46 Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami Dengan Cepat

Cara mengobati mata minus secara alami dan cepat sebenarnya bukan mustahil di lakukan. Mata minus merupakan salah satu jenis gangguan mata yang menyebabkan penderita tidak bisa melihat jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh. Kondisi ini menyebabkan penderita harus menggunakan kaca mata dengan lensa minus. Ketika memakai kacamata maka mata bisa melihat dengan jelas semua benda atau tulisan dengan jarak yang jauh ataupun dekat. Gangguan mata minus menjadi gangguan paling umum di dunia. Penderita bisa sangat bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini sering menyebabkan penderita merasa tidak nyaman dan resiko gangguan mata lain.

Selama ini mata minus masih diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun kedua perlengkapan ini juga sering menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati mata minus, atau paling tidak bisa mengurangi resiko keparahan.

  1. Lakukan Senam Mata

Senam mata merupakan salah satu jenis latihan mata yang bisa membantu mengurangi mata minus. Langkah ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa melakukan kapan saja. Latihan dilakukan dengan cara menutup salah satu mata kemudian melihat objek sebuah benda yang bergerak dengan jarak yang jauh hingga dekat. Kemudian dilakukan secara bergantian dan dilanjutkan dengan mengedipkan mata. Ketika mata sudah tidak bisa menahan dan keluar air mata maka mata boleh berkedip. Frekuensi untuk mengedipkan mata harus dilakukan dengan jarak yang tidak boleh terlalu lambat ataupun terlalu cepat.

  1. Melihat Objek yang Luas dan Jauh

Jika Anda terbiasa bekerja di depan layar komputer maka mata minus mungkin akan lebih cepat memburuk. Karena itu kondisi ini memerlukan pemeriksaan secara berkala. Namun sesekali Anda juga bisa melakukan latihan dengan melihat semua jenis objek atau benda yang terletak di tempat yang jauh. Beberapa pemandangan alam seperti persawahan, gunung, perbukitan, laut atau pantai akan melatih mata. Selain itu warna alami dari kondisi alam ini akan membuat lensa dan kornea mata menjadi lebih santai.

  1. Gunakan Kacamata Terpolarisasi

Jika mata minus sehari-hari terbiasa menggunakan kacamata atau lensa kontak mata minus maka sesekali harus menggunakan kacamata terpolarisasi. Kacamata terpolarisasi bisa membuat mata yang terlalu lelah saat menggunakan kacamata minus menjadi lebih santai. Kacamata ini juga bisa menahan silau dari cahaya lampu atau cahaya matahari secara langsung. Dan sebaiknya saat menggunakan kacamata ini juga tidak melihat semua layar LCD seperti komputer, laptop, televisi atau ponsel.

  1. Makan Ikan Salmon

Jika Anda memiliki mata minus maka perhatian untuk nutrisi harus sangat diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kanduangan asam lemak omega 3 dan beberapa senyawa asam amino akan membantu menjaga agar retina dan lensa mata tidak mengalami kelelahan dan kekeringan. Kelalahan dan kekeringan pada bagian makula sering menyebabkan penyakit yang menyerang makul. Jadi ikan salmon akan membantu menjaga kesehatan mata secara alami.

  1. Minum Jus Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Alpukat mengandung zeaxanthin dan lutein yang bisa bekerja untuk memberikan perlindungan terhadap lapisan makula. Perlindungan ini juga akan membantu memelihara mata minus agar tidak membutuk. Senyawa karoteinoid ini juga bisa memberikan perlindungan mata agar tidak terkena katarak dan kerusakan mata lain akibat usia. Bahkan karotenoid ini juga bisa melawan kerusakan mata minus yang diakibatkan oleh bahan radikal  bebas dan membuat efek yang membahayakan.

  1. Tambahkan Bawang Putih dalam Masakan Anda

Banyak orang yang tidak suka makan bawang putih karena memiliki aroma yang sangat kuat. Namun bawang putih yang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat ini juga bermanfaat untuk mengobati mata minus. Kandungan beberapa nutrisi penting untuk mata seperti vitamin C, quercetin dan selenium bisa membantu kesehatan mata secara menyeluruh. Bahkan mengkonsumsi bawang putih secara rutin juga bisa membantu mengatasi mata minus yang kelelahan dan menjadi bengkak. Jadi jangan lupa menambahkan bawang putih untuk masakan Anda.

