Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 15 Cara Mengobati Patah Tulang Secara Alami Paling Ampuh

15 Cara Mengobati Patah Tulang Secara Alami Paling Ampuh

by Mei Riska

Cara mengobati patah tulang tentu dicari oleh masyarakat luas, mengingat saat ii kasus kecelakaan di jalanan semakin meningkat dan tinggi. Kondisi jalan yang semakin ramai membuat suasana di jalanan semakin tidak kondusif.  Patah tulang merupakan suatu kondisi yang bisa dialami jika ada kondisi tulang yang patah dan melengse. Orang yang mengalami patah tulang meskipun sudah diobat akan tetap menjadi ciri di kedepannya nanti. Pengobatan yang dilakukan hanya berfungsi sebagai penyambung tulang yang patah itu gara menjadi seperti sedia kala serta mengurangi rasa sakit yang muncul akibat patah tulang. Keberhasilan cara mengobati patah tulang tergantung dengan seberapa parah kepatahan yang dialami. Berikut ini adalah cara mengobati patah tulang yang bisa ditempuh :

  1. Meningkatkan Asupan Kalsium

Kaslium merupakan nutrisi bagi tulang. Tanpa kalsium tulang akan mudah terkena berbaga macam penyakit. Kalsium ini bisa anda dapatkan dari berbagai macam makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Kalsium ini berfungsi sebagai penjaga tulang agar tetap kuat dan padat. Kalsium ini bisa diserap bersamaan dengan vitamin D. Meningkatkan asupan kalsium di dalam tubuh sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit patah tulang. Sumber kalsium ini ada pada suus, sayuran dan juga berbagai macam supplemen yang mengandung kalsium. Berbagai macam produk olahan susu juga ada yang banyak mengandung kalsium seperti yoghurt dan permen susu.

Baca : Akibat kelebihan kalsium bagi tubuhBahaya kekurangan kalsium Buah yang mengandung kalsium tinggi

  1. Teh Hijau

Selama ini teh hijau dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan manusia. Namun siapa sangka jika teh hijau ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Mnegkonsusmi 5 cangkir teh hijau setiap harinya berguna untuk menyembuhkan patah tulang. Negara Cina meyakini baahwa teh hijau memiliki sifat menyembuhkan, sehingga tidak mengherankan jika teh hijau ini nantinya bisa digunakan sebagai penyembuhan bagi penderita patah tulang. Manfaat lain dari teh hijau adalah mencegah pertumbuhan sel kanker sebab mengandung antioiksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat rasa dari teh hijau sangat pahit. Meski pahit teh hijau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Baca : Bahaya minum es teh manisBahaya minum teh

  1. Pemijatan

Pemijatan sangat berguna untuk menyembuhkan oatah tulang. Pemijatan tubuh manusia ini memiliki banyak manfaat dan bisa dilakukan dalam berbagai macam cara. Pemijatan yang dilakukan di tubuh manusia ini berfungsi untuk peningkat aliran darah ke seluruh tubuh manusia. Ketika anda melakukan pemijatan di bagian jaringan yang lunak atau di sekitar tulang yang patah maka sirkulasi udara yang ada di tulang itu kana lancar. Sirkulasi udara yang lancar bisa mempercepat penyembuhan patah tulang yang dialami.

  1. Terapi Panas

Untuk mengobati patah tulang anda bisa menggunakan cara berupa melakukan terapi panas. Terapi panas ini berguna dalam merekatkan kembali tulang yang telah retak. Terapi panas yang dilakukan bisa membuat aliran darah menjadi lancar sehingga perbaikan tuang yang patah bisa dilakukan lebih cepat. Terapi panas dalam mengobati patah tulang bisa dilakukan dalam berbagai macam cara. Yaitu sebagai berikut ini :

  • Menggunakan handuk. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi patah tulang adalah dengan merendam handuk di air panas. Kompreskanlah handuk yang pans tersebut ke bagian tulang yang patah. Rasa panas di bagian tulang yang patah bisa menyebabkan aliran darah menjadi lancar. Lakukalah pengompresan selama 30 menit dan lakukalah cara tersebut sebanyak tiga kali dlama sehari. Cara ini bisa anda lakukan untuk patah tulang yang tidak disertai dengan luka, jika patah tulang disertai dengan luka anda bisa memilih opsi penyembuhan yang lainnya.
  • Rendaman air hangat. Jika yang mengalami atah tulanga daah di bagian kaki anda bisa mencoba merendam bagian kaki anda tersebut. Merendam kaki anda bisa berguna untuk melancarkan aliran darah yang ada di bagian kaki. Semakin lancar aliran darah dikaki anda maka semakin cepat pula patah tulang bisa segera disembuhkan. ( Baca : Terapi air putihHipnoterapi )
  1. Latihan

Untuk mengobati patah tulang bisa menggunakan latihan. Latihan kecil bisa dilakukan untuk mengobati patah tulang yang anda alami. Memang yang namanya patah tulang tidak bisa didiamkan begitu saja, namun harus dilatih sedikit demi seikit agar otot dan tulang menjadi tidak kaku. Latihan yang dilakukan tersebut haruslah sesuai dengan kemapuan dan kekuatan, jangan memaksakan diri. Namun usahakan setiap hari anda melakukan latihan tersebut, seab yang namanya tulang jika tidak dilatih tetap akan memebrikan rasa kaku pada bagian yang patah.

Baca : Cara agar badan tidak bungkuk

  1. Berhenti Merokok

Orang yang merokok akan memiliki kepdatan tulang yang kurang, hal itu dikarenakan kandungan mineral pada orang perokok sedikit. Berbeda halnya jika orang yang tidak merokok. Kepadatan tulang orang yang merokok bagus sehingga ketika terjadi patah tulang, tulang yang padat akan mudah menyatu kembali dibandingkan dengan orang yang merokok. Kandungan kimia pada rokok juga bisa menyebabkan aliran darah di bagian tulang menjadi terganggu. Hal tersebut sangat tidak bagus untuk penyembuhan patah tulang.

Baca : Macam-macam penyakit akibat merokokBahaya merokok sehabis makanPenyebab anak-anak merokok

  1. Es Batu

Untuk mengobati patah tulang selanjutnya bisa menggunakan es batu. Es batu ini bisa berguna untuk meredakan patah tulang yang disertai dengan peradangan. Selama ini es batu memiliki manfaat untuk kesehatan, mislanya digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda dan bisa digunakan untuk mengobati patah tulang. Rasa panas akibat tulang patah yang dialami bisa diredakan dan diinginkan menggunakan es batu. Cara menyembuhkan patah tulang mengguakan es batu sangat mudah sekali yaitu dengan mengompres bagian tulang yang patah menggunakan es batu yang telah dibungkus kain. Anda bisa mengomres bagian tulang yang patah selama 10 menit sampai dengan 15 menit. Lakukanlah car ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Mungkin tulang yang patah akan terasa ngilu, namun hal tersebut merupakan halyang wajar dalam proses penyembuhan menggunakan es batu.

Baca : Cara menghilangkan mata pandaBahaya makan es batu setiap hari

  1. Kain

Untuk mengatasi tulang yang patah, anda bisa menggunakan batuan ambin atau kai. Cara penggunannya adalah dengan melilitkan kain tersbeut di bagian tulang yang patah. Kain ini bisa anda gunakan untuk mengatasi patah tulang di bagian telapak tangan. Telapak tangan yang mengalami tulang patah bisa ditopang mengguakan kain atau ambin tersebut sehingga posisi tulang tidak semakin bergeser atau semakin menjauh dari posisi seharusnya.

  1. Gips

Pengobatan modern selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi patah tulang adalah dengan menggunakan gips. Pemasangan gips ini dilakukan bagi penderita yang mengalami patah tulang dimana posisi tulang masih tetap pada posisinya. Posisi gips itu berguna untuk merekatkan tulang kembali agar tidak semakin bergeser dari tempatnya. Gips itu juga berguna untuk mencegah patah tulang semakin parah.

Baca : Kelainan tulang belakangPertolongan pertama pada patah tulangCiri ciri flu tulang

  1. Reduksi Fraktur

Cara selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengobati patah tulang adalah dengan menggunakan reduksi fraktur. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pihak yang berpengalaman di bidangnya. Cara ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Metode ini digunakan utnuk mengatasi orang yang menerita patah tulang dengan pergeseran tulng namun pergeseran tulang yang dilami tidak terlalu parah.

Saat melakukan metode ini biasanya tulang akan dikembalikan ke posisi semula kemudian akan ditahan menggunakan gips.

