15 Makanan Sehat Untuk Paru Paru Perokok

10605

Paru paru adalah organ yang sangat penting bagi manusia.  Tanpa paru paru maka kita tidak akan bisa bernafas. Paru paru merupakan organ yang terletak di bagian dada. Bagian tenggorokan yang membawa udara dari hidung dan mulut akan mengalirkan udara ke paru-paru melalui bronkus. Selanjutnya bronkus akan mengalirkan udara tersebut ke bronkiolus.

Udara yang berada di bronkiolus akan berkumpul di alveoli. Oksigen yang telah sampai ke alveoli akan digunakan oleh darah untuk melakukan proses metabolisme. Jadi, tugas paru-paru dalam tubuh sangat panjang. Paru paru juga menjadi organ yang sangat penting untuk kekebalan tubuh. Karena itulah kita harus melindungi paru paru.

Mengkonsumsi makanan yang sehat memang tidak akan mempengaruhi fungsi paru paru secara langsung. Namun dengan mengkonsumsi makanan sehat maka sistem anti oksidan yang berasal dari makanan akan memberikan perlindungan untuk paru paru. Berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk paru paru  perokok yang bisa dikonsumsi secara rutin.

  1. Air putih

Air putih tidak hanya berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Air dalam tubuh bisa bermanfaat untuk menjaga alirah darah ke  bagian paru-paru. Paru paru membutuhkan air untuk membuat kondisi lendir tetap basah dan lembab. Hal ini sangat penting untuk mencegah infeksi bakteri, racun maupun berbagai jenis zat polutan yang masuk ke paru paru.

  1. Labu

Labu adalah bahan makanan yang banyak mengandung beta karoten dan vitamin C. senyawa beta karoten yang ada dalam labu ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru paru. Labu dapat mencegah berbagai masalah peradangan pada tubuh termasuk resiko kanker paru paru. Labu dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti kue, pudding atau kolak. Anda bisa merubah cara pengolahan agar tidak merasa bosan.

  1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin B6. Selain itu jeruk juga memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Jeruk juga memiliki kandungan antihistamin yang cukup tinggi. Semua bahan-bahan ini bisa membantu proses pengolahan oksigen dalam paru-paru. Bahkan konsumsi jeruk secara rutin dapat membersihkan paru paru dari berbagai macam radikal bebas.

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman akar-akaran asli dari Indonesia. jahe memiliki kandungan bahan anti inflamasi yang sangat baik untuk paru-paru. Mengkonsumsi jahe dalam bentuk ramuan atau minuman bisa membantu membersihkan semua radikal bebas dari paru-paru. Bahkan jahe juga mengandung bahan aktif untuk meningkatkan sirkulasi udara ke paru-paru. Jahe bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan pada paru paru sehingga baik untuk penderita asma dan bronkitis.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung zat flavonoid yang sangat tinggi. Kandungan flavonoid dalam jeruk ternyata sangat baik untuk mencegah peradangan. Bahkan kandungan vitamin dan mineral dalam buah jeruk bali ternyata sangat berkhasiat untuk menghilangkan karsinogen atau bahan yang bisa menyebabkan kanker paru paru. Kandungan lain yang sangat tinggi dalam jeruk bali dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru paru adalah kalium dan pektin.

  1. Cabai Merah

Cabai merah memiliki senyawa yang bernama capsaicin. Ini adalah senyawa yang membuat cabai merah memiliki rasa pedas. Kandungan capsaicin bisa membantu proses aliran darah, membantu fungsi selaput lendir dalam paru paru dan melindungi organ paru paru dari infeksi. Bahkan cabai merah juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang menjadi zat anti oksidan terbaik dalam tubuh. Bahan licopene yang ada dalam cabai merah juga sangat ampuh untuk mencegah kanker paru paru.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman akar-akaran yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Kunyit ternyata memiliki kandungan omega 3 dan selenium yang sangat penting untuk melindungi paru paru dari infeksi. Bahan kurkumin dalam kunyit ternyata juga sangat ampuh untuk melawan kerusakan sel sehat dalam paru paru. Kunyit secara aktif mengandung berbagai macam zat yang sangat penting untuk membersihkan paru paru dari zat radikal bebas.

