Home Tips KesehatanKesehatan Mata 30 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dengan Cepat

30 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dengan Cepat

by Ana Rohma

Cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat wajib diketahui oleh orang yang memiliki mata panda, karena tidaklah sulit. Mata panda ini bisa menyerang siapa saja tidak peduli pria maupun wanita. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena mata panda, sayangnya mereka tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya bisa memicu munculnya mata panda. Mata panda tidak boleh disepelekan sebab mata panda bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Disebut mata panda karena orang yang mengalami mata panda di kedua lingkar matanya akan ada warna hitam seperti mata panda. Jika wanita melakukan make up maka make up wanita tidak akan sempurna sebab terhalang oleh kedua mata panda tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda pada umumnya adalah menghindari berbagai macam hal yang bisa menyebabkan mata panda muncul. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda yang perlu kita ketahui :

  1. Istirahat Cukup

Hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda adalah tidur dan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup adalah istirahat dengan waktu 8 jam per malamnya. Penyebab mata panda yang paling banyak dialami oleh orang yang memiliki mata panda adalah kurang tidur. Oleh sebab itu jika anda tidak ingin memiliki mata panda dan ingin menghilangkan mata panda selalu jadwalkan untuk tidur yang cukup, meskipun anda memiliki kerjaan yang harus segera diselesaikan, segeralah untuk tidur lebih awal.

Alangkah baiknya jika anda mencukupi waktu tidur anda kemudian anda bangun pagi-pagi untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum anda selesaikan tersebut. Untuk tidur malam, waktu yang tepat untuk tidur adalah pukul 9 malam dan yang paling larut adalah pukul 10 malam. Jika anda tidur lebih dari jam 10 malam, bisa dipastikan bahwa anda akan memiliki mata panda jika anda tidur terlalu larut setiap malam. Istirahat yang cukup juga menjadi cara efektif untuk menjaga kesehatan. Hal itu dikarenakan istirahat yang kurang bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan misalnya saja adalah obesitas, jantung, diabetes dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

  1. Es Batu

Cara lainnya untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan es batu. Memang selama ini es batu dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan. Misalnya saja adalah menghilangkan komedo dan salah satunya adalah untuk menghilangkan mata panda. Cara ampuh menghilangkan mata panda adalah dengan mengkompresnya menggunakan es batu. Cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan es batu adalah sebagai berikut ini :

  • Pecahkan es batu agar berukuran kecil.
  • Bungkus es batu tersebut dengan handuk atau dengan kain yang bersih. Usahakan menggunakan kain yang memiliki struktur kain yang lembut.
  • Ikat bagian ujungnya, kemudian tempelkan ke kedua mata anda selama 10 menit saja. 10 menit itu harus disertai jeda tidak ditempelkan terus menerus ke kedua mata.
  • Cara lainnya anda juga bisa memasukkan es batu ke dalam wadah yang telah anda siapkan. Masukkan kain bersih atau handuk bersih itu ke dalam wadah. Peras kain atau handuk tersebut kemudian kompreskan ke bagian kantung mata selama 10 menit. Pengkompresan selama 10 menit ke kedua mata itu disertai jeda tidak terus menerus ditempelkan ke kedua mata.
  1. Tidur Berkualitas

Tidur cukup juga harus disertai dengan tidur yang berkualitas. Tahukah anda maksud dari kalimat tersebut?, untuk menghindari mata panda kita tidak hanya membutuhkan jam tidur yang cukup namun kita juga membutuhkan tidur yang berkualitas. Meskipun jam tidur cukup namun anda sering terbangun di tengah malam bisa menjadi penyebab anda memiliki mata panda. Hal itu dikarenakan tidur anda tidak berkualitas. Jika anda sering terbangun di tengah malam cobalah anda cari penyebab anda memiliki tidur tidak berkualitas, sehingga dengan mengetahui penyebabnya anda bisa mengatasi masalah tidur anda.

  1. Teh Celup Bekas

Menghilangkan mata panda juga bisa dengan menggunakan teh celup bekas. Cara ini sudah dipercaya sejak lama untuk menghilangkan mata panda. Tidak hanya mata panda saja yang bisa dihilangkan dengan menggunakan teh celup namun teh celup juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, komedo dan juga mata yang bengkak. Hal itu dikarenakan kandungan di dalam teh berupa zat tannin bisa menjaga kelenturan kulit, elastisitas kulit dan melindungi kulit dari berbagai serangan bakteri yang bisa merusak kulit. Tannin merupakan senyawa polifenol yang berasa pahit. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan teh celup :

  • Sediakan bekas teh celup sebanyak dua buah.
  • Rendam bekas teh celup tersebut ke dalam air dingin.
  • Lakukan pengompresan di kedua mata menggunakan bekas teh celup itu selama 10 menit sampai dengan 15 menit.
  • Langkah ini sebaiknya dilakukan rutin setiap hari dan sebelum anda tidur. Jangan hentikan cara ini jika mata panda anda belum memudar.
  1. Mentimun

Mentimun memiliki banyak manfaat untuk bidang kecantikan. Manfaat mentimun adalah untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, mencerahkan wajah dan tentunya adalah untuk menghilangkan mata panda. Kandungan di dalam mentimun seperti asam askorbat, vitamin C, caffeic acids dan kandungan air yang banyak bisa menghilangkan mata panda, iritasi dan masalah kulit lainnya. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan mentimun :

  • Siapkan satu buah mentimun segar, cuci bersih mentimun tersebut.
  • Potong secara melingkar timun tersebut dan buatlah bagiannya menjadi lebih kecil.
  • Setelah di iris secara melingkar, tempelkan timun tersebut ke kedua mata.
  • Diamkan selama 20 menit lamanya.
  • Cara lainnya juga bisa dengan memblender mentimun yang sudah dicuci sampai bersih dan dikupas. Setelah itu masukkan blenderan mentimun tersebut ke kain yang tipis dan bersih. Kompres bagian kantung mata menggunakan kain yang berisi mentimun yang sudah dihaluskan tersebut. Mengompresnya mata harus dalam keadaan tertutup selama 15 menit lamanya. Setelah itu bersihkan muka menggunakan air.
  1. Kentang

Cara lainnya untuk menghilangkan mata panda adalah menggunakan kentang.  Hal itu dikarenakan kentang memiliki kandungan asam sitrat dan juga asam fosfat yang bermanfaat untuk mengurangi radang dan juga menjaga kelenturan kulit. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda menggunakan kentang :

  • Kupas kentang dan cucilah kentang tersebut sampai benar-benar bersih dan tidak ada getah di kentang tersebut.
  • Haluskan kentang dengan menggunakan blender.
  • Masukkan kentang yang telah dihaluskan tersebut ke dalam kain yang halus dan bersih.
  • Kompreskan kain yang ada kentang yang dihaluskan tersebut ke kedua mata.
  • Bilaslah menggunakan air bersih kemudian di lap menggunakan kain bersih.
  1. Bengkoang

Cara menghilangkan mata panda dengan cepat dapat memanfaatkan bengkoang. Dalam hal kecantikan, bengkoang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Banyak produsen kecantikan yang memanfaatkan bengkoang untuk produk kecantikannya. Di dalam bengkoang juga terdapat berbagai macam vitamin yang bermanfaat bagi kulit. Vitamin yang ada pada bengkoang adalah vitamin C dan vitamin B1 yang bermanfaat untuk mengurangi kantung mata. Cara menghilangkan kantung mata menggunakan bengkoang adalah sebagai berikut ini :

  • Mengupas bengkoang dan mencucinya sampai bersih.
  • Haluskan bengkoang yang sudah dibersihkan tersebut menggunakan blender atau bisa juga diparut.
  • Mengompres kedua mata menggunakan kain yang telah berisi bengkoang yang telah dihaluskan tersebut.
  • Durasi mengompresnya pada kedua kantung mata selama 10 sampai dengan 15 menit. Setelah dikompres dibilas menggunakan air yang benar-benar bersih.

Sumber Makanan lainnya

  1. Sendok

Mungkin banyak yang tidak tahu bagaimana caranya menghilangkan mata panda dengan menggunakan sendok. Memang menghilangkan mata panda dengan menggunakan sendok merupakan cara baru untuk menghilangkan mata panda namun khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan sendok yang harus diketahui :

  • Masukkan sendok sebanyak 5 sampai dengan 10 sendok ke dalam lemari es.
  • Tunggulah sampai sendok tersebut telah dingin dan jangan mengeluarkan sendok tersebut jika sendoknya belum terasa dingin.
  • Tempelkan sendok yang memiliki bentuk melengkung tersebut ke kedua mata. Penempelan sendok itu harus dilakukan selama 15 menit lamanya.
  1. Air Dan Garam

Menghilangkan kantung mata juga bisa dengan menggunakan air dan juga garam. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dan juga garam tersebut. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan air hangat dan juga garam :

  • Mencampurkan sebanyak setengah sendok teh garam dengan sebanyak satu liter air yang hangat.
  • Mengaduk garam tersebut dengan air hangat sampai air hangat tersebut benar-benar larut di dalam air.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencelupkan bola kapas ke dalam air hangat dengan campuran air garam tersebut.
  • Mengompreskan bola kapas ke area kantung mata .
  • Melakukan pengompresan selama 10 sampai dengan 15 menit dan dilakukan secara teratur agar kantung mata panda segera hilang.
  1. Krim Mata

Untuk menghilangkan kantung mata kita bisa menggunakan krim mata. Krim mata yang digunakan pun tidak boleh sembarangan krim mata. Krim mata yang harus digunakan adalah krim mata yang mengdung kolagen. Kolagen ini adalah krim yang berguna untuk kulit. Tidak hanya kolagen saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata tersebut. Krim mata yang harus digunakan adalah krim mata yang mengandung vitamin C.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan krim mata tersebut ke kedua kantung mata sebelum tidur. Saat bangun tidur segeralah cuci muka anda menggunakan air biasa kemudian lap menggunakan kain yang kering. Jika anda tidak mudah menemukan krim mata yang megandung kolagen anda bisa menemukannya di berbagai macam buah yang mengandung kolagen. Berikut ini adalah buah yang mengandung kolagen yang bisa digunakan sebagai penghilang mata panda:

  • Strawberry.
  • Blueberry.
  • Tomat.
  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda dengan cepat. Hal itu dikarenakan minyak zaitun bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kelembaban kulit dan masih banyak lagi lainnya. Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun sangat mudah sekali yaitu tinggal mengoleskan minyak zaitun tersebut sebelum tidur di lingkaran mata panda. Saat pagi hari, cuci muka menggunakan air biasa. Lakukanlah rutin setiap hari agar mata panda segera memudar kemudian menghilang.

  1. Air Putih

Menghilangkan mata panda juga bisa menggunakan air putih. Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Air putih juga dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Kebutuhan cairan bisa dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Kulit pun akan lebih cerah dan semua masalah kulit akan teratasi dengan meminum cukup air putih.

  1. Jeruk Nipis Dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit misalnya saja adalah mata panda. Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis dan pada lemon tersebut dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yaitu dengan memotong jeruk nipis atau lemon secara melingkar. Saat malam hari, tempelkan potongan jeruk nipis itu di bagian kedua mata yang ada mata pandanya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya juga telah lama dipercaya sebagai bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan lidah buaya caranya sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil lidah buaya dengan ukuran sedang, cuci lidah buaya tersebut.
  • Setelah itu belah lidah buaya menjadi dua bagian.
  • Setelah terbagi menjadi dua bagian segeralah mengusapkan bagian gel tersebut ke kantung mata yang menghitam.
  • Setelah itu diamkan selama 15 menit.
  • Bilas menggunakan air yang bersih dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.
  1. Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Putih telur selama ini memang dikenal khasiatnya untuk kecantikan. Putih telur bisa digunakan dalam mengencangkan wajah dan juga menghilangkan komedo. Sayangnya menghilangkan mata panda ini belum banyak diketahui oleh banyak orang sehingga mereka banyak yang tidak meggunakan cara ini. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan putih telur yang bisa dilakukan :

  • Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya.
  • Ambil putih telurnya kemudian usapkan putih telur tersebut ke bagian mata panda dengan menggunakan kuas.
  • Diamkan selama 20 menit atau sampai kering.
  • Bilas menggunakan air bersih yang mengalir.
  1. Susu

Selama ini susu juga banyak digunakan untuk kecantikan misalnya saja adalah untuk menghaluskan kulit, memutihkan kulit dan juga untuk menghilangkan mata panda. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencelupkan kapas ke segelas susu, setelah itu oleskan kapas tersebut ke area kantung mata yang menghitam. Diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

  1. Minyak Almond

Menghilangkan mata panda juga bisa dengan menggunakan minyak almond. Alasannya adalah karena di dalam minyak almond mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin E, vitamin K dan masih banyak lagi lainnya. Cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan minyak almond adalah sebagai berikut ini :

  • Oleskan minyak almond ke daerah kantung mata yang ada mata pandanya.
  • Mengoleskannya bisa dengan bantuan kapas yaitu menuangkan beberapa tetes minyak almond ke atas kapas
  • Usapkan kapas tersebut ke bagian kantung mata yang ada mata pandanya.
  • Hal tersebut akan maksimal jika dilakukan malam hari sebelum tidur.
  • Saat pagi hari cuci muka menggunakan air bersih biasa.
  • Langkah ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bengkak pada mata.
  1. Madu

Cara Menghilangkan mata panda secara tradisional juga bisa menggunakan madu. Alasannya adalah madu bisa digunakan untuk meregenerasi kulit. Kulit yang ada di kantung mata akan diregenerasi sehingga akan cerah kembali. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan madu ke kantung mata yang ada mata pandanya dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Madu akan bekerja lebih maksimal jika anda lakukan saat malam hari diikuti dengan tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas.

  1. Pelembab

Menghilangkan mata panda juga bisa dengan pelembab. Pelembab wajah yang digunakan bisa bermanfaat dalam mencerahkan wajah dan juga membersihkan wajah. Jika digunakan setiap hari maka mata panda yang menghitam itu bisa disamarkan dan dihilangkan.

Yang perlu diingat adalah menghilangkan mata panda ini tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup. Oleh sebab itu istirahat yang cukup sangat diperlukan bagi orang yang memiliki mata panda. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan pelembab wajah ke bagian mata panda yang anda miliki. Seiring berjalannya waktu mata panda pun akan hilang dengan berjalannya waktu, asalkan dilakukan secara rutin.

  1. Sabun Wajah

Sabun wajah juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Pertama-tama anda harus memilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Pilih juga sabun wajah yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah, kulit yang semakin cerah bisa menyamarkan kantung mata yang berwarna hitam tersebut sehingga mata panda tidak akan terlihat.

  1. Minyak Witch Hazel

Minyak witch hazel juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Minyak ini bisa anda temukan di toko kecantikan. Cara menghilangkan mata panda menggunakan cara ini adalah sebagai berikut ini :

  • Rendam bola kapas ke dalam wadah yang berisi minyak witch hazel.
  • Oleskan ke daerah kantung mata yang berwarna hitam.
  • Diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.
  1. Concealer

Cara instan untuk mengatasi mata panda ketika bermake up adalah menggunakan concealer. Concealer bisa digunakan untuk menutupi mata panda dengan cepat. Caranya dengan mengaplikasikan concealer tersebut ke sudut mata, tepi hidung, luar garis mata dan juga dekat hidung. Dengan bantuan alat make up ini anda bisa menghilangkan mata panda dalam sekali riasan.