Saat pengembalian tulang ke posisi semula, pasien aka merasakan kesakitan yang luar biasa dan rasa linu yang luar biasa. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri kepada pasien. Anestesi pun akan dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri pada pasien. Meski begitu, setelah anestesi hilang efeknya rasa nyeri itu akan tetap muncul. Obat pereda nyeri maupun anestesi ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan nyeri bagi pasien. Jika nyeri akibat patah tulang itu sangat parah, maka dokter akan memberikan anestesi namun jika tida terlalu parah maka dokter hanya akan memberikan obat pereda nyeri biasa.

  1. Operasi

Jalan satu-satunya untuk mengatasi patah tulang yang sudah terlanjur sangat parah adalah menggunakan jalan operasi. Meja operasi ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit patah tulang dimana pergeseran tulang yang dialami sudah sangat parah dan sudah melampaui batas. Operasi ini juga dilakukan bagi orang yang mengalami kondisi patah tulang dimana tulangnya menjadi tumpang tindih satu sama lain. Berikut ini adalah kondisi pata tuang yang dianggap berat dan parah sehingga harus dilakukan tindakan operasi untuk mengatasi atah tulang yang diderita :

  • Tulang yang patah mengenai sendi sehingga tulang tersebut jika bergerak akan mengenai sendi. Sendi yang terkena patah tulang akan merasakan nyeri luar biasa.
  • Ligamen pada tulang rusak sehingga harus segera diatasi dan diobati.
  • Tulang bergeser atau bahkan tulang terlepas dari posisinya sehingga membuat posisi tulang menjadi tidak stabil.
  • Tulang yang patah terlalu banyak. Hal ini bisa terjaid pada tulang ajri-jari tangan maupun tulang pada jari-jari kaki. ( Baca : Makanan yang cepat menembuhkan luka operasiCara mengobati usus buntu tapa operasi )
  1. Alat Penstabil Tulang

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi patah tulang adalah dengan memasukkan alat penstabil tulang. Alat tersebut dimasukkan saat proses operasi berlangsung. Alat itu berguna untuk menahan tulang tetap pada posisinya sampai pasien nanti sembuh. Alat ini merupakan alat yang berbentuk seperti akat atau batangan logam yang dirancang sedemikian rupa untuk pasien yang mengalami patah tulang.

  1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Tidak hanya kalsium saja yang dibutuhkan untuk menyembuhkan patah tulang, namun dibutuhkan pula nutrisi berupa vitamin D untuk mempercepat penyembuhan tulang yang sedang patah. Vitamin D merupakan vitamin yang bagus untuk kesehatan tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin D ini dari sinar matahari, makanan atau supplemen.

Vitamin D ini juga berfunsgi dalam pembantu penyerapan kalsium menuju ke tulang, sehingga meskipun anda sudah mengkonsumsi kalsium tanpa diimbangi dengan vitamin D, kalsium yang anda konsumsi akan susah masuk ke dalam tubuh anda. Sehingga kalsium itu akan berakhir sia-sia tanpa diserap oleh tubuh. Makanan yang mengandung vitamin D adalah kuning telur, minyak ikan dan juga daging ikan seperti daging ikan salmon, sarden, ikan tuna dan masih banyak lagi lainnya. Setiap harinya manusia diharapkan dapat mengkonsusmi vitamin D sebanyak 400 sampai dengan 800 unit setiap harinya.

Baca : Bahaya akibat kekurangan vitamin DMakanan yang mengandung vitamin D

  1. Vitamin K

Agar tulang yang patah anda segera pulih dan segera memperoleh penyembuhan yang maksimal sebaiknya anda mencukupi kebutuhan vitamin K dalam diri anda. Vitamin K ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh anda yang rusak. Bahkan pada tahun 2012, ahli tulang yang ada di negara Florida mengemukakan pentingnya vitamin K untuk menjaga kesehatan tulang yang ada di dalam tubuh anda. Alasan vitamn K berguna untuk menjaga esehatan tulang dikarenakan vitamin K itu pentng untuk menguatkan osteocalcin. Osteocalcin utu merupakan komponen penting yang ada di dalam tulang manusia. Vitamin K berguna untuk  menguatkan proein tulang tanpa harus menambah asupan mineral yang ada di dalam tulang tersebut.

Maakanan yang mengandung vitamin K ini dapa mudah anda temui karena sumber makanan yang mengandung vitamin K ada di skeitar kita. Sumber makana yang mengandun vitamin K adalah brokoli, kembang kol, ikan, hati, daging dan juga telur. Pria membutuhkan kandungan vitamin K sebanyak 120 mikrogram dalam sehari sedangkan wanita membutuhkan kebutuhan vitamin K seanyak 90 mikrogram per hari. Untuk pasien yang mengalami oatah tulang sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan sumber vitamin K 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan anjuran yang ditentukan.  Misalnya saja adalah pasien patah tulang pria, dia membutuhkan vitamin K 20 persen lebih banyak dari 120 mikrogram. Begitupula dengan wanita. Jiak kebutuhan vitamin K tercukupi maka patah tulang yang dialami bis segera pulih.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin K

  1. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya berguna untuk menguatkan antiboddi saja namun vitamin C berguna untuk membantu tubuh dalam menyembuhkan patah tulang. Vitamin C ini berguna dalam penyerapan kasium yang lebih cepat sehingga tulang bisa lebih cepat mendapatkan manfaat dari vitamin C tersebut.  Vitamin C bisa memproduksi kolage dimana kolagen ini berguna dalam proses penyembuhan tulang.

Selain vitamin  C ada nutrisi lainnya yang dipercaya bisa mempercepat penyembuhan patah tulang. Nutrisi itu adalah boron dan silica. Sama halnya dengan vitamin C, kedua nutrisi itu berguna dalam penyerapan kalsium tulang di tulang manusia. Sehingga jika kalsium dengan mudah terserap ke dalam tubuh manusia maka tulang bisa mendapatkan manfaatnya sehingga patah tulang pun bisa segera disembuhkan.

Baca : Kekurangan dan kelebihan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C tinggi

Masalah yang Muncul Saat Patah Tulang

Ada berbagai macam masalah yang bisa mengahalangi penyembuhan patah tulang yang dialami. Ada juga berbagai macam masalah yang muncul akibat patah tulang yang dialami. Berikut ini adalah berbagai macam maslaah yang bisa muncul akibat patah tulang :

  1. Sindrom Kompartemen

Masalah pertama yang bisa terjadi adalah sindrom kompartemen. Sindrom itu merupakan masalah akibat pembengkakan parah yang bisa terjadi akibat patah tulang. Patah tulang yang dialami akan menyebabkan tekanan yang ada di pembuluh darah menghambat penyupalaian darah meuju ke seluruh tubuh. Jika suplai darah terhambat maka organ penting yang membutuhkan darah menjadi terganggu fungsinya. Tidak hanya itu saja, aliran darah menjadi terhambat menuju ke otot-otot yang ada di sekitar fraktur.

Jika sebelumnya telah dibahas bahwa penyembuhan patah tulang bisa dipercepat dengan aliran darah yang lancar ke faktur tulang, maka jika pembuuh darah terhambat oleh adanya patah tulang itu maka penyembuhan tidak bisa dipercepat penyembuhannya. Menurunnya suplai darah ke seluruh tubuh membuat fraktur yang ada di tulang menjadi mati, jika fraktur mati bisa menyebabkan kecacatan dalam jangka panjang bahkan menimbulkan cacat permanen. Sindrom ini biasanya dapat terjadi jika cidera patah tulang yang diaami sudah cukup parah.

  1. Cidera Neurovaskular

Masalah patah tulang lainnya yang bisa menghambat penyembuhan patah tulang ini adalah cidera neurovaskular. Cidera neurovaskular merupakan cidera yang sangat parah sehingga menjadi penyebab areteri atau saraf yang ada di lokasi cidera menjadi rusak sehingga tidak bisa berfungsi lai. Kondisi demikian inii bisa menyebabkan pasien dengan patah tulang menjadi lumpuh atau mati rasa. Hal ini sering dialami oleh pasie yang menderita patah tulang. Setelah kecelakaan yang dialami, pasien dengan masalah satu ini akan menjadi lumpuh sehingga lama kelamaan kakinya menjadi mengecil seiring dengan bergulirnya waktu.

Baca : Jenis penyakit syarafJenis kelainan sarafKesehatan sistem saraf otak

  1. Infeksi

Masalah lainnya yang berhubungan dengan penyakit patah tuang adalah infeksi. Infeksi ini tidak boleh disepelekan sebab penangana patah tulang yang tidak tepat justru akan menimbulkan infeksi paa pasiennya. Infeksi ini disbebakan oleh fraktur yang terbuka, maksudnya fraktur terbka ini adalah patah tulang yang dialami sampai menembus kulit bagian luar. Tualng yang atah mampu merobek permukaan kulit kemudian menyebabkan infeksi ketika ujung tulang yang bergegirigi itu terkena udara, tanah maupun debu yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu penangana atah tulang harus tepat, perhatikan kebersihan luka saat patah tulang agar infeksi tidak akan muncul.

