19 Obat Sakit Perut Paling Aman – Medis dan Alami

13329

Obat sakit perut banyak dicari oleh masyarakat umum dikarenakan sakit perut hampir pernah dialami oleh semua lapisan masyarakat. Penyebab sakit perut antara satu orang dengan yang lainnya berbeda sehingga untuk mengobatinya tentu kita harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab sakit perut itu. Mengobati sakit perut harus sesuai dengan penyebabnya misalnya saja adalah sakit perut karena dismenore berbeda mengatasinya dengan orang yang sakit perut dikarenakan penyakit maag.

Sakit perut biasa biasanya hanya disertai dengan kram pada perut dan tidak berbahaya, kondisi ini hanya berlangsung sementara saja. Untuk sakit perut yang berbahaya adalah sakit perut yang terjadi tiba-tiba dan ada di titik pusat tertentu. Sakit perut yang seperti itu merupakan sakit perut yang darurat dan harus dilarikan ke rumah sakit dengan segera.

Obat Medis

Memang saat ini obat kimia atau generik menjadi incaran masyarakat luas untuk meredakan sakit perut yang dideritanya. Bahkan tidak hanya sakit perut saja yang diobati menggunakan obat medis namun kebanyakan penyakit lainnya pun banyak yang diatasi menggunakan obat ini. Alasan kepraktisan dan mudah didapatkan pun menjadi alasan utama mengapa obat sakit perut medis menjadi idola di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat pun banyak yang menginginkan hasil yang instan sehingga obat medislah jalan yang mereka ambil untuk mengatasi sakit perutnya itu. Berikut ini ada beberapa jenis obat medis yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut yang anda derita :

  1. Antasida

Obat sakit perut pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatsi sakit perut adalah antasida. Sakit perut yang bisa diatasi menggunakan obat ini adalah orang yang memiliki penyakit maag. Fungsi dari obat ini adalah sebagai penetralisir asam lambung yang ada di dalam lambung manusia. Asam lambung yang tinggi pun bisa dinetralkan dengan menggunakan obat ini sehingga jika asam lambung bisa diatasi maka sakit perut yang menyerang anda pun akan menghilang bersamaan dengan menurunnya asam lambung yang ada di dalam lambung anda.

  1. Obat Pencahar

Sakit perut yang anda alami dan disebabkan kesulitan buang air besar bisa diatasi dengan obat pencahar. Saat ini ada banyak obat pencahar yang dijual di toko obat atau di supermarket. Obat ini mampu mengatasi susah buang air besar dikarenakan sembelit. Sebaiknya anda juga mengimbangi penggunaan obat pencahar itu dengan mengkonsumsi cukup cairan. Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh anda justru akan membuat anda terkena sembelit sebab tubuh anda sedang kekurangan cairan sehingga usus besar akan menyerap banyak air di dalam tinja anda, tinja pun menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

  1. Parasetamol

Anda bisa mengatasi sakit perut yang anda alami menggunakan parasetamol. Efek samping dari parasetamol ini tidak terlalu keras sehingga aman dikonsumsi untuk anak-anak dan ibu hamil. Parasetamol yang anda konsumsi bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan juga nyeri akibat kram atau sakit perut yang anda derita. Nyeri dan berdenyut di abdomen akan menimbulkan kram, kram itu bisa diredakan menggunakan perasetamol.

  1. Ibuprofen

Bagi yang menderita gangguan hati seperti hepatitis dan juga gangguan ginjal sebaiknya jangan mengkonsumsi obat ini. Hal itu dikarenakan obat ini memiliki efek samping yang bisa memberatkan fungsi hati dan juga fungsi ginjal. Mereka yang sudah terkena penyakit gangguan hati dan ginjal bisa menyebabkan hati dan ginjal semakin terganggu akibat obat ini.

Ibuprofen ini seperti parasetamol dimana berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat sakit perut yang dialami. Ibuprofen juga bersifat sebagai anti peradangan sehingga bagi anda yang mengalami sakit perut dan disertai dengan peradangan bisa mengkonsumsi obat ini. Sayangnya obat ini tidak bisa dikonsumsi oleh anak dengan usia di bawah 16 tahun sebab efek sampingnya tidak bagus untuk anak di usia 16 tahun.

  1. Obat Antidiare

Bagi yang mengalami sakit perut dikarenakan sakit diare anda bisa mengkonsumsi obat anti diare yang dijual di apotek. Obat anti diare atau obat pereda diare banyak dijual di toko obat atau apotek. Sebelum anda membelinya ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter mencari tahu apa yang menyebabkan diare pada diri anda sehingga penanganannya pun akan lebih efektif dibandingkan dengan orang yang tidak berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Obat Alami

Obat sakit perut alami mudah dibuat dan mudah dijumpai di sekitar kita. Jika anda takut dengan efek samping dari obat kimia yang digunakan untuk mengobati sakit perut anda bisa menggunakan obat yang alami. Obat alami selain tanpa efek samping juga aman untuk meringankan gejala sakit perut meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain murah meriah juga mudah dibuat, berikut ini adalah obat alami sakit perut yang bisa anda buat untuk meringankan gejala sakit perut yang anda alami :

  1. Bantal Pemanas

Obat alami yang pertama yang bisa anda gunakan adalah bantal pemanas. Rasa hangat yang ada di bantal pemanas itu bisa membuat kram yang dialami dan rasa sakit menjadi berkurang. Obat sakit perut ini cocok digunakan untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi sehingga perutnya terasa kram. Jika anda tidak memiliki bantal pemanas anda bisa menggunakan botol yang berisi air panas. Anda bisa menyeka perut anda yang kram menggunakan botol pemanas itu. Anda bisa melakukan cara ini rutin setiap dua jam sekali agar sakit perut yang anda derita segera menghilang.

  1. Air Putih

Obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut karena diare adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Saat seseorang terkena diare orang tersebut akan mudah kehilangan cairan di dalam tubuhnya, jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terkena bahaya dehidrasi dimana salah satu bahayanya adalah bisa membuat pengentalan darah. Jika darah mengental maka darah tidak bisa dialirkan dengan lancar ke seluruh tubuh. Selain itu fungsi organ yang ada di dalam tubuh manusia menjadi terganggu sehingga tubuh pun akan merasakan dampak dari fungsi organ yang terganggu tersebut.

  1. Oralit

Tahukah anda bagaimana caranya mengatasi sakit perut karena diare secara alami?, anda bisa membuat cairan oralit untuk meredakan sakit perut yang anda derita karena diare tersebut. Dulu jika ada anak kecil yang terkena diare orangtua akan membuat ramuan oralit untuk diberikan kepada anaknya. Tidak hanya anak dan balita saja yang bisa disembuhkan menggunakan oralit ini tapi orang dewasa pun bisa menyembuhkan diarenya menggunakan oralit. Saat diare perut orang yang terkena diare akan terasa dililit dan mulas, hal tersebut sangat menyiksa orang yang terkena diare. Oleh sebab itu dengan meminum oralit diharapkan rasa sakit perut dapat berkurang setelah itu frekuensi untuk buang air besar juga dapat dikurangi.

Berikut ini cara membuat cairan oralit yang bisa anda buat untuk meringankan sakit perut yang anda derita :

  • Siapkan setengan sendok teh garam.
  • Siapkan setengah sendok teh gula.
  • Siapkan setengah cangkir air hangat.
  • Campur semua bahan kemudian aduk agar merata.
  • Setelah merata konsumsi oralit itu tiga hari dalam sehari saat pagi, siang dan malam hari.
  • Kandungan garam yang antibakterial didukung dengan kandungan glukosa pada gula bisa memerangi bakteri dan juga kuman yang menjadi penyebab dari sakit perut akibat diare.
  1. Daun Jambu Biji

Bagi anda yang menderita sakit perut dikarenakan diare, anda bisa mengkonsumsi daun jambu biji untuk mengatasinya. Tidak hanya buah jambu biji saja yang bisa digunakan untuk kesehatan, namun daun jambu biji pun bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan atau masalah kesehatan yaitu untuk mengatasi diare. Jika anda menderita diare, sakit perut itu baru bisa hilang jika diare juga hilang. Oleh sebab itu anda bisa mengatasinya menggunakan daun jambu biji.

