13 Penyebab Mata Berair Dan Perih

Jika mata tiba-tiba mata berair dan disertai dengan rasa perih perlu Anda waspadai sebagai sebuah gejala yang serius. Sebab gejala ini bisa menjadi awal kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan di bagian indra penglihatan Anda. Gejala ini yang juga dapat mengganggu sistem kerja mata dan tentu juga akan merugikan Anda. Terlebih mata merupakan salah satu indra yang begitu berharga di dalam tubuh. Tanpa kondisi mata yang baik maka semuanya akan terasa tidak nyaman. Sebaiknya Anda memperlajari penyebab-penyebab mata berair dan perih. Untuk itu artikel ini akan membahas beberapa penyebab mata berair dan perih.

  1. Faktor Cuaca

Penyebab pertama yang bisa membuat mata menjadi berair dan perih adalah faktor cuaca. Cuaca akan sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. Terlebih ketika cuaca kemarau, di mana debu beterbangan di mana-mana. Maka hal ini yang dapat mengganggu kinerja mata. Debu bisa dengan mudah masuk ke dalam mata,  menempel di kelopak mata dan mengalami gesekan. Sehingga membuat mata iritasi dan akan terjadi mata perih dan berair.

  1. Mata Lelah

Penyebab kedua yang membuat mata perih dan berair adalah karena kelelahan. Kelelahan ini bisa disebabkan mata sering memandang layar gadget atau laptop dengan intensitas yang lama. Cahaya yang keluar dari layar membuat mata menjadi kelelahan dan mengakibatkan mata perih dan berair. Gejala mata lelah ini penting jadi perhatian akan munculnya gejala penyakit lain di dalam tubuh.

  1. Tersumbatnya Saluran Air Mata

Tersumbatnya saluran air mata juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa perih di dalam mata. Hal ini mengakibatkan mata tidak bisa bekerja secara maksimal.

  1. Ada Benda Asing atau Kimia di Dalam Mata

Masuknya benda asing atau benda yang mengandung kimia di dalam mata juga bisa menjadi penyebab mata perih dan berair. Sebab ketika mata kemasukan benda maka akan menimbulkan gesekan pada kelopak mata yang kemudian mengakibatkan mata iritasi, selain itu kandungan kimia ketika masuk ke dalam kelopak mata akan menimbulkan efek perih dan mata menjadi berair.

  1. Alergi

Alergi juga perlu dipahami menjadi salah satu penyebab kenapa mata perih dan berair. Sebab virus yang ditimbulkan dari alergi ini akan mengganggu sistem kerja saraf penglihatan. Sehingga mata akan terganggu, efek perih dan berair merupakan respon akan hal tersebut,

  1. Flu

Selanjutnya adalah flu, yang juga diyakini bisa menjadi penyebab kenapa mata perih dan berair. Sebab flu merupakan gejala yang mengganggu sistem saraf dalam tubuh. Dan dampaknya bisa mengarah ke arah mata, sehingga mata bisa terasa perih dan berair. Antuk itu penting mencari tau cara menghilangkan flu agar gejala ini bisa cepat diatasi.

  1. Radang Kelopak Mata

Penyebab selanjutnya yang membuat mata berair dan perih adalah adanya peradangan pada kelopak mata. Munculnya rasa berair dan perih merupakan salah satu respon atas peradangan tersebut. Sebab mata mengalami dis fungsi, sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Gejala demikian dikhawatirkan akan berakibat kelainan pada retina mata.


  1. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid juga menjadi salah satu penyebab kenapa mata berair dan perih.  Tiroit merupakan sistem metabolisme di dalam tubuh sehingga memiliki peran penting bagi tubuh. Salah satunya terhadap sistem kerja mata. Ketika tiroit mengalami gangguan maka dampaknya bisa ke beberapa bagian tubuh, salah satunya mata perih dan disertai dengan keluar air dari dalam mata.

  1. Tumor

Penyebab yang menakutkan dari adanya mata berair dan perih adalah munculnya tumor di dalam tubuh. Penyebab ini yang perlu diwaspadai sebab tumor bisa menjadi salah satu penyakit yang berbahaya di dalam tubuh. Jika gejala ini berlangsung lama maka penting segera melakukan konsultasi kepada dokter, sehingga akan lebih jelas penyebab dan cara mengatasinya. Sebab tumor bisa menjadi salah satu hal penyakit berbahasa dan salah satu jenis kelainan refraksi pada mata.

  1. Terapi Radiasi

Terapi radiasi juga bisa membuat mata menjadi berair dan perih. Sebab terapi yang satu ini kemungkinan dapat merusak bagian mata. Sehingga mata akan mengalami gangguan dalam menjalankan tugasnya menangkap cahaya-cahaya yang ada.

  1. Infeksi Salah Satu Bagian Mata

Infeksi bisa menjadi penyebab kuat kenapa mata terasa berair dan perih. Sebab infeksi bisa membuat mengganggu bagian mata, sehingga mata tidak bisa secara maksimal.

  1. Pengaruh Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan bisa menjadi indikasi kuat penyebab mata berair dan perih. Sebab kandungan yang ada di dalam obat bisa merusak beberapa saraf yang ada di bagian mata. Sehingga mata terganggu dalam bekerja. Obat ini misal, seperti obat tetes mata Terlalu sering orang menggunakan obat tetes mata maka kekhawatiran terjadinya iritasi mudah terjangkit. Sebab obat tersebut memiliki kandungan kimia yang terlalu tinggi. Sehingga tidak baik terhadap kelangsungan kesehatan mata. Tidak saja obat, makanan juga bisa menjadi bagian yang penting untuk dipelajari, beberapa diantaranya 21 bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan. Makanan cepat saji diyakini mengandung zat-zat yang tidak cocok bagi kesehatan tubuh.

  1. Bulu Mata Tumbuh ke Dalam

Penyebab terakhir yang membuat mata terasa berair dan perih adalah adanya bulu mata yang tumbuh ke dalam. Sehingga bulu mata tersebut mengalami gesekan dengan kelopak mata jadi akan menimbulkan iritasi. Selanjutnya mata akan terasa perih dan berair.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri