16 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur Secara Efektif

Pasti sangat mengganggu ketika sedang enak-enaknya tidur malah hidung terasa tersumbat sehingga bernapas pun menjadi tak nyaman yang akhirnya menyebabkan tidur terganggu. Entah karena memang pilek atau adanya gangguan lainnya yang menyebabkan hidung tersumbat ketika beristirahat, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilirik seperti berikut ini.

(Baca juga: sinusitis – ciri-ciri sinusitis)

1. Membuat Posisi Bantal Lebih Tinggi

Bantal yang tadinya di posisi rendah bisa coba ditinggikan supaya hidung tersumbat bisa diatasi. Terkadang posisi bantal adalah yang menentukan hidung mudah tersumbat atau tidak ketika kita sedang tidur, maka supaya tidak terlalu lama mengalami hidung tersumbat, coba untuk menumpuk bantal sehingga posisinya lebih tinggi yang teorinya bisa membuat aliran pernapasan menjadi lebih lancar perlahan. Bahkan ketika ada lendirnya, lendir pun akan menjadi cair sehingga alirannya bisa menuju bawah.

(Baca juga: kelainan pada hidung manusia)

2. Mengoleskan Balsam

Selain untuk pertolongan pertama benturan kepala, balsam adalah bahan yang panas dan kerap dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh sehingga dijamin baik untuk Anda gunakan dalam membantu melancarkan hidung yang tersumbat. Jalan napas pun akan kembali lega dengan mengolesi bagian dada serta leher dengan balsam. Bahkan ketika Anda pilek, lendir akan mencair sehingga hidung akan jauh dari tersumbat lagi.

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Sama fungsinya dengan balsam, minyak kayu putih biasanya lebih ringan panasnya ketimbang balsam, jadi Anda bisa coba untuk mengoleskan minyak ini di bagian bawah hidung atau dahi bagian tengah. Mata memang akan kemudian sedikit lebih panas dan pedas karena terkena imbasnya, namun tidak akan menjadi masalah sebab hidung yang tersumbat akan mampu diatasi. Dengan memejamkan mata yang terasa pedas, Anda lama-lama akan bisa kembali tertidur nyenyak sementara hidung sudah tak tersumbat lagi. Inilah mengapa minyak putih bisa dijadikan cara menghilangkan mabuk perjalanan.

4. Memijat Wajah

Memang agak aneh, mengapa hidung yang tersumbat malah diatasi dengan memijat wajah? Rupanya cara seperti ini bisa dicoba untuk membuat sirkulasi pernapasan kembali lancar dan lega dengan memberikan pijatan yang lembut, khususnya di bagian dahi dan sekitar dekat hidung. Cukup gunakan jari telunjuk Anda untuk melakukannya dan Anda bisa merasakan sensasi nyaman pada area hidung yang kemudian sumbatannya dapat hilang secara berangsur.

(Baca juga: tips awet muda)

5. Tidak Membuang Ingus secara Kuat-kuat


Ketika pilek, lebih baik tidak membuang ingus dengan mendorongnya secara kuat-kuat sebab hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan hidung tersumbat ketika akan maupun sedang tidur. Flu berat terkadang memang mengganggu sehingga orang cenderung ingin menuntaskan ingus dengan cara demikian. Maka hindari membuang ingus dengan cara seperti itu agar tidak membuat hidung tersumbat salah satunya atau bahkan dua-duanya.

(Baca juga: cara mengobati flu)

6. Minum Air Putih

Jaga tubuh Anda untuk senantiasa terhidrasi sehingga kebugaran tetap milik Anda dan meminum air putih merupakan salah satu cara untuk menyegarkan tubuh. Tak hanya menghidrasi tubuh Anda, mengonsumsi air putih juga bisa membuat saluran hidung yang mengalami penyumbatan bisa teringankan. Bahkan sebelum penyumbatan terjadi, minum air putih diyakini mampu untuk mencegahnya. Racun bisa dikeluarkan dari tubuh dengan mengonsumsi air hangat sehingga hidung tersumbat maupun teriritasi bisa disembuhkan.

(Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)

7. Menggunakan Minyak Angin atau Inhaler

Jika tak memiliki inhaler, silakan menggunakan minyak angin, begitu juga sebaliknya karena dua bahan ini akan membantu Anda mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Mungkin Anda malas untuk bangun dan melakukan cara-cara ribet demi menuntaskan dan melegakan pernapasan Anda, inhaler atau minyak anginlah yang bisa membantu, apalagi bila aromanya khusus, seperti menthol atau mint yang menyegarkan pernapasan seketika. Dengan menggunakan salah satunya, ada aroma dingin yang diberikan kepada hidung sehingga lendir bisa tercairkan di hidung dan Anda bisa bernapas lega.

(Baca juga: asmacara mengobati asma kambuh)

8. Memanfaatkan Uap dari Air Panas

Untuk mengatasi hidung tersumbat di tengah-tengah enaknya tidur Anda, cobalah untuk keluar sejenak dari kamar dan menyiapkan air panas yang bisa ditaruh di dalam baskom. Gunakan uap yang mengepul dari air panas tersebut sebagai media untuk melancarkan kembali tersumbatnya hidung; biasanya cara ini dianggap paling ampuh dan efektif. Hanya dengan menghirup uapnya yang panas dalam-dalam, Anda akan merasakan sensasi melegakan yang terjadi di hidung Anda.

Sensasi lega tersebut berasal dari ingus yang meleleh akibat hawa panas yang masuk ke hidung Anda sehingga hidung yang tersumbat akan kembali lancar. Cara ini sudah banyak dilakukan banyak orang dan terbukti baik, mudah serta aman untuk mengatasi hidung tersumbat apapun penyebabnya. Bahkan efeknya bisa lebih cepat daripada menggunakan inhaler serta balsam atau minyak kayu putih.

9. Menggunakan Bawang

Layaknya cabe, bawang adalah bahan alami yang bisa memberikan sensasi pedas dan panas melegakan untuk hidung yang tersumbat. Karena efeknya yang begitu kuat, Anda bisa mencoba bahan ini untuk mengatasi pernapasan Anda yang tak lancar akibat tersumbat dan ingus yang mengental di dalam. Ambil 1 atau 2 bawang yang sudah dicuci bersih, lanjutkan dengan mengirisnya dan mencium aroma bawang tersebut. Untuk melegakan hidung yang tersumbat, cara ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif apabila langkah lainnya tak begitu bekerja untuk Anda.

10. Berkumur Air Garam

Air garam adalah bahan yang baik dan bisa diandalkan ketika tengah malam Anda terbangun gara-gara hidung tersumbat. Cara ini pun dianggap mudah untuk dilakukan dan dibuat; hanya tinggal menyediakan segelas air putih hangat lalu dimasukkan garam secukupnya, mencampurkannya sampai rata, setelah larut Anda bisa menggunakannya untuk berkumur 3-4 kali.

Lendir ingus yang mengental di dalam hidung bisa dibuat encer sehingga bisa mengalir dan melegakan hidung. Sumbatan pun akan terbuka ketika lendir telah mencair dan Anda bisa kembali melanjutkan tidur dengan nyenyak.

(Baca juga: bahaya konsumsi garam berlebihan)

11. Steaming

Pernapasan yang tiba-tiba menjadi terganggu akibat adanya sumbatan lendir di dalamnya memang akan membuat tak nyaman apalagi mengurangi kualitas tidur Anda. Maka cobalah steaming, cara ini termasuk yang terbaik untuk melegakan pernapasan yang tersumbat supaya kembali normal di mana peradangan akan dibuat lebih tenang. Steaming bukan hanya sesuai dilakukan saat Anda melakukan perawatan rambut di salon saja karena steaming bisa dianggap sebagai solusi cepat untuk hidung tersumbat.

Pakai cara sendiri untuk membuat steaming, yaitu dengan memakai handuk yang basah; basahi handuk dengan menggunakan air hangat, peras lalu bungkuskan ke kepala Anda. Inilah cara steaming yang baik yang Anda bisa buktikan keampuhannya dalam melegakan hidung sehingga akhirnya Anda bisa bernapas dengan lancar lagi. Saat sudah tidak lagi hangat, handuk bisa dilepas dari kepala Anda.

(Baca juga: bahaya sauna bagi kesehatan)

12. Memanfaatkan Uap dari Teh Herbal

Obat lainnya untuk meredakan hidung yang tersumbat adalah teh herbal, tapi teh ini bukan untuk diminum karena Anda hanya perlu memanfaatkan uapnya saja. Ketika membuatnya dalam keadaan panas, hirup uap yang beraroma herbal tumbuh-tumbuhan ini sehingga iritasi yang terjadi di saluran pernapasan Anda bisa lebih tenang dan menjadi pulih kembali. Tujuan dari pemakaian teh herbal ini adalah untuk membuat lendir lebih encer yang akhirnya bisa membuat saluran hidung dapat diperbaiki; Anda pun bisa melanjutkan tidur yang terinterupsi.

13. Minum Air Jeruk Nipis Hangat

Bila tubuh Anda tidak lelah atau lemah, keluarlah dari kamar dan buatlah air jeruk nipis hangat karena ramuan ini sangat manjur dan baik untuk menyelamatkan hidung Anda yang tersumbat. Untuk kekebalan tubuh, minuman ini juga dianggap sehat dan bermanfaat, khususnya jika Anda ingin menambahkannya dengan madu. Selagi masih hangat, minumlah dan Anda akan merasakan hidung yang tersumbat akan lega sedikit demi sedikit.

(Baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag)

14. Mengunyah Bawang Putih

Cara lainnya yang mungkin akan sedikit lebih ekstrem adalah dengan mengunyah bawang putih di mana Anda tahu sendiri bahwa bau dari bawang putih ini akan sangat menyengat. Namun, terlepas dari bahaya bawang putih mentah serta efek samping bawang putih terhadap kesehatan, mengunyah bawang putih seperlunya saat hidung tersumbat bisa menyelamatkan. Efek pedas dan panas dari bumbu dapur inilah yang akan membuat hidung Anda bisa menjadi lebih lega. Ini hanya alternatif yang kiranya bisa dipertimbangkan ketika cara lainnya kurang begitu ampuh untuk Anda pribadi.

15. Menggunakan Cabe Rawit

Selain bawang putih, cabe rawit pun kalau tersedia di rumah sangat boleh dicoba untuk mengatasi hidung Anda yang tersumbat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengirisnya kecil-kecil lali ditambahkan ke minuman teh hangat yang Anda siapkan. Sensasi pedas dan panas yang dobel dari cabe rawit dan hangatnya teh akan membuat hidung akan seketika terasa lega dan saluran pernapasan akan kembali normal di mana Anda kemudian bisa melanjutkan waktu tidur yang sempat terganggu. Teh pedas memang agak kurang familiar, tapi boleh menjadi alternatif ketika Anda sudah kehabisan akal.

(Baca juga: cara menghilangkan flu)

16. Jalan-jalan

Hidung yang tersumbat di malam hari sehingga mengganggu tidur Anda bisa diatasi dengan mengambil waktu untuk berjalan-jalan sejenak. Pergilah keluar untuk mendapatkan udara segar jika Anda merasa tubuh baik-baik saja dan tidak terlalu lelah maupun lemah karena pada dasarnya Anda membutuhkan waktu untuk refreshing sebentar. Peredaran pernapasan Anda bisa ditingkatkan dengan melakukan jalan-jalan yang tidak usah terlalu lama dan jauh. Berjalan kaki diyakini menjadi sebuah dekongestan alami yang efektif.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung