16 Obat Tradisional untuk Batuk dan Pilek Pada Anak dan Dewasa

10022

Obat tradisional merupakan cara alami yang bisa menjadi alternatif disamping obat medis dari dokter. Selain alami, obat tradisional juga sudah teruji karena merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang hingga kini. Obat tradisional biasanya memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan obat – obat kimia dokter yang biasanya diresepkan.

Mengapa Memilih Obat Tradisional?

Obat tradisional bersifat herbal dan sangat aman bagi tubuh. Karena itu banyak orang yang memilih pengobatan tradisional sebagai media jika tidak ingin mengonsumsi obat kimia. Obat tradisional pun menjadi alternatif pilihan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan obat dari dokter. Selain itu obat tradisional juga dipercaya lebih manjur daripada obat kimia.

Banyak sekali penyakit yang bisa diatasi dengan obat tradisional mulai penyakit yang ringan seperti batuk pilek hingga penyakit yang berat. Penyakit – penyakit ringan seperti batuk pilek dapat menyerang tubuh berkali – kali dalam waktu yang berdekatan maka dari itu banyak orang yang lebih memilih mengatasinya menggunakan obat tradisional dibandingkan dengan menggunakan obat kimia atau harus mengunjungi dokter. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai tips dan cara mengatasi batuk dan pilek secara tradisional.

Penyakit batuk dan pilek

Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit yang sangat mudah sekali menyerang tubuh manusia. Penyakit pilek disebut juga Influenza atau disingkat menjadi Flu. Pilek terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Penyakit ini disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya muncul dari penyakit ini diantaranya demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk – batuk, mudah leleah, lemas, dan perasaan tidak nyaman. Biasanya pilek ditandai dengan adanya bersin – bersin pada penderita. Penularan penyakit ini dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung. Pada penularan langsung terjadi karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuh karena menghirup butiran – butiran bersin yang dikeluarkan oleh penderita flu. Sedangkan penularan tidak langsung bisa terjadi ketika seseorang memegang benda yang telah terkontaminasi virus penyebab flu dan virus tersebut masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut. Jadi biasanya orang yang menderita flu disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menularkan atau mengontaminasi ruangan dengan virus agar terhindar dari penularan penyakit flu.

Pilek biasanya berlangsung selama satu minggu, namun jika pilek muncul disertai batuk bisa bertahan hingga tiga minggu. Pada tahap awal munculnya penyakit ini akan terasa berat. Gejala yang muncul pertama ialah nyeri pada tenggorokan yang kemudian disusul dengan gejala lain seperti iritasi dan nyeri pada hidung, bersin – bersin, hidung beringus dan akhirnya tersumbat.Lalu setelah itu tubuh merasa lemas, batuk dan suara parau. Selain virus pilek juga bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan juga alergi yang diderita pasien.  Namun sebenarnya gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit pilek merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami proses penyembuhan dari penyakit ini. Bahkan gejala – gejala yang timbul tanpa diobati pun akan hilang dengan sendirinya. Berikut penjelasan mengenai beberapa gejala dan proses apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita :

  1. Gejala demam merupakan cara tubuh kita untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas daripada suhu normal agar virus tidak berah dan pergi dari tubuh. Selain itu tubuh yang panas akan membuat protein dan sel – sel daya tahan tubuh (immune) pembunuh kuman dalam darah akan beredar lebih cepat dan bekerja lebih efektif. Sehingga jika demam yang ringan dibiarkan selama satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat dan merupakan cara alami menyembuhkan penyakit ini.
  2. Batuk merupakan cara tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir yang tebal yang berpotensi membawa kuman menuju paru – paru dan ke seluruh tubuh. Batuk juga membantu mengeluarkan dahak yang membandel yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.
  3. Hidung terseumbat. Gejala ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sehingga proses pembuangan pun akan meningkat (pengeluaran lendir). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari dalam tubuh.

Jadi sebenarnya penyakit flu atau influenza dapat menghilang dengan sendirinya dari tubuh. Namun memang gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan pada diri kita. dengan membiarkan beberapa gejala ini tanpa menghilangkannya merupakan sebuah cara penyembuhan yang alami tanpa menggunakan obat. Namun jika anda tidak nyaman dengan gejala tersebut anda dapat mengonsumsi obat untuk menghilangkan beberapa gejala yang membuat diri tidak nyaman.

