13 Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Kulit Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi alergi dingin pada kulit mulai dari bayi hingga orang tua sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan secara alami. Setiap manusia memiliki ketidak mampuan untuk menghadapi sesuatu. Mulai dari keadaan lingkungan sekitarnya, secara sosial maupun secara fisikal. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh beberapa individu manusia terhadap keadaan lingkungannya adalah masalah dengan suhu di lingkungannya. Dalam hal ini, masalah dengan dingin atau yang biasa disebut dengan alergi dingin atau dalam istilah medis disebut juga dengan urtikaria dingin.

Apa itu Urtikaria Dingin?

Urtikaria dingin atau alergi dingin adalah jenis dari banyak alergi yang dialami oleh tubuh manusia. Alergi dingin adalah kondisi dimana kulit bereaksi terhadap kondisi dingin di sekitarnya dan menyebabkan kulit muncul bilur yang terasa gatal dan kemerahan. Alergi dingin terjadi lantaran pelepasan zat histamin pada tubuh yang kemudian menyebabkan tubuh bereaksi dengan munculnya bintik merah yang bila semakin digaruk akan menyebabkan bintik merah itu semakin lama akan semakin menyebar.

Penyebab Alergi Dingin

Urtikaria dingin ini biasanya menyerang individu yang memiliki kulit yang sensitive terutama terhadap perubahan suhu di sekitarnya. Ada beberapa penyebab munculnya alergi dingin tersebut. berikut adalah beberapa penyebab munculnya alergi dingin tersebut:

  1. Musim Hujan. Keadaan ketika sedang terjadi hujan memungkinkan orang yang memiliki kulit yang sensitive dan memiliki penyakit alergi dingin akan membuat penyakitnya kambuh. Hal ini terjadi karena pada musim hujan pertumbuhan tungau dan debu di rumah semakin meningkat. Selain itu, pertumbuhan jamur karena suhu yang dingin dan lembab juga semakin meningkat. Hal itulah yang kemudian membuat bakteri menyerang kulit dan mengakibatkan alergi dingin pada tiap kulit yang diserangnya.
  2. Kelembapan udara. Keadaan udara di sekitar kita yang mendadak lembab juga menyebabkan beberapa bakteri dan virus tumbuh lebih cepat. Selain itu, keadaan udara yang lembab itu membuat suhu menjadi dingin. Hal itulah yang juga bisa membuat alergi dingin pada kulit ini muncul.
  3. Daya tahan tubuh. Selain keadaan suhu di luar tubuh individu tersebut, daya tahan tubuh yang dipunya oleh individu itu juga berpengaruh terhadap munculnya penyakit ini. Gatal dan bengkak yang terjadi pada alergi dingin ini muncul karena tubuh mengeluarkan zat pelindung tubuh yang bernama histamine secara berlebihan. Hal ini terjadi supaya tubuh tidak mengalami kedinginan yang teramat sangat.
  4. Konsumsi makanan atau minuman. Penyakit ini juga muncul bukan hanya karena suhu yang ada di sekitar tapi juga makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh individu tersebut. Hal ini jika terjadi malah lebih berbahaya. Pasalnya, ketika tubuh mengalami produksi histamin yang berlebihan, maka akan membuat tenggorokan dan juga lidah semakin membengkak. Hal ini bisa menyebabkan sulit bernafas dan membahayakan individu.

Setelah di atas tadi saya utarakan beberapa penyebab dari munculnya penyakit alergi dingin atau Urtikaria Dingin, kali ini saya akan memberitahukan beberapa cara untuk mengatasi alergi dingin yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang anda. Meskipun pada dasarnya belum ada obat untuk penyakit alergi dingin ini, akan tetapi ada beberapa cara untuk menanggulanginya ketika anda terserang alergi terhadap suhu yang dingin. Memang dalam setiap penyakit, penanganan yang tepat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi alergi dingin;


1. Mengkonsumsi obat

Hal pertama yang mungkin dilakukan untuk menanggulangi alergi dingin adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Dalam hal ini, obat yang semestinya dikonsumsi adalah antihistamin. Obat ini berguna untuk mengontrol kadar pelepasan zat histamin yang menyebabkan tubuh bereaksi seperti bentol dan merah. Antihistamin memang sebaiknya segera dikonsumsi ketika sudah terasa bahwa anda akan mengalami alergi dingin ini. Selain obat antihistamin, anda bisa mengkonsumsi obat-obatan lain seperti omalizulab, doxepin, dan beberapa obat anti alergi yang lain. Selain itu, ada obat bernama steroid. Obat ini bisa menurunkan reaksi imunitas tubuh sehingga hal tersebut dapat menekan gejala alergi yang anda hadapi.

