12 Ciri-ciri Sperma Sehat dan Tidak Sehat

Para pria tentunya mendambakan kondisi sperma yang normal dan sehat karena ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan kesehatan seksual mereka. Namun ada beberapa pria yang tidaklah memiliki keadaan sperma yang baik dan ditambah pula terlambat dalam menyadarinya. Banyak pria yang merasa bahwa kondisi sperma mereka sangat baik-baik saja, tapi sebetulnya tidaklah sesehat itu.

Ketika sperma tidak dalam kondisi sehat, maka otomatis rasa percaya diri seorang pria pasti akan menurun. Hal ini juga memengaruhi tingkat kegairahan seorang pria ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan mereka. Untuk itulah, penting bagi para pria untuk mengenali ciri-ciri sperma sehat supaya bila ada kondisi yang tidak masuk dalam ciri-ciri tersebut, artinya sperma sedang tak sehat.

(Baca juga: bahaya menelan sperma)

1. Bentuknya Kental

Ciri sperma sehat yang pertama adalah bentuknya yang kental dan ini adalah salah satu ciri yang paling utama. Kalau bentuknya kental, tak perlu diragukan lagi bahwa sperma tersebut adalah yang sehat, namun ada kalanya Anda juga perlu mengonsumsi madu secara teratur.

Demi menjaga kesehatan dan kekentalan dari sperma, Anda bisa mengandalkan madu dengan meminumnya secara rutin. Bila pun ada masalah dengan tekstur kekentalan sperma yang kiranya kurang alias terlalu encer. Madu adalah bahan yang tepat untuk Anda andalkan supaya yang encer bisa kembali kental dan bertekstur seperti seharusnya.

Sperma yang kental menandakan pula bahwa kondisi tubuh Anda sedang sehat-sehatnya. Sedangkan ketika tingkat kekentalannya menurun atau menjadi encer, maka hal ini sebetulnya dikarenakan tubuh Anda sedang terlalu lelah. Melakukan banyak aktivitas dan memiliki jadwal yang super padat bisa menjadi pemicu dari sperma encer sewaktu dikeluarkan.

Mengonsumsi minuman beralkohol tentu sangat mengancam kesehatan dan kita semua tahu akan bahaya minuman keras bagi kesehatan. Rupanya, minuman dengan kandungan alkohol tinggi bisa menjadi pengaruh buruk bagi kesehatan sperma. Oleh karena itulah, ada baiknya kalau Anda bisa menjauhi minuman-minuman yang mengandung alkohol dan memulai pola hidup sehat, yaitu dengan setidaknya mengonsumsi jus buah atau minuman sehat lainnya.

(Baca juga: cara meningkatkan kualitas sperma)

2. Sperma yang Dikeluarkan dalam Jumlah Banyak

Ciri lain dari sperma yang sehat adalah bisa dilihat dari jumlahnya saat dikeluarkan. Apabila jumlahnya banyak, maka tak diragukan lagi bahwa keadaannya normal-normal saja. Rata-rata, pria akan merasakan keanehan apabil sperma yang dikeluarkan tidaklah begitu banyak. Inilah salah satu masalah yang membuat seorang pria menjadi kurang percaya diri.

Saat terjadi terlalu sering, rasa percaya diri seorang pria bakal menjadi turun dengan pasangannya. Jumlah sedikit akan sperma yang dikeluarkan pun juga cukup berpengaruh terhadap tubuh, contohnya tubuh bakal semakin loyo. Tak hanya loyo dan cepat lelah, tapi sistem daya tahan tubuh juga terancam turun secara drastis.

Itulah mengapa banyak pria kemudian memilih untuk melakukan terapi di mana sperma bisa dikembalikan keadaannya seperti semula. Terapi tak perlu harus yang secara medis, bahkan cara tradisional dan alami pun dapat Anda lakukan. Meminum jus buah tak hanya menjadikan sperma berbentuk kental, tapi juga meningkatkan jumlahnya yang sedikit.

Tahukah Anda bahwa untuk mengetahui sperma yang dikeluarkan banyak atau tidak bisa juga dilakukan dengan menakarnya. Saat terjadi ejakulasi, tentu ini menjadi sebuah momen tepat untuk mengukur seberapa banyak cairan sperma yang dikeluarkan. Kadar yang dianggap normal adalah 1-2 sendok makan sperma hanya dalam 1 kali ejakulasi.

Jadi, sudah bisa ditebak dan dibayangkan bahwa saat takarannya tak sampai segitu, bahkan 1 sendok makan pun tak ada, Anda bisa langsung menyimpulkan bahwa sperma sedang tak sehat. Hati-hati karena hal ini bukanlah suatu keadaan yang bisa dianggap enteng. Anda perlu memeriksakannya ke dokter saat tanda-tanda ini terjadi dan lebih dari 1 atau 2 kali.

Cairan yang tidak banyak bisa menjadi awal dari hyphspermia dan akhirnya menjadi pemicu pria mengalami ejakulasi kering. Namun, ketika bukannya sedikit tapi justru sperma yang dikeluarkan berlebihan, Anda juga tetap harus waspada. Sperma berlebih bisa menjadi awal dari hyperspemia di mana ini juga cukup berbahaya.

(Baca juga: makanan penambah sperma)

3. Kurang Subur

Ciri lainnya yang sangat jelas adalah kurang suburnya sperma yang bisa jadi ada hubungannya dengan sistem metabolisme tubuh yang kurang baik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masalah atau gangguan metabolisme di mana ini terjadi pada orang-orang yang sibuk, bisa berimbas pada produksi spermanya.

Tingkat kesuburan seorang pria dapat menurun sebagai ciri dari gangguan pada sperma atau sperma yang tidak sehat. Jus buah lagi-lagi merupakan solusinya di mana kandungan nutrisi sangatlah tinggi sehingga metabolisme bisa meningkat. Ketika metabolisme meningkat, masalah kesuburan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena kualitasnya pasti lebih sempurna.

Ketika kurang subur, maka ini berpengaruh terhadap proses dalam memperoleh keturunan bersama pasangan. Saat berhubungan seksual, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan keturunan ketika sperma dari si laki-laki dalam keadaan subur. Menurut fakta, ada banyak pria yang sebetulnya mempunyai kualitas sperma yang tidaklah baik di mana akhirnya menjadikannya kurang percaya diri sampai-sampai terbawa dalam rutinitasnya.

Saat ketidaksuburan dialami, ada banyak pria yang akhirnya harus terapi sampai ke luar negeri demi mengatasi masalah tersebut. Kualitas sperma dan kesuburan adalah hal yang penting dan vital, terutama ketika sebuah pasangan berkeinginan untuk memperoleh keturunan. Para pria tentunya akan melakukan apapun demi membuat kualitas sperma dan kesuburan normal kembali.

(Baca juga: cara meningkatkan elektrolit tubuh)

4. Berwarna Putih

Dalam mengetahui apakah sperma Anda dalam keadaan sehat, cobalah cek warnanya. Perhatikanlah apakah warna pada sperma yang dikeluarkan berwarna putih. Jika warnanya putih, maka Anda bisa lega karena sudah pasti sperma dalam kondisi sehat, normal dan sempurna. Jadi, tak perlu takut dan khawatir sebab untuk memperoleh momongan pun akan lebih mudah.

Mungkin ada beberapa pria yang sudah panik ketika menjumpai sperma yang dikeluarkannya berwarna putih tapi agak kekuningan. Tak masalah dan tak perlu khawatir soal warna tersebut karena bila sedikit kekuningan, warna ini masih dianggap normal dan sperma masih termasuk dalam keadaan yang sehat.

Hanya saja, warna yang kiranya kemerahan itulah yang baru bisa Anda khawatirkan dan perlu segera memeriksakannya ke dokter. Merah atau merah muda adalah warna sperma yang tak normal dan cukup mencurigakan di mana risiko adanya masalah cukup tinggi. Jangan tunggu terlalu lama hanya untuk ke dokter karena penanganan yang cepat akan jauh lebih baik.

(Baca juga: penyakit menular melalui air)

5. Sperma Lengket

Selain dari ciri-ciri di atas, ciri satu ini juga penting untuk Anda perhatikan karena ciri sperma yang lengket menandakan bahwa sperma sangat sehat. Mungkin kemudian pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk mengeceknya. Anda tinggal melihat sperma yang sudah dikeluarkan sewaktu ejakulasi dan meniliknya, apakah lengket atau tidak.

Sebagai ciri dasar, sperma yang sehat tak hanya harus kental dan berwarna putih, namun kelengketannya adalah faktor yang menentukan juga. Jika kental, putih dan lengket layaknya jelly, sudah dipastikan bahwa Anda mempunyai sperma yang sehat. Bila tidak lengket, inilah yang harus dicurigai dan pastikan Anda memeriksakan ke dokter supaya cepat dalam menanganinya.

6. Berbau seperti Daun Akasia

Selain dari bentuk atau tekstur, jumlah dan juga warna, ada satu lagi yang perlu sangat diperhatikan bila ingin tahu sperma Anda sehat atau tidak. Perhatikanlah aroma atau baunya ketika proses ejakulasi. Beberapa orang dengan masalah pada sperma akan mendapati baunya kurang enak dan cukup mengganggu.

Pada dasarnya, sperma berbau seperti daun tanaman akasia, jadi kalau tidak seperti demikian aromanya, Anda bisa memeriksakannya ke dokter. Saat ada bau-bau yang tak enak berasal dari sperma Anda, silakan untuk langsung periksa dan jangan menunggu terlalu lama. Hal ini bisa kemudian mengganggu pasangan juga saat melakukan hubungan intim.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan organ reproduksi)

7. Seberapa Banyak Sekali Sperma Keluar per Hari

Ciri dari sperma sehat juga bisa dilihat dari banyaknya sperma yang dikeluarkan oleh seorang pria dalam waktu 1 hari. Ada banyak kasus di mana para pria yang baru sekali mengeluarkan sperma ternyata sudah langsung lemas tubuhnya. Tubuh terasa begitu lemah dan loyo, bahkan kehilangan gairah.

Ketika hal tersebut terjadi, maka sperma tidaklah sehat, dan Anda pun memiliki tubuh yang sedang tidak baik metabolismenya. Namun, ada pula sejumlah pria yang meski sudah mengeuarkan sperma, tubuh mereka masih terbilang kuat dan mampu mengeluarkan sperma dengan jumlah yang sama dengan sebelumnya.

Ada pria-pria tertentu seperti itu di mana jumlah sperma bisa tetap banyak meski selisih waktu beberapa menit. Hal ini jelas menjadi petunjuk atau tanda bahwa sperma yang dimiliki pria-pria tersebut adalah yang berkualitas dan sangat sehat. Bila ada masalah setelah sekali sperma dikeluarkan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter supaya cepat diatasi dan tidak berlanjut makin serius.

(Baca juga: bahaya pria tidak disunat)

Ciri-ciri Sperma Tidak Sehat

Setelah mengintip sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri sperma sehat, tentunya mengenali seperti apa ciri-ciri sperma tak sehat juga penting. Saat Anda tahu betul kondisi sperma yang tak sehat, maka Anda otomatis akan dengan cepat dan sigap dalam menanganinya. Ciri-ciri yang dimaksud antara lain adalah seperti di bawah ini.

  1. Sperma Encer atau Terlalu Kental

Bila sebelumnya dikatakan di atas bahwa ciri dari sperma yang sehat adalah berbentuk kental, namun tentunya tekstur yang kentalnya berlebihan pun bukanlah ciri yang baik. Sperma lengket yang sudah seperti jelly pun ternyata tak bisa menjamin bahwa sperma Anda itu sehat. Terlalu kental juga menandakan adanya masalah.

Untuk sperma yang dianggap normal, maka ada cara untuk supaya Anda mengetahuinya. Sperma sehat dan normal adalah yang bisa menjadi bening dan encer dalam waktu kira-kira setengah jam. Ini bisa Anda coba perhatikan supaya mengetahui apakah memang sperma Anda sedang ada masalah atau tidak.

Sperma yang terlalu kental biasanya bisa terjadi dikarenakan adanya bahaya dehidrasi yang menyerang tubuh. Seorang pria juga perlu mengetahui segala hal tentang hormon testosteronnya karena jika terlalu rendah maka mampu menyebabkan air mani menjadi sangat kental. Waspadai sperma yang terlalu encer maupun terlalu kental karena hal ini jelas memengaruhi kehidupan seksual bersama pasangan.

  1. Kurang Lengket atau Terlalu Lengket

Sperma yang kurang lengket bisa jadi adalah sebuah ciri dari sperma tak sehat, namun terlalu lengket pun kadang kala menjadi tanda bahwa sperma terlalu kental. Terlalu lengket dan terlalu encer bisa menjadi masalah. Jika Anda menyadari hal ini, segeralah untuk ke dokter dan jangan terlalu lama.

Pola hidup yang kacau beserta pola makan yang kurang sehat adalah faktor-faktor yang memungkinkan sperma menjadi tidak sehat. Jika Anda menemukan bahwa sperma Anda tingkat kelengketannya tak seperti yang diharapkan atau tidaklah termasuk wajar, konsultasikan dengan dokter. Walau jumlahnya banyak tapi tak terlalu lengket, kemungkinan ada masalah pada tubuh Anda.

(Baca juga: penyakit kelamin)

  1. Warna Tak Wajar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, warna yang normal atau ciri dari sperma sehat adalah putih atau paling tidak sedikit kekuningan. Namun warna-warna selain itu, Anda harus lebih waspada, apalagi jika warnanya adalah merah, coklat, hijau atau kuning di mana tentu sangat jelas ketidaknormalannya.

Bila Anda mengeluarkan sperma dengan warna yang kuning pekat atau bahkan juga masuk ke kategori hijau, hati-hati karena ini bisa menjadi indikator akan adanya infeksi. Gonore atau kencing nanah pun bisa menjadi risiko yang ditandai dengan sperma berwarna tersebut. Karena penyakit ini penyakit menular, maka segeralah ke dokter untuk penanganan medis.

Sementara itu, warna sperma yang kecoklatan apalagi merah, harus lebih-lebih lagi untuk diwaspadai. Warna merah maupun coklat berpotensi menjadi indikator pecahnya pembuluh darah pada area prostat. Sperma yang berwarna merah otomatis menandakan bahwa cairan sperma keluar disertai darah yang persisten, jadi jangan tunggu lagi untuk pergi ke dokter.

  1. Bau Busuk

Antara sperma yang sehat maupun tidak bisa juga ditentukan oleh ciri adanya bau busuk. Ciumlah bau sperma yang telah dhasilkan karena ketika aromanya begitu bau. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bau normal dari sperma sehat adalah seperti daun tanaman akasia. Jadi selain daripada itu, Anda sudah bisa menentukan.

Sperma yang normal juga sering dikatakan memiliki ciri akan bau klorin, jadi kalau baunya adalah justru bau yang busuk, tubuh Anda sedang tidak sehat. Bau busuk tersebut juga bisa menjadi tanda dari adanya infeksi. Carilah dokter secepatnya supaya Anda cepat dalam memperoleh solusinya karena terlalu lama dibiarkan justru bisa menjadi semakin serius.

  1. Sperma Keluar Sekali dalam Sehari

Sperma yang hanya keluar sekali saja dan kemudian membuat tubuh loyo, ini yang juga dinamakan sperma tidak sehat. Bila hal ini terjadi berturut-turut, jangan tunggu lagi untuk mengecek kesehatan sperma dan tubuh Anda secara keseluruhan. Konsultasikan penanganan paling baik untuk hal tersebut supaya Anda bisa tetap kuat walau sperma keluar banyak lebih dari sekali dalam 1 hari.

(Baca juga: penyebab impoten)

Itulah sejumlah informasi mengenai ciri-ciri sperma sehat maupun yang tidak sehat. Penting untuk mengenalinya supaya Anda bisa melakukan terapi secepatnya bila memang ada masalah pada sperma. Tak hanya penanganan dari dokter, Anda juga perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti mengikuti tips diet sehat, memilah asupan makanan dan berolahraga secara rajin.