  1. Tambahkan Bawang Merah untuk Makanan Anda

Bawang merah sering menjadi bumbu masakan yang bisa membuat aroma masakan menjadi sangat kuat. Selain bisa membuat masakan menjadi lebih lezat, bawang merah juga bisa membantu menjaga agar mata tetap sehat terutama untuk mata minus. Kandungan bahan karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein akan membuat mata menjadi lebih sehat. Selain itu bawang merah juga mengandung vitamin A yang bisa menjaga mata lebih sehat. Vitamin A bisa mengatasi masalah pada mata seperti melawan infeksi akibat peradangan dan kelainan lensa mata. Bahkan ketika Anda mengupas bawang merah dan membuat mata mengeluarkan air mata, maka proses ini akan membersihkan mata.

Baca : Efek samping bawang putih – Bahaya bawang putih mentah

  1. Mengkonsumsi Telur

Telur adalah makanan yang penuh dengan nutrisi yang bisa membantu mengurangi mata minus, atau setidaknya bisa menunda penambahan angka mata minus. Telur mengandung beberapa nutrisi seperti bahan antioksidan yang bisa melawan gerakan radikal bebas. Bahkan telur mengandung bahan nutrisi yang penting untuk melindungi mata seperti vitamin A, zeaxanthin dan lutein. Vitamin A bisa membantu mengatasi radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan untuk mata minus. Sementara zeaxanthin dan lutein akan membantu mengurangi resiko kerusakan pada lapisan makula. Makan telur juga bisa mengurangi resiko kerusakan mata akibat usia.

Baca : Bahaya telur mentah

  1. Mengkonsumsi Sayur Bayam

Sayuran hijau seperti bayam sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Bayam mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk mata minus seperti beta karoten, xanthin dan lutein. Zat beta karoten bisa membantu tubuh dalam menyerap vitamin A yang didapatkan dari jenis sayuran atau bahan lainnya. Bahkan mengkonsumsi bayam secara rutin juga bisa mengurangi resiko penyakit mata lain seperti peradangan pada kornea mata dan iritasi. Bayam juga bisa memelihara mata yang minus agar menjadi lebih sehat. Bayam yang sudah dimasak dipercaya mengandung khasiat yang lebih besar dibandingkan mengkonsumsi bayam mentah.

  1. Minum Jus Wortel

Cara mengobati mata minus dengan wortel juga dapat anda andalkan karena kaya akan vitamin A. Wortel adalah sayuran yang sudah dipercaya sejak lama untuk mengatasi mata minus. Wortel mengandung beberapa senyawa penting untuk menjaga kesehatan mata seperti beta karoten, vitamin A, lutein dan juga zea xanthin. Beta karoten yang terdapat pada wortel bisa membantu menjaga asupan vitamin A dan mencoba menangkal radikal bebas yang menyerang mata. Bahkan kandungan vitamin A dalam jus wortel bisa membantu mengatasi kerusakan mata akibat faktor usia.

  1. Minum Jus Jeruk Secara Rutin

Jus jeruk merupakan salah satu sari buah yang sangat menyehatkan. Jus jeruk membantu mengatasi kelainan mata akibat mata minus. Bahkan jus jeruk yang mengandung vitamin C sangat baik untuk mencegah kerusakan mata akibat penggunaan kacamata dalam waktu yang lama. Vitamin C bisa membantu mengatasi radikal bebas yang bisa menyerang organ mata seperti pada lapisan makula, kornea dan lensa mata. Selain itu jus jeruk juga mengandung vitamin A yang bisa membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan pada bagian lapisan makula.

