18 Kandungan Vitamin B6 Pada Makanan Sehat

3374

Makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia sangat beragam. Buah, nasi, sayur mayur, lauk pauk, susu, air  putih, kacang, dan lain sebagainya. Makanan ini bukan sekedar makanan biasa yang masuk ke dalam perut, kemudian keluar lewat anus dengan bentuk tinja atau kotoran. Namun makanan ini berguna dan penting untuk kebutuhan tubuh anda. Sudah suatu hal mutlak mencukupi kebutuhan makanan setiap harinya. Makanan yang harus masuk ke dalam tubuh manusia adalah yang 4 sehat dan 5 sempurna. Mengapa? Para pakar umumnya sudah memperkirakan, bahwa manusia cenderung lebih menyukai makanan yang sifatnya enak, mengundang selera dan menarik juga untuk di lihat. Lidah mereka sudah berganti orientasi, menjadi lebih kaya dan universal. Mereka kini banyak yang suka dengan makanan yang enak saja tapi tidak kaya akan nutrisi.

Manusia saat ini lebih memilih makan yang cepat saji, selain cepat disajikan namun juga lezat, ditambah minuman soda pasti lebih menyegarkan. Makanan homemade pun menjadi makanan yang tidak enak di lidah mereka sebab rendah akan MSG dan garam. Memang dari segi harga, jelas makanan homemade atau buatan rumah tak akan pernah bisa menyaingi kemewahan dari junk food atau fast food. Namun dari kesehatan? makanan homemade memang juaranya. Nah berikut ini ada penjelasan sedikit tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia :

  • Nutrisi yang penting dan berguna untuk tubuh ada banyak. Masih di klasifikasikan mana yang termasuk makro nutrien, ada pula yang di namakan dengan mikro nutrien. Kedua nutrisi ini berguna untuk tubuh manusia.
  • Yang termasuk dalam mikro nutrien adalah kalsium, kalium, magnesium, fosfor, natrium, dan lain sebagainya. Sedangkan yang masuk dalam makro nutrien adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
  • Jika lebih di spesifikkan, ada banyak vitamin yang tersebar dalam dunia ini. Misalnya ada vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan lain sebagainya. Mengapa vitamin vitamin ini di beda bedakan? Tentu saja ini berkaitan dengan fungsi dan karakteristiknya.
  • Vitamin satu dengan yang lain akan bekerja sendiri sendiri, meskipun ada beberapa yang memiliki fungsi yang sama. Antara vitamin satu dengan yang lainnya, juga memiliki sasaran dan target yang berbeda pula. Misalkan vitamin A, lebih baik dan cenderung untuk menjaga dan perbaikan mata, sedangkan vitamin C berguna untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa Perlu Tubuh Membutuhkan Vitamin  B6

Vitamin B6 atau di kenal dengan nama pyriodoxine merupakan salah satu vitamin yang sangat berperan erat dalam proses proses bio kimiawi tubuh. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang vitamin B6 di dalam tubuh manusia :

  • Asupan vitamin B6 bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin B6 dimana fungsinya berguna untuk membantu dalam pembentukan eritrosit atau sel darah merah.
  • Eritrosit ini memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, yakni untuk membawa sekaligus mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh organ organ manusia. Jika sel eritrosit di dalam tubuh tercukupi maka anda bisa terhindar dari penyakit anemia begitupula dengan sebaliknya.
  • Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu dalam melancarkan sistem metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Selain itu juga membantu mengubah makanan yang masuk untuk di olah menjadi energi.
  • Meski dibutuhkan tubuh, namun bukan berarti anda harus mengkonsumsi vitamin B6 dengan jumlah berlebihan demi mendapatkan manfaat dari vitamin B6 tersebut.
  • Mengkonsumsi kandungan vitamin B6 pada makanan berlebihan justru tidak baik. Sebab mampu mengakibatkan terjadinya kerusakan pada bagian sistem saraf. Terlebih bagian syaraf bagian lengan dan kaki kita. Maka perlu proporsi yang seimbang dan disesuaikan dengan takaran kebutuhan tubuh saja.

Berapa Banyak Tubuh Membutuhkan Asupan Vitamin B6?

