15 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Manusia

10280

Zinc merupakan zat mineral yang sangat penting bagi tubuh dan zat ini banyak ditemukan di dalam sel tubuh. fungsi zat zinc ini sendiri sangat penting bagi tubuh karena berperan sebagai katalisator saat terjadinya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh serta juga menjadi salah satu komponen penting di dalam sel lainnya seperti DNA, RNA dan dalam penyusun asam nukleat. Zinc sendiri banyak ditemukan di dalam tubuh seperti di dalam sistem pencernaan, jaringan darah, sistem metabolisme tubuh dan lainnya.

Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk Zinc

Zinc memiliki tanggung jawab besar karena membantu merangsang setidaknya 100 jenis enzim yang ada di dalam tubuh. tubuh sangat memerlukan zat zinc ini. Mengkonsumsi zat zinc dalam jumlah sedikit saja mampu membuat pengaruh besar bagi tubuh. Saat ini, angka kecukupan gizi (AKG) untuk zinc telah ditentukan minimal 9 hingga 12 mg per hari untuk para kaum wanita, sedangkan untuk para pria sebesar 12 hingga 17 mg per harinya. Namun jumlah tersebut bisa jadi naik atau turun tergantung pada kondisi tertentu seperti usia dan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Kekurangan zinc di dalam tubuh sangat berbahaya bahkan menurut penelitian yang dilakukan bahwa kekurangan zat zinc ini bertanggung jawab pada kematian 800.000 anak di dunia setiap tahunnya. Zat zinc ini bisa ada di dalam makanan yang dikonsumsi entah itu disadari atau tidak namun juga bisa ditemukan secara khusus dalam bentuk suplemen.

Zinc sangat penting bagi tubuh karena bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat juga berfungsi untuk mensintesis DNA. Fungsi lainnya dari zinc adalah untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan saat masa kanak-kanak serta juga berfungsi sebagai zat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan beberapa fungsi zinc yang bisa diperoleh jika dikonsumsi secara benar:

1. Mengatur Kekebalan Tubuh

Di dalam tubuh membutuhkan zinc supaya bisa mengaktifkan limfosit T atau sel T yang berada di dalam tubuh. Dalam kerjanya ini sel T mampu membantu melindungi tubuh dengan cara yaitu pertama dengan mengendalikan dan mengatur respon sistem imun dan yang kedua adalah dengan menyerang langsung sel kanker yang tumbuh secara tidak normal di dalam tubuh. Orang yang mengalami kekurangan zat zinc akan sangat rentan terkena berbagai bakteri yang bersifat pathogen sehingga dirinya akan mudah sakit.

2. Mengobati Diare

Penyakit diare mungkin terdengar biasa saja bagi anda namun, tahukah anda bahwa menurut data dari organisasi kesehatan dunia (WHO) mendapatkan hasil bahwa setidaknya penyakit diare adalah pembunuh dari 1,6 juta anak di bawah 5 tahun di dunia tiap tahunnya. Jadi jangan sepelekan penyakit yang satu ini ya, apalagi yang terkena adalah anak di bawah lima tahun. Salah satu zat untuk cara mengatasi diare dengan aman adalah dengan menggunakan zinc karena, sudah terbukti setidaknya dalam waktu 10 hari diare akan sembuh jika mengkonsumsi obat zinc.

3. Mempengaruhi Proses Belajar dan Memori Anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto Amerika Serikat, menunjukkan hasil bahwa zinc sangat berperan penting dalam menyambungkan antar neuron di dalam otak, sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal dan bisa menyimpan lebih banyak memori. Hal ini tentunya merupakan kabar yang sangat baik untuk anak-anak supaya mereka bisa lebih berkoordinasi dan memahami apa yang telah dipelajarinya.

(Baca juga : kesehatan sistem saraf otak – minuman penyebab pengerasan otak)

4. Mengatasi Pilek

Dengan mengkonsumsi obat pilek yang mengandung zinc akan lebih efektif, karena bisa menyembuhkan pilek 40% lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan obat lainnya. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa zinc mampu menurunkan tingkat keparahan penyakit pilek hampir selama 24 jam saja. jadi, bagaimana anda tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi zinc ya.