  1. Kurangi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat menjadi makanan pokok yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Hampir semua orang mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi. Namun makanan yang mengandung karbohidrat memiliki nilai indeks glikemik yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan kerusakan mata atau kondisi mata minus. Kadar gula yang didapatkan dari karbohidrat sangat halus dan menyebabkan penumpukan kadar gula berlebihan. Jadi Anda bisa mengurangi asupan karbohidrat dan gantikan dengan sumber serat.

Baca : Makanan yang mengandung karbohidrat

  1. Kurangi Konsumsi Gula atau Makanan Manis

Selain menjaga kesehatan mata dengan sayuran dan gizi yang baik, maka Anda juga harus mengurangi makanan manis atau yang mengandung gula. Makanan ini bisa menyebabkan kondisi mata minus menjadi lebih buruk. Bagaimanapun gula dan makanan yang manis akan meningkatkan kadar gula darah berlebihan. Kadar gula terkadang tidak hanya menumpuk dalam darah namun juga bisa menjadi radikal bebas untuk mata dan lapisan makula. Hal ini bisa menyebabkan mata minus menjadi lebih buruk. Jadi sebaiknya Anda mulai mengurangi gula dari sekarang.

  1. Kurangi Makanan yang Mengandung Bahan Pengawet

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan instan dan snack membuat kondisi mata minus menjadi lebih buruk. Bahan pengawet yang masuk ke dalam tubuh akan diterima sebagai bahan radikal bebas. Bahan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan mata ketika menembus lapisan makula. Bahkan kerusakan bisa menjalar ke bagian lensa dan retina mata. Karena itu Anda harus mengurangi makanan yang mengandung bahan pengawet dan pilih jenis makanan organik yang lebih sehat.

Baca : Bahaya Junk Food – Bahaya makanan asin – Bahaya pengawet makanan

  1. Lindungi Mata Saat Terkena Sinar Matahari

Mata minus memang membutuhkan perawatan yang sangat banyak, termasuk perawatan alami. Salah satunya adalah dengan melindungi mata agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang mengenai mata secara langsung bisa menyebabkan kondisi lensa dan retina mata menjadi kurang sehat. Bahkan sinar matahari yang mengenai mata secara langsung akan diterima dalam bentuk radikal bebas yang bisa membahayakan mata. Karena itu ketika bepergian dan terkena sinar matahari maka sebaiknya menggunakan kacamata hitam.

  1. Kurangi Menonton Televisi

Sinar yang dipancarkan dari televisi bisa menyebabkan mata minus menjadi lebih buruk. Hal ini disebabkan karena sinar pantulan dari televisi mengandung sinar ultraviolet dan radiasi yang sangat tajam. Sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lapisan makula dan menyebabkan lensa mata menjadi sangat lelah. Karena itu penderita mata minus harus bisa mengurangi waktu untuk melihat televisi dan lebih banyak melihat objek di alam secara langsung.

  1. Gunakan Perlindungan untuk Layar Komputer

Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop maka pantulan sinar yang terlalu tajam bisa menyebabkan retina dan lensa mata menjadi sangat lelah. Bekerja lebih dari 4 jam dengan terus menerus menatap layar komputer akan menyebabkan mata minus menjadi lebih buruk. Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan hanya karena kesehatan mata. Namun Anda bisa menggunakan perlindungan layar yang bisa membuat pantulan sinar menjadi tidak terlalu tajam. Kaca pelindung untuk layar komputer biasanya akan membuat cahaya radiasi tidak langsung mengenai mata tapi diserap oleh pelindung mata.

  1. Biasakan Membaca dengan Lampu yang Terang

Jika Anda memiliki kebiasaan membaca maka jangan membiasakan diri untuk membaca buku di tempat yang gelap atau cahaya yang kurang. Membaca buku di tempat yang terlalu gelap bisa menyebabkan lensa mata harus bekerja sangat keras. Untuk mengurangi nilai minus maka Anda harus membaca di tempat yang terang atau cahaya lampu yang cukup. Cara ini akan menyebabkan mata minus menjadi lebih terpelihara dan paling tidak bisa mengurangi nilai minus mata Anda.

  1. Gunakan Kacamata Minus sesuai Ukuran

Banyak orang yang sebenarnya memiliki mata minus dan tidak mau menggunakan kacamata. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan kacamata minus yang benar-benar sesuai dengan ukuran. Program terapi ini bisa dilanjutkan dengan menggunakan kacamata minus yang ukurannya lebih rendah dari nilai minus yang sebenarnya. Hal ini bisa membuat mata menjadi lebih fokus dan efeknya sama seperti ketika Anda melakukan senam mata. Bahkan jika dilakukan secara terus menerus maka bisa mengurangi ketergantungan terhadap mata minus.

  1. Istirahat Mata Secara Berkala

Cara mengobati mata minus yang banyak dilupakan orang adalah dengan istirahat yang cukup. Ketika Anda sedang melakukan berbagai aktifitas, maka usahakan untuk memberikan kesempatan mata agar bisa beristirahat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara seperti menjaga mata ketika sedang menatap layar komputer. Anda bisa mencoba untuk memejamkan mata sejenak dan memberikan pijatan yang lembut di sekitar alis dan bawah mata. Terapi ini bisa membuat mata bisa istirahat dan aliran darah di sekitar mata juga menjadi lebih lancar.

  1. Gunakan Air Rebusan Daun Sirih untuk Mencuci Mata

Daun sirih juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan mata. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengambil dua atau tiga lembar daun sirih yang masih segar. Kemudian rebus dengan beberapa gelas air mineral. Setelah itu saring dan dinginkan. Setelah air dari rebusan daun sirih ini dingin maka gunakan untuk mencuci mata. Anda bisa melakukan dengan memendamkan mata ke gelas yang penuh dengan air sirih. Cara ini bisa membuat mata menjadi lebih bersih dan mata minus menjadi lebih berkurang. Cara tradisional ini sudah lama digunakan dan memang benar-benar bisa efektif.

  1. Lakukan Terapi Lilin untuk Melatih Mata Fokus

Untuk mengurangi mata minus juga bisa dilakukan dengan terapi menggunakan lilin. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menyalakan lilin dan letakkan di sebuah tempat yang terang. Kemudian mulai lihat nyala lilin dengan berkedip selama beberapa kali. Jika mata Anda merasa tidak tahan dengan nyala lilin ini dan mengeluarkan air mata maka biarkan selama beberapa kali. Cara ini akan membantu menjaga agar mata bisa fokus dan bisa melatih lensa mata untuk menjadi lebih baik lagi.

  1. Makan Ubi Secara Rutin

Ubi juga bisa menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ubi mengandung nutrisi seperti beta karoten yang bisa membantu menjaga mata dari radikal bebas. Selain itu ubi mengandung zat pati lembut yang banyak serat sehingga bisa membantu menjaga agar tubuh Anda tidak kelebihan karbohidrat. Anda bisa mencoba untuk makan ubi rebus atau ubi yang sudah dikukus secara aktif.

  1. Terapi Melihat Warna

Untuk mengobati mata minus atau mengurangi  nilai minus maka juga bisa menggunakan terapi melihat warna. Anda bisa mencoba untuk melihat satu atau dua warna kombinasi selama beberapa jam. Hal ini bisa membantu lensa mata menjadi lebih fokus. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kertas warna dan letakkan ditempat berlatar belakang putih. Setelah itu Anda bisa mencoba untuk melihat selama beberapa jam. Kemudian lakukan relaksasi dengan memejamkan mata dan lakukan pemijatan lembut di sekitar mata. Tapi jangan sampai menekan bagian mata karena bisa mempengaruhi fungsi lensa mata setelah membuka mata.

  1. Mengkonsumsi Tiram

Tiram merupakan salah satu makanan laut yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Mengkonsumsi tiram secara rutin bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan bisa mengurangi mata minus. Hal ini disebabkan karena tiram mengandung seng yang bisa mendukung kesehatan mata. Bahkan seng dalam tiram juga melindungi bagian makula, lensa dan retina mata. Anda bisa mencoba untuk makan tiram lebih rutin jika tidak menderita alergi makanan laut.

