27 Makanan Penyebab Rambut Rontok Parah Wajib Diketahui

Rambut rontok adalah suatu masalah besar, terutama bagi wanita walau juga hal ini kerap terjadi pada para pria dan menjadi faktor yang mampu menurunkan kualitas penampilan seseorang. Rupanya, mengonsumsi makanan tertentu bisa menjadi pemicu kerontokan rambut. Berikut ini adalah daftar makanan penyebab rambut rontok yang wajib untuk diperhatikan.

  1. Susu

Walau susu adalah salah satu sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi yang dapat menurunkan risiko osteoporosis dan juga kondisi gangguan tulang dan gigi lainnya, rupanya susu mampu menyebabkan rambut rontok. Susu yang ditawarkan secara komersial perlu diketahui merupakan produk susu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan inilah yang mampu menjadi pemicu reaksi alergi.

Dari proses pasteurisasi pada produk susu, maka enzim alami yang ada di dalam susu akhirnya menjadi hilang kegunaannya. Padahal enzim tersebut justru adalah yang memungkinkan tubuh pengonsumsinya untuk mampu mencerna susu. Tanpa enzim ini tubuh akan bekerja keras demi dapat mencerna susu saat sudah masuk ke dalam tubuh sehingga tak berguna lagi dalam hal gizi.

Ketika dicerna oleh bakteri yang berbahaya, maka itu artinya justru susu malah menjadi produk limbah yang justru tak berguna bagi tubuh. Supaya terhindar dari kerontokan rambut, penting untuk memilih susu yang tak melalui proses pasteurisasi dan itu artinya batasi dan hindari susu pasteurisasi.

  1. Gorengan

Gorengan bukan hanya menjadi penyebab kulit yang berjerawat dan berminyak, namun gorengan juga dapat menjadi penyebab rontoknya rambut. Kandungan lemak trans di dalam makanan yang digoreng sangatlah tinggi sehingga mampu menjadikan keseimbangan hormon terganggu dan justru malah membuat kekuatan rambut menjadi lemah yang memicu pada kerontokan.

  1. Makanan dari Tepung Terigu

Makanan-makanan yang dibuat dari tepung terigu rupanya juga mampu menjadikan kekuatan rambut menurun. Benar bahwa banyak orang justru merupakan penggemar makanan dari terigu seperti halnya:

  • Biskuit
  • Cake
  • Roti tawar
  • Donat

Dan masih banyak makanan lainnya yang terbuat dari tepung terigu. Jika meneruskan konsumsi makanan-makanan seperti ini, bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang terjadi, melainkan juga kesehatan rambut turut terkena dampaknya.

  1. Makanan Bervitamin A

Vitamin A memang menjadi asupan penting untuk menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan indera penglihatan kita. Hanya saja, terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A ternyata juga kurang begitu baik.

Pengaruh buruk dapat terjadi yang melibatkan kesehatan rambut di mana kelebihan asupan vitamin A justru mampu membuat rambut menipis lama-kelamaan. Ketahui dosis yang benar-benar tepat akan vitamin satu ini agar tidak memengaruhi kesehatan bagian tubuh Anda lainnya. Berkonsultasi dengan ahli kesehatan pun akan jauh lebih baik.

  1. Pemanis Buatan

Bahaya pemanis buatan bagi kesehatan rambut rupanya juga perlu untuk diperhatikan dan diwaspadai. Pemanis buatan bukan hanya perlu dihindari oleh penderita diabetes saja, melainkan juga bagi yang sedang mengalami masalah pada rambut atau melakukan perawatan rambut. Tak banyak yang tahu bahwa pemanis buatan mampu memberikan efek buruk untuk rambut sekalipun.


Makanan atau minuman yang menggunakan pemanis buatan seperti aspartam adalah yang paling perlu dibatasi atau kalau bisa dihindari sama sekali. Karenanya, pertumbuhan rambut dapat menjadi lebih lambat dan bahkan akan mulai rapuh. Karena mudahnya rontok, maka Anda perlu untuk membatasi asupan pemanis buatan dan juga demi menghindari bahaya lainnya.

  1. Makanan-makanan Manis

Makanan-makanan manis atau yang tinggi akan kadar gula sebaiknya bisa dibatasi atau dihindari, bukan hanya karena mengurangi makanan manis dapat mengurangi risiko diabetes, melainkan juga dapat mencegah kerontokan rambut. Bukan hanya pemanis buatan saja yang perlu untuk diwaspadai agar tak berdampak negatif pada rambut.

