Pertolongan Pertama Kena Minyak Goreng Panas   

18646

Penting untuk anda ketahui cara pertolongan pertama kena minyak goreng panas jika anda sedang memasak. Semua ibu rumah tangga atau koki yang bekerja di dapur tentu sudah tidak asing lagi ketika terkena minyak panas. Cipratan minyak panas akan terasa sangat panas dan menyakitkan. Meskipun sudah berusaha agar tidak terkena minyak panas ketika memasak atau menggoreng, namun resiko ini memang tidak bisa dihindari.

Pertolongan Pertama

Ketika terkena minyak panas maka sebaiknya Anda tidak langsung panik. Berikut ini langkah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

  1. Masukkan Luka ke Air Dingin

Pada dasarnya luka terkena minyak panas memang sama seperti jenis luka terbakar. Minyak yang panas sering menyebabkan bekas sehingga membuat kulit menjadi tidak menarik. Untuk itu pertama ketika Anda terkena minyak panas, maka langsung merendam luka dengan air dingin. Setidaknya Anda bisa merendam selama 20 menit hingga luka menjadi terasa dingin dan tidak terlalu panas.

  1. Bersihkan dengan Kain Bersih

Setelah bagian luka direndam dengan air dingin maka bersihkan atau keringkan luka dengan handuk atau kain yang bersih. Jangan menggosok bagian luka karena bisa menyebabkan luka mengelupas dan infeksi. Anda hanya perlu mengeringkan dengan menempelkan handuk ke bagian luka.

  1. Gunakan Krim untuk Luka Terbakar

Setelah luka direndam dan dibersihkan, maka terapkan bagian krim yang untuk luka yang terkena minyak panas. Krim khusus untuk luka bakar akan membantu mencegah bekas dan resiko infeksi. Jika Anda tidak memiliki krim khusus anti luka bakar maka gunakan pelembab kulit yang dingin dan tidak mengandung alkohol.

  1. Tutup Luka dengan Perban

Sekecil apapun luka akibat terkena minyak panas sebaiknya ditutup dengan perban yang steril. Luka yang ditutup bisa membuat luka menjadi lebih cepat sembuh dan mencegah infeksi dari lingkungan. (Baca : Penanganan luka bakar)

  1. Minum Banyak Air Minum

Meskipun itu hanya terkena luka minyak panas yang kecil atau besar, maka Anda harus banyak minum air mineral. Air mineral akan membantu tubuh mengurangi resiko dehidrasi. Selain itu air juga bisa meningkatkan cairan tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Meminta Bantuan Medis Segera

Jika ada korban yang terkena minyak panas dengan area yang sangat besar maka pertolongan pertama bisa dilakukan dengan merendam dengan air dingin. Setelah itu harus segera meminta bantuan medis. Luka terkena minyak panas dalam skala yang lebih luas membutuhkan perawatan medis. Jangan memberikan krim apapun karena bisa menyebabkan komplikasi. Selain itu jangan memberikan air minum atau makanan apapun karena bisa saja korban membutuhkan tindakan operasi dengan bius total.

Perawatan Alami Akibat Minyak Panas

Jika Anda mengalami cipratan air panas atau secara tidak sengaja terkena minyak panas dalam skala yang kecil maka Anda bisa melakukan perawatan alami. Beberapa perawatan alami dibawah ini tidak disarankan untuk luka dengan skala area yang luas dan kondisi kritis.

  1. Gunakan Masker Mentimun dan Kentang

Anda bisa mencoba untuk menggunakan mentimun dan kentang. Potong kentang dan mentimun kemudian bersihkan di air yang mengalir. Kemudian campur dengan sedikit air dan hancurkan dengan blender. Setelah itu gunakan masker ini ke bagian luka yang terkena minyak. Mentimun dan kentang akan mendinginkan luka dan mengurangi infeksi akibat peradangan.

  1. Gunakan Masker Stroberi dan Tomat

Jika Anda memiliki stroberi dan tomat maka bisa digunakan dengan mengolahnya menjadi masker. Ambil beberapa buah stroberi dan tomat kemudian hancurkan dengan blender. Setelah itu oleskan pada bagian yang luka. Stroberi dan tomat mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu mengurangi infeksi dan mencegah peradangan. Bahkan masker ini juga bisa mencegah bekas pada kulit.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, maka juga bisa digunakan untuk mengobati luka akibat terkena minyak panas. Anda bisa mengambil beberapa batang lidah buaya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu ambil gel nya dengan mengupas kulit lidah buaya. Gunakan gel langsung pada bagian yang terluka. Gel lidah buaya akan membantu mengurangi resiko pembengkakan dan membuat luka cepat sembuh.

  1. Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis

Anda juga bisa menyembuhkan luka akibat minyak panas dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Cara ini sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengambil jeruk nipis yang sudah dibersihkan kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu perasa dan ambil airnya. Gunakan airnya secara langsung pada bagian luka. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa membuat luka cepat pulih. Namun biasanya banyak yang tidak tahan karena akan terasa perih pada luka.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin C

Hal yang Dilarang Ketika Terkena Minyak Panas

  1. Jangan pernah memberikan es batu secara langsung ke bagian kulit yang terkena minyak panas. Es yang sangat dingin bisa menyebabkan peradangan pada kulit. Bahkan bisa menyebabkan pembengkakan yang membuat luka sulit untuk sembuh.
  2. Jangan menekan bagian luka terkena minyak panas. Tekanan bisa menyebabkan pembengkakan sehingga sulit untuk disembuhkan.
  3. Jangan menerapkan krim untuk luka bakar sebelum luka direndam dengan air dingin. Hal ini bisa menyebankan infeksi yang parah.
  4. Hindari bagian luka yang terkena minyak panas terkena beberapa produk kosmetik seperti bedak atau pelembab. Produk kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan infeksi dan membuat luka semakin membutuk.
  5. Jika luka akibat terkena minyak panas membengkak, maka jangan menekan atau mengeluarkan cairan di dalamnya. Sebaiknya Anda harus menunggu hingga luka sembuh dan mengering secara alami.
  6. Jangan menusuk dengan jarum atau benda tajam apapun pada bagian luka akibat minyak panas karena bisa menyebabkan infeksi.
  7. Jangan berendam dengan air panas atau sauna ketika memiliki luka terkena minyak panas. Hal ini akan meningkatkan rasa panas pada luka dan membuat luka sulit untuk pulih.

Dampak Terkena Minyak Panas

  1. Minyak panas yang mengenai kulit bisa menyebabkan pembengkakan seperti balon pada kulit. Jika tidak diobati dengan baik maka bisa meninggalkan bekas seperti bercak hitam atau merah.
  2. Terkena minyak panas juga bisa meninggalkan bekas pada kulit seperti jaringan parut dan bentuk yang tidak menyenangkan.
  3. Sering terkena minyak panas bisa menyebabkan rasa tidak percaya diri sehinga sulit untuk tampil ketika menggunakan pakaian yang terbuka.
  4. Terkena minyak panas pada skala yang berat atau area yang luas bisa menyebabkan kerusakan syaraf dan bentuk kulit.

Mengingat dampak yang sangat buruk jika terkena minyak panas maka sebaiknya Anda harus bersikap hati-hati ketika memasak. Selain itu jika terkena minyak panas maka segera melakukan pertolongan pertama. Hindari bersikap panik karena bisa menyebabkan luka terlambat untuk ditolong.