4 Pertolongan Pertama Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung menjadi salah satu penyebab penyakit paling mematikan di dunia. Serangan jantung bisa terjadi pada orang yang memang sudah menderita penyakit jantung, kelainan pada jantung dan bisa jadi itu serangan pertama kali. Kondisi tekanan dan emosi yang terlalu berat sering menyebabkan serangan jantung mendadak. Serangan jantung bisa menjadi kondisi berat yang membuat penderita harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Apa Penyebab Serangan Jantung?

Seseorang mungkin tidak pernah merasakan gejala yang khusus dan tiba-tiba terkena serangan jantung. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan tekanan mental, gaya hidup tidak sehat atau penyakit jantung bawaan. Sebuah serangan jantung secara mendadak bisa terjadi ketika ada aliran darah menuju bagian jantung secara langsung terhenti. Hal ini bisa menyebabkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Hal ini juga berarti bahwa jantung tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup sehingga, menyebabkan jantung gagal berfungsi. Jika kondisi ini tidak segera mendapatkan pertolongan maka bisa menyebabkan efek fatal seperti kematian.

Gejala Serangan Jantung

Jika bertemu dengan orang yang mungkin mengalami serangan jantung, maka Anda bisa mencurigai beberapa gejala. Gejala awal untuk serangan jantung bisa sangat bervariasi. Berikut ini adalah beberapa gejala yang paling sering terjadi :

  • Rasa tekanan yang sangat berat pada bagian dada seperti dada yang diremas kuat dan terasa sangat penuh.
  • Kesulitan untuk bernafas karena oksigen dalam tubuh juga berkurang dan tekanan yang terlalu berat pada dada. (baca juga : penyebab dada sesak nafas)
  • Rasa sakit berkembang dari bagian tengah dada, punggung, perut, lengan, rahang dan bahu. Tekanan sakit ini biasanya berlangsung selama beberapa menit saja sebelum serangan jantung terjadi.
  • Tubuh mengeluarkan keringat dingin sehingga mungkin pakaian akan terlihat lebih basah.
  • Kepala pusing dan mulai menyebabkan penderita ingin memejamkan mata.
  • Biasanya pada penderita serangan jantung wanita akan disertai dengan rasa mual dan muntah.
  • Lengan mulai kehilangan sensasi atau rasa dari bagian lengan kiri atau kanan. Rasa kehilangan sensasi digambarkan seperti sering kesemutan yang tidak nyaman dan mulai kehilangan rasa.
  • Tubuh menjadi sangat lemah dan bisa menyebabkan penderita serangan jantung jatuh.

Jika anda tiba-tiba menemukan orang yang terkena serangan jantung, maka bisa memberikan pertolongan. Pertolongan pertama serangan jantung ini sifatnya hanya darurat dan bisa meningkatkan harapan penderita jantung. Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan :

1. Tenangkan Penderita Serangan Jantung

Jika orang yang terkena serangan jantung dalam keadaan berdiri maka carikan tempat duduk. Anda bisa memindahkan kursi ke dekat penderita sehingga bisa langsung duduk. Anda harus mencoba menenangkan agar penderita serangan jantung tidak terlalu panik. Jika semakin panik maka hanya akan memperburuk kondisi. Anda sebagai orang yang pertama kali menolong juga tidak boleh panik dan tetap tenang.

2. Longgarkan Pakaian

Setelah itu Anda bisa membantu melonggarkan pakaian agar penderita bisa bernafas dengan baik. Lepas beberapa kancing baju dan ikat pinggang sehingga penderita akan merasa lebih nyaman. Pada saat ini Anda harus mencoba untuk membantu mengatur nafas seperti memberikan aba-aba untuk menarik dan menghembuskan nafas. Perhatikan jika kondisi penderita serangan jantung terlihat melemah atau menunjukkan tanda kehilangan kesadaran.


3. Tanyakan Obat yang Dibawa Penderita

Jika orang yang Anda tolong memang sudah menderita penyakit jantung, maka biasanya mereka membawa obat untuk mengatasi serangan. Tanyakan kepada penderita apakah obat tersebut dibawa atau tidak. Jika dibawa maka segera cari dan berikan dengan air minum. Jika tidak maka segera hubungi tim medis darurat atau bisa menghubungi keluarga terdekat penderita serangan jantung.

4. Lakukan CPR jika Penderita Kehilangan Kesadaran

Jika penderita serangan jantung kehilangan kesadaran maka Anda bisa melakukan CPR. Cara ini memang tidak diketahui secara umum di Indonesia. Namun bisa berusaha untuk memberikan nafas bantuan dengan beberapa hitungan dan diselingi dengan penekanan pada bagian dada. Sebelum itu, harus segera meminta bantuan medis dan mengatakan kondisi yang dialami oleh penderita.

Hal yang Dilarang Ketika Bertemu Orang Terkena Serangan Jantung

  • Jangan pernah meninggalkan orang yang terkena serangan jantung atau justru lari meminta bantuan. Anda harus tenang dan mencoba agar bisa melakukan pertolongan pertama sambil mencari bantuan medis.
  • Jangan sampai hanya diam saja tanpa melakukan pertolongan pertama dan hanya menunggu bantuan. Anda bisa melakukan beberapa pertolongan pertama yang paling ringan seperti mengajak berbicara, menenangkan penderita serangan jantung dan melonggarkan pakaian.
  • Jangan pernah memberikan makanan, minuman atau apapun itu kecuali obat jantung yang dibawa oleh penderita serangan jantung itu sendiri.
  • Apapun yang terjadi jangan sampai tidak menghubungi pihak medis. Bahkan jika penderita serangan jantung sudah sadar atau membaik maka, harus tetap menghubungi medis. Penderita serangan jantung akan membutuhkan perawatan lanjutan sehingga lebih baik jika langsung dibawa ke rumah sakit setelah kejadian tersebut.

Apa Perbedaan Serangan Jantung dan Sakit Jantung?


  • Serangan jantung adalah sebuah kondisi ketika secara tiba-tiba jantung tidak bisa berfungsi secara mendadak saat memompa darah ke semua bagian tubuh. Hal ini menyebabkan jantung tiba-tiba berhenti berdetak dan menyebabkan serangan jantung. Kondisi ini bisa menjadi sangat kritis sebab jika jantung segera tidak berfungsi kembali maka bisa menjadi penyebab kematian mendadak.
  • Sakit jantung adalah sebuah kondisi ketika organ jantung tidak bisa atau tidak mampu berfungsi dengan baik. Penyakit ini bisa terjadi sejak lahir sebagai cacat jantung bawaan, penyakit jantung akibat kolesterol tinggi dan kelainan jantung seperti kelainan katup jantung. Orang yang sudah menderita penyakit jantung memiliki resiko serangan jantung yang lebih tinggi.

Akibat Serangan Jantung

Kondisi serangan jantung yang sudah terjadi bisa menyebabkan jantung kehilangan fungsinya lagi secara normal. Serangan jantung yang sudah terjadi biasanya akan menyebabkan kerusakan permanen pada bagian otot jantung. Meskipun jika serangan jantung sudah mendapatkan perawatan namun kondisi jantung yang sehat sulit untuk didapatkan. Karena itu orang yang sudah menderita serangan jantung harus minum obat sesuai petunjuk dokter dan membawa obat itu kemanapun pergi untuk mengatasi serangan berulang.

Penyakit jantung memang sangat mengerikan. Salah satu usaha untuk mencegah agar tidak terkena penyakit jantung adalah dengan mengelola kesehatan jantung itu sendiri. Terlebih jika sudah menderita penyakit jantung maka harus mengelola gaya hidup sehat. Dan semua orang harus memperhatikan beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama pada serangan jantung.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung