5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Tradisional

4166

Banyak dari anda pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini. ya, mata panda merupakan istilah yang mengacu kepada kondisi mata kita yang mengalami kantung mata dan kondisi ini menimbulkan warna hitam. Karena mirip seperti mata hewan panda, yang berwarna hitam pada bagian bawah kelopaknya, maka gejala ini sering juga disebut sebagai gejala mata pada.

Mata panda alias kantung mata ini sebenarnya bukan merupakan suatu gejala yang berbahaya, karena merupakan indikator dari kondisi tubuh yang kekurangan tidur. Selain itu, mata panda ini sendiri pun bisa terjadi pada siapapun di segala usia. Namun demikian mereka yang berada pada usia produktif seperti para karyawan dan pelajar, merupakan mereka yang mudah dan juga sering mengalami mata panda alias mata berkantung ini.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gejala mata panda?

Ada beberapa hal yang bisa membuat kita mengalami gejala mata panda alias mata berkantung. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mata panda :

Dari beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya gejala mata panda tersebut, faktor kurang tidur dan juga insomnia, serta berbagai macam gangguan yang berhubungan dengan tidur merupakan hal yang paling banyak menyebabkan seseorang mengalami gejala mata panda. Jadi, apabila anda mengalami gejala seperti ini, coba perhatikan, apakah anda sudah beristirahat dan sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup

Apabila anda mengalami gejala mata panda ini, sebenarnya anda tidak perlu merasa khawatir. Mata panda hanya berlaku sebagai gejala bahwa tubuh kurang istirahat. Namun demikian, tetap saja gejala mata panda ini sangatlah mengganggu, terutama bagi anda yang harus berinteraksi dengan banyak orang di luar sana, yang mana terkadang dapat menurunkan kepercayaan diri anda sebagai makhluk sosial. Nah, untuk membantu menghilangkan mata panda ini, tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Ada banyak cara alami yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi gejala mata panda. Berikut ini adalah beberapa cara alami dalam mengatasi mata panda yang anda alami :

1. Menggunakan es batu

Cara pertama dalam menghilangkan mata panda secara alami yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan es batu. Ya, es batu ternayata memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kulit wajah. Karena banyak penelitian yang mengatakan bahwa es batu dapat membantu memperbaiki sel kulit mati, dan sangat baik untuk digunakan sebagai media mengompres wajah kita.

Untuk menggunakan es batu agar dapat menghilangkan mata panda sec ara alami, maka tentu saja yang kita butuhkan adalah sebuah es batu, tidak usah terlalu besar, yang penting cukup untuk mengompres bagian kantung mata anda.

Berikut ini adalah langkah dalam mengompes kantung mata dengan menggunakan es batu :

  • Ambil es batu
  • Anda bisa menggulung es batu tersebut dengan sebuah kain, atau bisa menggunakan es batu tanpa dibungkus dengan kain
  • Tempelkan es batu tersebut pada bagian bawah kelopak mata yang menghitam dan berkantung
  • Kompres bagian tersebut selama 5 hingga 15 menit
  • Selama mengompres, anda juga bisa mengusap-usap es batu tersebut pada kantung mata anda
  • Lakukan secara rutin hingga kantung mata anda perlahan akan menghilang

Selain membantu menghilangkan mata panda secara alami, penggunaan es batu ini jga memilki manfaat dan juga kegunaan yang baik untuk membantu merelaksasikan otot-otot wajah kita. Dengan adanya sensasi dingin pada wajah, hal ini akan menyebabkan otot wajah , terutama otot mata dan pipi menjadi lebih rileks dan dapat membantu mengurangi tekanan serta ketegangan pada wajah kita.

(Baca juga tentang : bahaya minum air es, bahaya minum air es)

2. Menggunakan kantung teh celup bekas

Anda sering minum teh celup? Kalau anda memang sering meminum teh celup, maka jangan buang dulu kantung teh celup anda sehabis digunakan. Ternyata, kantung teh celup yang sudah digunakan untuk menyeduh secangkir teh bisa digunakan untuk membantu menghilangkan gejala mata panda yang anda alami loh.

Bagaimana caranya ?

Cara untuk menghilangkan kantung mata, alias mata panda secara alami dengan menggunakan kantung teh celup sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengambil kantung teh celup yang sudah diseduh sebelumnya. Ketika kantung teh celup sudah terasa hangat, anda tinggal menempelkannya pada bagian bawah kelopak mata anda yang mengalami mata panda tersebut. Kompres bagian bawah kelopak mata anda tersebut dengan kantung teh celup selama 5 hingga 10 menit. Lakukan hal ini dengan rutin hingga kantung mata anda bisa hilang secara perlahan dan alami.

(Baca juga tentang : bahaya minum es teh manis, bahaya minum teh)

3. Menggunakan irisan timun

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu sayuran yang segar ini? ya, timun merupakan salah satu sayuran segar yang banyak dimanfaatkan untuk penambah cita rasa makanan dan juga membuat suatu makanan menjadi lebih segar. Timun sendiri secara alami memilki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menyegarkan. Nah, timun ini selain memiliiki banyak manfaat yang sangat baik untuk mengompres mata dan membantu menyegarkan mata, ternyata juga dapat membantu menghilangkan mata panda anda secara alami loh.

Bagaimana caranya ?

Cara menggunakan timun ini sebagai obat untuk menghilangkan mata panda secara alami sangatlah mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Siapkan 4 hingga 6 iris timun, diiris tipis dan jangan terlalu tebal
  • Ada baiknya timun didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es
  • Setelah timun dingin, tempelkan tmun pada bagian mata, mengenai bagian bawah kelopak mata yang mengalami gejala mata panda
  • Kompres selama 15 hingga 25 menit

Pengompresan dengan menggunakan irisan timun ini sangat cocok dilakukan pagi hari setelah bangun tidur. Selain dapat membantu mengurangi gejala mata panda, penggunaan timun ini juga sangat bermanfaat untuk membantu juga menyegarkan organ mata anda, sehingga akan menjadi lebih segar dalam menghadapi hari-hari anda.

4. Menggunakan benkoang atau kentang

Bengkoang dan juga kentang merupakan dua jenis umbi-umbian yang paling populer dan banyak digunakan, karena diketahui memiliki banyak sekali kandungan kebutuhan nutrisi manusia. Selain itu, bengkoang dan kentang merupakan jenis umbi yang banyak dimanfaatkan sebagai media masker pada wajah, yang membantu menghaluskan kulit wajah dan juga membantu mengurangi gejala gangguan pada wajah, seperti jerawat dan komedo.

Nah, selain dapat menguangi jerawat dan juga komedo, ternyata kentang dan juga bengkoang juga bisa membantu mengurangi dan juga menghilangkan gejala mata panda yang anda alami loh.

Bagaimana caranya?

Untuk lebih praktisnya, anda bisa menggunakan lotion ataupun masker wajah yangmemiliki kandungan bengkoang ataupun kentang di dalamnya. Hal ini akan membantu anda, agar tidak perlu repot – repot mengolah bengkoang dan juga kentang terlebih dahulu. Namun, apabila anda malas mengolah bengkoang dan kentang, anda bisa mengiris kentang dan juga bengkoang tesebut, sama seperti cara nomor 3.

Irisan bengkoang ataupun kentang tersebut kemudian anda tempelkan pada mata anda yang mengalami gejala mata panda, kemudian kompres bagian mata tersebut selama 15 hingga 25 menit. Setelah mengompres, anda akan merasakan sebuah sensasi dimana mata anda akan terasa lebih segar dan juga rileks, sama seperti apa yang anda rasakan ketika anda menggunakan timun sebagai media kompres mata adna.

5. Mengatur jam tidur anda

Merupakan cara alami yang mungkin sulit untuk dilakukan. Namun apabila berhasil untuk dilakukan, maka hasilnya bukan hanya kantung mata alias mata pana anda saja yang akan menghilang, namun akan membantu anda menjadi lebih fit keesokan harinya, lebih segar, dan juga lebih bersemangat dalam menghadapi esok hari.

Ya, terkadang jam tidur optimal merupakan hal sulit yang bisa diperoleh saat ini. dengan jam kerja dan jadwal kuliah yang padat, serta tugas yang menumpul, wajar bila banyak sekali orang mengalami kekurangan tidur, bahkan hingga mengalmai insomnia berkepanjangan.

Nah, untuk dapat mengatur jam tidur anda, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan, seperti :

  • Komitmen pada diri anda sendiri bahwa anda harus bisa tidur tepat waktu
  • Melakukan pembagian dan pencicilan pengerjaan tugas
  • Tidak menerima pekerjaan yang memberatkan anda
  • Selalu menyelesaikan tugas tepat waktu
  • Tidak membuang-buang waktu dalam mengerjakan tugas anda
  • Selalu makan makanan bergizi secara teratur.

Orang dewasa, normalnya membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam sehari dalam siklus 24 jamnya untuk tidur. Apabila waktu ini tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan anda mengalami kekurangan tidur. Waktu tidur yang optimal adalah antara pukul 8 hingga pukul 10 malam dan bisa bangun pada pukul 5 hingga pukul 6 pagi harinya. Apabila tidak sempat memperloeh waktu tidur di malam hari, anda bisa menggunakan 20 hingga 40 menit waktu siang anda untuk sekedar beristirahat dan juga memejamkan mata anda, sehingga tubuh anda merasa lebih segar nantinya.