Home Diet & FitnessTips Diet 12 Cara Diet Cepat dengan Beras Merah Paling Menyehatkan

12 Cara Diet Cepat dengan Beras Merah Paling Menyehatkan

by Siti Rokhani

Banyak orang yang berniat untuk berdiet justru bingung dalam menentukan menu makanan mereka. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Atau mereka mencari makanan pengganti nasi untuk diet sehat mereka. Konsumsi nasi putih memang kurang cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang melakukan program diet. Jika memang Anda sedang berniat untuk menurunkan berat badan dan tetap ingin makan nasi maka beras merah dapat menjadi pilihan yang tepat. Beras merah sudah terbukti ampuh untuk membantu menurunkan berat badan secara optimal.

Kandungan nutrisi dalam beras merah lebih menyehatkan daripada beras putih. Beras putih lebih banyak mengandung gula. Sedangkan beras merah lebih banyak mengandung serat yang tentunya sangat bagus untuk metabolisme tubuh. Selain itu, beras merah mengandung karbohidrat kompleks dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama daripada beras putih. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa beras merah sangat cocok untuk digunakan berdiet. Berikut adalah beberapa panduan atau cara diet cepat dengan beras merah:

1. Beras Merah dalam Sarapan

Awali hari dengan sarapan. Sarapan akan mempermudah aktivitas kita hingga siang harinya. Usahakan sarapan dengan menu yang mengandung banyak energi dan nutrisi. Bagi Anda yang sedang berdiet, sarapan juga penting dilakukan. Jangan sampai hanya karena sedang berdiet maka sarapan pun lalai dilakukan. Untuk menu diet, Anda dapat sarapan dengan memakan 5 sendok nasi merah. Selain itu, Anda dapat menambahkan sayuran hijau dan tambahan sumber protein. Sebagai penyegar, Anda juga dapat mengkonsumsi 1 gelas jus buah. Perlu juga Anda ketahui mengenai beberapa buah yang berbahaya untuk diet. Yang perlu diingat adalah proses memasak sayur dan lauk. Usahakan jangan diolah dengan cara menggoreng, lebih baik jika hanya direbus. Hal ini untuk menghindarkan tubuh kita dari ancaman lemak jahat sehingga program diet dapat berjalan lancar.

2. Beras Merah dalam Makan Siang

Ketika Anda memutuskan berdiet menggunakan beras merah, maka beras merah itu harus dimasukkan ke dalam setiap menu. Begitu juga untuk makan siang. Pada jam makan ini Anda dapat makan 1 centong nasi merah. Jangan kuatir walaupun porsi ini lebih banyak dari porsi makan ketika sarapan. Hal ini ditujukan agar Anda tetap bisa beraktivitas dengan baik walaupun sedang berdiet. Tentunya tetap padukan nasi merah dengan sayuran sebagai sumber serat dan lauk sebagai sumber protein. Jangan lupa untuk konsumsi buah sebagai asupan vitamin bagi tubuh. Air putih juga menjadi menu wajib ketika Anda berdiet dengan beras merah. Hal ini karena ketika diet cairan dalam tubuh harus tetap terpenuhi.

3. Beras Merah dalam Makan Malam

Menu makan malam untuk program diet ini juga harus memasukkan beras merah dalam menunya. Pada malam hari disarankan untuk tidak terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk itu akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mencari cara menahan lapar jika pada malam hari Anda berasa sangat lapar dan ingin makan nasi. Sebenarnya, pada malam hari energi dari karbohidrat tidak terlalu banyak dibutuhkan. Sebaliknya, pada malam hari sebaiknya cukupkan asupan protein untuk dapat membantu proses perbaikan sel-sel yang rusak. Untuk makan malam, cukup konsumsi 8 sendok makan nasi merah. Dan sebagai pelengkap Anda dapat menambahkan sayuran dan lauk 1 butir telur. Pada malam hari jangan segan untuk minum jus buah atau konsumsi buah segar. Jika Anda mempunyai kebiasaan minum susu, pilihlah susu dengan kandungan lemak yang rendah.

Walaupun Anda memilih berdiet dengan beras merah yang kaya akan nutrisi, Anda juga harus melengkapinya dengan lauk dan sayur pendamping. Ada beberapa pilihan lauk yang dapat dipilih selama program berdiet dengan beras merah, antara lain:

  • Telur. Telur adalah sumber makanan yang tinggi protein. Lemak baik dalam telur berperan penting dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk menu diet, sebaiknya konsumsi telur yang diolah tidak dengan cara digoreng.
  • Dada Ayam. Pemilihan dada ayam dikarenakan pada bagian ini kaya akan lemak baik dan protein. Kandungan ini sangat penting dalam memperbarui sel-sel dalam tubuh dan meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.
  • Ikan. Protein tinggi juga ada dalam ikan. Untuk menu diet, usahakan tidak mengolahnya dengan cara digoreng. Jika Anda tidak suka dengan menu ikan rebus, Anda dapat memilih olahan ikan bakar. Pengolahan ikan dengan cara direbus atau dibakar akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Paparan di atas adalah beberapa tips diet sehat dan cepat dengan beras merah. Harus selalu diingat bahwa selama berdiet harus tetap menjaga asupan nutrisi dalam tubuh. Diet dengan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh sehat. Selain itu, olahraga untuk diet juga perlu Anda lakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

You may also like