Kenali 6 Fungsi Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

982

Karbohidrat seringkali dikenal sebagai nutrisi utama yang harus terpenuhi oleh tubuh. Dalam tata nama kimia sendiri, karbohidrat disusun oleh unsur C (karbon), H (hidrogen), dan O (oksigen). Karbohidrat terdiri dari karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang mudah dan cepat diolah oleh tubuh manusia. Contoh makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat sederhana adalah nasi putih, susu, buah-buahan. Sedangkan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pencernaannya, misalnya sayuran, gandum, kacang-kacangan.

Karbohidrat adalah nutrisi yang penting bagi kesehatan, namun tak sedikit pula yang memilih untuk menghindari karbohidrat untuk tujuan diet. Banyak orang yang ingin mengurangi berat badan dengan mengurangi asupan karbohidrat dalam menu makan mereka. Padahal akan ada banyak manfaat yang hilang ketika seseorang memutuskan untuk menghilangkan karbohidrat dari menu makan sehari-sehari. Lalu apa sebenarnya fungsi dan manfaat karbohidrat? Berikut ulasan mengenai fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh:

1. Karbohidrat sebagai Sumber Energi

Bukan rahasia lagi bahwa karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kebutuhan energi akan terpenuhi secara optimal jika asupan karbohidrat dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Karbohidrat dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa sebelum nantinya akan diserap dalam aliran darah. Energi yang dihasilkan dari karbohidrat tidak hanya diperlukan untuk aktivitas tubuh secara fisik, tetapi juga berbagai kinerja metabolisme dalam tubuh.

2. Karbohidrat untuk Mempertahankan Massa Otot Tubuh

Otot dibutuhkan tubuh untuk kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Namun terkadang otot digunakan tubuh untuk mendapatkan energi jika tidak ada lagi cadangan lemak dan glikogen. Kondisi ini mengakibatkan tubuh akan kehilangan massa ototnya. Tubuh yang kehilangan massa otot akan cenderung menjadi lemah dan tidak bertenaga untuk beraktivitas. Bahkan dampak terburuk dapat berujung pada kematian.

3. Karbohidrat Menghindarkan Tubuh dari Aneka Risiko Penyakit

Banyak orang yang menghindari karbohidrat karena takut dengan ancaman berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes. Padahal penyakit ini dapat muncul sebagai akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh. Karbohidrat bukan menjadi faktor utama munculnya penyakit ini. Faktanya, karbohidrat justru dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Fungsi ini dapat terjadi jika kita mengkonsumsi karbohidrat dari sumber yang tepat, misalnya dari biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan. Serat dalam karbohidrat akan dapat mengikat lemak, asam empedu, dan juga kolesterol dalam tubuh. Akibatnya dalam usus tidak lagi ada penyerapan asam empedu, dan akan membuat hati menarik kandungan kolesterol dalam darah. Kondisi ini akan membuat kadar kolesterol tubuh menjadi berkurang. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga berfungsi untuk menjauhkan tubuh dari risiko penyakit diabetes.

4. Karbohidrat Penting untuk Fungsi Otak

Tahukah Anda bahwa salah satu fungsi karbohidrat adalah untuk kinerja otak? Karbohidrat menjadi salah satu sumber energi bagi otak. Bahkan, otak mengambil sekitar 20% dari total energi untuk berbagai aktivitasnya. Bayangkan ketika tubuh tidak mempunyai asupan karbohidrat yang cukup maka akan ada banyak kinerja otak yang terhambat. Dampak paling awal dari seseorang yang kekurangan asupan karbohidrat adalah menurunnya kemampuan kognitif seseorang.

5. Karbohidrat untuk Kesehatan Pencernaan

Lancarnya sistem pencernaan tidak hanya dipengaruhi oleh sayuran yang dikonsumsi, lebih tepatnya pencernaan dipengaruhi oleh kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan serat ini dapat juga dicukupi dari berbagai makanan yang mengandung karbohidrat. Dalam karbohidrat kompleks, serat akan menarik banyak air dan berfungsi membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih lunak sehingga kita tidak mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.

6. Karbohidrat dapat Mengoptimalkan Fungsi Protein

Karbohidrat dan protein mempunyai peran sebagai sumber energi. Ketika tubuh tidak tercukupi dengan karbohidrat untuk diubah menjadi energi, maka tubuh akan mengambil cadangan protein untuk menggantikannya. Padahal protein sebenarnya berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Itulah mengapa sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh agar protein dalam berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada beragam makanan yang mengandung karbohidrat dan disarankan untuk dikonsumsi atau dimasukkan secara berseling ke dalam menu keseharian. Berikut adalah beberapa makanan yang merupakan sumber karbohidrat tinggi:

  • Beras Merah. Nasi merah kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Selain serat, dalam nasi merah juga terkandung berbagai vitamin seperti vitamin B1 (thiamin), vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, juga mineral seperti magnesium dan zat besi. Nasi merah juga dipercaya cocok bagi para penderita diabetes.
  • Ubi Jalar. Karbohidrat tidak hanya ditemukan di nasi, melainkan ada juga di ubi jalar. Ubi jalar sering disarankan untuk mereka yang menderita diabetes, maag, dan juga radang sendi.
  • Kentang. Kandungan pati dalam kentang akan membuat siapa yang mengkonsumsinya akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi kentang dengan cara direbus, bukan digoreng.
  • Roti gandum. Makanan yang berbahan dasar gandum, seperti roti gandum, cocok dipilih bagi mereka yang ingin diet namun tetap ingin mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.
  • Jagung. Makanan pokok daerah Madura dan NTT ini merupakan pilihan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Dalam jagung juga terkandung serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak sumber karbohidrat yang melimpah serta tidak susah untuk diperoleh. Karbohidrat sangat baik untuk kesehatan, sehingga sebenarnya diet bukan merupakan alasan untuk menjauhkannya dari daftar menu keseharian. Yang perlu dilakukan adalah memilih dari 26 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan cocok untuk kondisi kesehatan tubuh. Ingatlah berbagai fungsi karbohidrat sebelum memutuskan untuk menghilangkan karbohidrat dari daftar menu makan Anda.