5. Menyembuhkan Luka

Untuk proses penyembuhan luka yang lebih cepat biasanya dokter menggunakan zat zinc ini pada obatnya. Hal ini disebabkan karena zinc melindungi sel kulit dan membrane mukosa. Oleh karena itu penggunaan zinc ini lebih tepat digunakan untuk menyembuhkan dan mengeringkan luka.

(Baca juga : makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi – penanganan luka bakar)

6. Membuat Penglihatan Menjadi Lebih Tajam

Bukan hanya makanan yang mengandung vitamin A saja yang bisa membuat penglihatan menjadi tajam, namun ternyata zat zinc juga bisa membuat penglihatan menjadi lebih tajam secara maksimal. Hal ini dikarenakan fungsi zinc dapat mencegah kerusakan macula di dalam retina mata yang membuat pelambatan dalam degenerasi macula.

(Baca juga : cara menjaga kesehatan matacara merawat mata minus)

7. Manfaat Zinc bagi Anak

Zinc merupakan zat yang termasuk dalam salah satu mikronutrein dan zinc sudah terbukti bisa menjadi salah satu perekat antara penyatuan nukleat dan protein di dalam tubuh. Hal ini sangat penting karena zinc menjadi salah satu cara tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya perpecahan. Dengan kata lain sel-sel di dalam tubuh akan bekerja lebih optimal dibandingkan dengan biasanya sehingga bisa mencegah anak dari berbagai penyakit serta membuat pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Kekurangan zinc bisa membuat daya ingat anak menjadi turun sehingga, anak bisa menjadi lamban dalam menyerap informasi. Tentunya anda sebagai orang tua tidak mau kan anak mengalami hal ini? Oleh sebab itu, jangan sampai anak anda mengalami kekurangan zat zinc di dalam tubuhnya.

(Baca juga : bahaya anak menelan permen karet – cara mengatasi alergi pada anak)

8. Manfaat Zinc bagi Remaja

Masa remaja merupakan masa dimana tubuh sedang gencarnya memproduksi hormone. Zinc sangat berperan penting dalam pembentukan hormone karena salah satu fungsinya sebagai katalisator reaksi biokimia di dalam tubuh. Setidaknya terdapat beberpa hormone yang dibantu oleh zat zinc ini diantaranya adalah hormone insulin, hormone seks, hormone pertumbuhan dan hormone IGF-1. Remaja yang memiliki kecukupan zat zinc ini akan maksimal dalam pertumbuhannya, sedangkan bagi mereka yang mengalami kekurangan zinc bisa terganggu pertumbuhannya bahkan berhenti. Selain itu, ada juga beberapa manfaat dari zinc ini bagi remaja yaitu sebagai pembentuk kolagen, perubahan T1 menjadi T3 dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta fungsi lainnya.

9. Zinc dan Masalah Penglihatan

Zinc merupakan salah satu zat utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk masalah penglihatan. Zinc ini mampu meregenerasisasikan sel di dalam penglihatan sehingga membuat sel menjadi lebih tajam dalam melakukan penglihatan di dalam organ mata. Kadar zinc di dalam mata ini sangat tinggi dan bisa menjadi salah satu zat yang menyatukan antara vitamin A dan liver sehingga, menjadi satu kesatuan kerja yang sangat unik dan sempurna.

Hal ini membuat orang yang kekurangan zinc akan menjadi lebih pendek penglihatannya dan kemampuan melihat di dalam ruang gelap akan menurun tidak seperti biasanya. Orang yang menderita kelainan pada mata pasti memiliki kadar zinc yang sedikit di dalam mata.

10. Zinc dan Indera Perasa

Tahukah anda ternyata zinc juga mempengaruhi inderas perasa dan berakibat pada nafsu makan. Jadi fungsi zinc senidri salah satunya adalah sebagai produsen selaput lendir yang ada di dalam mulut. Kekurangan zinc ini akan mmebuat produksi lendir di dalam mulut menurun dan menyebabkan nafsu makan berkurang. Hal ini juga akan membuat adanya zat tertentu yang membuat lubang-lubang di dalam lidah tertutup sehingga, lidah tidak akan dapat merasakan rasa dan hanya tawar saja. Jadi, bagi anda yang saat ini sedang tidak nafsu makan ada baiknya untuk mengkonsumsi obat yang mengandung banyak zinc.

(Baca juga : lidah kesemutan – penyebab lidah pecah-pecah – penyebab lidah pahit)

11. Mengoptimalkan Fungsi Reproduksi

Manfaat lainnya dari zinc adalah untuk meningkatkan kinerja dari organ reproduksi. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil pada pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan ini berhubungan dengan adanya gangguan pada mikronutrein. Sedangkan seperti yang telah disinggung sebelumnya, mikronutrein ini salah satunya adalah zinc. Kandungan zinc ini juga berpengaruh pada aliran darah saat proses pembentukan sperma terjadi. Saat sperma dibentuk jika aliran darah kekurangan zinc maka bisa dipastikan bahwa sperma yang dihasilkan tidak akan seoptimal dibandingkan dengan mereka yang memiliki cukup kandungan zinc.

Untuk wanita sendiri jika sampai kekurangan zinc bisa mengakibatkan hal fatal seperti kesulitan mengandung atau kesulitan mempertahankan kandungan, sehingga berakibat pada keguguran. Pembuahan fetus yang terjadi pun tidak akan normal sehingga janin tidak berkembang, sulit melahirkan dan banyak hal lainnya yang sangat beresiko.

(Baca juga : penyebab impoten)

12. Mencegah Kepikunan

Tahukah anda bahwa bagian di dalam otak yang bertanggung jawab atas daya ingat sebagian besar berupa zinc. Kandungan zinc di dalam organ khusus tersebut sangatlah kental bahkan 20 kali lebih kental dibandingkan dengan darah, bahkan 100 kali lebih kental dibandingkan dengan sumsum tulang belakang. Bagian otak yang khusus pada daya ingat tersebut memiliki saraf yang lebih banyak dan lebih rumit namun fungsinya sangat penting yaitu sebagai salah satu cara untuk mengingat dan memahami apa yang dilihat atau didengar.

Seiring dengan berjalannya waktu, zinc ini akan berkurang dan biasanya pada usia lanjut akan terjadi kepikunan. Namun tentu saja hal ini dapat dicegah melalui cara yang telah ditentukan yaitu dengan mengkonsumsi zinc.

(Baca juga : demensiapenyebab demensia)

13. Membantu regenerasi sel

Zinc membantu melakukan regenerasi sel yang rusak di dalam tubuh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan zat lain. Jika tubuh kekurangan zat zinc maka akan menyebabkan banyak penyakit diantaranya yang paling banyak adalah pada masalah kulit dan dalam selaput lendir. Berbagai penyakit seperti penyebab rambut rontok, sariawan, kulit kering, jerawat akan muncul jika kekurangan zinc.

Kekurangan zinc juga akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh yang menurun. Hal ini bisa membuat sel kanker dan tumor bisa tumbuh secara tidak normal dan membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit.

14. Menjadi Antioksidan

Jadi fungsi zinc di dalam tubuh juga berfungsi sebagai membrane yang bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari senyawa asing yang mulai menyerang daya tahan tubuh kita. Hal inilah yang kerap menjadi alasan mengapa dokter banyak memberikan obat mengandung zinc jika tubuh sakit. Apalagi saat ini dimana radikal bebas dan polusi sudah sangat tinggi sehingga sangat mungkin tubuh terkena berbagai penyakit.

(Baca juga : makanan yang mengandung antioksidan)

15. Menyuburkan Rambut

Mineral zinc sudah banyak dikenal sejak zaman dahulu yang bisa digunakan untuk menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Bahkan saat ini sudah banyak produk shampoo dan perawatan rambut yang menggunakan zat zinc ini. jika anda mengalami kekurangan zinc di dalam tubuh juga bisa dilihat salah satunya dengan adanya bahaya rambut rontok.

Demikian informasi mengenai kegunaan zinc yang ada di dalam tubuh. zinc sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti bayam, bawang putih, jamur, kepiting, biji-bijian dan susu. Zinc juga biasanya terdapat pada sumber makanan berprotein baik dari hewani maupun dari nabati. Ingat ya bahwa kekurangan zat zinc ini sangat tidak baik bagi tubuh jadi selalu usahakan untuk memenuhi kebutuhannya ya. Sekian informasi kali ini semoga bisa menjadi pengetahuan bagi anda, terima kasih.