Home Gaya HidupKebiasaan Buruk Selain Hp, Ini Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mata

Selain Hp, Ini Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mata

by Lia Yuliana

Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Tapi terkadang kita lupa untuk merawat kesehatan mata dan baru mulai tersadar saat mata menunjukkan gejala kerusakan. Gejala yang dirasakan antara lain adalah penglihatan mulai kabur, mata terasa perih dan lelah serta sakit kepala. Biasanya kerusakan mata disebabkan karena terlalu sering menatap layar smartphone. Tapi ternyata ada kebiasaan lain yang juga dapat membuat mata rusak.

1. Sering begadang dan kurang tidur

Sering begadang dan kurang tidur dapat menurunkan kesehatan tubuh. Beberapa efek kurang tidur adalah emosi menjadi tidak stabil, tekanan darah rendah, dapat meningkatkan resiko terkena penyakit serius dan juga merusak mata. Akan muncul lingkaran hitam di bawah mata (mata panda) dan membuat pandangan kabur. Tidak hanya itu saja. Kurang tidur juga dapat membuat mata merah, pedih dan kering.

2. Mengucek atau menggosok mata terlalu keras

Mata terdiri dari banyak bagian sensitif dan berbahaya. Mengucek mata terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan atau kelainan pada mata. Kerusakan terparah adalah membuat kelopak mata tidak dapat berkedip. Karena itu jangan mengucek mata terlalu keras ya. Jika terasa ada yang tidak enak dengan mata, sebaiknya cukup diusap dengan lembut. Seandainya dirasa ada iritasi atau benda asing yang masuk ke mata disarankan menggunakan cairan pembersih mata khusus yang steril.

3. Kebiasaan merokok

Dalam sebatang rokok terkandung 250 jenis zat beracun dan 70 jenis zat yang bersifat karsinogenik. Baik perokok aktif maupun pasif dapat terkena dampak negatif dari bahaya rokok. Salah satu dampak yang mungkin dirasakan oleh perokok aktif adalah meningkatnya prosentase terkena katarak, terlebih untuk orang yang menghisap rokok lebih dari 4 batang tiap harinya. Sedangkan untuk perokok pasif, asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif dapat mengiritasi mata dan membuat mata menjadi merah.

4. Kurang minum air

Air adalah salah satu kebutuhan utama tiap makhluk hidup, termasuk manusia. Disarankan untuk minum air minimal 2 liter sehari untuk menjaga kondisi tubuh dan menghindarkan dari dehidrasi. Mata pun bisa mengalami dehidrasi jika kekurangan konsumsi air minum. Air mata yang dihasilkan tidaklah cukup untuk menjaga kelembaban dan memastikan mata mendapatkan gizi seimbang. Ciri – ciri mata mengalami dehidrasi adalah mata menjadi kering, kemerahan dan bengkak pada bagian kelopak mata. Jadi jangan lupa minum air yang cukup tiap harinya ya.

5. Jarang makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Mata pun membutuhkan asupan vitamin serta mineral yang hanya bisa didapat dari buah dan sayur. Vitamin yang paling dibutuhkan oleh mata adalah vitamin A dan bisa diperoleh dari buah dan sayur yang berwarna orange atau merah, seperti wortel, tomat dan kabocha. Cara pengolahan dan konsumsinya pun harus tepat agar buah dan sayur tersebut tidak sampai kehilangan kandungan vitamin A di dalamnya. Jadi mulai sekarang perbanyak asupan buah dan sayur dengan cara yang benar agar kesehatan tubuh dan mata selalu terjaga, bagi seorang pekerja keras, kesehatan tubuh adalah nomor 1.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan tanpa sadar dapat merusak kesehatan mata. Dengan mengetahui kebiasaan salah ini, maka kita bisa mengantisipasi kerusakan mata yang mungkin terjadi. Kalau mata sehat, maka aktivitas dan pekerjaan yang kita lakukan akan selesai dengan hasil yang sempurna.

You may also like