  1. Delima

Delima adalah buah yang memiliki rasa manis dan dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus. Buah delima memiliki kandungan senyawa anti oksidan yang sangat tinggi. Bahkan buah delima bisa menjadi salah satu bahan kemoterapi alami untuk penderita kanker paru paru. Senyawa anti oksidan terbaik yang ditemukan dalam buah delima adalah ellagitannin yang bisa mempengaruhi pertumbuhan sel kanker hingga 40 %. Selain itu kandungan vitamin C dalam buah delima juga bisa menjadi anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C dan bahan anti oksidan. Apel bahkan memiliki kandungan anti oksidan tertinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Zat anti oksidan dalam apel akan membantu regenerasi sel dalam paru-paru dan membersihkan paru paru dari berbagai macam zat kotor. Anti oksidan dalam apel ternyata juga bisa membantu proses pernafasan sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita asma.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu masakan yanga banyak mengandung senyawa belerang, minyak atsiri, dan senyawa alisin. Kandungan minyak atsiri dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pernafasan. Senyawa alisin berfungsi untuk menghancurkan semua sel buruk yang ada pada organ paru paru. Minyak atsiri dan senyawa alisin juga membantu melawan infeksi dan peradangan pada saluran pernafasan. Konsumsi bawang putih bisa meningkatkan sistem pernafasan, membersihkan paru paru dan mencegah kanker paru paru.

  1. Sayur Kubis-kubisan

Semua sayur kubis-kubisan antara lain seperti kembang kol, sawi, brokoli dan kubis mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. kandungan anti oksidan dalam sayur kubis kubisan bisa membantu mencegah munculnya sel kanker dan membasmi sel kanker yang muncul termasuk kanker paru paru. Senyawa ampuh yang terdapat dalam sayur kubis-kubisan seperti isotiocianates dan glutathin bisa melawan terbentuknya sel kanker paru paru.

  1. Ikan

Berbagai jenis ikan yang banyak mengandung zat omega-3 juga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru paru. Beberapa jenis ikan yang banyak memiliki senyawa omega-3 antara lain adalah seperti ikan salmon dan ikan tuna. Selain itu ikan tuna dan salmon juga banyak mengandung selenium yang berperan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan omega 3 yang terdapat dalam salmon juga bermanfaat untuk melindungi paru  paru dari infeksi dan mencegah munculnya peradangan.

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk penderita asma. Kandungan karotenoid dalam wortel memiliki zat anti oksidan yang bisa mencegah munculnya penyakit paru paru. Proses pembentukan anti oksidan juga akan dirubah menjadi vitamin A, sehingga wortel menjadi makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Wortel merupakan makanan kaya serat alami yang dapat dikonsumsi sehari hari.

  1. Buah Berri

Buah berri adalah buah yang banyak mengandung anti oksidan. Beberapa buah yang termasuk dalam golongan buah berri adalah seperti strawberi, blueberri dan raspberi. Kandungan lain yang ditemukan dalam buah berri adalah seperti polifenol antosianin, beta karoten, lutein dan zeasantin. Semua zat ini berperan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga fungsi paru paru. Konsumsi jus buah beri secara rutin juga bisa melindungi dari resiko kanker paru paru.

  1. Kacang kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan memiliki kandungan magnesium yang sangat baik untuk penderita asma. Magnesium bisa bekerja dengan baik untuk meningkatkan kapasitas kerja paru paru dan membangkitkan sistem pernafasan. Mineral dalam kacang – kacangan juga memiliki kandungan zat anti oksidan tinggi yang bisa mencegah kanker paru paru.

Paru paru menjadi organ yang harus kita jaga. Ada berbagai penyakit yang bisa menyerang paru paru antara lain asma, bronkitis, infeksi paru paru dan kanker paru paru. Jika sudah terkena penyakit tersebut maka bisa diobati dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk paru paru. Selain itu olahraga juga sangat penting untuk melatih paru paru.