjadinya ulkus (luka pada lambung) yang akan menyebabkan gangguan pada dinding lambung dalam tempo yang relatif lama. Alhasil, penyakit maag akan semakin sulit sembuh dan peradangan juga akan semakin parah. (baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)

Makanan bagi Penderita Maag

Penderita gangguan pencernaan seperti penyakit maag harus cermat dalam memilih asupan makanan yang sesuai dengan kondisi lambung dan tidak menyebabkan penyakit maag semakin memburuk. Adapun jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag adalah sebagai berikut.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi jika Anda menderita maag:

  • Sumber Karbohidrat yang Lunak

Untuk memenuhi kebutuhan energi harian Anda, Anda bisa mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat yang sifatnya lunak seperti bubur ayam, kentang rebus, roti, dan juga tepung-tepungan yang dibuat menjadi bubur atau puding. Beberapa jenis asupan karbohidrat lunak tersebut penting bagi penderita maag kronis agar lambungnya tidak mengalami kerusakan atau luka. (baca juga: 26 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi)

  • Sayuran

Pilihlah jenis sayuran yang tidak mengandung serat terlalu tinggi. Sayuran terbaik bagi penderita maag adalah brokoli. Brokoli mengandung sulfur yang berguna untuk melindungi lapisan dinding lambung dari kerusakan. Beberapa sayuran lain yang juga mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih. (baca juga: gejala sakit maag pada anak)

  • Buah-buahan

Tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi oleh penderita maag. Berbagai jenis buah yang mengandung terlalu banyak serat dan juga bersifat gas sebaiknya dihindari. Pilihlah jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan kalium, seperti pepaya dan pisang. Kalium berguna sebagai penyeimbang pH atau derajat keasaman di dalam lambung. (baca juga: madu bagi penderita maag)

Itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk Anda yang menderita penyakit maag. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengkonsumsi lidah buaya. Selain aman bagi penderita maag, lidah buaya juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit maag. Kandungan saponin di dalam lidah buaya berguna untuk antiseptik yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung. Selain itu, kandungan senyawa antrakuinon dalam lidah buaya bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada lambung.

Makanan Pantangan bagi Penderita Maag

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag:

  • Gorengan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa makanan yang mengandung banyak lemak sebaiknya dihindari oleh penderita maag. Selain santan, sebaiknya penderita maag juga menghindari jenis makanan gorengan. Gorengan kaya akan kandungan lemak yang dapat memicu produksi asam lambung. (baca juga: 25 bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan)

  • ¬†Susu Olahan dengan Kandungan Lemak yang Tinggi

Beberapa jenis olahan susu yang tinggi lemak trans seperti mentega sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maag. Alasannya bukan berada pada susu, tetapi pada kandungan lemak yang sangat tinggi pada produk olahan susu tersebut.

  • Coklat

Selama ini coklat identik dengan jenis makanan yang manis dan menyehatkan. Namun, tahukah Anda bahwa coklat juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi? Kandungan kafein dalam coklat akan meningkatkan kadar asam lambung sehingga coklat sebaiknya dihindari oleh penderita maag. (baca juga: kopi bagi penderita maag)

  • Beberapa Produk Hasil Fermentasi

Beberapa jenis makanan hasil fermentasi seperti tape dan oncom sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita maag. Namun, beberapa jenis makanan hasil fermentasi seperti tempe dan juga yogurt masih diperbolehkan, bahkan dianjurkan karena menyehatkan. (baca juga: penyebab lemak menumpuk di lengan)

  • Buah-buahan yang Mengandung Gas

Tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi oleh penderita maag. Beberapa jenis buah yang memiliki kadar serat terlalu tinggi dan juga mengandung gas sebaiknya tidak dikonsumsi. Beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari adalah nanas, nangka, rambutan, dan juga durian. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut akan meningkatkan kadar asam dalam dalam lambung. Selain itu, kadar serat yang terlalu tinggi juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan. (baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

  • Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda terbukti dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung. Jadi sebaiknya jenis minuman ini dihindari. Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda juga akan membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. (baca juga: 16 dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh ibu hamil)

  • Kopi dan Teh

Kopi sudah tentu tidak boleh Anda konsumsi jika tidak ingin penyakit maag Anda semakin parah. Kandungan kafein di dalam kopi akan meningkatkan kadar asam dalam lambung dan berpotensi menyebabkan luka pada dinding lambung. Jenis minuman lain yang sebaiknya Anda hindari adalah teh. Teh ternyata juga memiliki kandungan kafein meskipun tidak setinggi pada kopi.

Demikian rekomendasi mengenai beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari oleh penderita maag. Selektif dalam menentukan jenis asupan makanan akan sangat penting untuk mencegah penyakit kambuh dan juga mempercepat proses penyembuhan.

You may also like