Home Tips KesehatanKesehatan Mata 4 Penyebab Mata Sering Berair dan Belekan Setiap Hari

4 Penyebab Mata Sering Berair dan Belekan Setiap Hari

by Mei Riska

Penyakit mata memang bermacam- macam jenisnya. Salah satu yang sering menjangkit manusia adalah penyakit mata berair dan belekan. Penyakit seperti ini ternyata tidak datang dengan sendirinya. Ada beberapa hal yang mnjadi penyebab tahi mata berlebihan. Secara umum dan bila dilihat dari angka kejadiannya, mata belekan dan berair ini banyak disebabkan oleh adanya infeksi kuman yang berupa virus atau bakteri. Infeksi seperti ini biasanya terjadi terjadi di lapisan luar mata yang disebut dengan konjungtiva dan juga kelopak mata yang penyakitnya biasanya disebut dengan bintitan. Selain adanya infeksi, mata belekan juga dapat disebabkan oleh adanya alergi dan juga mata kering. Berikut merupakan jenis belek beserta dengan penyebabnya :

  1. Infeksi Bateri

Belek yang berwarna abu- abu atau hijau dan kental biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi pada apisan konjungtiva mata. Gejala utama dan yang paling khas biasanya adalah adanya kesulitan untuk membuka mata pada pagi hari yang dikarenakan adanya belek kental tadi. Gejala lain yang dapat mengikuti ialah adanya perasaan gatal dan juga mata berwarna merah.

Baca: Cara mengatasi mata sakit sebelahKelainan yang terjadi pada mata

  1. Alergi

Belek dengan ukuran kecil dan juga kering biasanya disebabkan oleh reaksi alergi yang terjadi pada mata. Alergi biasa disebabkan oleh allergen atau zat yang dapat menimbulkan alergi seperti partikel seperti sisa make up atau debu. Selain adanya belek, gejala utama dari alergi biasanya adalah adanya rasa gatal di sekitar mata.

Baca : Cara tes alergiPenyebab alergi kulit

  1. Virus

Belek yang bersifat kering dan juga tebal biasanya disebabkan oleh infeksi virus yag terjadi pada konjungtiva. Infeksi virus ini biasanya tidak membutuhkan antibiotik. Kita bisa mengobati gejala ini dengan menggunakan obat sakit mata belekan.

Baca : Penyebab belekan pada mataJenis – jenis penyakit mata

  1. Peradangan

Belek yang berwarna kuning yang diikuti dengan bengkak pada kelopak mata, biasanya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi pada area kelopak mata dn menyebabkan peradangan. Obat yang plaoing mujarab serta manjur untuk memberantas penyakit ini ialah dengan menjaga kebersihan mata.

Baca : Jenis-jenis penyakit mata

Itulah beberapa jenis belek yang berbeda- beda jenisnya beserta dengan penyebabnya. Sehingga bagi Anda yang terkena penyakit belek, bisa Anda lihat dahulu jenis belek apa yang menyerang Anda dan kemudian baru Anda mengetahui disebebkan oleh apa bele yang menyerang mata Anda.

Lalu, jika kita sudah terlanjur terkena belek, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya? Apakah arus menggunakan obat tertentu atau kita bisa menggunakan cara- cara atau tindakan tertentu untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Mata Berair dan Belekan

Mata berair dan belekan memang merupakan salah satu penyakit yang merepotkan. Disamping merepotkan karena terlalu sering mengeluarkan belek, penyakit ini juga menimbulkan rasa malu yang otomatis membuat rasa percaya diri kita menjadi berkurang. Ada  beberapa cara untuk menangani penyakit ini yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Beberapa cara untuk menangani penyakit ini antara lain :

  • Mengompres Mata

Mengompres mata merupakan salah satu obat sakit mata yang paling mudah untuk dilakukan sendiri. Untuk mengompres mata, kita bisa menggunakan air hangat yang bersih dan menggunakan kain yang bersih pula. Letakkan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sudah diperas, tempelkan pada mata mata yang belekan tersebut. Cara ini biasaya ampuh untuk mengurangi bengkak dan juga ampuh untuk mengencerkan belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Secara umum, cara ini dapat dipakai untuk mengatasi semua jenis belekan. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya cara ini bukan untuk membunuh kuman penyakit, namun hanya menjadi salah satu cara untuk menghilangkan gejala saja. Mengompres mata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda.

Baca : Cara menghilangkan mata panda secara tradisional

  • Jangan Menggaruk Mata Anda

Jangan sekali- kali menyentuh dan juga menggaruk mata yang sedang belekan. Hal ini karena penyebab nomor satu pada mata yang belekan adalah karena adanya infeksi pada mata. Jika kita menyentuh mata, maka sangat dimungkinkan kuman yang berada pada mata yang belekan akan menyebar pada mata satunya. Menyentuh apalagi menggosok mata yang sedang belekan dapat memperparah proses infeksi pada mata. Bila kita berniat ingin membersihkan mata yang terkena belek, kita bisa menggunakan akin yang dicelupkan dengan air hangat. Dan setelah membersihkan, jangan lupa untuk mencuci kain tersebut.

Baca : Bahaya mengucek mata dengan tangan

  • Hindari Hal-hal yang Menimbulkan Reaksi Alergi pada Mata

Alergi merupakan salah satu penyebab mata belekan. Belekan pada mata yang tidak disebabkan karena adanya infeksi kuman, biasanya tidak sekental dan warnanya tidak sekuning belekan yang disebabkan karena infeksi kuman. Obat belekan akibat alergi yang paling baik adalah adalah dengan menghindari zat atau hal- hal yang membuat mata menjadi alergi. Hal- hal yang dapat menyebabkan alergi (allergen) bermacam- macam bentuknnya, seperti debu, alat atau zat yang berasal dari make up, sabun, bedak, dan juga lainnya.

  • Lepaskan Lensa Kontak Anda

Bagi Anda yang suka memakai lensa kontak, memakai lensa kontak pada saat mata belekan sangat tidak direkomendasikan. Hal ini tidak akan memberikan efek baik apapun pada mata. Lensa kontak yang ditempelkan di kornea mata akan menghalangi kornea mata untuk mendapatkan udara dan juga oksigen yang diperlukan. Saat mata mengalami belekan, terjadi gejala radang pada mata, dan keadaan ini dapat merembet ke kornea mata apabila kornea kurang mendapatkan oksigen. Keadaan seperti ini justru malah bisa menimbulkan radang pada kornea yang bersifat lebih berbahaya dari mata belekan biasa.

Baca : Bahaya lensa kontak untuk mata

  • Berobat ke Dokter

Berobat ke dokter merupakan tindakan yang wajib dilakukan ketika sakit belekan pada mata Anda sudah terlampau parah dan bila Anda sudah melakukan segala cara untuk menyembuhkannya namun tak kunjung sembuh juga. Selain itu berobat ke dokter juga akan membantu Anda mengetahui gejala apa yang sebenarnya menyebabkan mata Anda menjadi belekan, mengingat banyak sekali hal- hal yang dapat menyebabkan belekan ini.

Baca : Bintik hitam di mata bagian putihPencegahan glaukomaCara mencegah glaukoma

  • Menggunakan Berbagai Bahan Herbal

Berbagai bahan herbal dapat membantun mengatasi mata belekan. Salah satu bahan herbal yang berguna untuk mengatasi mata belekan adalah daun sirih. Cara pengobatan mata belekan dengan menggunakan daun sirih. Selain bisa digunakan sebagai obat keputihan karena jamur , daun sirih bisa digunakan sebagai obat mata. Caranya adalah :

  • Ambil satu lembar daun sirih, bersihkan sampai bersih dan rebus dengan ditambahkan sedikit garam hingga mendidih.
  • Setelah itu angkat dan tunggu hingga dingin, kemudian saring menggunakan kain yang bersih.
  • Pakai air saringan tersebut untuk membersihkan mata yang sakit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari. ( Baca : Makanan untuk mencegah keputihanPenyebab keputihan Cara mengatasi keputihan )

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetasi mata yang belekan. Cara- cara diatas dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like