Pilihlah obat – obatan tradisional atau cara tradisional dan sebisa mungkin hindari penggunaan obat kimia. Sebenarnya obat berbahan kimia dapat mengganggu kestabilan tubuh dan juga fungsi organ. Hati dan ginjal akan bekerja lebih keras jikan anda terlalu sering mengonsumsi obat – obatan kimia yang diresepkan dokter. Obat tradisional menjadi alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dari obat kimia. Berikut akan dijabarkan mengenai cara – cara pengobatan dan obat tradisional untuk meredakan dan juga menyembuhkan penyakit flu atau influenza pada tubuh.

Obat dan juga cara mengobati batuk dan pilek secara tradisional

Seperti yang dijelaskan pilek merupakan penyakit yang umum terjadi dan sanga sering menyerang tubuh manusia. Penyakit pilek dapat membuat penderita tidak nyaman dengan gejala – gejala yang ditimbulkannya. Sebenarnya gejala yang membuat tidak nyaman tersebut sebenarnya merupakan sebuah cara penyembuhan alami. Walaupun begitu banyak juga penderita pilek yang ingin menghilangkan dengan segera semua gejala pilek yang ia derita. Obat dan cara tradisional dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan gejala – gejala pilek tanpa efek samping. Berikut beberapa cara dan juga obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit pilek.

