Home Gizi & NutrisiVitamin Vitamin B6 : Manfaat – Sumber Makanan – Akibat Kelebihan dan Kekurangan

Vitamin B6 : Manfaat – Sumber Makanan – Akibat Kelebihan dan Kekurangan

by Roro Dyiah

Vitamin B6 atau juga dikenal sebagai pyridoxamine, prydoxine dan prydoxal adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat ditemukan secara alami dari berbagai bahan makanan seperti daging, biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, alpukat, pisang dan unggas. Fungsi dari vitamin yang larut dalam air ini cukup banyak diantaranya adalah memelihara kesehatan sistem saraf, menjaga kestabilan sel darah merah, menjaga sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Kebutuhan akan vitamin B6 ini harus dipenuhi supaya kinerja tubuh menjadi lebih optimal. Akibat kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan kebingungan, kejang, kelemahan otot, anemia dan sulit konsentrasi. Oleh karena itu dokter biasanya akan menyertakan vitamin B6 ini saat memberikan resep obat kepada pasiennya.

Tubuh sangat membutuhkan vitamin B6 karena di dalam tubuh membentuk protein dengan mengubahnya dari asam amino yang didapatkan dari makanan. Nah perubahan ini dibantu dengan menggunakan vitamin B6. Vitamin B6 juga bisa menjadi salah satu cadangan energi bagi tubuh jika dibutuhkan.

Manfaat Vitamin B6

Semua orang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6 namun sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kebutuhan vitamin B6 pada tiap orang akan sangat tergantung pada usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan masing-masing orang. vitamin B6 memiliki banyak manfaat diantaranya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah penyakit jantung

Vitamin B6 dapat membantu pencegahan penyakit jantung. Di dalam vitamin B6 juga terdapat kandungan piridoksin yang mengobati pembuluh arteri yang terbuka karena adanya proses angioplastic. Hal ini akan membuat penyumbatan di dalam pembuluh tidak terjadi dan membuat peredaran darah ke jantung menjadi lancar sehingga terhindar dari penyakit jantung. Jika anda mengalami gangguan pada jantung, biasanya dokter juga akan memberikan resep vitamin B6 dalam dosis yang cukup tinggi. untuk mencegah terjadinya gejala penyakit jantung maka pasien biasanya diberikan nasihat tindakan preventif untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 secara alami seperti telur, kacang-kacangan, ikan, susu, dan padi-padian.

baca juga: cara mengobati gagal jantung

  1. Menstruasi dan kehamilan

Untuk anda yang mengalami masalah pada menstruasi juga mungkin anda memiliki kekurangan vitamin B6. Terutama jika anda merasa terganggu pada mood yang cepat berubah saat pra menstruasi sindrom terjadi. vitamin B6 dapat menyeimbangkan hormone depresan, zat depresan akan ikut naik seiring dengan naiknya hormone estrogen. Dengan mengonsumsi vitamin B6 maka anda akan menjalani masa haid dengan lebih santai. Dosis yang dianjurkan bisa mencapai 500 kali lipat dari biasanya. Sindrom PMS ini biasanya akan menganggu wanita dan ditandai dengan mengencangnya payudara serta depresi berlebihan.

Sementara untuk ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin B6 karena sangat penting untuk perkembangan janin. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan mual dan kelainan pada janin. Sangat perlu diperhatikan untuk hal ini.

baca juga: makanan yang memperlancar menstruasi

  1. Meningkatkan energi

Jika anda merasa tubuh anda gampang sakit maka anda juga perlu mengonsumsi vitamin B6 ini. hal ini disebabkan vitamin B6 dapat membantu menguatkan sistem imunitas tubuh. selain itu vitamin B6 ini juga bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan secara alami. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 ini.

baca juga: efek bahaya minuman energi sangat mematikan

  1. Membantu perkembangan otak

Manfaat yang bisa didapatkan dari vitamin B6 ini lainnya adalah dapat membantu perkembangan otak. Hal ini terutama sangat dianjurkan untuk para ibu hamil dan balita dimana pada kedua orang tersebut sangat membutuhkan asupan vitamin yang membantu pengoptimalan perkembangan otak. Pembentukan saraf otak dengan optimal sejak dalam kandungan sangat penting karena menurunkan resiko terjadinya bayi lahir cacat.

baca juga: cara meningkatkan kinerja otak

  1. Sistem kekebalan tubuh

Vitamin B6 yang masuk ke dalam tubuh dapat terpecah dan membentu beberapa senyawa seperti serotonin, adrenalin, dan histamine. Senyawa serotonin adalah yang berfungsi sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh. hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh

  1. Komunikasi saraf

Jika vitamin B6 sangat penting bagi perkembangan saraf bayi yang ada di dalam perut maka vitamin B6 juga baik untuk orang dewasa terutama untuk orang tua atau manula yang sudah mengalami penurunan ingatan. Anda diharuskan mengonsumsi vitamin B6 dengan baik dan benar sesuai dosis yang benar.

baca juga: kesehatan sistem saraf otak

  1. Mengendalikan kadar gula dalam tubuh

Kadar gula dalam darah anda tinggi? maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengendalikan kadar gula dalam tubuh sehingga menjadi normal kembali.

baca juga: cara menjaga kadar gula darah agar normal

Setelah anda tahu apa saja manfaat dari vitamin B6 ini tentu saja anda tidak ingin terlewatkan  mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 bukan?

Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Banyaknya manfaat yang akan didapatkan dengan mengonsumsi vitamin B6 mengharuskan anda harus mencukup kebutuhannya setiap hari. Namun mungkin anda masih bingung apa saja makanan yang mengandung vitamin B6 sehingga anda tidak perlu lagi khawatir dengan kebutuhan vitamin B6 anda. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin B6 yang perlu anda ketahui:

  1. Pisang

Buah pisang termasuk dalam salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B6 tinggi. di dalam satu buah pisang sedang setidaknya terdapat vitamin B6 sebanyak 0,43 mcg. Anda bisa menemukan buah pisang ini dengan mudah karena di Indonesia sendiri buah pisang sangat mudah ditemukan dan tidak kenal musim harganya pun sangat murah. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak memenuhi kebutuhan vitamin B6.

  1. Alpukat

Di dalam satu cangkir buah alpukat setidaknya terkandung vitamin B6 sebanyak 0,38 mcg. Selain itu manfaat lainnya yang ada di dalam buah alpukat ini antara lain adalah untuk mencegah kanker prostat, kanker mulut, kanker payudara dan menjaga kesehatan mata serta mencegah terjadinya gejala stroke.

  1. Tomat

Buah tomat bukan hanya mengandung vitamin C dan vitamin A saja namun juga vitamin B6. Manfaat yang terdapat di dalam buah tomat diantaranya adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menjaga imunitas tubuh serta mencegah penyakit kanker prostat. Kanker ini sangat berbahaya pada laki-laki karena akan mengganggu proses reproduksi.

  1. Melon

Buah bulat yang memiliki daging berwarna hijau dan kuning ini juga memiliki kandungan vitamin B6 cukup tinggi. selain itu di dalamnya juga terdapat kandungan air yang sangat banyak. Sangat cocok sebagai pelepas dahaga dan juga rasanya enak. Rata-rata orang suka dengan buah yang satu ini.

baca juga: akibat bahaya buah nangka bagi penderita maag

  1. Semangka

Masih saudara dengan buah melon, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin B6 cukup tinggi. daging semangka ini ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning. Tekstur dagingnya lembut dan bisa membuat kulit semakin bersinar.

baca juga: efek samping buah naga

  1. Bayam

Bukan hanya di dalam buah-buahan saja vitamin B6 banyak ditemukan namun juga ada di dalam sayuran salah satunya adalah sayur bayam. Sayur yang menjadi favorit popeye ini memang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin B6. Dalam setiap satu cangkir sayur bayam setidaknya mengandung 0,44 mcg vitamin B6 yang dapat anda dapatkan dengan mudah. Selain itu manfaat lainnya dari bayam adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah anemia, mengontrol tekanan darah tinggi, sebagai sumber anti inflamasi, serta menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti bahaya stroke dan serangan jantung.

  1. Kentang

Di dalam satu buah kentang yang sudah dimasak mengandung 0,54 mcg vitamin B6. Keberadaan kentang saat ini cukup banyak ditemukan apalagi saat ini sudah banyak terdapat tempat makanan cepat saji yang menjual aneka kentang goreng yang bisa menjadi camilan. Namun sebaiknya anda menghindari makan kentang goreng karena mengandung lemak dan kolesterol tinggi. sebaiknya hati-hati dengan cara pengolahannya supaya kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam bahan makanan tidak hilang.

baca juga: efek samping makanan yang digoreng

  1. Sawi

Setidaknya di dalam satu cangkir sayur sawi terdapat 0,14 mcg vitamin B6. Manfaat sawi ini cukup banyak diantaranya adalah untuk mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang dan juga menurunkan resiko penyumbatan di pembuluh darah jantung sehingga terhindar dari ciri-ciri penyakit jantung.

  1. Kembang kol

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini yaitu kembang kol. Di dalam satu cangkir kembang kol terdapat 0,2 mcg vitamin B6. Para ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kembang kol karena sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan dan membantu menghindari terjadinya bayi lahir cacat.

  1. Brokoli

Manfaat dari sayuran ini mungkin tidak bisa dihitung lagi karena cukup banyak dan mungkin anda sudah mengetahuinya. Namun di dalam brokoli ini mengandung vitamin B6 cukup banyak sehingga bisa membuat sembelit tidak datang baik bagi para orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu fakta lain dari brokoli adalah bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. jadi anda tidak akan rugi jika mengonsumsi brokoli setiap hari dengan berbagai aneka olahan yang anda sukai.

baca juga: makanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol

  1. Paprika

Sayuran yang memiliki rasa pedas meskipun tidak sepedas cabai ini memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 0,27 mcg dalam setiap cangkirnya. Saat ini paprika banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan karena sebagai penambah rasa yang unik atau sebagai hiasan makanan supaya menjadi menarik. Di dalam paprika juga mengandung antioksidan tinggi sehingga juga menjaga sistem kekebalan tubuh. paprika juga membantu melancarkan peredaran darah dan juga sirkulasinya.

baca juga: madu untuk penderita kolesterol

  1. Asparagus

Sayuran yang memiliki bentuk panjang ini memiliki rasa yang khas dan ternyata juga menyehatkan dengan kandungan berbagai nutrisi di dalamnya. salah satu nutrisi yang ada di dalam asparagus adalah kandungan vitamin B6 nya yang cukup tinggi. di dalam satu cangkir asparagus setidaknya memiliki 0,12 mcg vitamin B6 yang cukup untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin B6 harian anda. Selain itu manfaat lain dari asparagus adalah sebagi antioksidan, anti aging serta anti kanker. Anda tidak akan rugi jika mengonsums asparagus ini.

baca juga: sayuran untuk asam urat dan kolesterol

  1. Lobak

Sayuran yang satu ini termasuk yang mudah ditemukan dan bisa dijadikan menjadi aneka masakan. Lobak sendiri merupakan salah  satu tanaman yang diambil umbinya atau akarnya untuk dimakan. Selain itu daun lobak juga bisa dimafaatkan menjadi sayuran yang juga kaya akan vitamin B6. Konsumsilah dua lobak sudah bisa memenuhi 4% kebutuhan vitamin B6 harian anda.

baca juga: akibat kekurangan kolesterol

  1. Ikan tuna

Dalam setiap 4 ons ikan tuna setidaknya terdapat 1,18 mcg vitamin B6. Jumlah ini cukup tinggi. anda mungkin menganggap ikan tuna ini sebagai ikan yang mahal dan susah ditemukan. Hal ini disebabkan ikan tuna lebih banyak di ekspor ke eropa dibandingkan di jual di Indonesia. orang barat sangat menyukai ikan yang satu ini karena enak dan sangat menyehatkan.

baca juga: buah penurun kolesterol

  1. Ikan cod

Dalam setiap empat ons ikan cod terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 0,52 mcg. Namun saat ini anda bisa mengambil kandungan vitamin B6 dari ikan cod ini dengan ekstrak minyak ikan kodnya yang lebih instan. Ikan kod segar memang agak susah ditemukan namun anda tidak perlu khawatir karena minyak ikan kod saat ini banyak yang menjualnya. Di dalam ikan kod juga mengandung omega 3 yang tinggi yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

baca juga: penyebab kolesterol tinggi

  1. Ikan salmon

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat disukai oleh banyak orang dan mengandung banyak vitamin seperti vitamin a, omega 3, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, serta vitamin B6. Di dalam tiga ons ikan salmon mengandung 0,8 mcg vitamin B6.

  1. Kacang-kacangan

Untuk mendapatkan vitamin B6 yang cukup mudah namun tinggi juga bisa didapatkan di dalam kacang-kacangan. Misalnya saja kacang hijau, kacang merah, kacang polong dan kacang kedelai. Mengonsumsi salah satu jenis kacang tersebut tidak akan merugikan anda justru akan memberikan anda banyak manfaat.

baca juga: kacang hijau bagi penderita kista

  1. Biji wijen

Biji wijen mengandung vitamin B6 cukup banyak. Di dalam 100 gram biji wijen mengandung vitamin B6 sebanyak 0,8 mcg. Biji wijen ini kerap kali digunakan dalam berbagai jenis makanan seperti onde-onde atau geti wijen. Namun saat ini juga terdapat minyak wijen yang sangat baik dan bisa menjadi solusi sebagai pengganti minyak sayur anda yang mengandung lemak jenuh tinggi.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang sering disebut sebagai kuaci ini mengandung vitamin B6 sebanyak 0,47 mcg dalam seperempat cangkir saja. jadi anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin B6 ini hanya dengan ngemil di depan TV dengan program kesayangan anda. Sangat mudah bukan?

  1. Nasi

Siapa yang tidak kenal dengan nasi? Makanan pokok sebagian besar orang asia ini tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. di dalam satu gram nasi mengandung vitamin B6 sebanyak 4,17 mcg yang sangat baik untuk anda.

baca juga: bahaya nasi goreng

Daftar makanan yang telah disebutkan di atas adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B6. Namun tentunya ini hanya beberapa saja dan masih banyak jenis makanan lainnya yang mengandung vitamin B6 tinggi.

Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin B6

Semua yang berlebihan itu tidak baik termasuk jika kekurangan maupun kelebihan vitamin B6. Tubuh akan mengalami gangguan jika terjadi kadar sesuatu yang tidak sesuai apa yang dibutuhkan oleh tubuh. nah, berikut ini adalah beberapa akibat dari kelebihan dan kekurangan vitamin B6, selengkapnya simak berikut ini :

  1. Sering kesemutan dan mati rasa

Salah satu dampak yang akan dirasakan tubuh saat mengalami kelebihan vitamin B6 adalah rasa kesemutan dan tidak jarang mati rasa. Hal ini dikarenakan fungsi dari vitamin B6 ini adalah sbeagai pembentukan sel darah merah dan ketika jumlah vitamin B6 terlalu banyak maka akan membuat iritasi pada saraf. Rasa kesemutan ini lebih sering terjadi di tangan dan kaki karena disana terdapat saraf yang sangat sensitive dengan vitamin B6.

baca juga: bahaya kesemutan

  1. Koordinasi otot tidak bekerja dengan baik hingga kelumpuhan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa saat kelebihan vitamin B6 saraf akan mengalami iritasi. Iritasi saraf ini juga dapat menimbulkan otot tegang sehingga anggota tidak dapat digerakkan atau mengalami kelumpuhan sementara. Namun anda tidak perlu takut akan hal ini karena akan sembuh dengan sendirinya. Meskipun tetap saja anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja.

baca juga: ciri-ciri chikungunya

  1. Susah nafas

Dampak lainnya yang akan terjadi jika tubuh mengalami kelebihan vitamin B6 adalah mampu membuat kesulitan bernafas. Hal ini terjadi karena saraf yang mengatur pernafasan mengalami masalah sehingga akan membuat penderitanya mengalami gangguan saat bernafas. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena tidak cukup hanya dengan mengurangi dosis vitamin B6 yang anda konsumsi.

baca juga: cara mencegah sesak napas

  1. Alergi kulit

Alergi kulit bisa terjadi saat tubuh mengalami kelebihan vitamin B6 meskipun memang jarang terjadi namun harus tetap anda waspadai. Alergi yang terjadi akan memunculkan gejala seperti bengkak, gatal dan ruam dengan kulit kemerah-merahan. Jika anda mengalami hal ini segera periksa ke dokter karena keadaan ini cukup berbahaya karena mungkin anda mengalami alergi pada vitamin B6 dan harus segera ditangani dengan benar.

baca juga: obat aerius desloratadine

  1. Sakit kepala

Ada sebuah peristiwa yang disebut dengan keracunan vitamin B6. Hal ini terjadi jika kelebihan vitamin B6 dalam tubuh dan kemudian menyerang bagian saraf kepala. Gejala ini juga bisa mengakibatkan tekanan darah naik dan membuat penderitanya merasakan sering sakit kepala yang sangat luar biasa.

  1. Lelah

Dampak lainnya yang akan anda rasakan jika mengalami kelebihan vitamin B6 adalah merasakan kelelahan yang sangat berat. Rasa lelah ini akan terasa begitu menyiksa bagi para penderitanya karena fungsi otot juga tidak akan maksimal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Perubahan psikis

Karena bagian saraf yang mengalami gangguan jika kelebihan vitamin B6 ini maka hal selanjutnya yang dapat terjadi adalah perubahan pada psikis karena terjadinya tingkat sensitive berlebih pada saraf sehingga penderitanya bisa mengalami depresi. Jadi ini banyak disalah artikan oleh orang jika ada yang mengalami gangguan jiwa padahal mungkin saja orang itu hanya mengalami kekurangan vitamin B6 saja. sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnose yang tepat.

baca juga : cara menjaga kesehatan mental

  1. Kerusakan saraf

Bukan hanya iritasi pada saraf saja yang akan terjadi jika tubuh mengalami kelebihan vitamin B6 namun juga bisa menyebabkan hal yang lebih parah yaitu kerusakan saraf. Bukan hanya kesemutan dan lumpuh sementara saja yang akan dihadapi namun juga kelumpuhan permanen karena saraf tidak bisa bekerja dengan baik. tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia

Sangat penting bagi anda untuk mengonsumsi vitamin B6  dengan dosis yang tepat supaya tidak mengalami kelebihan atau kekurangan vitamin B6. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin B6 anda denga sumber alami dari makanan atau dari suplemen. Namun sangat disarakan untuk mengonsumsi dari makanan saja supaya lebih alami.

Demikian ulasan mengenai vitamin B6 yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

You may also like