Katusi – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

236

Tahukah anda apa itu obat Katusi? Obat yang terbuat dari daun katuk atau sauropus androgynus memiliki fungsi untuk membantu melancarkan ASI atau air susu ibu. Hal ini karena di dala daun katuk mengandung galactagogue yang berperan di dalam meningkatkan ekspresi terhadap gen oksitosin dan juga prolaktin.

Kita tahu bahwasanya ASI merupakan susu yang diproduksi oleh ibu yang berfungsi sebagai sumber gizi utama pada bayi yang masih belum dapat mencerna makanan. Produksi ASI berasal dari pengaruh yang didapat dari hormon prolaktin dan juga oksitosin. Selain berfungsi sebagai sumber makanan bayi, ASI juga berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem ketahanan tubuh bayi.

Dengan begitu, bayi akan lebih kuat terhadap berbagai penyakit yang siap menyerang kapan saja. Umumnya, bayi dianjurkan untuk mendapatkan ASI selama 2 tahun. Namun, terkadang tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah karena ASI-nya tidak lancar. Mau tidak mau maka harus menggantinya dengan susu formula.

Akan tetapi, seharusnya sebisa mungkin ibu harus berusaha agar supaya mampu memproduksi ASI karena lebih baik dibandingkan memberinya susu formula. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ibu adalah dengan mengkonsumsi Katusi. Obat yang satu ini berbentuk kapsul dan aman untuk diminum oleh ibu menyusui. Hal ini karena bahan pembuatnya merupakan bahan alami.

Berikut ini kami akan memberikan informasi yang lebih mengenai Katusi yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya.

Fungsi Katusi

Katusi merupakan obat yang digunakan untuk memperlancar dan juga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Kandungan Katusi

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa kandungan yang ada di dalam Katusi:

  • Ekstrak daun katuk sebanyak 114 mg
  • Vitamin B1 sebanyak 10 mg
  • Vitamin B6 sebanyak 15 mg
  • Vitamin B12 sebanyak 20 mcg

Kontraindikasi Katusi

  • Dianjurkan bagi pasien yang pernah mengalami alergi disarankan untuk berhati-hati meskipun memang sebenarnya obat ini aman untuk digunakan.
  • Bagi ibu hamil yang pernah mengalami kondisi tertentu seperti gangguan fungsi hati atau ginjal, disarankan untuk bertanya kepada dokter jika ingin menggunakan Katusi.
  • Untuk anda yang ingin bertanya tentang kontraindikasi Katusi, maka kami sarankan agar anda bertanya kepada dokter. Hal ini karena sebenarnya penggunaan Katusi tidak terlalu menimbulkan masalah yang besar.

Dosis Katusi

Adapun informasi yang berhubungan dengan dosis Katusi, maka anda bisa melihat di bagian kemasan obat ini. Selain itu, jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai dosis obat ini, maka anda bisa menanyakannya kepada pihak apoteker.

Harga Katusi

Adapun mengenai harga yang harus anda keluarkan jika ingin membeli Katusi adalah Rp. 34.500. Harga tersebut merupakan harga perkiraan sehingga kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa mendapatkan obat Katusi dengan harga yang lebih mahal atau malah bisa mendapatkannya dengna harga yang lebih murah.

Cara Penggunaan Katusi

  1. Penggunaan Katusi harus digunakan sebagaimana instruksi yang sudah diberikan pada kemasan obat ini.
  2. Jika ibu hamil mengalami masalah akibat meminum Katusi, seperti gatal atau ruam kulit maka ia harus menghubungi dokter karena dikhawatirkan kondisi ini merupakan efek alergi.
  3. Sementara itu, Katusi harus digunakan secara rutin dan dianjurkan juga untuk menggunakannya di waktu dan jam yang sama agar supaya bisa bekerja lebih baik.

Cara Penyimpanan Katusi

  1. Katusi harus selalu anda simpan di tempat yang memiliki suhu ruangan dan tidak lembab.
  2. Jangan menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  3. Jauhkan dari anak-anak.