  1. Menghilangkan pilek dengan mandi menggunakan air hangat. Salah satu gejala dari pilek adalah mengalami demam. Biasanya penderita akan berusaha menghilangkan rasa demam itu dengan minum air yang segar. Selain itu biasanya juga penderita ingin mengguyur badannya yang panas dengan air yang dingin. Hal itu justru tidak dianjurkan untuk dilakukan karena sebenarnya demam merupakan cara tubuh untuk mengusir virus dengan menghangatkan tubuh. Virus sangat suka dengan udara dingin dan dapat tahan di udara yang sejuk. Dengan mandi menggunaka air hangat anda membantu tubuh dalam upaya mengusir virus agar tidak lagi menghinggap. Selain itu dengan mandi air hangat membuat tubuh segar karena semua pori – pori kulit terbuka. Jadi hindari mandi menggunakan air dingin karena justru semakin membuat virus betah dan tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengusir penyakit ini.
  2. Menyembuhkan pilek dengan meminum air hangat. Minum air hangat dapat membantu tenggorokan untuk meredakan pilek dan batuk. Hal ini juga dapat mengurangi rasa yang tidak nyaman yang ada pada tenggorokan dan juga membantu mengencerkan lendir tenggorokan dan membuangnya ke luar tubuh. Hindarilah mengonsumsi minuman dingin atau air es serta makanan yang dingin. Selain membuat tenggorokan semakin sakit dan batuk, air es atau dingin juga dapat membuat tubuh dingin. Hal itu akan membuat virus semakin betah tinggal di dalam tubuh dan tidak akan pergi. Tujuan dari meminum air hangat juga membuat tubuh menjadi hangat, selain itu juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat sakit pilek dan batuk. Perbanyaklah konsumsi air hangat hingga anda sembuh.
  3. Perbanyaklah minum air hingga anda merasa sehat. Air putih merupakan obata yang mujarab untuk menurunkan panas tubuh. Hal ini juga dipertegas dengan adanya dalil yang juga menyebutkan hal yang sama. Banyak meminum air putih juga merupakan saran yang diberikan pada dokter untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Selain itu ada yang menyebutkan bahwa rahasia dari umur panjang adalah rutin mengonsumsi air putih yang banyak. Karena banyaknya manfaat air putih inilah disarankan bagi penderita batuk pilek untuk banyak mengonsumsinya. Karena selain menggantikan cairan tubuh, air putih juga berfungsi untuk membersihkan tubuh dari virus dan kuman penyebab pilek. Air putih juga mampu membersihkan dahak membandel pada tenggorokan yang sering menyebabkan batuk. Air putih juga membantu organ pembersih darah seperti ginjal untuk melakukan tugasnya dengan maksimal. Namun yang perlu diperhatikan adalah air yang kita minum janganlah air yang dingin atau air es. Minumlah air yang hangat maka itu akan membantu anda untuk meredakan batuk pilek.Baca lebih lanjut: Terapi Air PutihManfaat Air Putih
  4. Menghilangkan batuk dan pilek dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur – sayuran dan buah – buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan dan juga kekebalan terhadap virus dan kuman penyebab penyakit. Perbanyak makan buah dan sayur dapat membantuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunitas) untuk melawan penyakit. Dengan begitu anda akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk batuk pilek. Itulah sebabnya mengapa ketika kita pilek dan batuk, orang tua kita atau orang yang merawat kita membawakan dan memberi kita buah – buahan untuk dikonsumsi. Karena buah – buahan merupakan obat alami dan cara alami untuk mengatasi batuk pilek.
  5. Beristirahat total. Kondisi badan yang lemah dan lelah menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi tubuh sehingga rentan terserang virus dan kuman penyebab penyakit. Dengan mengisitrahatkan tubuh akan membuat tubuh lebih berkonsentrasi dalam mengusir virus dan kuman penyebab flu dan batuk pada tubuh. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih sehat dan cepat pulih. Kondisi tubuh orang yang terkena flu juga lemah, dan sangat disarankan untuk mengistirahatkan tubuh agar sistem kekebalan tubuh anda menjadi stabil dan kembali seperti semula.
  6. Menghilangkan pilek dengan aroma bawang. Bawang yang selama ini kita kenal sebagai salah satu dari banyak rempah – rempah yang ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi flu. Aroma bawang – bawangan (bawang daun, bawang merah, bawang putih) dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar lima menit. Cobalah metode ini secara rutin hingga gejala flu dan batuk hilang dengan sendirinya.
  7. Usir pilek dengan terapi uan tradisional. Penguapan merupakan cara tradisional yang dikenal ampuh untuk mengusir pilek dan hidung terumbat yang disertai batuk. Banyak orang yakin setelah melakukan terapi ini maka lendir dalam hidung akan keluar dengan sendirinya dan penyakit akan menghilang. Cara yang digunakan ialah dengan memasukkan air panas ke dalam suatu baskom atau wadah. Lalu gunakan hirup dan gunakan handuk untuk menutupi kepala anda. Handuk berfungsi untuk menjaga uap tetapi didalam. Panas dari uang airlah yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit pilek dan batuk. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah – rempah lainnya yang dapat meredakan hidung tersumbat dan tenggorokan sakit. Lakukan cara ini hingga anda merasa lebih baik dan sehat.
  8. Berkumur dengan air garam. Mungkin anda akan bertanya – tanya mengapa bisa air garam meredakan penyakit seperti flu dan batuk? Namun hal ini benar adanya. Di Jepang, banyak orang yang berkumur dengan air garam setiap pagi untuk mencegah terjadinya penyakit flu dan batuk. Selain digunakan untuk membersihkan bakteri, berkumur dengan air garam juga berfungsi untuk meredakan batuk, menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi pada tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok the garam ke dalam segelas air hangat. anda juga dapat menambahkan kunyit, cuka apel, dan jahe agar hasilnya lebih maksimal.
  9. Menggunakan aroma menthol atau mint. Menghirup aroma mentol atau mint juga dapat meredakan penyakit flu dan juga batuk pada tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya atau menghirupnya untuk menghilangkan gejala tidak nyaman pada hidung dan juga tenggorokan. Caranya adalah sangat mudah, oleskan minyak kayu putih ke dekat hidung anda, tenggorokan dan juga ke bagian dada. Rasa hangatnya mampu melegakan area tersebut dan aroma mentolnya mampu melegakan hidung yang tersumbat. Dan untuk tenggorokan anda dapat mengonsumsi the yang diberi daunt mint untuk melegakan tenggorokan anda dari dahak dan lendir yang membandel.
  10. Konsumsi cabai atau makanan yang mengandung cabai. Zat Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif dalam membantu membersihkan rongga hidung. Itulah sebabnya mengapa orang yang mengonsumsi cabai akan mengeluarkan banyak ingus atau lendir dari hidung. Ketika penyakit flu menyerang maka konsumsilah sup hangat yang pedas atau mengandung banyak lada atau cabai yang bisa melegakan hidung anda dan meredakan penyakit flu pada diri anda. Namun tetap jaga porsi pedas dari cabai tersebut jangan sampai membuat anda sakit perut. Selain itu cabai juga dapat mengeluarkan banyak keringat dari tubuh anda, hal ini sangat bagus dalam upaya melawan virus. Karena ketika pembuangan racun dari keringat sangat lancar maka penyakit juga akan ikut terbuang melalui keluarnya keringat – keringat tersebut.
  11. Campuran madu dan jahe. Madu merupakan makanan yang sangat diyakini memiliki berbagai fungsi. Madu memiliki rasa yang manis namun tidak menimbulkan batuk pada tenggorokan. Madu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bahkan hadits pun mengatakan hal itu. Madu juga memiliki manfaat untuk meredakan batuk pilek. Campurkan madu dengan jahe dan konsumsi maka itu merupaka obat alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk pilek. Caranya dengan seperti ini, ambil dua ruas jahe dan kemudian parut dan campurkan dengan madu. lalu makanlah tiga kali sehari dan lihatlah hasilnya. Dalam beberapa saat anda akan sembuh dan tidak lagi mengalami batuk pilek.
  12. Konsumsi rempah – rempah yang memiliki rasa hangat. Selain madu anda juga bisa mengonsumsi rempah – rempah yang memiliki rasa yang hangat seperti jahe, kencur, sreh, dan kemangi. Atau bisa juga semua rempah – rempah berikut disatukan dan direbus dengan air yang secukupnya, lalu minumlah rebusan air tersebut. lakukan hal tersebut hingga penyakit berangsur – angsur menghilang.
  13. Campuran jeruk nipis dengan kecap. Banyak yang yakin jika jeruk nipis dicampur dengan kecap merupakan obat yang manjur untuk mengatasi pilek dan sakit tenggorokan. Jeruk nipis sendiri dinilai mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan. Caranya adalah dengan mencarmpur satu sendok kecap dengan jeruk nipis lalu minum. Rasanya memang sedikit asam dan manis namun ini merupakan obat tradisional yang digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.
  14. Meminum air jeruk hangat atau air jeruk nipis hangat. Jeruk mengandung banyak vitamin C yang dipercaya meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh (immunitas). Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka usaha tubuh untuk mengusir penyakit bisa menjadi lebih mudah. Selain itu jeruk memiliki sifat asam yang mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan untuk mengurangi rasa gatal dan sakit pada batuk. Jadi konsumsilah air jeruk hangat ketika anda sedang merasakan akan pilek.
  15. Menggunakan bantal yang tinggi. Dengan meninggikan bantal anda akan dapat mengatasi permasalahan hidung tersumbat. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Cara ini memang tidak membuat flu menghilang, namun cara ini dapat mengatasi permasalahan hidung yang tersumbat. Untuk itu cara ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk membuat gejala penyakit flu menjadi sedikit ringan.
  16. Mengonsumsi permen jahe. Jahe dikenal sebagai pelega tenggorokan. Selain itu jahe juga mampu meningkatkan vitalitas tubuh. Jahe sangat mudah didapatkan. Jika anda mengalami batuk anda bisa mengonsumsi jahe yang sudah dijadikan manisan. Caranya adalah dengan iris jahe tipis dan direbus menggunakan air gula. Biarkan mengering dan nikmatilah permen jahe alami tersebut.

Itulah beberapa cara tradisional dalam menanggulangi atau mengurangi gejala penyakit flu dan batuk pada tubuh kita. Dengan menggunakan cara tradisional anda bisa menghindari efek buruk yang ditimbulkan oleh obat kimia. Karena obat kimia memiliki efek samping dan juga memiliki dampak buruk bagi organ tubuh anda. Selain itu cara – cara diatas tergolong lebih mudah dan lebih murah. Sejak dulu nenek moyang kita belum mengenal obat kimia, mereka menggunakan cara tradisional untuk meredakan penyakit flu dan batuk. Selain itu penggunaan obat  kimia yang berkepanjangan dapat anda terjangkit banyak penyakit kronis seperti ginjal dan hati karena kelebihan zat kimia dalam tubuh bisa menjadi racun bagi tubuh. Penyakit flu sebenarnya juga merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, hanya saja gejala – gejala yang ditimbulkan sangat membuat penderita tidak nyaman dan akhirnya memilih untuk meredakan gejala tersebut dengan berobat. Namun cara yang paling mudah sebenarnya adalah sengan menjaga pola hidup, asupan makanan dan juga kebersihan diri. Demikianlah artikel tentang obat tradisional batuk pilek, semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan tubuh anda. Terima kasih.