  1. Artritis

Masalah lain yang bisa muncul akibat patah tulang yang diaami adalah artiritis. Siapa yang tidak kenal dengan penyakit satu ini. Penyakit satu ini bisa menyerang siapa saja tidak peduli wanita, pria dengan usia muda maupun tua. Masalah ini bisa muncul ketika fraktur yang terjadi akibat patah tulang meluas mencapai sendi manusia. Jika anak muda yang mengalaminya, anak muda tersbut bisa terkena radang sendi dalam usa yang dini. Hal itu dikarenakan fraktur yang terjadi akibat patah tulang bisa melukai radang sendi di tubuh manusia.

Baca : Jenis rematik dan gejalanyaPenyebab rematik

  1. Penyambungan Tertunda

Masalah lainnya yang bisa terjadi saat patah tulang adalah pasien akan mengalami penyambungan tulang yang tertunda. Banyak hal yang bisa menyebabkan penyambungan itu tertunda. Penyambungan tersebut dikatakan tertunda sebab dalam melakukan penyambungan tulang yang patah membutuhkan waktu yang lama dibandingkan waktu yang semestinya. Jika penyambungan tertunda akibatnya adalah patah tulang yang dialami tidak bisa segera dipulihkan atau disembuhkan.

  1. Gagal Menyambung

Masalah lainnya yang bisa muncul akibat patah tulang adalah gagal menyambung. Gagal menyambung ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tulang yang patah ini biasanya gagal disambungkan karena kondisi tulang yang tidak memungkinkan untuk siambungkan kembali. Banyak orang yang bilang, semakin tua usia seseorang maka kondisi tulang akan semakin rapuh berbeda jika bayi yang mengalami patah tulang. Kondisi tulang bayi yang masih padat dan masih mudah membuat kondisi penyambungan tulang bayi bisa berjalan dengan lancar dan normal. Berbeda dengan orang tua di atas usia 50 tahun. Ketika gagal menyambung solusi terakhir adalah dengan melakukan tindaka  operasi.

  1. Salah Menyambung

Masalah yang bisa muncul akibat patah tulang yang dialami adalah salah dalam penyambungan. Salah yang dimaksud disini adalah tuang yang patah suda disambungkan, namun lama kelamaan tulang yang disambungkan tu menjadi miring atau malah menjadi tumpang tindih. Solusi untuk penyambungan yang salah ini adalah dengan melakukan operasi. Pemasangan pen dilakukan untuk orang yang mengalami salah menyambung.

Hal yang Harus dilakukan Ketika Masa Penyembuhan

Masa penyembuhan merupakan masa yang menentukan apakah patah tulang yang dialami bis sembuh dengan waktu yang normal atau tidak. Lamanya penyembuhan bagi pasien patah tulng tiap individu berbeda-beda. Faktor usia memegang peranan terpenting dalam penyembuhan patah tulang itu. Masa penyembuhan ptah tulang untuk orang dewasa adalah dua bulan lamanya sedangkan untuk anak-anak masanya lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan pasien saat menjalani masa –penyembuhan :

  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri atau pereda sakit yang dialami untuk mengurangi rasa sakit yang timbul akibat tulang yang patah. ( Baca : Bahaya makan durian setelah makan obatObat tradisional untuk batuk )
  • Gunakan gips dan ketika berjalan jangan lupa mengguakan bidai sampai kondisi tulang benar benar sembuh.
  • Perhatikan cara mengurus gips di rumah dengan benar.
  • Menjaga kondisi gips tetap kering dan tidak terkena air.
  • Hindari melepas gips dengan sendirinya meskipun seirng merasakan gatal, kesemutan, berat dan lain sebagainya. ( Baca : Penyebab kaki kram dan kesemutan )
  • Lakukanlah berbagai macam cara mengobati patah tulang yang telah disebutkan di atas.
  • Tidak melakukan aktivitas. Hal itu bertujuan agar tulang menjadi tidak bertambah parah atau bergeser kembali.
  • Kontrol rutin ke dokter untuk memeriksa kondisi tulang.

Itulah berbagai macam cara mengobati patah tulang yang bisa anda lakukan di rumah. Hasil pengobatan berbeda-beda tiap orang tergantung dengan seberapa parah patah tulang yang dialaminya.

You may also like