2. Konsultasikan ke Dokter

Penyakit apapun, jika anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya dengan benar, maka anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ketika nanti anda berkonsultasi ke dokter, sedikit banyak anda akan tahu bagaimana caranya mengatasi penyakit tersebut sehingga tidak akan membahayakan anda atau keluarga anda yang terkena sedang menderita penyakit tersebut.

3. Menghindari konsumsi makanan dan minuman dingin

Seperti yang sudah saya ungkapkan di atas bahwa salah satu penyebab utama dari munculnya alergi dingin ini adalah konsumsi terhadap makanan dan minuman dingin. Maka, cara yang paling efektif untuk menghindari alergi dingin ini muncul adalah dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman diri. Setiap orang yang terkena penyakit harus paham mata rantai kemunculan penyakit tersebut. sehingga, ketika ia hendak menyembuhkan sakitnya, individu tersebut tidak akan kesulitan menanggulanginya. Selain itu, mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?

4. Melindungi kulit dari suhu yang drastis

Cara mengatasi alergi dingin secara alami dapat menghindari suhu dingin drastis. Tubuh secara otomatis akan merespon keadaan suhu yang ada di luar dirinya. Ketika mendadak suhu di luar tubuh berubah menjadi seketika dingin, maka anda harus segera menanggulanginya dengan cara menjaga agar suhu tubuh anda tetap hangat. Hal ini bisa menghindarkan anda dari kambuhnya alergi dingin.

5. Membawa suntikan adrenalin

Reaksi yang dikenal dengan anafilaksis terjadi ketika anda terserang alergi dingin. Untuk mencegah reaksi ini, anda bisa melakukannya dengan menyuntikkan suntikan adrenalin untuk menjaga diri anda dari reaksi anafilaksis ini. Reaksi ini bisa muncul sewaktu-waktu ketika suhu di luar tubuh anda mendadak menjadi dingin. Maka dari itu anda harus selalu membawa suntikan adrenalin untuk mencegah terjadinya anafilaksis tersebut.

6. Menghirup uap panas

Cara paling sederhana untuk mengobati alergi dingin adalah dengan menghirup uap panas. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan kembali suhu tubuh anda sehingga anda tidak akan terserang alergi dingin.

7. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Salah satu penyebab alergi adalah akibat kekurangan vitamin D. Secara normal, tubuh anda membutuhkan sekitar 200 IU vitamin D. Maka dari itu, menjaga kadar vitamin D dalam tubuh adalah salah satu cara mencegah terjadinya alergi dingin. Vitamin D dapat anda dapatkan dari beberapa makanan yang bisa anda dapatkan di pasar. Anda harus memperbanyak memakan buah yang mengandung vitamin D dan tentunya tetap menjaga daya tahan tubuh anda sebaik mungkin.

8. Menggunakan bedak atau Lotion.

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi obat yang ditelan membuat mereka takut. Jika anda adalah salah satunya, maka anda bisa menggunakan obat lain yang berbentuk bedak tabur atau lotion. Anda bisa mengoleskannya pada kulit anda yang mulai menunjukkan gejala terkena alergi dingin. Anda harus menggunakan bedak atau lotion yang mengandung salicy, atau atihistamin. Itu akan membantu anda untuk meredakan alergi dingin yang anda rasakan.

9. Merendam kaki dengan air hangat

Cara mengatasi alergi dingin pada bayi juga dapat dilakukan dengan air hangat. Ketika anda merasa kedinginan dan merasa akan terserang alergi dingin, maka anda bisa mengontrol dan menstabilkan suhu tubuh anda dengan cara merendam kaki anda di dalam air hangat. Hal ini bisa membuat suhu tubuh anda kembali ke suhu normal. Selain itu, juga bisa membuat tubuh anda menjadi lebih hangat.

10. Minum air kelapa muda

Sudah menjadi pengetahuan bagi setiap orang bahwa air kelapa muda memiliki sifat pembersih racun dalam tubuh. Ketika anda terserang alergi dingin, meminum air kelapa muda dapat membantu anda untuk kembali pada keadaan sehat karena air kelapa muda bisa membersihkan racun dalam tubuh anda.

11. Berjemur

Setiap manusia, membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup. Hal ini agar suhu tubuh anda tetap terjaga dengan baik dan proses dalam tubuh tetap berjalan normal. Berjemur secara berkala bisa membuat anda hangat anda lebih kuat

Baca : cara tes alergi – cara mencegah alergi dingin

Demikian tadi adalah beberapa penjelasan mengenai alergi dingin dan cara mengatasinya. Menjaga tubuh untuk tetap hangat dan sehat adalah kewajiban bagi tiap individu. Siapa yang mau sakit? Tidak ada kan?

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Alergi