Sponsors Link
     Sponsors Link

Omega 3 – Fungsi, Sumber dan Efeknya

ads

Omega 3 atau asam alfa-linolenat siapa yang tidak mengenalnya. Omega 3 merupakan saudara dari Omega 6 dan Omega 9 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega 3banyak digembor-gemborkan di media terutama di media televisi, ada iklan yang menggembor-gemborkan jika produknya mengandung banyak asam alfa-linolenat. Memang saat ini banyak produk yang mengandung asam alfa-linolenat yang bisa dengan mudah kita temui di pasaran Indonesia. Lalu sebenarnya apa asam alfa-linolenat itu?, simak penjelasanya berikut ini.

Omega 3 adalah salah satu jenis dari asam lemak yang tidak jenuh dan begitu bermanfaat bagi tubuh. Meskipun sangat dibutuhkan oleh tubuh, tubuh tidak bisa memproduksi asam alfa-linolenat tersebut. Oleh sebab itu manusia harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam alfa-linolenat agar kebutuhan akan omega  bisa dicukupi dengan makana tersebut.

Kebutuhan Tubuh Akan Omega 3

Sebelum mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 kita harus tahu terlebih dahulu berpaa banyak tubuh membutuhkan asam alfa-linolenat dalam sehari. Hal itu dikarenakan sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Para ahli gizi mengemukakan pendapat bahwa tubuh membutuhkan asam alfa-linolenat seharinya adalah 300 gram. Oleh sebab itu jangan sampai asam alfa-linolenat tersebut berlebihan masuk ke dalam tubuh kita.

Baca  : Makanan yang mengandung omega 3 tinggi

Fungsi dan Manfaat Omega 3

Tidak lengkap rasanya jika kita semua tidak tahu apa saja yang menjadi fungsi dan manfaat dari omega 3 tersebut. Banyak sekli manfaat dari asam alfa-linolenat yang belum diketahui masyarakat luas, sebab masyarakat luas mengetahui manfaat asam alfa-linolenat hanya sebanyak satu atau dua macam saja. Padahal manfaat dari asam alfa-linolenat ini sangat banyak sekali. Berikut ini adalah manfaat asam alfa-linolenat yang harus kita semua ketahui :

  1. Pembungkus Syaraf

Fungsi pertama dari asam alfa-linolenat adalah sebagai pembungkus syaraf dimana pembungkus syaraf itu berperan sebagai pelancar perintah syaraf untuk mengantarkan rangsangan yang diterima syaraf menuju ke otak. Asam alfa-linolenat yang berfungsi sebagai pembungkus syaraf adalah DHA.

Baca : Manfaat DHA untuk orang dewasaBahaya kelebihan AA dan DHA

  1. Membentuk Sel-sel Darah

Fungsi selanjutnya dari asam alfa-linolenat dengan jenis EPA adalah bisa digunakan untuk membentuk sel-sel darah. Ketika sel-sel darah terbentuk sistem peredaran darah akan semakin lancar dan sehat. Berbeda halnya jika tubuh kekurangan sel-sel darah, sel darah tidak bisa dialirkan menuju ke seluruh tubuh sebab volume darah tidak mencukupi.

Baca : Makanan untuk melancarkan peredaran darahCara menjaga kesehatan peredaran darah

  1. Menyehatkan Jantung

Fungsi dan manfaat lainnya dari asam alfa-linolenat adalah sebagai penyehat jantung. Mengapa bisa demikian?, hal itu dikarenakan saat peredaran darah lancar, maka jantung pun bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berbeda halnya dengan jantung yang kekurangan oksigen dan darah. Jantu akan keberatan menjalankan fungsinya berupa memompa darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, volume darah yang mencukupi bisa digunakan untuk membantu jantung dalam memompanya ke seluruh tubuh, berbeda jika volume darah yang diompa hanya sedikit.

Baca : Makanan yang baik untuk penyakit jantung bengkakMakanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung

  1. Menyehatkan Sirkulasi Darah

Fungsi lainnya asam alfa-linolenat dengan jenis EPA adalah untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal itu dkarenakan EPA membantu pembentukan sel-sel darah terutama sel darah merah di dalam tubuh manusia.