  1. Ampas Kopi

Untuk menghilangkan mata panda anda bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkannya. Sejak jaman dahulu, kopi dipercaya dalam hal kecantikan dan bisa digunakan untuk menghilangkan sembab. Berikut ini adalah cara menghilangkan mata panda dengan ampas kopi :

  • Ambil ampas kopi yang airnya sudah diminum.
  • Diamkan ampas kopi itu selama semalaman.
  • Kemudian masukkan ampas kopi itu ke dalam kain yang tipis dan bersih.
  • Kompres kantung mata menggunakan ampas kopi yang telah dimasukkan ke dalam kain tersebut.
  • Kompres selama 20 menit lamanya.
  • Bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukanlah selama tiga kali dalam seminggu.
  1. Licorice

Cara menghilangkan kantung mata dengan licorice memang belum anda ketahui. Tata rias terkemuka mengatakan bahwa menggunakan ekstrak licorice yang ada pada beras bisa digunakan untuk mengatasi kantung mata panda. Anda bisa menggunakan bekas air cucian beras kedua untuk mengompres kantung mata anda. Setelah dikompres selama 10 menit, didiamkan selama 10 menit kemudian dibilas menggunakan air yang bersih. Selama ini licorice juga banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan, kandungan licorice itu bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan juga memutihkan wajah.

  1. Yoghurt

Menghilangkan mata panda juga bisa menggunakan yoghurt. Selama ini yoghurt dipercaya berkhasiat untuk kesehatan pencernaan dan juga untuk kecantikan. Cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan yoghurt sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  • Ambil yoghurt secukupnya.
  • Oleskan yoghurt tersebut ke kantung mata dengan menggunakan bantuan kuas.
  • Diamkan selama 15 menit sebelum anda beranjak tidur.
  • Jangan dibilas menggunakan air bersih, anda cukup menyeka yoghurt tersebut menggunakan kain yang bersih. Tujuannya adalah agar sari dari yoghurt tersebut tetap meresap di kantung mata.
  • Saat pagi hari cuci muka seperti biasa menggunakan air yang bersih.
  1. Kantung Teh Hijau

Menghilangkan kantung mata panda tidak hanya bisa dihilangkan dengan teh celup biasa. Namun teh hijau celup dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya pun sama dengan menghilangkan mata panda dengan menggunakan teh celup biasa. Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda menggunakan bekas kantung teh hijau :

  • Ambil sisa kantung teh hijau celup yang sudah digunakan.
  • Kompres kedua kantung mata menggunakan bekas kantung teh hijau tersebut.
  • Kompres selama 10 sampai dengan 15 menit lamanya.
  • Teh hijau bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sebab bersifat anti diuretik dan juga memiliki sifat anti inflamasi.
  1. Tabir Surya

Cara menghilangkan mata panda lainnya adalah dengan menggunakan krim tabir surya. Krim tabir surya dipercaya bisa mencegah timbulnya mata panda akibat radiasi sinar matahari dan bisa digunakan untuk mencegah mata panda semakin bertambah parah. Usapkan krim tabir surya di kantung mata yang menghitam saat pagi atau siang hari.

  1. Krim Retinol

Jika mata panda anda disebabkan oleh umur yang semakin tua tidak ada salahnya anda menggunakan krim retinol untuk meghilangkan tanda-tanda penuaan pada diri anda.

  1. Hindari Banyak Garam

Agar mata panda bisa cepat menghilang ada baiknya anda menjaga tubuh anda dari dehidrasi. Dehidrasi bisa disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

  1. Obat-Obatan

Ada orang yang memiliki mata panda dan disebabkan oleh tekanan darah di dalam tubuhnya, ketika hal ini terjadi cara menghilangkan mata panda ampuh dapat memanfaatkan obat obatan. Oleh sebab itu mengkonsumsi obat-obatan yang bisa digunakan untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda yang anda miliki. Selain itu mengkonsumsi makanan yang sehat dan meminimalisir stress bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda.

Kesehatan Mata Lainnya

Mata panda merupakan masalah yang sering dialami oleh wanita maupun pria. Dengan berbagai macam cara di atas diharapkan mata panda bisa dihilangkan dan disamarkan dengan cepat. Yang paling penting adalah bagaimana cara agar mata panda tersebut tidak muncul. Usahakan pula untuk selalu tidur cukup dan tidur dengan cara yang berkualitas agar mata panda tidak muncul.

You may also like