16 Makanan Penambah Sperma Pria dengan Cepat

18488

Dalam kehidupan manusia, ada dua point yang paling penting yang mesti dilakukan oleh manusia. Pertama adalah bertahan hidup, dan yang kedua adalah melanjutkan keturunan. Melanjutkan keturunan tidaklah mudah bagi sebagian orang. Ada beberapa orang yang memang dikaruniai rejeki yang cukup banyak sehingga ia dengan mudah mendapatkan keturunan. Ada juga yang harus berjuang sangat berat untuk bisa mendapatkan keturunan. Salah satu faktor yang menyebabkan orang mudah atau pun susah mendapatkan keturunan adalah perkara kesehatan.

Selain kesehatan tubuh dari manusia itu sendiri, ada kesehatan lain yang menjadi penting dalam soal melanjutkan keturunan. Hal itu ialah kesehatan sperma. Sperma merupakan sel dari sistem reproduksi laki-laki. Ketika sperma keluar, ia akan berusaha membuahi ovum dan kemudian membuat sang perempuan hamil. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menyehatkan sperma anda :

  1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang layak anda konsumsi untuk menambah kuantitas dari sperma anda. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan enzim yang sangat langka yang tidak dimiliki oleh tumbuhan yang lain. Enzim tersebut adalah enzim bromelain. Enzim bromelain adalah enzim yang mampu meningkatkan gairah seks dan libido laki-laki. Selain bromelain, pisang juga memiliki kandungan lain yakni vitamin B1, vitamin A, dan juga vitamin C yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah pisang ini bisa membantu pria untuk makanan penambah sperma lebih banyak dan menyehatkan sperma mereka.

Baca : Khasiat buah pisang untuk kesehatanEfek terlalu banyak makan pisang Bahaya piisang karbit

  1. Biji Labu

Biji dari buah labu ini juga ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi sperma lelaki. Pasalnya, di dalam biji buah labu ini terkandung pitosterol. Pitosterol adalah semacam senyawa pelindung yang dapat meningkatkan produksi testosteron dan juga mengecilkan prostat yang sudah membesar. Biji labu ini juga, selain memiliki kandungan pitosterol, ia juga kaya akan omega-3 dan asam lemak yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang kemudian bisa mengalirkan darah ke penis secara maksimal dan kemudian berefek juga pada produksi sperma yang bisa semakin banyak dan semakin sehat.

  1. Kacang Kenari

Kacang kenari adalah salah satu makanan yang berkhasiat baik bagi sperma lelaki. Hal ini dikarenakan kacang kenari mengandung senyawa yang bernama arganine. Senyawa ini mampu membantu testis untuk memperoduksi sperma sehingga didapatkan sperma yang banyak dan juga sperma yang sehat. Sama seperti biji labu yang mengandung omega-3, kacang kenari ini pun juga mengandung omega-3 yang baik untuk peredaran darah. Selain itu, menurut penelitian, kacang kenari ini memiliki kandungan antioksidan yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari pada kacang-kacang yang lain. Dari jumlah antioksidan yang banyak itu, maka ia dapat melindungi sperma dari gangguan radikal bebas yang bisa menyebabkan sperma tidak sehat.

  1. Tiram

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah institusi di Miami, Florida, menemukan fakta bahwa ternyata tiram mengandung asam amino yang sangat ampuh dan sangat baik bagi produksi testosteron pada lelaki dan progesteron pada perempuan. Apabila jumlah testosteron anda meningkat, maka secara otomatis akan meningkatkan kualitas sperma anda. Tidak hanya itu, ketika asam amino ini bereaksi dalam tubuh, kuantitas dari sperma anda juga bisa meningkat dan membuat sperma anda sehat, subur dan berkualitas.

  1. Ginseng

Selama berabad-abad, ginseng merupakan makanan yang sangat diagungkan oleh bangsa China. Hal ini tentunya karena khasiatnya yang luar biasa bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah khasiatnya bagi kaum lelaki. Sudah sejak lama, lelaki bangsa China menggunakan ginseng untuk meningkatkan jumlah sperma mereka dan juga kualitas dari sperma mereka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan beberapa pihak, menemukan bahwa di dalam ginseng sendiri terkandung sekresi hormonal yang bisa meningkatkan libido dan juga kinera seksual. Bahkan, dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Southern Illinois Univerisity terhadap 45 pria dengan disfungsi seksual, dimana empat puluh lima pria tersebut dianjurkan mengkonsumsi ginseng selama 16 hari, didapai 60% dari 45 pria tersebut mengalami peningkatan ereksi. Karena itulah, ginseng sangat baik bagi kesehatan organ kelamin anda.

Baca : Bahaya menelan sperma

  1. Bawang Putih

Makanan berikutnya yang berkhasiat untuk menambah jumlah sperma anda dan membuatnya semakin sehat adalah bawang putih. Bawang putih yang memiliki kandungan allicin tidak hanya mampu menghilangkan plak yang terdapat pada arteri, akan tetapi juga membantu meningkatkan aliran darah ke kelamin, sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan pada sperma anda. Selain itu, bawang putih juga mengandung selenium dan vitamin B6 yang mampu mencegah kerusakan sperma dan juga mengatur hormon anda.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Coklat

Coklat selain nikmat dan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang karena rasa manisnya, ternyata juga memiliki kandungan yang luar biasa baik bagi kesehatan sperma lelaki. Pasalnya, di dalam coklat ini terkandung senyawa L-Arginine HCL. Utamanya, senyawa tersebut terdapat di dark coklat. Senyawa itu adalah salah satu jenis senyawa amino yang terbukti secara klinis mampu menggandakan semen dan juga volume sperma. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu membantu pria meningkatkan tekanan seksualnya dengan memperkuat dan mempersering orgasme. Akan tetapi, memakan coklat terlalu banyak juga sangat tidak baik untuk kesehatan sperma anda. Maka dari itu, ketika anda hendak memakan coklat, makanlah dengan baik dan jangan terlalu banyak.

  1. Alpukat

Makanan selanjutnya yang berkhasiat menambah sperma adalah buah alpukat. Selain bisa digunakan sebagai cara menambah berat badan, buah alpukat ni baik dikonsumsi untuk pria. Buah alpukat ini memiliki kandungan vitamin E dan vitamin B6 dan juga asam folat. Dari kandungan-kandungan tersebut, mereka dapat meningkatkan motilitas dari sperma itu sendiri dan memberikan kekuatan untuk menembus sel telur dari sang wanita.

Baca : Khasiat biji alpukat

  1. Buah Delima

Berikutnya, makanan yang bisa membuat jumlah sperma anda semakin banyak adalah buah delima. Di beberapa negara, buah delima ini dipercaya sangat berkhasiat bagi kesehatan seseorang. Bukan hanya kesehatan secara menyeluruh, akan tetapi kesehatan sperma. Buah delima ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sperma dan fungsi alat seksual lelaki. Hal ini karena buah delima memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh utamanya sperma dan proses produksinya.

  1. Asparagus

Makananan untuk kesuburan pria lainya adalah asparagus. Mungkin bagi sebagian orang Indonesia cukup asing mendengar sayuran asparagus. Asparagus ini memang bukan sayuran endemik Indonesia, sayuran ini banyak tumbuh di Eropa. Asparagus ini memiliki khasiat yang sangat baik sebagai makanan penambah sperma seorang lelaki. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang mampu membantu melindungi sperma dan kerusakan oksidatif. Selain itu, ia juga mampu melindungi sel-sel testis. Selain itu juga, vitamin C ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga mampu membuat tubuh pria fokus pada produksi sperma.

Baca : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

  1. Jus Tomat

Tomat yang dibuat jus memang rasanya enak sekali. Selain rasanya yang segar, jus tomat ini juga mampu membuat jumlah sperma seorang pria semakin banyak. Hal ini dibuktikan sendiri oleh Harvard University yang melakukan penelitian pada beberapa orang yang sering memakan tomat. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang suka makan tomat, jumlah spermanya jauh lebih banyak dari pada orang yang jarang makan tomat.

Baca : Kandungan gizi tomat

  1. Wortel

Seperti yang kita semua ketahui bahwa wortel mengandung banyak sekali vitamin A yang baik untuk mata. Tapi tahukah anda bahwa vitamin A tidak hanya baik untuk mata, akan tetapi untuk pertumbuhan sperma yang sehat. Menurut beberapa penelitian, orang yang kekurangan vitamin A ini bisa menjadi mandul karena gerak dari sel sperma itu lambat. Karena itulah, seorang lelaki bisa dinyatakan mandul.

Baca : Bahaya kekurangan vitamin A

  1. Ayam Kalkun

Ayam kalkun memiliki kandungan zat seng yang cukup banyak. Kandungan zat seng ini sangat baik bagi tubuh dan jika kekurangan, maka bisa menyebabkan kadar testosteron menurun dan membuat jumlah sperma menjadi berkurang. Selain ayam kalkun, zat seng ini juga bisa ditemukan di beberapa makanan yang lain seperti telur, daging sapi, yoghurt, gandum, dan juga jagung.

  1. Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang sangat enak jika dijadikan makanan. Daging salmon ini sangatlah lembut dan rasanya lezat sekali. Selain rasa dan tekstur dagingnya yang enak, salmon rupanya juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi produksi sperma lelaki. Hal ini dikarenakan salmon memiliki kandugan DHA dan omega-3 yang sangat baik bagi peredaran darah. Karena peredaran darah yang baik bisa membuat produksi sperma juga maksimal. Selain salmon, sarden, teri dan beberapa ikan laut yang lain juga memiliki omega-3 dan sangat baik untuk produksi sperma lelaki.

  1. Makanan yang Mengandung Asam Folat

Jika dari poin pertama hingga terakhir saya menyebutkan nama makananya, sekarang saya sebutkan kandungannya. Setiap makanan yang baik untuk produksi sperma adalah makanan yang mengandung asam folat. Nama lain dari asam folat adalah vitamin B9. Menurut beberapa penelitian, pria yang kekurangan asam folat, maka jumlah spermanya juga sedikit. Anda dapat memperoleh asam folat ini pada beberapa buah-buahan seperti lemon, jeruk mandarin, dan juga jeruk nipis.

Baca : Efek kelebihan asam folat

  1. Mengandung Selenium

Makanan berikutnya yang baik bagi produksi sperma adalah makanan yang mengandung selenium. Menurut beberapa penelitian, makanan yang mengandung selenium ini bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat dan jumlah sperma yang banyak. Makanan yang paling banyak mengandung selenium ini adalah kacang brazil. Di dalam kacang brazil ini ditemukan kandungan selenium yang melimpah. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang mengandung selenium meskipun jumlahnya tidak sebanyak kacang brazil. Mereka antara lain oatmeal, hati sapi, nasi merah, dsb.

Ciri – Ciri Sperma Sehat

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai sperma sehat seperti apa, dimana sperma sehat itu bisa membuahi ovum dan membuat istri anda hamil. Berikut ini adalah ciri ciri sperma yang sehat :

  1. Bentuknya

Yang dimaksud dengan bentuk dari sperma sehat itu sendiri adalah bahwa setiap sperma yang sehat dan bisa membuahi ovum memiliki tekstur yang kental. Maka dari itu, ketika anda melihat bahwa cairan sperma anda nampak kental, maka sudah dapat dipastikan sperma anda sehat dan bisa membuat istri anda hamil. Sperma yang kental ini muncul karena kondisi tubuh yang sedang fit. Maka dari itu, ketika anda mendapati bahwa sperma anda tidak dalam keadaan kental, maka anda mungkin sedang sakit, atau stress yang kemudian berpengaruh pada kekentalan sperma anda. Selain itu, sperma yang encer ini bisa muncul juga karena sang lelaki terlalu sering mengkonsumsi alkohol.

  1. Warnanya

Selain tekstur atau bentuknya, sperma yang sehat juga bisa dilihat dari warnanya. Secara kasat mata, sperma yang sehat memiliki warna putih yang kental. Ketika anda melihat bahwa sperma anda berwarna putih kental, maka bisa dipastikan bahwa sperma anda sedang dalam keadaan sehat dan subur.

  1. Jumlahnya

Hal selanjutnya yang bisa anda lihat dari sperma anda dan kemudian anda bisa memutuskan apakah sperma anda sehat dan subur atau tidak adalah dengan melihat jumlah dari sperma yang keluar. Apabila jumlah dari sperma anda yang keluar itu sangat banyak dan memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, yakni putih dan kental, maka bisa dipastikan sperma anda sangatlah sehat. Akan tetapi, apabila ketika anda mengeluarkan sperma itu, ternyata jumlahnya sedikit, maka mungkin anda kelelahan dan perlu asupan yang tepat untuk membuat sperma anda menjadi lebih banyak dan sehat.

Itulah tiga point utama yang mendasari apakah sperma itu sehat atau tidak. Pada dasarnnya, itu hanya dilakukan dengan menduga-duga dan melihat secara langsung ke objeknya, mungkin ketika tiga ciri itu muncul dan anda tak kunjung memiliki momongan, ada hal yang mesti anda periksakan pada para dokter yang memang ahli dalam hal tersebut. Alangkah baiknya anda juga mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas untuk membuat sperma anda menjadi sehat dan berkualitas.

Penyebab Sperma Tidak Sehat

Selain makanan-makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin memiliki sperma yang sehat dan jumlahnya yang banyak, anda juga dianjurkan untuk menghindari beberapa hal yang menyebabkan sperma menjadi tidak sehat. Hal-hal tersebut antara lain;

  • Stres
  • Merokok
  • Mengkonsumsi alkohol berlebihan
  • Memakai NAPZA
  • Obesitas
  • Sering terpapar radiasi atau sinar X
  • Memakai celana terlalu ketat
  • Terlalu lama bersepeda
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia seperti pestisida
  • Sering berendam di air panas dan duduk terlalu lama

Demikian adalah beberapa  penjelasan singkat mengenai makanan-makanan yang bisa anda konsumsi ketika anda merasa bahwa sperma anda kurang sehat. Akan tetapi, alangkah baiknya bahwa anda mengkonsumsi makanan-makanan sehat itu secara rutin agar khasiatnya lebih terasa dan anda pun memiliki sperma yang sehat dan bisa segera memiliki momongan. Selain itu, anda juga harus berusaha menghindari hal-hal yang bisa membuat produksi sperma anda menurun, seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Karena sebaik apapun anda makan makanan yang baik untuk produksi sperma anda, jika anda tidak menjauhi hal-hal yang buruk bagi sperma anda, maka itu sama saja. Semoga bermanfaat!