Seperti yang sudah di jelaskan di awal, bahwa tubuh ini membutuhkan vitamin B6 untuk membantu menjalankan fungsinya . Tapi harus di ingat, kadar yang di perlukan tidak boleh berlebihan, agar tidak mengalami gangguan kesehatan akibat kelebihan vitamin.

Lantas harus bagaimana?, bisa dikatakan manusia tetap perlu mengkonsumsi vitamin B6, dalam tanda kutip harus dalam takaran yang seimbang dan sesuai. Berdasarkan data dari RDA (Recommended Dietry Allowance), batas konsumsi vitamin B6 yang masuk ke dalam tubuh adalah sebanyak 400 mcg. Takaran tersebut di gunakan untuk laki laki maupun wanita. Takaran untuk wanita dan laki-laki sama.

Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung vitamin B6 yang tinggi :

  1. Bayam ( 0,44 mcg )

Salah satu makanan yang banyak di konsumsi dan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia adalah bayam. Tanaman ini juga banyak di temukan di berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa. Namun siapa sangka, makanan yang sederhana ini mengandung banyak vit B6?. Di dalam bayam ada vitamin B6 sebanyak 0,44 mcg dalam satu cangir atau ikat bayam. Bayangkan saja jika setiap kali makan, anda berhasil menghabiskan lebih dari itu berapa banyak vitamin B6 yang masuk ke dalam tubuh anda?.

Selain bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dalam tubuh, bayam juga memiliki manfaat lebih. Berikut ini manfaat bayam lainnya:

  • Berguna untuk membantu melawan sel kanker yang sekarang ini menjadi pembuluh ulung nomer satu di dunia.
  • Bayam juga berguna sebagai zat anti inflamasi atau anti pembengkakan. Selain itu, manfaatnya juga baik untuk menurangi resiko penyakit jantung  dan kardiovaskuler.
  • Warna bayam yang hijau berguna untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi  atau hipertensi.

Baca : Bahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Kuaci atau Biji Bunga Matahari ( 0,47 mcg)

Kuaci merupakan makanan yang digemari anak anak dan juga orang dewasa. Makanan ini cocok dijadikan sebagai cemilan saat sedang bermain main atau sedang bercengkerama dengan teman. Namun siapa sangka, makanan kecil ini memiliki khasiat yang luar biasa? Kuaci mengandung vit B6 sebanyak 0,47 mcg pada satu per empat cangkir.

Makanan ini menjadi semakin banyak di gemari mengingat manfaat yang banyak dibalik bentuk kecilnya. Kuaci dipercaya bisa digunakan sebagai pencegah serangan jantung  dan sebagai makanan untuk kesuburan. Di negara Jepang kuaci juga banyak digemari sebagai makanan ringan. Mulai saat ini anda bisa membiasakan diri untuk menjadikan camilan setiap harinya.

  1. Kentang Masak ( 0,54 mcg )

Memang di beberapa daerah atau wilayah tertentu, menjadikan kentang sebagai makanan pokok mereka. Kentang memang mantap di makan dengan cara di panggang, di goreng, atau pun di kukus. Bisa di bilang makanan ini serba guna. Bahkan serba lezat di masak dengan cara apapun. Namun siapa sangka, ternyata kentang memiliki kandungan vit B6?

Kandungan di dalam kentang yang dimasak cukup banyak yaitu 0,54 mcg. Bahan dan kandungan dalam kentang lainnya cukup banyak salah satunya mengandung karbohidrat tinggi. Maka banyak orang memakan kentang ini sebagai makanan pengganti nasi untuk diet sehat.

