Home FarmasiObat Kegunaan Obat Aerius Desloratadine bagi Alergi Kulit

Kegunaan Obat Aerius Desloratadine bagi Alergi Kulit

by Roro Dyiah

Aerius desloratadine merupakan jenis antihistamin yang biasa digunakan untuk meredakan dan menyembuhkan reaksi alergi, yaitu ketika zat anti radang dan anti gatal yang ada didalamnya mampu menhentikan dsan menggagalkan pergerakan zat asing penyebabb alergi agar reaksinya tidak lebih meluas kebagian tubuh lainnya.

Setiap individu memiliki alergi yang berbeda beda :

  1. Alergi karena makanaan yang mengandung logam misalnya Kepiting, Lobster, Kerang laut, tiram dan lain lain. (baca juga: obat alergi gatal)
  2. Alergi karena bulu hewan seperti kucing, anjing, burung, hamster dan lain lain
  3. Alergi karena polusi udara misalnya debu, asap dan lain lain. (baca juga: bahaya asap rokok hingga menyebabkan kematian)
  4. Alergi karena karena alkohol. (baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)
  5. Alergi karena gigitan serangga (baca juga: bahaya telinga kemasukan serangga)
  6. Alergi karena kosmetik
  7. Alergi karena bau bauan
  8. Alergi karena suplemen
  9. Alergi karena obta obotan tertentu
  10. Alergi karena terkena bahan kimia tertentu dan lain lain

Alergi yang disebabkan apapun akan menghasilkan dampak yang hampir sama yaitu gatal gatal. kondisi dapat segera diredakan dengan penggunaan tablet desloratadine sesuai anjuran dokter.

Jenis obat aerius desloratadine mempunyai dosis ideal yang telah direkomendasikan sebagai upaya penyembuhan alergi :

  • Dosis yang di sarankan: Aerius desloratadine  dosis 5 mg dapat dikonsumsi satu kali sehari sesudah makan atau bisa juga bersamaan ketika sedang makan. (baca juga: cara menghilangkan alergi)
  • Usia yang disarankan Dapat diberikan pada usia dewasa termasuk anak anak yang telah berusia lebih dari 12 tahun. karena pada usia tersebut lambung anak anak telah mampu menerima reaksi kersa dari obat tersebut. (baca juga: cara mengatasi alergi pada anak)
  • indikasinya adalah menghilangkan gejala pada hidung yang bukan diakibatkan dari rinitis alergi karena musiman dan dapat bertindak sebagai simtomayik yaitu hanya untuk menghilangkan gejalnya seperti gatl gatal  dan mengurangi jumlah hives yaitu jenis  alergi dengan rasa gatal dan disertain bintuk merah dan pembengkakan. (baca juga: cara mengatasi alergi dingin)
  • Efek samping : Mulut kering, hipersensitif, faringitis, disminore, somnolen, mialgia, dehidrasi ringan dan pada sebagian orang dapat menyebabkan kantuk. (baca juga: cara tes alergi)

Tidak selamanya obat aerius desloratadine baik bagi penderita alergi , khususnya pada ibu hamil dan menyusui yang sedang terserang alergi

  • Obat jenis Aerius desloratadine tidak cocok untuk ibu yang masih menyusui walaupun ibu sedang mengalami alergi yang parah sekalipun. karena zat yang ada pada obat tersebut bersifat keras dann tajam bagi kualitas ASI. ASI yang tercemar oleh desloratadine dapat menyebabkan produksi ASI menurun dan bisa membuat bayi keracunan dan gejala diare.
  • Obat jenis Aerius desloratadine tidak cocok untuk ibu yang sedang hamil walaupun dalam keadaan sedang terserang alergi. zat yang ada pada obat tersebut dapat membuat iritasi dan merusak organ janin , plasenta bayi dan menimbulkan kecacatan pada bayi.

Kondisi Tubuh Ketika Terserang Alergi

Pada saat jaringan tubuh manusia mengalami ketidakseimbangan karena terserang alergi misalnya disebabkan karena makanan maka tubuh dengan sendirinya akan mengeluarkan zat histamin. Untuk mengontrol pengeluaran histamin agar tidak berlebihan maka seseorang membutuhkan obat yang mampu menekannya yaitu mengkonsumsi desloratadine dengan dosis 5 mg.

Ketika terserang alergi, maka tubuh akan melepaskan zat histamin secara alami. Apakah histamin itu? apa manfaatnya bagi tubuh?

  • Histamin adalah sebuah bahan kimia yang hasilkan yang normal tersimpan dalam tubuh , histamin adalah bagian dari bentuk sebuah respon alamiah dari kekebalan tubuh manusia  yang dilepaskannya selama tubuh masih terserang alergi. (baca juga: makanan yang dapat menyebabkan ambeien)
  • Histamin adalah sebuah molekul protein yang berfungsi sebagai bagian yang sangat berperan terhadap respon kekebalan tubuh manusia terhadap alergi yang menyerang bagian tubuh agar tubuh dalam kondisi yang siap dan mampu melawan reaksi dari alergi. misalnya gatal gatal kemerahan atau bintil bintil yang sangat gatal. (baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)
  • Histamin memiliki kemampuan yang dasyat dalam membantu tubuh mengatasi iritasi, pembengkakan dan peradangan yang disebabkan kartena alergi. (baca juga: obat gatal)
  • Histamin adalah zat unik yang dapat membawa pesan agar tubuh memberi respon cepat pada saat tubuh terserang alergi misalnya adanya peradangan dan pembengkakan. Pada dasarnya reaksi gatal, peradangan dan pembengkakan , tentang cepat sembuh atau tidak ditentukan oleh jumlah histamin yang telah dikeluarkan oleh tubuh, karena reaksi alergi pada tiap individu tidak sama.

Pada sebagian orang ada yang alergi terhadap obat kimia yang mengandung zat antiuhistamain. seseorang yang terserang alergi karena makanan tetapi juga mempunyai alergi terhadap obat kimia yang mengandung antihistamin maka solusi terbaiknya adalah :

  • Mengkonsumsi jamu-jamuan alami yang dibuat secara manual yang mempunyai rasa pahit seperti jamu brotiowali. brotowali mempunyai zat anti alergi. menyembuhkan gatal gatal dan reaksi peradangan.
  • Bisa mandi dengan sabun belerang atau berendam pada air belerang. karena sulfur  atau belerang dapat menyembuhkan gatal gatal dan menghilangkan peradangan akibat alergi itu sendiri. (baca juga: cara mengatasi keputihan)
  • Bisa mandi rebusan air sirih biasa atrau sirih merah yang dicampurkan dengan sereh dalam kondisi airnya yang masih hangat dapat menyembuhkan alergi gatal gatal akibat alergi.

Sebelum mempunyai keputusan sendiri untuk mengkonsumsi obat jenis Aerius desloratadine untuk pengobatan alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau bidan yang terkait, agar diketahui anda memiliki alergi atau tidak terhadap obat tersebut. Karena jika memiliki alergi maka alergi yang sudah muncul akan semakin memburuk dan tubuh mengalami rasa gatal gatal yang membuat tubuh semakin tidak nyaman dan menyebabkann rasac gatal menjadi mudah menjadi peradangan dan pembengkakan.

You may also like