  1. Biasakan Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa membuat kondisi mata menjadi lebih sehat. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin E juga penting untuk melindungi kerusakan mata akibat bahan radikal bebas. Bahkan vitamin E akan membantu mata minus menjadi lebih sehat. Beberapa jenis kacang yang bisa dikonsumsi adalah seperti almond, kacang mete, kacang tanah dan beberapa jenis lain.

  1. Tindakan Besah Lasik

Lasik merupakan salah satu tindakan medis untuk menyembuhkan mata minus dengan metode bedah laser. Tindakan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter mata yang sudah berpengalaman. Cara ini bisa membuat mata minus pulih total dan membuat penderita bisa menggunakan kacamata bantuan. Namun cara ini membutuhkan biaya yang lebih mahal dan rangkaian perawatan yang panjang.

Penyebab Mata Minus

  1. Kebiasaan membaca sambil tidur dengan pencahayaan yang buruk atau terlalu redup.
  2. Kebiasaan membaca di tempat dengan pencahayaan yang kurang.
  3. Kebiasaan membaca dengan sikap dan posisi terlalu dekat buku atau layar komputer dalam waktu yang lama.
  4. Tubuh kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A dan vitamin C.
  5. Bekerja atau menggunakan layar komputer dalam waktu yang sangat lama jarak yang terlalu dekat.
  6. Kebiasan melihat televisi terlalu lama dengan jarak yang sangat dekat.
  7. Terlalu lama bermain atau bekerja dengan komputer.
  8. Kebiasaan bekerja di bawah sinar matahari secara langsung dan tanpa menggunakan kacamata pelindung.
  9. Kebiasaan bekerja dengan kondisi yang bisa merusak mata seperti berasap dan penuh debu dan tidak menggunakan kacamata.
  10. Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang manis dan mengandung gula yang tinggi.

Cara Mencegah Mata Minus

  1. Jangan membiasakan diri untuk membaca dengan jarak yang terlalu dekat dalam waktu yang lama.
  2. Jangan membaca di tempat dengan pencahayaan yang kurang.
  3. Jangan membiasakan diri terlalu fokus ketika menatap layar komputer saat bekerja. Anda bisa mencoba untuk melihat ke sekeliling setiap 10 menit sekali. Jika perlu Anda juga bisa meninggalkan komputer setiap 30 menit sekali. Cara ini akan membantu mata Anda menjadi lebih santai dan tidak menerima radiasi dari sinar komputer secara terus menerus.
  4. Pastikan Anda memilih jarak yang benar-benar aman ketika menggunakan komputer atau melihat televisi.
  5. Gunakan pelindung layar untuk komputer jika Anda menggunakan komputer untuk bekerja dalam waktu yang lama.
  6. Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat dan tanpa pengawet atau bahan tambahan makanan yang lain.
  7. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari sayuran dan buah alami untuk menghindari kekurangan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, beta karoten, lutein dan zea xanthin.
  8. Lakukan berbagai jenis olahraga atau latihan yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ketika tubuh mudah sakit dan kurang sehat maka juga bisa menyebabkan kemampuan mata menjadi berkurang.
  9. Hilangkan kebiasaan merokok. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok maka segera berhenti dari kebiasaan yang bisa menyebabkan mata minus. Rokok mengandung nikotin yang bisa masuk ke dalam tubuh secara langsung. Nikotin bisa menjadi sumber racun yang bisa merusak sistem kesehatan mata dan menyebabkan radikal bebas pada bagian makula. Kemudian asap rokok juga bisa menyebabkan kerusakan mata secara langsung dan membuat mata minus.

Untuk pencegahan mata minus

Gejala Mata Minus

  • Pandangan menjadi buram
  • Malam hari bertambah sulit melihat benda jauh
  • Sering berkedip
  • Sakit kepala dan pusing

Baca juga : Cara menjaga kesehatan mata – mata kunang kunang kepala pusing

Mata minus memang sangat tidak nyaman. Menggunakan kacamata secara terus menerus juga bisa menyebabkan kondisi mata menjadi tidak sehat. Karena itu Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mengobati mata minus secara alami.