Baca juga : Bahaya kentang goreng 

  1. Sawi hijau ( 0,14 mcg )

Sayur mayur memang paling banyak mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk tubuh kita. Tidak terkecuali adalah sawi hijau. Dimana sawi hijau ini banyak di gunakan sebagai pelengkap makanan seperti bakso, mie dan lainnya. Kandungan vitamin B6 dalam sawi hijau lumayan banyak yaitu sekitar  0,14 mcg

Bukan hanya sekedar mengandung vit B6 saja, sawi ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Mencegah penyakit osteoporosis yang banyak mengenai orang lanjut usia di Indonesia.
  • Sawi hijau juga mengandung niasin yang baik untuk mengurangi resiko gangguan aterosklerosis.
  • Sawi hijau ternyata juga baik untuk penderita jantung, sebab manfaatnya baik untuk mencegah terjadinya seranga jantung.
  • Sawi juga berguna untuk membantu mengontrol kadar kolesterol tinggi yang ada pada tubuh anda. sehingga mampu menurunkan resiko penyakit degeneratif.
  1. Lobak ( 0,26 mcg )

Bentuknya yang memang mirip wortel, hanya saja memiliki karakteristik warna yang berbeda. Lobak, menjadi makanan yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam satu cangkir lobak masak saja, anda akan dapatkan sebanyak 0,26 mcg vitamin b6. Makanan ini juga mengandung berbagai kandungan nutrisi lain. Sehingga makanan ini juga banyak di manfaatkan sebagai makanan pengganti untuk orang-orang yang sedang berada dalam program diet.

Selain mengandung vtamin B6, lobak juga memiliki khasiat cukup banyak. Berikut ini manfaat lobak :

  • Lobak bisa anda jadikan sebagai makanan untuk diet  sebab bisa mengurangi lemak berlebih di dalam tubuh.
  • Memperbaiki proses pencernaan yang ada di dalam tubuh.
  • Membantu untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis serta  menjadi salah satu makanan pencegah kanker.
  1. Kembang kol ( 0,2 mcg)

Meski masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung gas tinggi. Kembang kol menjadi salah satu sayur mayur yang kaya akan vitamin B6. Bentuknya yang cantik, memang menggoda untuk di konsumsi. Tapi siapa sangka, kembang kol ternyata memiliki kandungan vit B6 cukup banyak, yakni sebesar 0,2 mcg.

Tak salah jika kembang kol menjadi salah satu makanan yang di anjurkan untuk ibu hamil. Banyaknya serat yang ada dalam kembang kol sangat baik untuk perkembangan janin. Bayi yang mendapat asupan makan gizi baik saat hamil, maka cenderung terhindar dari resiko kecacatan saat lahir.

  1. Brokoli ( 0,16 mcg )

Sayur brokoli terkenal dengan harga yang maha namun sepadan dengan manfaat yang akan didapatkan dari sayur tersebut. Dalam kemasan apa saja, brokoli sangat cantik dan menarik untuk di hidangkan. Selain itu, rasanya yang khas juga mengundang selera untuk memakannya lagi. Ternyata makanan ini mengandung vit B6 yang cukup banyak, yakni sebesar 0,16 mcg dalam asupan setiap satu cangkirnya.

Bagi anda yang sedang mengalami masalah perut, sangat cocok menjadikan brokoli sebagai obat sakit perut. Alasannya brokoli ini berguna untuk memelihara organ usus yang ada di bawah lambung. Brokoli juga berguna untuk mengatasi sembelit yang sering sekali terjadi pada anak. Manfaat lainnya adalah membantu untuk menurunkan kolestrol yang ada di dalam tubuh sehingga resiko terkena penyakit degeneratif bisa dikurangi.

  1. Paprika ( 0,27 mcg )

Makanan lainnya yang memiliki kandungan vit B6 adalah paprika. Dalam setiap takaran satu cangkir biasa, mengandung 0,27 mcg vit. Makanan ini menjadi salah satu sayur mayuran pelengkap. Memang belum terlalu sering di pakai dalam makanan sehari hari, namun sudah sering di gunakan oleh orang barat.

Paprika teridiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan hijau serta berwarna bentuknya mirip lonceng. Rasanya paprika ini pedas meski tidak sepedas capsicum cabai. Manfaat dari paprika ini adalah untuk membantu menormalkan tekanan darah, sehingga membantu sistem sirkulasi tubuh. Kandungan antioksidan yang baik sebagai zat anti kanker. Kandungan vitamin C nya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Baca : Bahaya makanan pedas 