  1. Menghasilkan Energi
Sponsors Link

Fungsi dari asam alfa-linolenat dengan jenis LNA memiliki fungsi untuk menghasilkan energi dari makanan yang manusia konsumsi. Kemudian LNA akan membawa nutrisi dari makanan itu menuju ke sel tubuh yang membutuhkan nutrisi makana  tersebut.

  1. Membantu Pertumbuhan Sel Otak

Manfaat omega  yang satu ini banyak diketahui oleh masyarakat luas, sehingga banyak ibu-ibu yang memiliki anak balita diberikan makanan atau supplemen yang mengandung asam alfa-linolenat dan berharap agar anaknya nanti memiliki pertumbuhan sel otak yang maksimal. Begitupula dengan ibu yang sedang hamil. Mereka banyak yang mengkonsumsi asam alfa-linolenat dalam bentuk supplemen atau makanan dengan harapan agar pertumbuhan sel otak janin yang dikandungnya berjalan dengan maksimal tidak kurang dari suatu apapun.

Baca : Cara meningkatkan kinerja otak

  1. Mencerdaskan Otak

Jika sel otak tumbuh dan berjalan dengan maksimal maka tidak mengherankan jika bayi atau anak menjadi cerdas. Memang nutrisi asam alfa-linolenat sangat dibutuhkan oleh otak sehingga kekurangan asam alfa-linolenat bisa menyebabkan sel otak tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Baca : Cara meningkatkan kecerdasan otakKesehatan sistem saraf otak

  1. Menyehatkan Organ Penglihatan

Manfaat asam alfa-linolenat dan fungsi asam alfa-linolenat yang belum banyak diketahui adalah asam alfa-linolenat bisa digunakan untuk menyehatkan penglihatan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jikalau asam alfa-linolenat ini bisa digunakan untuk menyempurnakan pertumbhan sel otak. Jika sel otak sehat dan sempurna maka syaraf yang dibawahinya terutama syaraf penglihatan juga bisa berjalan dan tumbuh secara sempurna. Jika syaraf penglihatan sehat dan sempurna maka penglihatan pun akan semakin sehat.

  1. Menjaga Pertumbuhan Tulang

Omega 3 yang dikonsumsi oleh ibu hamil berfungsi dan bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam alfa-linolenat  tinggi saat hamil pertumbuhan tulang janinnya bisa terganggu. Bahkan janin yang dikandungnya bisa menderita kelainna tulang terutama tulang belakang.

Baca : Kelainan tulang belakangCara mencegah tulang keropos

  1. Membantu Pertumbuhan Gigi

Omega 3 yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui bisa bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi bayi yang disusuinya. Tidak hanya itu saja, memberikan asam alfa-linolenat pada  balita bisa dipercaya untuk membantu pertumbuhan giginya dan menjaga kepadatan gigi.

  1. Menciptakan Energi Otak

Asam alfa-linolenat bermanfaat untuk menciptakan energi otak sehingga otak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Otak yang kekurangan energi bisa menyebabkan otak tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Jika hal itu dibiarkan terus terusan maka kinerja organ yang dibawahi oleh otak bisa terganggu fungsinya.

Baca : Bahaya implan gigiJenis penyakit gigi

  1. Menghindari Kanker dan Mencegah Kanker

Manfaat lainnya asam alfa-linolenat adalah sebagai pencegah dan penghindar dari penyakit mematikan kanker. Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika mengemukakan bahwa mengkonsumsi asam alfa-linolenat secara teratur bisa digunakan sebagai pencegah kanker prostat dan juga kanker payudara.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat mengagumkan lainnya dari asam alfa-linolenat ini adalah sebagai peningkat daya ingat. Saat ini banyak orang yang mudah lupa dan pikun dikarenaka buruknya nutrisi yang mereka konsumsi. Mengkonsumsi asam alfa-linolenat secara teratur bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan pencegah kepikunan. Hal itu dikarenakan otak ternutrisi dan aliran darah menuju ke otak pun menjadi lancar.

