Home Penyakit dan KelainanMata Minus Cara Merawat Mata Agar Minus Tidak Bertambah Besar

Cara Merawat Mata Agar Minus Tidak Bertambah Besar

by Ana Rohma

Cara merawat mata agar minus tidak bertambah besar sangat penting bagi anda yang sudah menggunakan softlens atau kacamata. Mata adalah indera yang berfungsi untuk melihat. Tanpa mata, kita tidak akan dapat melihat benda-benda yang ada di sekeliling kita. Dalam proses melihat, ada beberapa bagian mata yang memiliki peranan penting diantaranya : kelopak mata, bola mata, bulu mata, serta alis mata. Mata merupakan jenis organ yang memiliki keterkaitan dengan warna, benda-benda, dan juga cahaya.

Mata merupakan salah satu indera terpenting karena tanpanya kita tidak akan dapat melihat dunia yang indah ini. Untuk menjaga kesehatan mata kita, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan agar mata minus tidak bertambah besar.

  1. Riwayat kesehatan mata. Cobalah bertanya kepada anggota keluarga lain, apakah dalam keluarga anda ada riwayat penyakit mata keturunan. Dengan mengetahui hal ini kita dapat menyimpulkan apakah beresiko terkena penyakit mata atau tidak.
  2. Mata harus istirahat. Beberapa kebiasaan yang dapat membuat mata sakit adalah berada di depan layar komputer dalam jangka waktu lama dan membaca buku lama. Sebaiknya jangan dipaksakan, supaya mata kita tidak sakit. Istirahatkan mata sejenak.
  3. Jaga jarak pandang. Kadangkala kita tidak sadar bahwa kebiasaan menoton tv terlalu dekat dan membaca terlalu dekat dapat berdampak pada terjadinya rabun dekat atau miopi. Untuk menghindari rabun mata, sebaiknya jaga jarak pandang. Untuk menonton televisi jarak pandangnya antara 50-100 cm. Sedangkan jarak ideal untuk membaca buku adalah 30 cm.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Kesehatan mata dapat terjaga apabila kita rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin A. Contohnya adalah wortel. Kandungan beta karoten dan vitamin A di dalamnya sangat baik bagi mata.
  5. Stop merokok. Bahaya yang mengancam para perokok adalah rusaknya saraf optik dan katarak. Maka sebaiknya stop kebiasaan merokok. (Baca : bahaya merokokbahaya asap rokok)
  6. Jangan mengucek mata. Saat mata terasa gatal, jangan sering-sering dikucek. Karena kotoran yang ada di tangan dapat menginfeksi mata kita.
  7. Periksakan mata. Pentingnya memeriksa mata secara teratur agar terhindar dari berbagai penyakit mata yang tiba-tiba dapat menyerang.
  8. Memakai pelindung. Pelindung mata penting untuk menjaga mata tetap sehat. Dipakai saat berolahraga atau ketika kita berkendara
  9. Gunakan kacamata secara rutin. Jika anda telah menggunakan kacamata, sebaiknya anda terus menggunakannya kecuali saat tidur. Penggunaan rutin akan membantu mencegah mata minus naik.
  10. Latihan mata. Latihan mata dapat dilakukan dengan cara memandang objek luas nan jauh. Hal ini akan merangsang otot mata agar minus dapat berkurang.
  11. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi karena tidak baik untuk kesehatan mata.
  12. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Bahaya lemak jenuh juga dapat berbahaya bagi mata manusia karena akan menimbulkan disfungsi saraf.
  13. Hindari asap, terutama asap rokok. Hampir semua asap dapat merusak mata, cara menghindari asap rokok sangat mudah, jauhi orang merokok, atau jika ada kabut asap.
  14. Hindari sinar matahari langsung. Bahaya sinar matahari langsung bagi mata sangat besar dampaknya karena akan merusak jaringan mata dan mengurangi fungsi mata.
  15. Hindari bermain komputer terlalu lama dan dekat
  16. Hindari menonton terlalu lama dan jarak yang dekat
  17. Jangan membaca di tempat yang memiliki cahaya yang redup.

Cara merawat mata agar minus tidak bertambah besar cukup mudah dilakukan, pastikan anda melakukannya dengan rutin dan dijadikan kebiasaan. Cara menjaga kesehatan mata dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

You may also like