Clobetasol + Neomycin + Nystatin – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Kontraindikasi – Efek Samping

Obat Apa? 

Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam kelompok antikolinergik dan antihistamin. Antikolinergik merupakan senyawa yang bekerja menghalangi neurotrasmitter asetilkolin. Neurotransmitter asetilkolin sendiri merupakan sejenis zat kimia yang memiliki struktur kolin dan asam asetat yang mana berperan mengirimkan sinyal antar sel syaraf. Sedangkan antihistamin adalah adalah kelompok obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan alergi dan juga rhinitis alergi. Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin tergolong antihistamin penenang dan juga termasuk ke dalam golongan obat-obatan antiprutik (obat-obatan anti gatal-gatal). Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini bisa dikatakan sebagai antihistamin penenang dikarenakan sifat antikolinergik yang terkandung dalam obat ini, yang mana mempengaruhi sistem syaraf. Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini tergolong memiliki efek samping yang sedikit bila dibandingkan dengan jenis obat-obatan antihistamin lainnya.

Cara kerja dari obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini adalah dengan mengikat reseptor histamin H1, yang mana mencegah pengaruh histamin. Dengan terhambatnya kerja histamin maka gejala – gejala buruk yang diakibatkan kerja histamin dapat diatasi. Histamin sendiri merupakan senyawa kimia organik yang mengandung nitrogen yang terlibat dalam proses reaksi sistem imun dalam tubuh. Alergi dapat disebabkan oleh reaksi berlebihan yang dihasilkan oleh sistem imun sebagai respon terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh atau perubahan beberapa faktor lingkungan seperti suhu. Histamin lebih tepatnya terlibat dalam reaksi yang berkaitan dengan rasa gatal-gatal dan peradangan. Oleh karena itu, obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini dapat digunakan dalam menangani reaksi alergi. Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Berikut dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi, dosis, kontraindikasi dan efek samping dari obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini.

Fungsi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin digunakan dalam penanganan reaksi alergi, kulit kemerahan dan penyakit kulit eksim. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi obat tersebut.

  • Pengobatan rhinitis alergi

Rhinitis alergi merupakan jenis gangguan kesehatan yang terkait dengan peradangan pada hidung. Peradangan tersebut terjadi karena reaksi berlebihan sistem imun terhadap benda asing atau alergen yang terdapat di udara. Alergen penyebab rhinitis alergi adalah serbuk sari yang beterbangan di udara. Gejala – gejala dari gangguan kesehatan ini berupa hidung tersumbat, bersin-bersin, gatal-gatal dan beringus. Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dapat digunakan untuk mengatasi gejala – gejala yang ditimbulkan oleh rhinitis alergi, dikarenakan obat ini dapat mencegah kinerja dari histamin yang bertanggungjawab dalam proses reaksi imun berlebihan tersebut.

  • Pengobatan urtikaria

Urtikaria merupakan jenis gangguan kesehatan yang berupa ruam kulit dengan kondisi benjolan yang terasa gatal dan berwarna kemerahan. Selain itu, benjolan tersebut juga dapat terasa terbakar dan pedih. Penyebab dari gangguan kesehatan ini biasanya berupa reaksi alergi dan infeksi. Beberapa pemicu reaksi alergi yang dapat menyebabkan urtikaria antara lain adalah penggunaan obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu (kacang dan kerang) dan gigitan serangga.

Sedangkan untuk infeksi, beberapa infeksi parasit seperti strongyloidiasis dan blastocystosis dapat memicu terjadinya urtikaria. Penyakit ini dapat diatasi dengan penggunaan obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin, seperti yang diketahui obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dapat menghambat kinerja histamin yang bertanggungjawab dalam terjadinya reaksi alergi tersebut.

  • Pengobatan angioedema

Angioedema merupakan jenis gangguan kesehatan berupa terjadinya pembengkakan pada kulit, lebih tepatnya pada lapisan kulit bawah dan juga pada jaringan pada membran mukosa dan di bawah kulit. Gangguan kesehatan ini dapat terjadi pada bagian tubuh seperti kaki, tangan, perut, laring, lidah dan wajah. Penyakit ini sering dikaitkan dengan penyakit urtikaria, yang mana urtikaria terjadi pada lapisan kulit atas. Penyakit ini terkait dengan mekanisme kerja bradikinin atau histamin, yang mana kedua senyawa tersebut berkaitan dengan terjadinya peradangan.

Sehingga bisa dikatakan penyebab dari angioedema adalah sesuatu hal atau kondisi yang menyebabkan bradikinin atau histamin menjadi aktif, salah satunya adalah alergi. Gejala – gejala dari gangguan kesehatan ini antara lain adalah pembengkakan pada beberapa bagian tubuh dalam kurun waktu menit hingga berjam-jam, untuk kasus yang parah bisa terjadi kesulitan bernapas. Obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dapat digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan angioedema ini, dimana aktivitas histamin dapat dihalangi, sehingga peradangan bisa diatasi.

Dosis

Pemakaian obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin hendaknya berdasarkan resep dokter maupun konsultasi dengan tenaga medis profesional terkait lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat menggunakan obat tersebut dengan resep yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari beberapa efek samping dan juga dapat memperoleh hasil yang efektif dari penggunaan obat tersebut. Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai dosis pemakaian obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin untuk pengetahuan Anda. Dosis yang dilampirkan disini dikutip dari www.medscape.com.

  • Dewasa:
  1. Untuk penderita rhinitis alergi, dosis oral (melalui mulut/ditelan) sebanyak 1,34 mg setiap 12 jam. Untuk obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dalam bentuk sirup, dosis yang diberikan tidak boleh melebihi 8,04 mg per hari. Sedangkan untuk obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dalam bentuk tablet, dosis yang diberikan tidak boleh melebihi 2,68 mg per hari.
  2. Untuk penderita urtikaria, dosis oral yang diberikan sebanyak 2,68 mg setiap 24 jam hingga setiap 8 jam. Dosis yang diberikan tidak boleh melebihi 8,04 mg per hari.
  3. Untuk penderita angioedema, dosis oral yang diberikan sebanyak 2,68 mg setiap 24 jam hingga setiap 8 jam. Dosis yang diberikan tidak boleh melebihi 8,04 mg per hari.

Obat ini memiliki beberapa indikasi dan kegunaan selain yang disebutkan di atas seperti digunakan untuk pengobatan alergi konjungtivitis, pruritus, reaksi anafilaksis, mengatasi gejala pilek, rhinitis vasomotor dan reaksi alergi musiman atau tahunan.

  • Anak-anak:
  1. Untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun penderita rhinitis alergi, dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar yang diberikan sebanyak 0,05 mg/kg berat badan per hari atau bila menggunakan Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate (obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dengan campuran senyawa kimia asam fumarat) dosis yang diberikan sebanyak 0,335-0,67 mg per hari dibagi setiap 8 hingga 12 jam. Dosis tidak boleh melebihi 1 mg untuk obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar dan 1,34 g untuk obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate.
  2. Untuk anak-anak usia 6 hingga 12 tahun penderita rhinitis alergi, dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatindasar yang diberikan sebanyak 0,5-1 mg atau dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate sebanyak 0,67-1,34 mg setiap 12 jam. Dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar tidak boleh melebihi 3 mg per hari dan dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate tidak boleh melebihi 4,02 mg per hari.
  3. Untuk anak-anak usia di atas 12 tahun penderita rhinitis alergi dosis yang diberikan sama seperti dosis orang dewasa.
  4. Untuk anak-anak usia lebih dari 6 tahun penderita urtikaria, dosis obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar yang diberikan sebanyak 0,05 mg/kg berat badan per hari atau dengan dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate sebanyak 0.335-0.67 mg per hari dibagi setiap 8 hingga 12 jam. Dosis obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar tidak boleh melebihi 1 mg dan untuk obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate tidak boleh melebihi 1,34 mg.
  5. Untuk anak-anak usia 6 hingga 12 tahun penderita urtikaria, dosis obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar yang diberikan sebanyak 0,5-1 mg atau dengan Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate sebanyak 0,67-1,34 mg setiap 12 jam. Dosis Clobetasol + Neomycin + Nystatin dasar yang diberikan tidak boleh melebihi 3 mg per hari dan untuk Clobetasol + Neomycin + Nystatin fumarate tidak boleh melebihi 4,02 mg per hari.
  6. Untuk anak-anak usia di atas 12 tahun penderita urtikaria, dosis yang diberikan sama seperti dosis orang dewasa.
  • Lansia:
  1. Untuk penderita rhinitis alergi, dosis oral yang diberikan sebanyak 1,34 mg setiap 12 jam, Dosis tidak boleh melebihi 2,68 per hari untuk tablet dan 8,04 mg per hari untuk sirup.
  2. Untuk penderita urtikaria, dosis oral yang diberikan sebanyak 2,68 setiap 24 jam hingga setiap 8 jam. Dosis yang diberikan tidak boleh melebihi 8,04 mg per hari.
  3. Untuk penderita angioedema, dosis oral yang diberikan sebanyak 2,68 setiap 24 jam hingga setiap 8 jam. Dosis tidak boleh melebihi 8,04 mg per hari.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai pemakaian obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin untuk lansia adalah sebagai berikut:

  1. Pemakaian obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin dapat mempertajam kondisi hiperplasia prostat jinak dan saluran kemih bagian bawah.
  2. Pemakaian obat ini semakin tidak dibolehkan untuk usia yang lebih lanjut, semakin lanjut usia semakin menambah risiko terjadinya pengaruh buruk dan keracunan yang disebabkan antikolinergik, konstipasi atau sembelit, mulut kering atau xerostomia dan kebingungan.
  3. Untuk lansia, dianjurkan menggunakan obat anti alergi non antihistamin dan antikolinergik untuk mengobati reaksi alergi.
  4. Untuk lansia usia di atas 60 tahun, gunakan dosis rendah.

Kontraindikasi

Beberapa kontraindikasi dari obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini antara lain:

  1. Alergi terhadap antihistamin
  2. Konstipasi idiopatik kronis
  3. Kantong kemih tidak boleh kosong
  4. Prostat yang membesar
  5. Penyumbatan kandung kemih
  6. Radang lambung stenosing
  7. Tekanan darah tinggi
  8. Glaukoma sudut tertutup
  9. Meningkatnya tekanan pada mata
  10. Kelenjar gondok yang terlalu aktif

Efek Samping

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat pemakaian obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini adalah:

  1. Mulut atau tenggorokan atau hidung kering
  2. Kekakuan
  3. Penglihatan kabur
  4. Sakit perut
  5. Sembelit
  6. Sakit kepala
  7. Pusing
  8. Kantuk

Demikianlah penjelasan mengenai obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin lengkap dengan fungsi, dosis, kontraindikasi dan efek sampingnya. Semoga penjelasan mengenai obat Clobetasol + Neomycin + Nystatin ini berguna dan menambah pengetahuan Anda.

, , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat C