21 Makanan Sehat untuk Ginjal Paling Baik

Organ ginjal merupakan sebuah bagian vital yang memiliki fungsi sebagai penerap partikal halus yang memiliki kandungan racun. Ginjal akan menyaring dan mengeluarkan racun-racun dari tubuh manusia sehingga tubuh tetap dalam kondisi sehat. Namun ada berbagai jenis penyakit ginjal yang cukup mengancam sehingga banyak orang juga mulai khawatir. Di bawah ini merupakan daftar makanan sehat untuk ginjal yang boleh Anda coba konsumsi setiap hari supaya ginjal tetap sehat dan fungsinya terjaga dengan baik.

(Baca juga: makanan untuk penderita penyakit ginjal)

1. Putih Telur

Seperti yang kita tahu, putih telur merupakan sebuah bahan makanan yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Asam esensial amino di dalamnya juga tinggi serta berkualitas sehingga memang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda.

Bila Anda tertarik untuk memulai hidup sehat dengan diet ginjal, putih telur adalah makanan yang bisa Anda makan karena memiliki kandungan fosfor yang lebih rendah bila dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Bahkan daripada daging dan juga kuning telur, kandungan fosfornya tak begitu tinggi.

Jika Anda ingin menggunakannya, Anda bisa membuat omelet dengan putih telur tersebut, atau sandwich pun juga oke. Ide bagus juga bila Anda menambahkannya pada smoothies yang dibuat sendiri. Telur rebus matang juga bisa digunakan bagian putihnya untuk dikonsumsi dengan salad sayuran hijau dan juga salad tuna.

2. Bawang Merah

Walau kenyataannya ada beberapa efek samping bawang merah, ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh bumbu dapur satu ini bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal, bahkan baik pula digunakan sebagai obat alami batu ginjal. Penyakit ginjal dapat secara aman diatasi dengan menggunakan bawang merah.

Asalkan tak berlebihan dalam mengonsumsinya, bawang merah tak akan berbahaya bagi tubuh dan kesehatan Anda. Ada kalanya orang-orang pun menawarkan racun dengan menggunakan bawang merah ini sehingga kesehatan ginjal dapat selalu terjaga kebersihannya. Bila ginjal bersih, tentu kesehatannya pun bakal otomatis terjaga juga; jadi konsumsilah bawang merah setiap hari untuk kesehatan.

(Baca juga: cara mencegah batu ginjal)

3. Bawang Putih

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh bawang putih pada tubuh meski memang ada pula efek samping bawang putih yang tetap harus diwaspadai. Di dalam bawang putih, ada kandungan tinggi akan antioksidan yang berguna dalam memberikan tubuh perlindungan dari bahaya radikal bebas.

Kandungan anti pembekuan juga tinggi sehingga menurunkan risiko jenis-jenis penyakit jantung. Kadar kolesterol tinggi pun mampu diturunkan dengan mengonsumsi bawang putih. Jadi selain baik untuk ginjal, bawang putih sangat berkhasiat dalam mencegah peradangan di dalam tubuh sehingga tak mudah sakit. Anda bisa makan bawang putih mentah setidaknya 1-2 siung setiap harinya secara langsung atau menambahkannya ke makanan.

4. Ceri

Buah ceri rupanya sangat baik dan menyehatkan untuk ginjal karena memang buah ini dapat mendetoksifikasi tubuh. Tak hanya itu, ceri pun sangat rendah akan protein tapi kaya akan vitamin, jadi tak akan berbahaya sama sekali bagi organ ginjal. Mengonsumsinya sering-sering tak akan menjadi masalah dan justru sangat dianjurkan.

Rendahnya protein pada buah ini menjadikan ceri jenis buah yang mampu membantu agar kualitas fungsi ginjal meningkat. Tak hanya itu, kadar kalium berlebih yang tubuh miliki juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah ini secara rutin. Makanlah buah ceri secara langsung atau mencampurkannya pada smoothies supaya Anda tidak bosan.

(Baca juga: gejala awal penyakit ginjal)

5. Minyak Zaitun

Khasiat dari minyak zaitun cukup banyak dan untuk itulah mengapa minyak ini kerap dijadikan pengganti bagi minyak goreng biasa dalam memasak. Khasiatnya sudah tak perlu diragukan lagi dan tak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh, minyak zaitun banyak dimanfaatkan sebagai penjaga penampilan agar tampak tetap cantik.

Minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari mampu menjaga kesehatan ginjal dan jantung, jadi Anda tak usah bingung lagi bila hendak menggunakannya. Kandungan anti-inflamasi pada asam lemaknya sangat tinggi sehingga dipercaya sangat bagus dalam mengurangi oksidasi serta membuat ginjal terjaga kesehatannya. Pakailah untuk memasak supaya santapan yang Anda nikmati lebih sehat daripada menggunakan minyak goreng biasa.

6. Paprika Merah

Satu lagi makanan yang baik untuk ginjal, yaitu paprika merah. Tak banyak dari kita yang mungkin mengonsumsi atau menggemarinya, tapi paprika merah adalah salah satu makanan yang bisa menghancurkan sisa limbah di dalam tubuh. Terkadang tanpa kita sadari, mengonsumsi makanan atau obat tertentu dapat menyebabkan penimbunan racun.

Paprika merah inilah yang akan menolong supaya ginjal berfungsi optimal dan mengeluarkan segala jenis limbah atau racun yang mengancam kesehatan tubuh. Konsumsilah paprika merah sesering mungkin dan bergantianlah dengan makanan-makanan sehat bagi ginjal lainnya agar tak merasa bosan. Cara penggunaannya, potong-potonglah paprika merah lalu tambahkan ke menu salad Anda.

(Baca juga: faktor penyebab gagal ginjal)

7. Kecambah

Baik itu mengatasi atau mencegah batu ginjal, kecambah adalah makanan yang tepat untuk digunakan di mana Anda dapat mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Untuk ginjal, kecambah sangatlah baik jika dikonsumsi mentah daripada matang dengan memasaknya lebih dulu. Anda bisa mulai mencobanya dan merasakan setiap khasiat baik yang ditawarkan.

Alasan mengapa kecambah sangat dianjurkan adalah karena kecambah ini begitu baik untuk membersihkan organ ginjal. Karena ginjal selalu dalam kondisi bersih, itu artinya kesehatannya pasti terjaga dan segala bentuk risiko penyakit ginjal, termasuk batu ginjal, mampu dicegah. Anda bisa mengonsumsinya setelah membersihkan kecambah lebih dulu.

8. Kembang Kol

Kandungan-kandungan baik ada di dalam kembang kol dan kesehatan ginjal dapat selalu dijaga baik dengan mengonsumsinya secara sering. Kandungan yang dimaksud antara lain meliputi thiocyanate, glucosinolate, dan indole di mana  semuanya ini adalah yang paling bisa membantu dalam mengusir dan mengeluarkan berbagai jenis racun serta limbah yang ada di dalam tubuh.

9. Kubis

Ketika ada masalah atau gangguan pada ginjal, pada umumnya, kubis digunakan sebagai obat tradisional. Jenis sayur ini diketahui mampu menjaga agar ginjal bisa tetap sehat dan membuat ginjal senantiasa berfungsi secara baik. Namun bagi penderita asam lambung atau penyakit maag, Anda lebih baik menghindari kubis karena makanan ini adalah pemicu gas.

(Baca juga: ciri-ciri batu ginjal)

10. Teh Hijau

Kandungan anti-inflamasi di dalam teh hijau beserta antioksidannya sangat tinggi sehingga memang baik untuk ginjal. Bukankah teh adalah jenis minuman yang tak bagus untuk kesehatan ginjal? Teh biasa memang iya, tapi teh hijau cukup berbeda karena kandungan-kandungan baiknya yang luar biasa.

Ginjal justru dapat memperoleh perlindungan dari teh hijau sehingga tak akan mudah terkena peradangan dan infeksi. Teh hijau bisa diminum 1-2 kali dalam sehari supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya secara menyeluruh. Asalkan tak meminumnya berlebihan, teh hijau sangat bisa diandalkan, apalagi bagi yang sering mengonsumsi minuman keras apalagi juga obat-obatan terlarang alias narkoba.

11. Stroberi

Anthocyanin di dalam stroberi cukup tinggi berikut juga ellagitannins selain daripada vitamin C. Itulah mengapa stroberi merupakan buah yang akan memberikan proteksi pada sel-sel tubuh secara lebih kuat. Bahkan ginjal juga akan terproteksi dari segala bentuk gangguan serta kerusakan, termasuk sel-sel kanker yang bisa menjadi ganas di kemudian hari.

12. Apel

Buah yang menjauhkan kita dari dokter ini tak hanya sehat bagi jantung, karena kenyataannya apel pun baik untuk ginjal. Buah ini sangat diandalkan pula dalam proses detoksifikasi sehingga racun-racun di dalam tubuh dapat dibuang. Apel jugalah yang dapat menolong supaya ginjal terjaga kesehatan dan kebersihannya dengan mengonsumsinya setiap hari.

(Baca juga: cara mencegah penyakit ginjal)


13. Anggur Merah

Flavonoid di dalam anggur merah sangatlah besar kadarnya sehingga memang banyak yang menggunakan untuk melindungi kesehatan jantung dari oksidasi. Bahkan anggur merah digunakan juga sebagai pemblokir bekuan darah agar tak terbentuk. Ada perlindungan dan pertahanan ekstra yang ditawarkan oleh flavonoid supaya mencegah timbulnya kanker saluran kemih dan juga kanker ginjal.

14. Bawang Bombay

Selain bawang merah dan bawang putih, makanan yang bagus untuk ginjal selanjutnya adalah bawang bombay. Jenis bawang ini pun diketahui sangat baik dalam menghancurkan segala bentuk material berat yang terdapat pada organ ginjal. Bawang bombay jugalah yang mampu membersihkan ginjal sehingga otomatis selalu berkondisi sehat.

15. Ikan

Seperti kita tahu, ikan termasuk di dalam makanan yang mengandung omega-3 tinggi sehingga baik sekali untuk ginjal sebab memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan protein di dalamnya pun sangat tinggi sehingga tubuh dapat selalu dijaga tetap sehat, terutama otak dan ginjal. Jenis ikan yang bisa Anda konsumsi antara lain:

  • Ikan tuna
  • Ikan hering
  • Ikan salmon
  • Ikan makarel

(Baca juga: perbedaan sakit ginjal dan batu ginjal)

16. Raspberry

Di dalam buah berry satu ini, senyawa asam ellagic sangat tinggi di mana perannya adalah sebagai penetralisir radikal bebas. Anthocyanin dan antioksidan di dalamnya pun besar berikut juga vitamin C, mangan dan seratnya. Raspberry merupakan jenis buah yang bila dikonsumsi rutin mampu mencegah perkembangan tumor atau sel kanker.

17. Blueberry

Sama seperti raspberry, kandungan anthocyanin dan antioksidan di dalamnya begitu tinggi. Tak hanya itu, kandungan serat serta vitamin C juga begitu besar sehingga sangat baik dalam menurunkan risiko inflamasi. Bila tertarik untuk mengonsumsinya, silakan campurkan blueberry ke dalam menu sarapan sereal Anda atau menjadikannya smoothies.

18. Cranberry

Jenis buah berry selanjutnya yang juga menyehatkan bagi organ ginjal adalah cranberry di mana buah ini sangat terbukti dalam melindungi jantung dan organ lainnya dari gangguan sel kanker maupun penyakit jantung. Supaya lebih segar, Anda bisa membuat jus cranberry yang dapat Anda minum setiap hari. Atau sebagai alternatif, konsumsilah bersama salad atau sereal Anda.

(Baca juga: cara mencegah sakit ginjal)

Itulah daftar makanan sehat untuk ginjal yang bisa mencegah maupun mengatasi gangguan pada ginjal. Pilihlah makanan yang benar-benar baik untuk organ-organ tubuh Anda mulai dari sekarang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 05:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ginjal