  1. Asparagus ( 0,12 mcg)

Makanan ini biasa di aplikasikan dalam sebuah sup dengan sebutan sup asparagus. Rasanya yang nikmat, juga banyak di olah menjadi berbagai macam varian makanan. Misalnya adalah orak arik asparagus, sup asparagus, tumis asparagus ayam, serta makanan lezat lainnya. Bukan hanya enak, namun juga kaya manfaat. Dalam setiap satu cangkir asparagus, mengandung 0,12 mcg it B6 yang baik untuk tubuh. Manfaat asparagus lainnya adalah :

  • Bermanfaat sebagai anti penuaan. Tentu saja ini sangat di butuhkan oleh wanita dewasa agar tetap terlihat awet muda.
  • Berguna sebagai zat anti kanker, karena mengandung zat anti oksidan yang tinggi.
  • Asparagus berguna sebagai zat diuretik yang alami.
  1. Buah Pisang ( 0,43 mcg )

Khasiat buah pisang untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi oleh sebab itu pisang dijadikan sebagai salah satu buah buahan yang di gemari oleh manusia. Dengan tekstur yang halus dan lembut, serta rasanya yang khas. Pisang merupakan buah buahan yang bisa di nikmati oleh segala usia, termasuk bayi yang sistem pencernaan sedang berkembang dan orang lanjut usia yang sedang dalam perawatan sistem pencernaanya. Buah ini cukup banyak di temui oleh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Selain itu, pisang juga merupakan buah kaya akan vitamin. Salah satunya adalah kandungan vitamin B6 pada makanan yang penting untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Dalam satu buah pisang bisa anda temui sebanyak 0,43 mcg kandungan vit B6.

Baca : Efek terlalu banyak makan pisang 

  1. Buah Alpukat ( 0,38 mcg )

Pisang dan alpukat memiliki tekstur yang sama. Yakni sama sama lembek dan memiliki karakteristik yang khas. Alpukat menjadi salah satu ikon buah yang kaya akan lemak nabati. Lemak ini penting dan di butuhkan oleh tubuh. Dalam satu cangkir buah alpukat, anda sudah mendapatkan nutrisi 0,38 mcg.

Buah ini memiliki banyak manfaat, yaitu:

  • Untuk mengurangi resiko kanker prostat yang menyerang laki laki.
  • Digunakan sebagai makanan yang meminimalisir ancaman dari kanker mulut serta payudara.
  • Berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler.
  1. Buah Tomat ( 0,14 mcg )

Beberapa orang menganggap bahwa tomat merupakan salah satu jenis sayuran, karena penggunaannya sebagai salah satu pelengkap makanan yang pas. Namun beberapa oknum lain menyebut bahwa tomat merupakan salah satu jenis buah. Baik menjadi buah maupun sayur, tomat tetap bekerja sebagaimana mestinya. Hasil penelitian menyebutkan bahwa satu cangkir tomat mengandung 0,14 mcg vit b6.

Kandungan gizi tomat membuat tomat memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah manfaatnya:

  • Menjadi salah satu buah yang baik untuk membantu mengurangi resiko terkenanya kanker prostat.
  • Tomat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Kandungan lain dalam tomat antara lain adalah vit C yang baik untuk mempertahankan sistem imunnitas atau kekebalan tubuh. Sehingga anda tidak mudah sakit dan terhindar dari penyakit.
  1. Buah Melon

Banyak varian makanan dengan warna hijau yang melambangkan bahwa makanan tersebut mengandung perisa melon. Warna melon memang sangat khas dan menjadi salah satu karakteristik buah hijau. Tapi siapa sangka, melon memiliki kandungan vit b6? Buah ini juga mengandung vitamin C dan terkenal sebagai buah yang kaya air. Maka bagi anda yang tidak terlalu suka minum, bisa menggunakan melon sebagai solusinya. Melon baik untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

  1. Buah Semangka

Selain melon, masih ada buah yang mengandung air banyak. Berwarna merah, berbiji cokelat, dan berkulit hijau. Apa lagi jika bukan buah semangka? Kandungan nutrisi dan gizi dari buah semangka salah satunya mengandung vit B6 serta vit A yang baik untuk menjaga mata.

  1. Daging-dagingan

Baik daging ayam, sapi, maupun kambing, ke tiga jenis daging halal ini sama sama memiliki kandungan vitamin B6 yang di gunakan oleh tubuh. Maka jangan ragu ragu dan merasa salah atau merasa jahat karena makan daging yang umunya memiliki banyak lemak. Peringatan untuk wanita yang sedang dalam keadaan diet, sesekali makanlah daging. Karena ada banyak kandungan dan gizi sehat dalam daging. Salah satunya memiliki kandungan vit B6.

Yang perlu di ingat, bahwa di dalam daging mengandung cukup banyak kolesterol dan lemak oleh sebab itu sebaiknya mengkonsumsi daging yang tanpa lemak. Dalam pengkonsumsian pun jangan terlalu banyak.

Baca : Bahaya konsumsi daging merah

  1. Ikan Tuna ( 1,18 mcg )

Bukan hanya daging yang memiliki kandungan banyak vit B6. Siapa sangka makanan favorit orang jepang, ikan tuna  juga banyak mengandung vit B6. Bahkan memiliki kandungan vitamin B6 pada makanan yag cukup tinggi, yakni sebanyak 1,18 mcg dalam takaran 4 ons. Maka bahagialah kalian yang menyukai makanan jenis ini. sebab bisa membantu anda dalam pemenuhan gizi  vit B6.

Selain itu, dalam ikan tuna terdapat beberapa kandungan lain. Sehingga bermanfaat untuk tubuh anda. salah satunya mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak kita. Tak mengherankan jika orang jepang pintar, jika setiap hari mereka makanannya adalah ikan yang memiliki kandungan omega 3 untuk membantu perkembangan otaknya.

  1. Ikan Salmon ( 0,94 mcg )

Selain ikan tuna, yang memiliki banyak kandungan vit B6 adalah ikan salmon. Dalam takaran 100 gram, mengandung 0,94 mcg vit B6. Angka ini di nilai cukup besar bukan? Maka anda yang suka makan ikan salmon, pertahankan saja! Bermanfaat untuk tubuh anda. Memakan ikan salmon juga membuat anda semakin cerdas. Dalam ikan mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang berguna sebagai makanan bagi otak. Juga ada DHA serta EPA untuk membantu dalam perkembangan otak kita. dengan adanya kandungan zat ini, maka sinaps sinaps atau sel otak yang tersusun atas jembatan elektromagnetis akan semakin banyak tersambung. Jika otak kita semakin banyak jembatan, maka daya pikir anda semakin meningkat atau bisa dikatakan cepat tanggap untuk memahami sesuatu yang dianggap rumit misalnya soal fisika yang membutuhkan pemahaman cepat dan tepat.

  1. Ikan COD ( 0,462 mcg )

Ikan memang rajanya protein dan  raja nutrisi sebab banyak ikan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah ikan cod. Meskipun namanya agak jarang di dengar namun ikan cod bisa anda temukan di supermarket. Ikan cod merupakan jenis ikan yang mengandung vit B6 sebanyak 0,462 mcg dalam takaran 100 gram.

Ikan ini memiliki banyak kandungan lain. Salah satunya protein yang tinggi. ini baik untuk kesehatan sel dalam tubuh anda sebagai berfungsi sebagai pengganti sel tubuh yang rusak. Dengan adanya kandungan protein yang baik pada ikan, maka sel tubuh anda yang rusak, bisa segera di ganti.

Baca : Bahaya menelan duri ikan 

Apakah cukup hanya dengan mengkonsumsi vit B6 saja?

Ini menjadi pertanyaan umum dan klasik orang orang. Apakah hanya sekedar makan makanan yang mengandung vit B6 saja cukup untuk memenuhi gizi? Jika anda menanyakan hal tersebut jawabannya adalah tidak. Anda harus tetap mengimbanginya dengan olahraga dan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin dan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D. vitamin E. vitamin K, kalsium, mineral, zat besi, fosfor dan lain sebagainya. Vitamin dan nutrisi itu berguna bagi kesehatan tubuh dan organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Itulah berbagai macam makanan yang menjadi sumber dari vitamin B6. Dengan memasukkan sumber makanan tersebut dalam menu harian anda, diharapkan tubuh anda semakin fit dan semakin sehat berkat mengkonsumsi makanan tersebut.