Ingat bahwa makanan manis adalah faktor penyebab kadar gula darah di atas 200 di mana bila peningkatan kadar gula dara terjadi, maka otomatis tubuh bekerja secara jauh lebih keras dalam proses pemompaan insulin. Bahkan karena asupan makanan manis berlebih, kadar hormon androgen dapat meningkat sehingga folikel rambut pun mengalami penyusutan.

  1. Kafein

Minuman dengan kandungan kafein tinggi juga perlu diwaspadai dan dibatasi konsumsinya karena mampu membahayakan kesehatan rambut Anda. Tak hanya insomnia atau gangguan tidur lainnya yang bisa diakibatkan oleh konsumsi kafein terlalu banyal, namun kafein juga bisa membuat rambut mudah patah dan rapuh; oleh karena itu, batasilah konsumsi:

  • Kopi
  • Teh
  • Coklat
  1. Makanan Bebas Gula

Mungkin cukup membingungkan bagi Anda karena makanan manis dapat menyebabkan rambut rontok, tapi mengapa makanan bebas gula pun demikian? Makanan bebas gula pada umumnya justru menggunakan pemanis buatan. Makanan manis sah-sah saja untuk dikonsumsi, namun ketahui batasannya agar tak berdampak buruk bagi kesehatan rambut maupun tubuh Anda.

  1. Makanan Kemasan

Makanan kemasan adalah makanan-makanan yang nikmat namun kurang menyehatkan, jadi bila Anda ingin menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, sebaiknya hindari makanan kemasan. Secara umum, makanan kemasan memiliki kandungan cochineal dan zat karmin yang bisa menjadikan rambut mudah rontok. Lalu apa saja yang termasuk makanan kemasan tersebut?

  • Makanan dengan bahan pengawet.
  • Makanan dengan perasa buatan.
  • Makanan dengan zat pewarna kimia.
  1. Ikan dengan Kandungan Merkuri

Ikan adalah sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena terutama adanya asam lemak omega-3 di dalamnya. Namun rupanya menurut hasil penelitian dermatologi dari Los Angeles menyatakan bahwa masalah kerontokan rambut justru dapat dipicu dari konsumsi ikan berlebihan.

Penting untuk kita tahu bersama bahwa beberapa ikan cukup banyak kandungan merkurinya, seperti ikan makarel dan ikan tuna yang kerap kita anggap jenis ikan paling aman, baik dan menyehatkan. Namun bukan berarti Anda harus menghindari ikan sama sekali, cukup konsumsi ikan secukupnya dan tak perlu banyak-banyak.

  1. Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan mampu menjadi penyebab dari kerontokan rambut menurut hasil penelitian dari University of Maryland Medical Center. Bagi Anda yang menyukai minuman beralkohol, cukup batasi konsumsinya supaya tetap aman bagi kesehatan rambut dan tubuh. Namun, memang belum ada studi yang secara spesifik membuktikan kaitan antara kerontokan rambut dengan alkohol.

  1. Makanan Berselenium

Selenium pada dasarnya adalah mineral mikro yang tubuh memang perlukan namun hanya dalam dosis kecil untuk sifat antioksidannya. Hanya 55 mikrogram saja yang dibutuhkan oleh orang dewasa akan kebutuhan selenium dalam sehari menurut National Institutes of Health.


Jadi ketika mengonsumsi secara berlebihan, selenosis atau kelebihan selenium dalam darah bisa terjadi dan hal ini kerap dikaitkan dengan kerontokan rambut. Berikut ini adalah makanan berselenium tinggi yang sebaiknya tak dimakan terlalu banyak.

  • Roti
  • Daging kalkun
  • Nasi putih
  • Daging sapi
  • Kacang Brasil
  1. Makanan Berindeks Glikemik Tinggi

Makanan-makanan dengan indeks glikemik tinggi juga patut diwaspadai sebagai penyebab kerontokan rambut. Ini karena makanan dengan indeks glikemik tinggi akan menciptakan insulin lebih di dalam tubuh sehingga berdampak buruk bagi rambut. Jadi, makanan-makanan inilah yang perlu dibatasi atau dihindari:

  • Nasi
  • Margarin
  • Jus buah kemasan
  • Roti putih

Demikianlah daftar makanan-makanan penyebab rambut rontok yang layak untuk diwaspadai. Supaya tidak menjadikan kerontokan makin parah, batasi asupannya dan hindarilah segala yang berlebihan.

, , ,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 17:04 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut