8 Pertolongan Pertama pada Patah Tulang dan Pendarahan

5978

Patah tulang merupakan salah satu jenis akibat yang paling sering dari kecelakaan lalu lintas, jatuh atau cedera akibat olahraga. Patah tulang menyebabkan ada bagian celah pada bagian tulang yang menyebabkan rasa sakit ketika disentuh. Patah tulang bisa menjadi bentuk melintang atau menjadi beberapa  potongan. Tekanan atau trauma yang terlalu keras bisa menyebabkan patah tulang.

Tipe Patah Tulang

  1. Patah tulang greenstick, yaitu kondisi patah tulang yang menyebabkan tulang membengkok dan biasanya banyak terjadi pada anak-anak ketika menerima tekanan atau trauma yang keras.
  2. Patah tulang tranversal, yaitu patah tulang yang terjadi pada bagian tengah tulang.
  3. Patah tulang oblik, yaitu patah tulang yang membuat tulang tengah melengkung atau bengkok.
  4. Patah tulang komunitif, yaitu patah tulang yang menyebabkan tulang pecah menjadi beberapa bagian.
  5. Patah tulang patologis, yaitu patah tulang yang disebabkan karena penyakit pada bagian tulang.

Gejala Patah Tulang

  • Rasa sakit yang buruk pada bagian patah tulang dan sangat sakit bahkan hanya jika digerakkan atau disentuh.
  • Pada bagian patah tulang terlihat bengkak, muncul bekas kebiruan dan terkadang mati rasa sehingga tidak terasa jika disentuh atau digerakkan.
  • Perubahan bentuk sendi atau struktur tulang yang biasanya terjadi pada bagian kaki atau lengan.
  • Tulang terlihat sangat menonjol dan bahkan keluar dari kulit atau dibawah bagian kulit tapi sangat terlihat.
  • Munculnya pendarahan yang dekat dengan tempat patah tulang.

Banyak orang yang melihat bahwa patah tulang bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Karena itu penderita patah tulang harus segera mendapatkan pertolongan. Jika Anda melihat orang patah tulang, maka bisa mencoba melakukan langkah pertolongan pertama pada patah tulang seperti dibawah ini :

1. Keputusan Pindahkan atau Tidak

Jika anda menolong korban kecelakaan dijalan raya dan situasi bisa membahayakan penderita patah tulang maka pindahkan dengan cara yang sangat hati-hati. Usahakan untuk memberikan topangan pada bagian patah tulang agar tidak menyebabkan pergeseran. Namun jika tidak perlu dipindahkan maka sebaiknya jangan dipindahkan untuk menjaga agar tidak bertambah parah.

2. Baringkan Korban

Korban yang menderita patah tulang sebaiknya dibaringkan dengan posisi yang nyaman. Membaringkan korban juga bisa membantu agar patah tulang tidak menjadi lebih buruk dan membuat korban merasa lebih tenang.

3. Bantu Hentikan Pendarahan

Jika kasus patah tulang yang Anda bantu disertai dengan pendarahan, maka pertama kali adalah bantu menghentikan pendarahan. Bersihkan luka ada di sekitar patah tulang secara lembut dan hati-hati. Kemudian terapkan perban yang steril dengan menekan sisi luka agar pendarahan bisa berhenti. Namun usahakan untuk tidak memberikan tekanan pada bagian yang mungkin patah tulang. (Baca juga : pertolongan pertama pada kecelakaan dengan pendarahan)

4. Jangan Menekan Patah Tulang

Setelah Anda menghentikan pendarahan atau tidak perlu jika tidak disertai dengan pendarahan, maka jangan menekan bagian tulang yang patah. Jangan mendorong atau membuat kondisi patah tulang menjadi lebih buruk.

5. Berikan Topangan pada Bagian Patah Tulang

Agar patah tulang tidak mengalami pergeseran atau bertambah buruk, maka usahakan untuk memberikan topangan pada bagian tersebut. Anda bisa menggunakan papan yang keras atau handuk yang tebal. Tujuannya adalah untuk menghindari agar patah tulang tidak bergeser.

6. Kompres dengan Es

Penderita patah tulang biasanya akan merasa sangat sakit dan membuat kondisinya semakin menurun sebelum sampai di rumah sakit. Untuk mengurangi rasa sakit maka disarankan untuk mengompres dengan es. Bungkus es batu dengan handuk yang lembut dan tebal kemudian, terapkan pada bagian patah tulang. Jangan menempelkan es batu ke bagian kulit secara langsung karena bisa menyebabkan komplikasi pendarahan di bagian dalam.

(Kompres es ini juga berguna untuk : cara mengobati ambeien dan cara menghilangkan mata panda)

7. Bantu Korban Mengatasi Syok

Orang yang menderita patah tulang mungkin akan mengalami syok yang menyebabkan kondisi tubuh menurun dengan cepat. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk membantu mengatur nafas. Jangan memberikan makanan atau minuman apapun, karena bisa saja korban harus menjalani operasi dengan bius total.

8. Mencari Bantuan Medis

Orang yang menderita patah tulang membutuhkan bantuan medis dari ahli. Anda bisa meminta bantuan medis sejak sebelum memberikan pertolongan pertama pada korban. Cara ini akan mempercepat korban bisa ditangani oleh medis sehingga bisa mengurangi komplikasi.

Hal Penting Saat Memberikan Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

  1. Jangan sekali-kali mencoba untuk mendorong atau menggerakkan bagian yang patah tulang karena bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah dan komplikasi untuk korban.
  2. Jika Anda menemukan korban dan tidak tahu apakah itu patah tulang atau kesleo maka harus menolong dengan dasar sebagai patah tulang. Hal ini bisa mencegah kondisi yang lebih buruk.
  3. Jangan memberikan makanan atau minuman apapun untuk korban karena bisa saja korban membutuhkan tindakan operasi dengan bius total.
  4. Jika tulang retak pada bagian selangka sebaiknya gunakan penopang pada bagian lengan.

Kapan Harus Segera Meminta Bantuan Medis / Ambulan?

  1. Korban tidak bisa bergerak sama sekali dari bagian atas hingga kebawah.
  2. Korban tidak bisa merasakan sentuhan pada beberapa bagian tubuh terutama bagian yang mungkin terkena patah tulang.
  3. Korban mulai mengalami kehilangan kesadaran.
  4. Detak jantung korban sangat cepat dan kondisinya sudah mulai menurun.
  5. Terjadi pendarahan pada bagian luka atau dalam tubuh yang disertai dengan gejala muntah darah, darah dari hidung atau telinga.
  6. Ketika korban merasa sangat kesakitan dan menyebabkan anda tidak bisa melakukan pertolongan pertama.
  7. Rasa sakit yang sangat kuat pada bagian patah tulang sehingga tidak bisa disentuh.
  8. Ada bagian tulang yang muncul keluar dari daging sehingga terlihat dari luar.
  9. Banyak bekas kebiruan di semua bagian tubuh korban yang bisa disebabkan karena benturan maupun pendarahan dari dalam.
  10. Patah tulang yang terjadi pada bagian leher, tulang rusuk atau tulang ekor yang menyebabkan penderita tidak mungkin diberikan pertolongan pertama.

Hal Penting yang Harus Dilihat Ketika Memberikan Pertolongan Pertama Patah Tulang

  1. Korban tidak bisa bergerak.
  2. Korban mengalami pembengkakan.
  3. Patah tulang menyebabkan tulang masuk ke bagian yang berlawanan dan tidak wajar.
  4. Bagian tungkai kaki menjadi lebih pendek atau bengkok ke kanan atau ke kiri.
  5. Bunyi yang muncul dari bagian patah tulang ketika mencoba di sentuh atau digeser.
  6. Korban mengalami kehilangan kesadaran.
  7. Korban mengalami syok hingga tidak bisa diajak berkomunikasi.

Hal terpenting ketika memberikan pertolongan pertama pada patah tulang adalah membuat kondisi korban lepas dari syok. Jangan memberikan perlakuan pertolongan pertama yang membuat kondisi patah tulang menjadi lebih buruk. Memindahkan korban patah tulang juga harus melihat kondisi korban.

Pertolongan pertama juga diberikan pada beberapa kondisi berikut :