Daun jambu biji mengandung zat tanin dimana zat itu bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri e coli dan juga staphylococcus aureus. Bahkan daun jambu biji yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus pun memiliki kandungan tanin sampai dengan 17 persen. Cara mengobati sakit perut karena diare menggunakan daun jambu biji adalah sebagai berikut ini:

  • Keringkan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda.
  • Setelah kering tumbuk agar halus.
  • Setelah itu rebuslah menggunakan tiga gelas air dan saat direbus bisa di sisakan setengahnya.
  • Setelah disisakan setengahnya anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Akar Bunga Matahari

Mungkin saat ini bunga matahari sudah jarang dijumpai. Hal itu sangat disayangkan sekali mengingat bahwa khasiat dari pohon bunga matahari itu sangat banyak sekali. Mulai dari bunganya, bunga matahari bisa digunakan untuk obat sakit kepala, sedangkan biji bunga matahari bisa digunakan untuk menghindari serangan jantung. Untuk menghilangkan sakit perut anda bisa menggunakan akar bunga matahari untuk mengatasi sakit perut yang anda alami. Cara membuat ramuan dari akar bunga matahari pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan 10 gram akar dari bunga matahari yang telah dikeringkan.
  • Siapkan setengah gelas air panas.
  • Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu dengan menyeduh akar bunga matahari itu menggunakan air panas. Setelah hangat kemudian disaring dan diminum saat masih hangat. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan itu sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam sehari.
  1. Biji Jati Belanda

Biji jati belanda selama ini banyak digunakan untuk bahan obat herbal, begitupula untuk mengobati sakit perut bisa menggunakan ramuan dari bahan dasar biji jati belanda. Untuk membuat obat sakit perut menggunakan biji jati belanda inipun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkanlah biji jati belanda sebanyak 13 butir.
  • Siapkan setengah gelas air panas.
  • Cara pembuatan obat herbal itu sangat mudah sekali yaitu dengan menyangrai biji jati belanda sampai sedikit hangus, kemudian tumbuk biji jati belanda itu agar benar-benar halus.
  • Saat biji jati belanda telah halus, seduhlah biji jati belanda yang halus itu menggunakan air panas yang telah disiapkan.
  • Aduk agar semua bahan tercampur secara merata, saat sudah merata minumlah ramuan tersebut sebanyak satu kali dalam sehari.
  1. Daun Cermai

Pernahkah anda melihat pohon cermai?, pohon cermai merupakan pohon yang multi manfaat. Buah cemai merupakan buah yang mengandung kolagen dan buah cermai merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C pada buah cermai bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Tidak hanya itu saja daun dari pohon cermai pun dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut sebab daun pohon cermai bersifat anti bakteri sehingga bisa menghilangkan sakit perut yang disebabkan oleh kuman maupun bakteri. Berikut ini adalah cara tepat untuk membuat ramuan obat sakit perut dari daun cermai yang bisa anda buat di rumah :

  • Sediakan sebanyak 3 gram daun cermai yang sudah dikeringkan.
  • Siapkan satu gelas air panas.
  • Tumbuklah daun pohon cermai yang sudah dikeringkan tersebut. Menggilingnya harus benar-benar halus.
  • Setelah halus anda bisa menyeduh daun pohon cermai itu menggunakan segelas air panas.
  • Saat air berubah menjadi hangat setelah itu anda bisa menyaringnya kemudian anda bisa mengkonsumsi air tersebut. Anda bisa mengkonsumsi ramuan itu sebanyak satu kali dalam sehari agar sakit perut yang anda derita segera menghilang.
  1. Kapulaga

Kapulaga yang selama ini digunakan untuk rempah-rempah berbagai macam masakan bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Kapulaga yang dijadikan sebagai rempah-rempah itu bisa menghangatkan perut yang sakit. Tidak hanya itu saja kapulaga juga bersifat antibakteri sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh bakteri.

Cara membuat ramuan obat sakit perut menggunakan kapulaga adalah berikut ini :

  • Siapkan 5 butir kapulaga yang sudah dikeringkan kemudian tumbuk halus.
  • Setelah ditumbuk halus campurkanlah buah kapulaga yang telah halus itu dengan 3 gelas air kemudian rebuslah buah kapulaga itu.
  • Saat mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja kemudian saat sudah dingin anda bisa mengkonsumsi air rebusan itu bersamaan dengan buah kapulaga.
  • Anda bisa mengkonsumsi air ramuan itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Air Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe ini, jahe merupakan tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan gingerol dan zingiberin pada jahe dipercaya bisa meredakan sakit perut yang disebabkan oleh bakteri. Jahe dipercaya bisa digunakan sebagai obat batuk dan juga digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung yang efektif. Tidak hanya itu saja jahe juga bisa digunakan untuk meredakan sakit perut yang disertai dengan rasa mual. Kandungan pada jahe bisa meredakan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan atau juga karena hamil.

Untuk mengatasi sakit perut menggunakan jahe sangat mudah sekali yaitu dengan membuat air jahe. Berikut ini adalah cara membuat air jahe yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut:

  • Sangrai dua buah rimpang jahe yang berukuran sedang.
  • Setelah itu geprek jahe yang telah disangrai agar aroma jahenya keluar.
  • Rebus dengan menggunakan empat gelas air dan sisakanlah setengahnya.
  • Setelah itu anda bisa mengkonsumsi air jahe itu saat masih hangat. Rasa hangat pada jahe bisa digunakan untuk menghangatkan perut dan mengobati perut yang sakit.
  1. Daun Iler

Pernahkah anda melihat daun iler?, jika iya berarti anda telah menemukan obat alami untuk mengatasi sakit perut yang anda derita. Memang daun iler ini termasuk daun yang langka namun kelangkaannya bisa digunakan sebagai obat herbal yang manjur untuk mengatsi sakit perut. Daun iler ini bisa mengobati sakit perut mulas yang bisa disebabkan karena sembelit atau susah dalam buang air besar. Berikut ini adalah cara membuat daun iler yang bisa digunakan untuk mengobati sakit perut yang anda derita :

  • Siapkan sebanyak 6 lembar daun iler yang masih segar
  • Siapkan garam dan juga air hangat secukupnya.
  • Cara membuat ramuan dari daun iler ini sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mencuci daun iler menggunakan air matang sampai daun itu benar-benar bersih.
  • Campurkanlah garam di daun iler kemudian anda bisa mengunyah daun iler bersamaan dengan garam itu.
  • Minum dan telan sari dari daun iler. Sari dari daun iler bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat mulas.
  • Anda bisa melakukan pengobatan itu sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam sehari.
  • Jika anda rutin melakukan cara tersebut dan meminumnya maka sakit perut yang anda derita segera menghilang.
  1. Temulawak

Siapa yang tidak kenal dengan temulawak, temulawak merupakan obat herbal yang dpercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selama ini temulawak digunakan sebagai obat sakit pinggang  yang ampuh dan bisa digunakan sebagai obat untuk menambah nafsu makan pada anak-anak yang susah makan. Agar lebih cepat dalam mengobati sakit perut ada baiknya anda mengkombinasikannya menggunakan bahan-bahan herbal lainnya agar sakit perut bisa segera diatasi. Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari temulawak yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut dengan cepat dan aman :

  • Siapkan rimpang jahe secukpunya.
  • Siapkan rimpang bangle secukupnya.
  • Siapkan kencur secukupnya.
  • Siapkan lempuyang wangi secukupnya.
  • Siapkan dua gelas air.
  • Cara pembuatannya sangat mudah sekali yaitu dengan mencuci bersih semua bahan-bahan. Kemudian rimpang itu diiris tipis-tipis. Setelah diiris tipis-tipis anda bisa merebusnya menggunakan dua gelas air.
  • Saat merebusnya anda bisa menyisakan satu gelas air saja.
  • Setelah dingin saring air rebusan itu kemudian minum sebanyak dua kali dalam sehari agar lebih maksimal.
  1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit, kunyit merupakan bahan herbal yang selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selama ini kunyit bisa dijadikan sebagai obat cacar air yang paling ampuh. Kandungan antibiotik pada kunyit dipercaya mampu meringankan sakit perut saat menstruasi dan bisa meredakan sakit perut dikarenakan bakteri. Tidak mengherankan jika ada ramuan tradisional khusus wanita yang dikemas dalam botol menggunakan bahan dasar kunyit. Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari kunyit yang bisa digunakan untuk meredakan sakit perut karena menstruasi dan karena bakteri :

  • Siapkan tiga buah rimpang kunyit dengan ukuran yang sedang.
  • Siapkanlah sebanyak 10 gram asam yang masih segar.
  • Kupas kunyit kemudian cuci bersih.
  • Setelah dicuci bersih anda bisa memeras kunyit tersebut dan diambil sari patinya.
  • Rebuslah sari pati kunyit itu menggunakan tiga gelas air. Masukkan 10 gram asam ke dalam air rebusan itu. Setelah itu sisakan setengahnya.
  • Anda bisa mengkonsumsi ramuan tradisional itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan malam hari.
  1. Daun Waru

Alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut yang anda derita bisa menggunakan daun waru. Berikut ini adalah cara membuat ramuan tradisional obat sakit perut menggunakan daun waru :

  • Bahan bahannya, anda bisa menyiapkan 5 lembar daun waru yang telah dicuci bersih. Bawang merah sebanyak dua siung dan satu sendok teh madu.
  • Cara pembuatannya adalah dengan mencuci bersih daun waru dan kupas bawang merah. Kemudian anda bisa menghaluskan semua bahan-bahan tersebut. Peras dan ambil sari patinya. Anda bisa meminum sari pati itu sebanyak tiga kali dalam sehari sehingga sakit perut yang anda derita segera menghilang.
  1. Bawang Merah

Selama ini bawang merah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, bawang merah selama ini banyak digunakan sebagai obat gusi bengkak yang ampuh dan mujarab. Untuk mengobati sakit perut menggunakan bawang merah ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 3 siung bawang merah yang telah dikupas.
  • Siapkan 5-10 ml minyak kelapa.
  • Cara mengobati sakit perut menggunakan bawang merah ini sangat mudah sekali yaitu dengan memarut bawang merah sampai benar-benar halus kemudian setelah halus anda bisa menambahkan minyak kelapa di dalamnya.
  • Setelah itu anda bisa mengoleskannya pada perut anda.
  • Rasa hangat dari bawang merah akan bisa membuat perut anda merasa nyaman sehingga sakit perut akan menghilang.

Cara Mencegah Sakit Perut

Ketika sakit perut anda sudah mereda ada baiknya anda menerapkan langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya sakit perut untuk yang kedua kali. Bagi yang belum mengalami sakit perut ada baiknya pula mengetahui bagaimana caranya mencegah sakit perut agar tidak menyerang. Berikut ini adalah tips mencegah sakit perut efektif yang bisa anda lakukan sehari-hari :

  • Rajin cuci tangan. Cuci tangan tidak asal cepat namun harus benar. Cuci tangan yang benar harus menggunakan sabun antiseptik agar bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan.
  • Cukup istirahat. Bagi orang yang sedang mengalami sakit perut dan tidak ingin terkena sakit perut sebaiknya memiliki jam tidur yang cukup dan jam tidur yang teratur. Alasannya adalah sistem imun tubuh sedang berusaha untuk melawan bakteri atau virus di dalam perut sehingga tubuh membutuhkan energi yang cukup. Jika energinya cukup maka sistem imun bisa memerangi kuman dan bakteri itu secara maksimal. Bagi anda yang tidak terkena sakit perut, istirahat mampu menstabilkan sistem imun sehingga sistem imun bisa mencegah berbagai macam kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.
  • Hindari stres. Stres merupakan biuang keladi dari semua masalah kesehatan termasuk mual dan sakit perut yang dialami oleh manusia. Saat stress berlebihan orang tersebut akan mudah sekali terkena sakit perut. Oleh sebab itu ada baiknya anda mengendalikan stress yang anda miliki. Mengendalikan stress ini bisa anda atasi dengan melakukan yoga dan relaksasi.
  • Mengubah cara makan dan minum. Banyak masalah yang bisa muncul ketika anda salah dalam makan maupun minum. Untuk mencegah sakit perut anda bisa melakukan teknik makan dan minum yang benar. Anda bisa makan dengan porsi yang kecil namun sering, jika makan dengan posi langsung besar maka organ pencernaan akan kaget sehingga timbullah sakit perut. Membuat jurnal makan juga bisa membuat anda terhindar dari sakit perut sebab dari jurnal itu anda bisa tahu makanan apa saja yang menyebabkan anda menjadi sakit perut.
  • Hindari makanan pemicu sakit perut. Ada banyak sekali makanan yang bisa menyebabkan sakit perut misalnya saja adalah makanan yang pedas dan juga makanan yang asam. Makanan itu juga menjadi makanan pantangan bagi penderita maag dan juga asam lambung.

Itulah berbagai macam obat sakit perut medis dan tradisional yang bisa anda konsumsi ketika sakit perut. Hal yang harus diperhatikan adalah jika sakit perut yang anda miliki terus berlangsung dalam waktu yang lama dan rasa sakitnya semakin tidak tertahankan ada baiknya anda segera mengunjungi pihak medis. Sakit perut yang tidak tertahankan dan berlangsung dalam waktu yang lama bagi perempuan bisa saja ada masalah di dalam rahimnya sedangkan untuk pria bisa jadi itu tanda ada gangguan kesehatan yang serius di organ pencernaan. Sakit perut yang diakibatkan oleh penyakit yang lebih serius tidak bisa diatasi dengan obat sakit perut yang biasa saja.