Baca : Cara meningkatkan daya ingatCara meningkatkan daya ingat otak

  1. Meningkatkan Fungsi Mental

Manfaat menakjubkan lainnya dari asam alfa-linolenat dalah bisa digunakan sebagai fungsi mental. Hal itu dikarenakan asam alfa-linolenat merupakan salah satu makanan dan nutrisi terbaik buat perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Penelitian yang dilakukan mengemukakan fakta jika ibu hamil yang mengkonsumsi makanan dan supplemen asam alfa-linolenat saat hamil bisa n IQ bayi sejak dalam kandungan.

  1. Mengurangi Depresi

Manfaat lainnya dari asam alfa-linolenat adalah bisa pengurang depersi. Di saat zaman yang semakin sulit saat ini banyak orang yang mengalami stress bahkan berujung pada depresi. Berbagai macam tekanan yang ada di kehidupan ini bisa membuat seseorang mudah merasa depresi dan putus asa. Oleh sebab itu bagi anda yang mulai merasakan gejala depresi atau ciri ciri depresi tidak ada salahnya anda mengkonsumsi makanan dan supplemen yang mengandung omega 3 tinggi. Supplemen dan makanan itu bermanfaat dalam mengatasi gangguan mood pada orang yang mengalami depresi.

Baca : Cara mengatasi depresiCiri ciri depresi

  1. Mencegah Alergi

Anak-anak sangat rentan untuk terkena alergi, oleh sebab itu mengkonsumsi asam alfa-linolenat diharapkan bisa mencegah alergi pada anak. Berbagai macam alergi yang rentan untuk mengenai anak adalah alergi makanan, alerg kulit, alergi udara dingin dan masih banyak lagi lainnya.

Baca : Cara menghilangkan alergi udangCara mengatasi alergi pada anak

  1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Untuk wanita yang mengkonsumsi omega 3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga menjaga kesehatan rambut. Hal inipun berlaku bagi pria yang juga mengonsumsi asam alfa-linolenat. Saat ini radikal bebas da dimana-mana, radikal bebas yang mengenai kulti bisa menyebabkan kulit terasa kusam dan ering. Begitupula dengan rambut. Rambut rentan untuk terkena kerontokan dan berwarna merah akibat terpapar dengan sinar matahari atau radikal bebas.

  1. Menyehatkan Bayi dan Balita

Omega 3 yang dikonsumsi mampu menjaga kesehatan bayi dan balita. Hal itu dikarenakan bayi dan balita yang mengkonsumsi omega 3 bisa meningkatkan sistem imun sehingga sistem imun yang meningkat bisa bermanfaat untuk menjaga berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh bayi dan balita.

  1. Bermanfaat Bagi Penderita Penyakit Tulang dan Sendi

Ada banyak sekali manfaat asam alfa-linolenat untuk penyakit tulang dan sendi. Penyakit tulang dan sendi disebut juga dengan penyakit degeneratif artritis. Penyakit ini ditandai dengan kondisi dimana sendi terasa sakit akibat peradangan yang terjadi di bagian sendi. Nyeri itu muncul akibat gesekan d antara ujung tulang yang menyusun sendi. Ujung tulang penyusun sendi mengalami kemunduran begitupun dengan tulang-tulang yang ada d dekatnya.

Selama ini belum banyak orang yang mengetahui jika asam alfa-linolenat ini sangat bermanfaat bagi penyakit tersebut. Penelitian yang dilakukan di Bristol mengatakan bahwa mereka telah melakukan uji coba terhadap asam alfa-linolenat pada hewan tikus yang mengalami penyakit artirtis. Tikus itu diberikan omega 3 setelah diteliti penyakit tikus tersebut berkurang sebanyak 50 persen. Sehingga bisa disimpulkan bahwa asam alfa-linolenat mampu digunakan mengobati orang yang menderita penyakit artirtis.

Sumber Makanan Omega 3

Tahukah anda apa saja makanan yang mengandung sumber omega 3?, sebelum beralih ke supplemen yang mengandung omega 3 ada baiknya kita semua mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung asam alfa-linolenat tinggi. Berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung omega 3 tinggi :

  1. Ikan salmon.
  2. Ikan tuna.
  3. Ikan tenggiri.
  4. Udang.
  5. Kerang.
  6. Kepiting
  7. Kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang tanah.
  8. Bayam
  9. Labu
  10. Brokoli
  11. Pepaya
  12. Minyak Ikan.

Efek Kekurangan Omega 3

Jika anak kekurangan omega 3 akibatnya akan fatal sekali, hal itu dikarenakan anak tidak bis amendapatkan semua manfaat dari asam alfa-linolenat yang menakjubkan tersebut. Berikut ini adalah efek kekurangan omega 3 yang harus anda perhatikan dengan seksama :

  1. Otak Kekurangan Energi

Hal pertama yang bisa terjadi adalah anak akan mengalami otak yang kekurangan energi. Hal itu dikarenakan omega 3 ini berhubungan langsung dengan otak. Jika otak energinya kekurangan maka otak tidak berfungsi dengan baik. Kinerja organ yang dibawahi oleh otak pun juga akan menjadi terganggu.

  1. Pandangan Kabur

Hal selanjutnya yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan asam alfa-linolenat adalah bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur. Mengapa hal itu bisa terjadi?, hal itu terjadi karena otak tidak memiliki cukup energi untuk membawahi organ yang terhubung padanya. Salah satunya adalah organ penglihatan. Syaraf peglihattan yang terganggu akibat syaraf otak terganggu bisa membuat pandangan menjadi kabur dan tidak jelas.

Baca : Cara mengatasi mata minusPenyebab kelopak mata gatal

  1. Menyebabkan Penyakit Tulang

Akibat kekurangan omega 3 selanjutnya adalah bisa menyebabkan penyakit tulang. Hal itu dikarenakan di dalam omega 3 juga terdapat kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Omega 3 bisa membuat tulang menjadi padat dan massa tulang menjadi terjaga. Kekurangan omega 3 bisa membuat tulang menjadi rapuh terutama tulang di bagian belakang.

Baca : pertolongan pertama pada patah tulangCiri ciri flu tulang

  1. Kecacatan Otak

Jika syaraf otak tidak ternutrisi dengan omega 3 bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan otak janin menjadi terganggu. Jika hal itu dibiarkan terus menerus bukan hal yang tidak mungkin jika iu hamil nanti melahirkan janin dengan kecacatan otak. Oleh sebab itu alangkah baiknya saat hamul ibu hamil mencukupkan konsumsi omega 3 untuk janin yang ada di dalam kandungannya.

  1. Menyebabkan Sirkulasi Darah Terhambat

Dampak selanjutnya akibat kekurangan konsumsi asam alfa-linolenat adalah akan membuat sirkulasi darah menjadi terhambat hal itu dikarenakan pembentukan sel-sel darah merah  di dalam tubuh juga menjadi terhambat. Darah yang volumenya sedikit tidak bisa dialirkan semuanya ke seluruh tubuh.

  1. Menyebabkan Penyakit Jantung

Organ yang paling diberatkan fungsinya saat aliran darah menjadi tidak lancar adalah jantung. Kita tahu bahwa jantung merupakan organ vital bagi tubuh manusia. Jika setiap hari jantung harus bekerja keras untuk mengalirkan darah yang sedikit ke seluruh tubuh, tidak akan mengherankan jika lambat laun jantung akan terganggu fungsinya. Berbagai macam penyakit jatung akan muncul, penyakit jantung yang bisa terjadi pada orang yang kekurangan asam alfa-linolenat adalah gagal jantung. Gagal jantung adalah penyakit dimana jantung gagal menjalankan fungsinyaa dengan baik.

Baca : Penyebab penyakit jantungKekurangan oksigen pada jantung

sponsored links
  1. Menyebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok

Akibat kekurangan omega 3 yang harus diwaspadai lainnya adalah omega 3 akan membuat kulit mejadi kusam dan rambut menjadi rontok. Hal itu dikarenakan kulit dan rambut tidak mendapatkan perlindungan dari asam alfa-linolenat yang mampu menjaga kulit dan rambut dari radikal bebas.

  1. Sulit Konsentrasi

Efek kekurangan omega 3 yang lainnya adalah bisa membuat seseorang menjadi sulit konsentrasi. Orang yang sulit konsentrasi karena syaraf otak tidak memiiki energi, selain itu otak juga kekurangan oksigen sehinga otak tidak bisa konsentrasi.

  1. Mudah Pikun

Orang yang kekurangan asam alfa-linolenat dia bisa terkena kepikunan bahkan lambat laun bisa terkena penyakit alzheimer. Hal tiu disebabkan oleh kemampuna saraf otak untuk emngingat menurun dan daya konsentrasi otak yang menurun. Tidak mengherankan jika orang yan masih muda pun mengalami penyakit mudah pikun atau lupa tersebut.

Baca : Cara agar tidak mudah lupa

  1. Kebodohan

Ibu yang memiiki anak atau bayi tentu tidak ingin jika suatu saat nanti anaknya terlahir dengan konsisi yang bodoh sebab nutrisi otak tidak tercukupi dengan baik. Tidak hanya itu saja perkembangan otak yang tidak sempurna serta sel syaraf otak yang kurang terbentuk dengans empurna membuat anak nantinya memiliki daya pikir yang rendah.

  1. Mudah Stres dan Depresi

Orang yang kekurangan nutrisi setiap harinya akan mudah sekali terkena stres dan depresi. Hal itu dikarenakan orang yang kekurangan nurisi terutama omega 3 tidak memiliki cukup energi untuk bisa menghadapi tekanan yang ad di sekitarnya. Saat dia sulit menemukan jalan keluar dari tekanan yang dihadapinya dia akan mudah sekali stres dan depresi.Tidak hanya itu saja perubahan mood yang signifikan bisa dialami oleh orang yang kekurangan asam alfa-linolenat di dalam hidupnya sehingga dia mudah sekali merasakan sennag kemudian sedih berlebihan dalam satu waktu.

Baca : Penyebab stresCara menghindari stres

  1. Mengalami Penyakit Syaraf

Bayi atau anak kecil yang kekurangan asam alfa-linolenat dia bisa mudah sekali terkena penyakit kelainan syaraf sebab syaraf yang ada di dalam tubuhnya tidak berkembang dengan sempurna. Bagi orang dewasa atau lansia kekurangan omega 3 bisa menyebabkan dirinya mudah sekali terkena penyakit syaraf seperti artritis sehingga syaraf dan sendinya mengalami sakit dan linu.

Efek Kelebihan Omega 3

Tidak hanya efek kekurangan saja yang perlu diperhatikan namun kelebihan omega 3 pun harus diwaspadai sebab sesuatu yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan. Berikut ini adalah akibat kelebihan omega 3 yang harus diwaspadai bagi kesehatan :

  1. Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Prostat

Mengkonsumsi asam alfa-linolenat yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena kanker prostat. Memang jika dikonsumsi secara normal bisa mencegah kaker prostat dan juga kanker payudara namun jika berlebihan justru kandungan yang ada pada omega 3 bisa menyebabkan seseorang tekena kanker prostat.

  1. Menyebabkan Tubuh Mudah Terkena Virus atau Bakteri

Orang yang mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan bisa menyebabkan perubahan fungsi imunitas dimana respon akan sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri menjadi rendah. Hal itu disebabkan sifat anti inflamasi pada asam alfa-linolenat yanng menyebabkan perubahan fungsi sistem imun pada tubuh manusia.

  1. Memicu Alergi

Hal selanjutnya yang bisa terjadi pada orang yang terlalu banyak mengkonsumi asam alfa-linolenat adalh bisa menjadi pemicu alergi pada orang yang berlebihan mengkonsumsinya. Bisa jadi orang tersbeut bisa menjadi sensitif saat mengkonsumi makanan yang mengandung sumber asam alfa-linolenat tinggi.

