17 Obat Hidung Mampet Teralami dan Termujarab

Hidung mampet jelas adalah kondisi yang begitu mengganggu, entah itu kita alami saat sedang beristirahat atau sedang beraktivitas. Ada beberapa penyebab hidung bisa mampet, seperti:

  • Alergi
  • Sinusitis
  • Rendahnya tingkat kelembaban udara sehingga menyebabkan iritasi atau pembengkakan.
  • Pilek atau flu.
  • Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tak mampu mengatasi serangan jamur yang berada di udara.

Anda tak usah repot-repot mencari obat hidung mampet yang terbaik, karena di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba. Obat alami di bawah ini kiranya bisa membantu Anda untuk lebih nyaman ketika beristirahat dan beraktivitas tanpa terganggu oleh mampetnya hidung.

(Baca juga: cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur)

1. Air Putih

Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup asupan air setiap harinya agar terhindar dari bahaya dehidrasi. Saat Anda terhidrasi, maka tubuh pun akan selalu segar dan bugar sehingga jauh dari masalah hidung mampet juga. Minum air putih pun bisa membuat iritasi pada saluran hidung lebih ringan, sekaligus juga mencegah timbulnya penyumbatan sinus. Minumlah air hangat untuk melegakan hidung sekaligus mengeluarkan racun yang bersarang di dalam tubuh.

2. Air Garam

Untuk mengobati hidung yang tersumbat alias mampet, Anda bisa menggunakan juga air garam hangat. Siapkan saja segelas air hangat yang kemudian bisa ditambahkan garam, larutkanlah dengan cara mengaduk-aduknya sampai rata. Tapi, air garam ini bukan untuk diminum.

Air garam hanya digunakan untuk berkumur beberapa kali. Biasanya air garam ini juga dianggap sebagai obat ampuh bagi yang sedang menderita penyakit batuk. Ketika Anda flu dan batuk, obat ini bisa diandalkan karena mampu melegakan penyumbatan di dalam saluran pernapasan sekaligus mengalirkan lendir yang sempat membeku atau menggumpal di dalam hidung.

(Baca juga: bahaya makan ceker ayam)

3. Sup Ayam

Makanan satu ini dapat menjadi obat bagi yang sedang menderita flu. Saat sedang flu, sup ayam tak hanya bisa membantu menghangatkan tubuh dan menjadikannya lebih segar, tapi juga bisa melancarkan hidung yang mampet. Obat ini bahkan sangat nikmat dan bisa Anda konsumsi sewaktu hidung sedang mampet-mampetnya.

1 mangkuk sup ayam yang masih dalam kondisi hangat mampu menjadikan hidung Anda yang tersumbat kembali lega. Ini karena di dalam sup ayam ada sistein yang dapat membantu mengalirkan atau mencairkan lendir yang kental dan menggumpal di dalam hidung. Penyumbatan bakal terbuka dengan mengonsumsi sup ayam hangat dan buktikan sendiri khasiatnya.

4. Bawang Putih

Dalam meredakan masalah hidung mampet, bawang putih merupakan salah satu yang bisa diandalkan berkat antijamur dan antiviral di dalamnya. Rebus saja 2-3 siung bawang putih di dalam secangkir air yang kemudian dicampur bersama 1 ½ sendok teh bubuk kunyit. Minumlah setiap hari sampai penyumbatan pada hidung lega.

(Baca juga: efek samping bawang putih)

5. Minyak Kayu Putih

Sepertinya sudah tak diragukan lagi bahwa minyak kayu putih selalu dapat menjadi penyelamat bagi yang menderita masuk angin atau pilek. Kehangatan yang diberikan oleh bahan obat satu ini sangat luar biasa. Di dalamnya pun diketahui mengandung agen anti-inflamasi serta dekongestan yang sangat ampuh.

Tuang sedikit minyak ini ke ujung jari telunjuk, lalu oleskan ke area antara atas bibir dan bawah hidung Anda. Memang cukup panas, namun otomatis penyumbatan di dalam hidung akan terlegakan secara instan. Bila sudah hilang efeknya dan hidung mulai tersumbat lagi, pakailah lagi minyak ini kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

6. Cuka Sari Apel

Tak sekadar membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi atau menurunkan kadar tekanan darah tinggi, cuka sari apel memiliki manfaat lainnya. Lendir di dalam hidung yang mengental akan membuat hidung sulit bernapas, maka cuka sari apel siap mencairkan dan mengalirkan lendir tersebut secara alami.

Cara pemakaian cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel bersama dengan sesendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Minumlah ramuan ini sehari 2-3 kali demi hasil yang maksimal sehingga hidung tak lagi mampet. Konsumsilah selama beberapa hari berturut-turut agar Anda bisa merasakan efeknya yang begitu baik.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan hidung)

7. Lada Hitam

Untuk penyumbatan pada hidung dan saluran pernapasan, lada hitam siap membantu agar hidung tak mampet lagi. Anda bisa menggunakan sedikit lada hitam yang dicampur dengan 3 tetes minyak wijen. Setelah kedua bahan tercampur, Anda dapat mengoleskan campuran ini dengan jari pada area bawah hidung. Aromanya memang kuat dan malah akan membuat Anda bersin, tapi tak masalah karena setelah itu Anda akan merasakan kelegaan.

8. Teh Herbal

Bila ingin merasa lebih baik, Anda bisa menggunakan teh herbal untuk melegakan hidung yang mampet. Obat herbal selalu lebih terpercaya dan tentunya aman tanpa efek samping. Jadi, tak ada salahnya untuk meminum teh peppermint, rosemary, atau kamomil.

Anda bisa membuat salah satu dari teh tersebut dan meminumnya secara rutin sampai hidung tidak lagi mampet. Selain bisa melancarkan pernapasan, teh-teh tersebut juga sangat baik dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Setiap harinya, minumlah 2-3 kali teh herbal ini supaya kondisi tubuh serta hidung cepat membaik.

(Baca juga: penyebab hidung gatal)

9. Bawang Merah

Bila sebelumnya ada bawang putih yang sudah disebutkan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan bawang merah kali ini. Tak usah ragu dikarenakan adanya efek samping bawang merah karena asalkan tidak menggunakannya berlebihan maka tak akan berbahaya. Cukup siapkan saja sesiung bawang merah.

Kupaslah lebih dulu dan potong, barulah setelahnya Anda bisa mencium aromanya selama sekitar 4-5 menit. Percaya atau tidak, cara sederhana ini sangat mujarab karena ada kelegaan yang didapat ketika menghirupnya. Hidung yang tadinya penuh sumbatan dan serasa sulit untuk bernapas akan kembali lega.

10. Makanan Pedas

Bila Anda menggemari makanan pedas, tak salah kalau Anda mencoba menggunakannya sebagai obat pereda hidung tersumbat. Tambahkan bawang putih, jahe, bawang merah, bawang bombay, atau cabai ke dalam makanan Anda. Nikmatilah rasa pedas dari makanan tersebut dan biasanya karena efek kepedasan, cairan hidung yang tadinya kental dan menyumbat pun akan menjadi lebih encer. Dengan demikian, hidung tidak akan mampet lagi.

11. Minyak Mustard

Satu lagi obat alami yang bisa juga Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan mampet. Minyak mustard dapat Anda pakai sebanyak 2-3 tetes saja yang langsung diteteskan pada lubang hidung Anda. Efek lega yang diberikan cukup cepat sehingga Anda akan merasakan bahwa hidung lebih enakan dan mampu bernapas lega.

(Baca juga: penyebab hidung berair)

12. Jus Tomat

Bahan sederhana lainnya yang juga alami tapi efektif adalah jus tomat. Anda bisa meminumnya 2 gelas sehari. Anda bisa menambahkan saus pedas sesendok makan, jus lemon sesendok makan, dan bawang putih yang sudah dihaluskan sesendok makan ke dalam secangkir jus tomat yang mendidih. Rasanya akan begitu lega ketika meminumnya rutin.

13. Lemon

Jus lemon adalah teman yang baik juga untuk para penderita hidung mampet dengan penggunaan yang super mudah. Anda hanya perlu mencampurkan jus lemon sebanyak 2 sendok makan dengan bubuk lada hitam sebanyak ¼ sendok teh yang ditambahkan dengan sedikit garam. Aplikasikan larutan ini pada area bawah hidung atau bagian kening supaya hidung tak lagi merasa tersumbat.


14. Jahe

Rempah ini sangat ampuh untuk yang sedang menderita penyakit batuk, namun tak salah juga bila Anda ingin mencobanya demi melegakan hidung yang mampet. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan lemon dan madu pada teh jahe Anda. Membuat teh jahe sangat gampang, cukup dengan parutan jahe dimasukkan ke dalam segelas air panas, tunggu sebentar, Anda bisa meminumnya setelah lebih hangat.

(Baca juga: cara mengatasi hidung tersumbat)

15. Daun Kemangi

Lalapan satu ini cukup digemari dan pada umumnya, orang-orang menyantapnya karena suka atau bertujuan untuk mengatasi bau mulut. Rupanya, dengan mengunyah-ngunyah 3-4 lembar daun kemangi sebelum sarapan dan sebelum tidur malam, Anda bisa melegakan kembali hidung yang mampet. Anda juga bisa mencoba membuat teh daun kemangi yang kalau diminum efeknya pun sama berkhasiatnya ketika Anda menjadikannya sebagai lalapan. Meminumnya secara rutin bakal menjadikan hidung lega secara efektif.

16. Madu

Bahan alami selanjutnya adalah madu, tapi pastikan bahwa yang Anda dapatkan adalah madu murni. Anda bisa menyiapkan lebih dulu segelas air hangat yang kemudian ditambahkan dengan madu murni sebanyak 2 sendok teh. Campurkan sampai rata dan minumlah setiap hari sampai kondisi hidung tak lagi mampet.

17. Jus Buah

Sebetulnya tidaklah sulit untuk menemukan obat bagi hidung yang mampet, jus buah yang sederhana juga berkhasiat. Selain baik untuk menjaga kesehatan, jus buah yang ditambah dengan beberapa tetes minyak oregano adalah obat hidung mampet yang manjur. Supaya hasilnya jauh lebih efektif, jus buah perlu ditambah dengan minyak oregano, namun takarannya tak perlu berlebihan.

(Baca juga: penyebab hidung tersumbat sebelah)

Apapun penyebab hidung mampet yang Anda alami, tak perlu kesulitan lagi mencari obat yang benar-benar alami tapi ampuh. Daftar 17 obat tersebut terbilang mudah dijumpai dan disiapkan. Efektivitasnya pun tak usah diragukan lagi, jadi Anda dapat langsung memraktikkannya tanpa bingung-bingung lagi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung