Sperma – Kandungan Gizi, Efek Samping dan Khasiat

12881

Sel reproduksi yang dihasilkan oleh laki-laki dewasa disebut sperma. Pembuahan terjadi ketika sperma membuahi sel telur pada wanita. Beberapa pria bisa menghasilkan sperma dalam jumlah banyak dan mempunyai kualitas bagus, sisanya memiliki masalah dengan kualitas sperma yang rendah. Kualitas sperma bisa ditingkatkan kesuburannya dengan memakan makanan yang sehat. Percaya atau tidak, ternyata sperma lelaki memiliki manfaat yang luar biasa. Tapi ini hanya berlaku bagi sperma yang memiliki kualitas yang sehat. Sebelum membahas manfaat sperma ada baiknya kita mengetahui efek sampingnya.

Kandungan Gizi Sperma

Berangkat dari hasil penelitian dari Johnson dan Everitt pada tahun 2000 mengungkapkan bahwa sperma memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sperma sekali ejakulasi, kisaran satu sendok teh saja sudah mengandung 150 mg protein, 6 mg lemak, 11 mg karbohidrat, 7 % US AKG kalium, seng dan tembaga. Berikut ini rinciannya:

Gula

Sperma mengandung gula fruktosa, sorbitol, dan inositol, dimana memiliki khasiatnya masing-masing.

  • Fruktosa : gula yang setara dengan kandungan pemanis dalam buah dan madu
  • Sorbitol : sering dijadikan pengganti gula oleh para penderita diabetes
  • Inosotol : dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, hingga diyakini menjadi salah satu makanan otak

Protein dan Asam amino

Sperma juga kaya akan protein dan kandungan asam aminonya. Seperti glutathione, deoxyribonucleic acid, dan creatine.

  • Glutathione : merupakan antioksidan yang penting yang bisa mengikat racun, pelarut dan juga sebagai peptisida.
  • DNA : merupakan asam nukleat yang bisa digunakan dalam perkembangan organisme makhluk hidup.
  • Creatine : merupakan pasokan energi yang baik untuk proses kontraksi otot

Mineral

Ada kandungan mineral yang cukup banyak di dalam sperma diantaranya:

  • Kalsium : membantu untuk memperbaiki sel-sel tulang, sehingga mampu membuat tulang tetap kuat.
  • Magnesium : Mineral ini sangat penting untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh kita seperti:berperan penting dalam mempertahankan fungsi syaraf dan otot, memperkuat sistem imune tubuh, menjaga detak jantung tetap stabil, memperkuat sel-sel tulang, menjaga tekanan darah normal, mengatur kadar gula dalam darah, membantu proses metabolisme energi dan sintesis protein
  • Kalium : mineral ini di butuhkan tubuh untuk mengganti sel-sel jaringan tubuh lama, untuk kemudian di ganti dengan sel-sel baru.
  • Fosfor : tulang tidak akan mendapatkan manfaat dari kalsium jika tidak ada fosfor. Karena peranan fosfor penting untuk membantu proses penyerapan kalsium.

Vitamin

Tahukan Anda bahwa sperma selain kaya akan protein ternyata juga kaya akan vitamin. Berikut ini vitamin yang terdapat di dalam sperma:

  • Vitamin C : ada kandungan ascorbic acid yang membantu seseorang terlihat lebih muda dan cantik. Selain itu, vitamin C juga menstimulus pertumbuhan rantai protein dalam kolagen.
  • Vitamin B12 : vitamin ini membantu tubuh lebih berenergi.
  • Kolin : kita membutuhkan aspuan kolin untuk mempertajam pikiran kita.

Hormon

Sperma adalah sel penting dalam pembuahan, tentu memiliki kandungan hormon yang sentral dalam pertumbuhan seperti:

  • Testosteron : hormon ini penting untuk mendorong fungsi seksual dan meningkatkan dorongan seks.
  • Plostaglandin : hormon ini penting dalam proses kontraksi dan relaksasi otot, dan mengontrol tekanan darah.

Manfaat Senyawa Kimia dalam Sperma

spermaSperma memiliki kandungan senyawa kimia yang ternyata banyak manfaatnya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh:

  1. Memberikan keturunan

Sperma bertugas membuahi sel telur untuk memperoleh keturunan. Pyruvic Acid merupakan zat penyubur yang terkandung didalamnya.

  1. Merawat kecantikan

Karena adanya kandungan protein dalam sperma ternyata dapat membuat kulit menjadi halus dan kencang. Sulfur berguna untuk kecantikan kulit. Ergothionein  berfungsi bagi perlindungan kulit dari kerusakan DNA. Lactic Acid berguna sebagai bahan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka karena operasi. Inositol berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut

  1. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara salah satu penyakit yang sangat ditakuti bagi semua wanita, Kanker payudara mengancam perempuan usia produktif.

Berbagai macam solusi akan penyembuhan muncul ke permukaan. Salah satunya penggunaan sperma sebagai obat anti kanker.

  1. Mengatasi mual pada gejala morning sickness

Gejala morning sickness umumnya dialami oleh ibu yang hamil muda. Karena DNA janin sebagian berasal dari ayah, dan tubuh sang ibu mendeteksinya sebagai benda asing maka akibatnya timbul rasa mual dan ingin muntah. Respon ini disebut sebagai gejala morning sickness. Menelan sperma sang ayah bisa dijadikan sebagai obat mengatasi rasa mual.

  1. Meningkatkan mood

Menurut peneliti Gordon Gallup, sperma yang diserap oleh kelamin wanita bisa meningkatkan mood yang baik. Hal ini mungkin berhubungan dengan rasa puas setelah berhubungan intim.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin B12 dan Zinc berguna untuk menambah stamina. Demikian pula, Creatine yang merupakan senyawa kimia dari sperma dapat menambah tenaga dan membantu membakar lemak dalam tubuh, sehingga berat badan dapat dikontrol.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Senyawa Uric Acid berguna mengatasi penyakit diabetes namun menyebabkan penyakit encok. Fructose dapat mencerna gula dalam tubuh sehingga bermanfaat mencegah penyakit diabetes.

  1. Mengatasi sembelit

Di dalam sperma ada kandungan sorbitol, yaitu salah satu bahan mengatasi sembelit yang digunakan oleh ahli farmasi.

  1. Menjaga tubuh tetap langsing

Sperma juga mengandung lipid yang berfungsi untuk membakar lemak. Pembakaran lemak yang sempurna akan membantu Anda memiliki tubuh langsing.

  1. Mencegah kanker

Anda kandungan glutathione di dalam sperma, zat ini berguna sebagai obat pencegah kanker, menambah kemanjuran obat kemoterapi dan mencegah terjadinya penggumpalan darah pada saat pembedahan.

  1. Mengatasi kerusakan gigi dan tulang

Kandungan seng, kalsium, dan mineral dalam sperma bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga kekuatan tulang.

Efek Samping Sperma jika di telan

  1. Mengakibatkan lemas. Kandungan sperma yang tertelan bisa menyebabkan rasa lemas.
  1. Terkena penyakit. Apabila sperma yang ditelan membawa kuman penyakit maka berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penyakit Hepatitis dan HIV AIDS merupakan beberapa penyakit yang bisa diderita.
  1. Senyawa Uric acid dalam sperma dapat menyebabkan asam urat dan menyebabkan encok.

Efek samping dari sperma yang tertelan berbeda-beda. Ada juga yang malah tidak merasakan apa-apa. Sperma yang normal adalah sperma dengan rasa yang pahit. Rasa pahit ditimbulkan karena kandungan senyawa kimia dalam sperma.

Beberapa wanita masih bingung dan was-was ketika sperma tertelan. Ada yang menyangka akan hamil karenanya. Padahal sperma yang tertelan itu justru masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan dan bukannya melewati saluran reproduksi. Sperma yang masuk ke lambung dan bercampur degan asam lambung akan mati. Maka tidak beralasan kalau ada yang hamil hanya karena menelan sperma.

Itulah beberapa manfaat sperma bagi kesehatan. Hal ini masih diteliti sampai sekarang. Ada yang menyatakan manfaat positif  sperma didapat karena ketika seseorang wanita menelan sperma pasangannya, kebahagiaan akan timbul sehingga tingkat stress dapat ditekan, mood akan meningkat dan kualitas tidur akan diperbaiki. Mungkin yang harus diingat dalam hal ini usahakan untuk tidak berganti-ganti pasangan. Selain untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, hal itu juga dilarang oleh agama.