  1. Pendarahan Internal

Mengkonsumsi terlalu banyak sumber makanan asam alfa-linolenat bisa menjadi pemicu seseorang mengalami pendarahan internal. Pendarahan internal ni bisa menjadi pemciu seseorang mudah sekali mengalami memar. Hal itu dikarenakan ada kelainan di pembuluh darah dan alran darah pada orang yang mengkonsumsi omega 3 terlalu berlebihan.

Luka memar bisa menjadi adanya indikasi jka terjadi kebooran darah di bawah jaringan kulit. Daerah tersebut juga mengalami pembengkakan akibat akumulasi darah yang berlebihan.

  1. Warna Tinja Berubah

Adanya kebocoran darah di jaringan bawah kulit juga bisa ditandai dengan adanya perubahan ada warna tinja. Warna tinja bisa erubah menjadi hitam diakibatkan oleh kebocoran darah tersebut. Hal itu bisa diakibatkan adanya darah yang ikut terbuang besama dengan feses. Pendarahan itu bisa terjadi di daam tubuh dan ikut keluar bersama dengan fesef manusia.

Baca : Penyebab feses berwarna hitamTukak lambung

  1. Pendarahan Otak

Hal selanjutnya yang bisa menjadi efek orang yang mengonsumsi asam alfa-linolenat secara berlebihan adaah otak aakan mengalami pendarahan. Alasannya adalah pembuluh darah yang ada di otak mengalami pecah dan terjadi pendarahan lokal. Hal itu bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya akumulasi darah yang menuju ke otak sehingga pendarahan otak bisa terjadi.

Hubungan Minyak Ikan dengan Omega 3

Tahukah anda apakah hubungannya antara minyak ikan dengan omega 3?, minyak ikan ini digadang-gadang sebagai suppleen yang mengandung asam alfa-linolenat paling tinggi. Minyak ikan ini terbuat dari ekstra hati ikan dan banyak dijual dalam bentuk sirup maupun kapsul. Banyak orang yang mencari minyak ikan ini untuk menujang kebutuhan asam alfa-linolenat di dalam tubuhnya.

Minyak ikan tersebut mengandung banyak vitamin sehingga kecukupan vitamin akan A dan D bisa terwakili dengan mengkonsumsi minyak ikan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai minyak ikan dan kandungan asam alfa-linolenat yang ada di dalamnya :

  • Rendah kolesterol. Minyak ikan yang ada di pasaran mengandung rendah kolesterol sehingga minyak ikan ini disarankan oleh beberapa ahli gizi untuk meningkatkan sistem imun da untuk menjaga kesehatan tubuh. ( Baca : Makanan yang berbahaya untuk kolesterol tinggi )
  • Tidak boleh sembarangan. Yang harus diingat disini adalah konsumsi minyak ikan tidak boleh sembarangan, alasannya adalah pengkonsumsian minyak ikan harus didasarkan pada berat badan. Dosis pengkonsumsian minyak ikan itu sudah tertera pada bungkus kemasan minyak ikan.
  • Efek. Efek samping minyak ikan ketika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penggumpalan sel darah menjadi lamban, sehingga jika tejadi luka, luka tersbeut akan lama sembuhnya.
  • Tubuh kekurangan vitamin e. Konsumsi minyak ikan yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh seeorang menjadi kekurangan vitamin E. Tidak hanya itu saja sel tubuh yang sehat pun bisa mudah terkena radikal bebas sehingga hal itu bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. ( Baca : Buah yang mengandung vitamin eMakanan yang mengandung vitamin e )
  • Konsultasi dokter. Agar tidak terjadi al-hal yang tidak diinginkan ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter tentang pegkonsumsian minyak ikan tersebut. Dokter lebih tahu bagaimana cara bijak dalam mengkonsumi supplemen itu.

Itulah berbagai macam informasi mengenai omega 3 yang bisa menambah wawasan kita. Mnegngat banyaknya manfaat yang ada pada asam alfa-linolenat ada baiknya mulai sekarang kita mengkonsuminya agar kesehatan tubuh dan manfaat lainnya bisa kita dapatkan. Mengkonsumsinya jangan berlebihan agar tidak terkena efek samping dari mengkonsumi omeg  yang berlebihan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Saturday 28th, May 2016 / 07:01 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi