Home ReviewTindakan Medis 6 Langkah Pertolongan Pertama Benturan Kepala

6 Langkah Pertolongan Pertama Benturan Kepala

by Roro Dyiah

Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar kata benturan, sebenarnya apa saja sih yang berkaitan dengan benturan itu sendiri, mungkin kita sering saja mendengar benturan, tapi kadang kita tidak mengetahui sebenarnya apa makna istilah itu dan juga bagaimana cara mengatasi bila kita terkena benturan serta sebab yang terjadi ketika terjadi benturan, untuk itu akan kita ulas bersama disini apa itu benturan, cara mengatasi benturan pada kepala dan juga penyebab penyebab terjadinya benturan, serta efek efek setelah terjadinya benturan itu.

Pengertian dan Sebab Terjadinya Benturan

Apa sih benturan itu ? benturan adalah pertemuan antara benda dengan suatu benda lain yang saling bertabrakan hingga terjadinya yang namanya benturan. Lalu apa yang menyebabkan benturan ? kalau untuk pembahasan ini kita fokuskan benturan pada kepala. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab penyebab terjadinya benturan, diantara lain adallah, terjatuh, tabrakan, dan tertiban benda berat. Tertiban benda berat juga bisa disebut benturan, karena benturan itu sendiri sudah dijelaskan diatas bahwa merupakan pertemuan antara benda dengan benda lain yang saling bertabrakan.(baca juga: bahaya benturan di kepala)

Akibat Terkena Benturan pada Kepala

benturan yang terjadi di kepala biasanya lebih membawa efek yang agak rumit untuk itu perlu diketahui hal berikut:

  • Gagar otak. Mengapa bisa gagar otak ? karena saraf pada kepala itu tersusun dan tersambung ke dalam otak, jika saraf yang terkena bukanlah saraf pusat, bisa saja gagar otak yang terjadi itu hanya gagar otak ringan. Namun ketika yang terkena adalah syaraf pusat, maka bisa jadi seorang yang terkena benturan pada kepala ini akan menjadi lupa fatal. Sebenarnya hal ini tergantung juga dari seberapa tekanan dan seberapa keras benda yang berbenturan dengan kepala. Apabila benturan yang diberikan pada kepala itu keras namun tidak mengenai syaraf syaraf penting di otak maka ini tidak akan fatal, namun sebaliknya sepelan apapun benturan itu, apabila benturan telah mengenai otak maka bisa jadi akan mengalami gagar pendarahan otak, bahkan gagar otak total sekalipun. (baca juga: cara mencegah stroke)
  • Memar pada kepala. Benturan dimanapun ia terjadi pastilah mengakibatkan memar, karena adanya darah yang mati atau berhenti di daerah itu, darah tidak dapat berfungsi dengan maksimal, sehingga menyebabkan memar yang terkadang di tandai dengan warna yang agak biru ke unggu-unguan. Nanti akan dibahas bagaimana cara mengatasi memar ini. (baca juga: akibat kekurangan vitamin B kompleks)
  • Gangguan pengelihatan. Otak adalah pusat dimana syaraf syaraf itu terkumpul, apabila satu syaraf saja terganggu di otak, maka akan mengganggu sistem lain di otak, seperti mata. Syaraf pada mata juga terhubung ke otak, biasanya syaraf inilah yang sering terserang ketika ada benturan. Terganggunya syaraf mata maka akan mengakibatkan kebutaan. (baca juga: ablasio retina mata)
  • Tulang leher akan bergeser, sehingga beberapa syaraf menjadi terjepit

Berikut ini cara mengatasinya :

  1. Gagar otak

Untuk mengatasi gagar otak itu sendiri pertama kali kita harus mengenali apa yang terjadi setelah terjadi benturan itu, jika memang terjadi gagar otak segeralah bawa ke dokter agar syaraf yang terkena benturan tadi tidak fatal dan masih bisa tertolong.

  1. Memar

Untuk luka memar setelah terjadinya benturan dapat diatasi dengan beberapa cara berikut:

  • Ambill air hangat dan handuk
  • Tepuk tepukan air hangat dengan anduk ke bagian yang memar
  • Bisa juga di diamkan seperti halnya di kompres pada luka itu.
  • Sedikit beri pijatan pada luka memar itu, agar darah beku pada luka itu bisa cair lagi.
  1. Kebutaan

Sama halnya dengan gagar otak, kita harus mengenali terlebih dahulu apa penyebabnya jika setelah terbentur ada ciri seperti kepala terasa kepala sering pusing, mata menjadi buram, keseimbangan tidak dapat teratur, maka sesegera mungkin periksakan ke dokter syaraf mata, karena itu adalah efek awal gangguan pengelihatan. (baca juga: jenis-jenis penyakit mata)

  1. Tulang leher bergeser

Untuk mengatasi akibat benturan ini diperlukan banyak perawatan. Alangkah baiknya ketika terkena benturan dan dirasa ada tulang yang bergeser segera periksa ke dokter, sebelum akibatnya akan fatal. (baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang)

  1. Vertigo

Pusing berputar atau vertigo dapat diatasi dengan:

  • Memijat bagian kepala yang terasa pusing
  • Memberinya sentuhan hanggat, bisa dengan air hanggat seperti di kompres, bisa juga menggunakan balsam
  • Rilekskan seluruh anggota badan, agar syaraf-syaraf dapat berfungsi dengan maksimal lagi

baca juga: bahaya penyakit vertigo

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Benturan

Bila di atas tadi dijelaskan untuk mengatasi benturan pada kepala, disini sedikit uraian tentang bagaimana mengatasi benturan dimanapun.

  1. Memijat bagian yang memar. Bagian yang memar akibat benturan perlu dipijat pijat agar tidak menonjol
  2. Gunakan balsam. Balsam digunakan agar rasa memar dapat sedikit terasa reda, meskipun terasasakit.
  3. Berikan air hangat. Bila tidak terlalu senang dengan balsam, maka dapat menggunakan air hangat sebagai gantinya, air hangat di tepuk-tepukan menggunakan handuk ke bagian yang memar, tepuklah secara perlahan. (baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan)
  4. Urut bagian yang terkena memar. Urutan yang dilakukan pada memar akan meluruskan kembali syaraf-syaraf yang bergeser akibat darii benturan yang terjadi.
  5. Periksalah kedokter. Bila benturan yang terjadi amatlah keras, maka segera periksakan diri kedokter. Agar tidak terjaadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Rilekskan anggota tubuh. Bila kaki yang terkena benturan maka luruskan kaki itu agar rileks, dan darah akan mengalir secara normal kembali, dengan dibantu sedikit sentuhan urutan.

baca juga:

You may also like