10 Fungsi Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi sangat dipengaruhi oleh tercukupinya kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sendiri banyak ditemukan di beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, minyak ikan, brokoli, tomat, hingga biji bunga matahari. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi. Tidak heran jika banyak praktisi kesehatan yang sangat menyarankan untuk rajin berjemur di pagi hari. Bahkan, sejak usia bayi kegiatan ini sebaiknya mulai rutin dilakukan.

Selain vitamin D, ada juga satu jenis vitamin yaitu vitamin D3. Mungkin kedua vitamin ini terlihat berbeda, akan tetapi apakah keduanya memang berbeda? Vitamin D3 sebenarnya adalah bentuk alami dari vitamin D. Vitamin D3 ini merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Ada banyak manfaat atau fungsi dari vitamin D3. Berikut adalah beberapa fungsi vitamin D3 bagi kesehatan tubuh:

1. Memperkuat Otot

Pertumbuhan dan kekuatan otot dipengaruhi pula asupan vitamin D3 dalam tubuh. Beberapa penelitian tentang efek vitamin D3 dalam kekuatan otot menunjukkan bahwa orang yang tercukupi asupan vitamin D3 memiliki kekuatan tubuh yang lebih besar. Bagi para atletik, asupan vitamin D3 sangat diperlukan. Hal ini berkaitan dengan aktivitas mereka yang selalu menggunakan kekuatan otot. Selain itu, asupan vitamin D3 ini juga akan menurunkan risiko terjadinya kecelakaan jatuh atau kelemahan pada setiap individu, terutama orang tua.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Fungsi vitamin D3 selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker jenis tertentu. Beberapa jenis kanker yang dipercaya dapat terhindarkan dengan pemenuhan kebutuhan vitamin D3 ini antara lain kanker kandung kemih dan kanker kolorektal. Perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh dapat diperlambat dengan kinerja dari vitamin D3 ini. Akan tetapi penggunaan suplemen vitamin D3 bagi mereka yang sudah positif terkena kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Itulah mengapa kesehatan jantung menjadi salah satu yang paling utama. Banyak orang, bahkan usia muda, kini sudah terkena penyakit jantung. Banyak dari mereka tiba-tiba mengalami serangan jantung mendadak. Pola hidup yang salah atau makanan yang kurang terjaga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit jantung ini. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin D3. Orang dengan asupan vitamin D3 yang terjaga akan mempunyai risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka kekurangan vitamin D3.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Fungsi vitamin D3 yang utama ini menjadi sebagian besar orang rajin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 dalam tubuh, yaitu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Orang dengan kecukupan vitamin D3 akan menurunkan risiko terjadinya cedera yang berhubungan dengan tulang,  misalnya saja patah tulang ataupun kerapuhan tulang. Kadar vitamin D3 dalam tubuh akan membantu proses penyerapan mineral untuk kesehatan tulang.

5. Menurunkan Gejala Gangguan Mental

Anda mungkin pernah mendengar asupan vitamin B kompleks sangat berpengaruh terhadap pengendalian atau penurunan risiko gangguan mental pada seseorang. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa vitamin D3 juga mempunyai khasiat yang sama pula. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan vitamin D3 akan berisiko terkena depresi hingga 131 %.


6. Asupan Nutrisi bagi Otak

Fungsi vitamin D3 lainnya adalah sebagai tambahan nutrisi  untuk perkembangan otak. Kesehatan sistem saraf manusia akan terjaga seiring dengan kecukupan asupan vitamin D3 dalam tubuh. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan vitamin D3 ini ada kaitannya dengan munculnya gejala Alzheimer. Sebagian besar penderita Alzheimer diketahui memiliki kadar vitamin D3 yang rendah dalam tubuh mereka. Walaupun begitu, hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut lagi.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bukan hanya fungsi vitamin C saja yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, akan tetapi vitamin D3 juga dipercaya sebagai salah satu vitamin yang bertugas menjaga kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem kekebalan tubuh seseorang sudah baik, maka ia tidak akan mudah terpapar berbagai macam penyakit. Bahkan, ia akan terhindar dari berbagai gangguan autoimun. Gangguan autoimun sendiri merupakan sebuah kelainan dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang bagian tubuh yang sehat. Itulah mengapa asupan vitamin D3 sangat penting bagi kesehatan tubuh setiap orang.

8. Bagi Ibu Hamil

Vitamin D3 akan menjaga dan mempersiapkan kesehatan dan kekuatan tulang janin. Bagi para ibu hamil, konsumsi suplemen vitamin D3 diperlukan untuk mempersiapkan bayi terlahir dengan kondisi tulang yang sehat. Selain itu, asupan vitamin D3 ini akan meningkatkan panjang dan berat bayi ketika lahir.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Ketika tubuh tidak bisa memproses karbohidrat dengan benar, maka risiko penyakit diabetes akan semakin besar. Ada dua macam penyakit diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penyebab kedua macam diabetes ini berbeda. Jika diabetes tipe 1 merupakan salah satu penyakit autoimun yang bisa muncul dari kecil, diabetes tipe 2 biasanya disebabkan oleh pola hidup dan makanan yang salah. Kedua macam penyakit diabetes ini dapat diturunkan risikonya dengan asupan vitamin D3 yang mencukupi dalam tubuh. Kadar gula darah dalam tubuh dapat dikendalikan dengan baik melalui vitamin D3 ini.

10. Fungsi Vitamin D3 lainnya

Vitamin D3 juga mempunyai beberapa fungsi lain terkait kesehatan tubuh, antara lain dapat menurunkan terjadinya serangan asma (terutama pada usia anak-anak), melindungi tubuh dari munculnya gejala Parkinson, mempercepat proses pemulihan pasca operasi. Mengingat berbagai fungsi vitamin D3 itulah maka sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhannya di dalam tubuh. Cara yang paling mudah adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Vitamin
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri