Home Tips KesehatanKesehatan Mata 17 Penyebab Belekan Pada Mata Bayi dan Orang Dewasa

17 Penyebab Belekan Pada Mata Bayi dan Orang Dewasa

by Mei Riska

Penyebab belekan pada mata belum banyak diketahui masyarakat padahal banyak masyarakat yang pernah mengalaminya. Ada yang terjadi akibat sifat alami yang terjadi akibat tidur yang pulas, lupa membersihkan muka ketika berangkat tidur, tetapi ada juga belekan yang mengindikasi bahwa tubuh seseorang sedang mengalami keluhan kesehatan. Keluhan kesehatan bisa di sebabkan oleh kebiasaan yang kurang baik.

Penyebab pada Bayi

Berikut ini penyebab belekan pada bayi dan balita yang harus diketahui:

1. Bayi atau Balita Sering Menangis

Rewel daan sering menagis pada bayi dapat mengakibatkan penumpukan kotoran didaerah sudut mata dan seputar bola mata karena produksi air mata yang berlebihan yang terus menerus akan bereaksi menjadi sebuah partikel yang bercampur dengan debu halus disekitarnya yang tidak terlihat yang akhirnya membentuk belekan.

2. Penyumbatan Saluran Mata ke Rongga Hidung

Ketika kotoran yang berasal dari daerah mata dan tidak mampu dibuang lewat saluran rongga hidung . Rongga hidung memiliki kemampuan untuk menyaring kotoran dan segala partikel asing yang berasal dari radikal bebas. Jika saluran mata  ada gangguan maka kotoran yang ada dibagian mata tidak dapat dikeluarkan ke arah saluran rongga hidung dan menjadi tahi hidung akibatnya ada penumpukan dikotoran disudut mata yang sering disebut sebagai belekan. Penyumbatan ini juga memiliki dampak buruk pada hidung dimana hidung bisa mengalami sinusitis 

Baca juga : Penyebab sinusitis  – Cara mengobati sinusitis

3. Alergi

Ibu yang menjalani diet ketika sedang menyusui akan berdampak kurang baik bagi kualitas ASI yang menyebabkan bayi menjadi terserang alergi. Alergi bayi juga dapaat disebabkan oleh reaksi radikal bebas seperti kondisi kamar atau ruangan yang tidaak bersih, berdebu, berasap atau jarang dibersihkan. Kondisi ini sangat berbahayaa bagi bayi yang matanya tergolong masih sangat sensitif.

Alergi dapat juga diakibbatkan karena bayi diberi minuman susu sapi atau susu botol yang didalamnya mengandung bakteri atau telah terkiontiminasi vitus karena botol yang tidak higienis. Semua jenis alergi yang di derita bayi dapat menimbulkan belekan. Cara mengatasi alergi pada anak dan bayi juga bisa menjadi cara mengatasi belekan pada bayi atau anak.

4. Infeksi Mata Setelah Persalinan

Bayi dapat mengalami sumbatan pada saluran air mata karena infeksi ringan yang didapat sesaat setelah proses persalinan. Mata bayi akan terus berair dan mengalami kemerahan serta pembengkakan disekitar kelopak matanya. Kondisi dapat menyebabkan penumpukan kotoran disudut mata.

5. Iritasi

Tempat yang terlihat bersih dan bebas debu belum tentu tidak terjamah oleh radikal bebas. Banyak jenis radikal bebas yaang tidak terlihat mata telanjang disekitar kita termasuk ruangan kamar bayi. Radikal bebas dapat dihasilkan oleh sinar matahari yaang masuk didalam kamar yang sebelumnya sudah terkontaminasi dengan debu dan asap. Ada juga radikal bebas yang terbentuk karena asap ketika ibu sedang memasak didapur lalu menempel pada pakaian dan terbawa lewat udara lalu mengiritasi mata bayi. Kondisi ini dapat menyebabkan mata bayi mengalami belekan. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab belekan pada anak atau bayi, iritasi ini juga menjadi penyebab bintitan mata.

6. Infeksi Virus dan Bakteri

Membersihkan bagian mata bayi harus sangat hati hati. Jika bahan yang digunakan untuk membersihkan terkontiminasi kotoran dari wadah yang tidak bersih atau steril bisa menyebabkan saluran mata bayi mengalami iritasi bakteri dan virus, akibatnya akan timbul penyebab belekan pada mata bayi.

Baca juga : Infeksi telingaInfeksi paru-paru

Penyebab pada Orang Dewasa

Berikut ini penyebab belekan pada orang dewasa yang bisa anda ketahui:

  1. Akibat pemakaian lensa kontak

Bahaya lensa kontak untuk mata dipicu dengan pemakaian lensa kontak yang kadarluasa, pemakaian dalam jangka paanjang, pemakaian yang terburu buru, pemakaian diruangan  yang berdebu atau karena kondisi lensa kontak yang tidak bersih. Hal itu dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada area mata dalam dan kelopaknya. Iritasi ditandai dengan timbulnya pembengkakan mata. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi, mata dehidrasi sekaligus menyebabkan belekan pada sudut mata dalam jumlah banyak yang dapat terjadi pada setiap  jam.

Baca juga : Bahaya dehidrasi

  1. Akibat Debu

Selain bisa menyebabkan asma, debu radikal bebas yang ada di jalanan, barang berdebu yang jarang dibersihkan, paparan asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah dan asap rokok. Semua itu dapat mengiritasi mata dan menyebabkan gangguan kesehatan mata. Gangguan itu berupa mata gatal, berair dan pedih, Kondisi ini dapat menyebabkan belekan.

Baca juga : Bahaya debu pada makanan

  1. Mengucek Mata Secara Berlebihan

Salah satu bahaya mengucek mata dengan tangan adalah menyebabkan belekana. Ketika mata sedang gatal biasanya orang akan menlakukaan pengucekan pada mata. Pengucekan yang lama, keras dan berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan jaringan kornea dan retina mata. Menggosok mata dengan kasar cepat dan keras dapat menyebabkan iritasi dan memicu terjadinya sakit mata. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya belekan yang berlebihan pada sudut mata.

  1. Tidak Menggunakan Pelindung Mata

Ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor hendaknya pakailah  pelindung mata seperti kaca mata. Selain dapat menetralisir cahaya yang menyilaukan dapat juga sebagai pelindung untuk mencegah masuknya debu, binatang kecil atau partikel lain yang dihasilkan radikal bebas lewar angin. Derasnya frekuensi angin kearah pengendara motor dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada sudut mata.

  1. Memakai Make Up Mata

Make up mata yang berlebihan seringkali mengiritasi mata dan sekitarnya, karena zat kimia yang ada didalamnya bisa bereaksi kurang baik jika bergabung dengan keringat dan debu radikal bebas. Jika lupa membersihkannya sebelum berangkat tidur, pada pagi harinya akan muncul belekan yang tebal menumpuk disudut mata. Kotoran tersebut bisa mengandung bakteri dan kuman hasil dari zat kimia make up yang tak dibersihkan selama lebih dari 8 jam.

  1. Peradangan

Mata gatal, merah dan peradangan yang diakibatkan oleh udara kotor dapat memicu belekan yang lengket pada ujung mata. Ini biasa terjadi pada pekerja bangunan atau orang orang yang bekerja diluar ruangan dan berhubungan dengan properti. Mereka tidak dapat menolak  berbagai macam debu dan partikel lain yang masuk ke dalam matanya. Untuk menjaga kesehatan mata dan terhindar dari belekan hendaknya menggunakan obat mata sebelum dan sesudah selesai kerja. Pelindung mata ketika beraktifitas pun jangan lupa digunakan.

  1. Kurang Tidur dan Kelelahan

Kurang tidur bisa menyebabkan penyakit akibat kurang tidur juga bisa menyebabkan belekan. Sering bergadang dapat membuat tubuh menjadi lemah dan membuat jaringan matapun ikut lelah. Kondisi mata yang mengantuk tetapi dipaksakan untuk tetap terjaga mengakibatkan jaringan otot sekitar mata menderita dehidrasi, menyebabkan daya penglihatan sedikit berkurang dan tidak mampu berkonsentrasi dengan maksimal. Keadaaan ini hanya bisa dinormalkan kembali dengan cara beristirahat selama 8 jam penuh.

  1. Bermain dengan Hewan

Hewan peliharaan seperti kucing, burung, anjing atau yang lainnya cenderung mengeluarkan serbuk debu yang tidak kasat mata. Bulu bulunya bisa membaur dengan radikal bebas lewat udara ketika hewan tersebut berinteraksi dengan anda. Kotoran tersebut tanpa sengaja akan hinggap pada area mata anda dan membuat mata anda terasa seperti ada ganjalan atau gatal. Rawatlah kebersihan tubuh hewan peliharaan anda agar anda terhindar mata belekan.

  1. Menangis

Mata menjadi belekan karena menangis bukan hanya terjadi pada bayi saja tetapi dapat dialami oleh orang dewasa namun dengan kapasitas belekan yang sedikit berbeda. Pada orang dewasa jika menangis terlalu lama lalu akhirnya tertidur karena kelelahan, maka ketika anda terbangun nanti, anda akan menemukan penumpukan kotoran disudut mata yang sedikit mengeras dalam jumlah banyak. Ini terjadi karena mata anda sebelumnya telah terkontaminasi dengan berbagai radikal bebas , seperti asap, debu atau zat kimia dari make up (untuk wanita).

  1. Obat Mata yang Terlalu Sering

Berhati hatilah jika mata mengalami belekan yang di iringi rasa gatal, merah dan terasa nyeri. Jangan meneteskan obat mata yang mengandung anti biotik terlalu sering. karena mata anda yang sudah sakit itu tidak akan mengalami penyembuhan tetapi mengakibatkaan keluhan mata lainnya. Keluhan itu misalnya pembengkakan, mata sulit digerakakan karena lengket ketika bangun tidur dan sebagainya. Kondisi ini adalah indikasi bahwa mata anda telah mengalami iritasi berat. Segera berobatlah kedokter mata dan lakukan pengobatan berdasarkan rekomendasinya.

  1. Lupa Mencuci Tangan

Cara mencuci tangan yang benar dan steril harus diketahui oleh semua orang. Setelah beraktifitas apapun maupun sebelum makan sebaiknya mencuci tangan dengan sabun agar bakteri atau virus yang melekat pada jari jari tangan dapat dihilangkan. Tangan dalam keadaan kotor jika berinteraksi langsung dengan mata lewat kucekan atau sekaan jari saja dapat memindahkan virus ke jaringan mata. Akibatnya akan mejadi penyebab belekan pada mata, dibagian sudut mata, walaupun anda tidak dalam keadaan terbangun dari tidur.

Cara Mengatasi Belekan Pada Orang Dewasa dan Bayi

Berikut ini cara mengatasi belekan pada orang dewasa yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan menghilangkan belekan:

  1. Rebusan Bawang Putih

Rebusan bawang putih dan daun sirih merah sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit belekan pada orang dewasa. Cara pembuatannya adalah berikut ini:

  • Daun sirih merah direbus bersama irisan bawang putih.
  • Setelah mendidih diamkan sampai dingin kemudian saring airnya.
  • Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan mata yang sedang kemerahan akibat iritasi ringan atau sedang belekan.
  1. Kompresan Bawang Putih

Mengompres dengan bawang putih dan air hangat adalah langkah yang sederhana dan aman untuk seseorang yang mengalami belekan setiap hari. Caranya sebagai berikut ini :

  • Haluskan bawang putih lalu campurlah dengan air putih yang hangat.
  • Rendam kapas secukupnya lalu peras perlahan hingga menyisakan sedikit air saja dalam kapas.
  • Letakan pada kelopak mata yang terpejam. Kompreslah mata berulang kali setiap tiga hari sekali atau seminggu sekali untuk mencegah belekan pada sudut mata. ( Baca juga : Efek samping bawang putih – Bahaya bawang putih mentah )
  1. Bagian Ujung Bawang Putih

Menggunakan ujung bawang putih adalah langkah yang praktis dalam mencegah timbulnya belekan, caranya adalah :

  • Ambilah bawang putih bersihkan lalu cubitlah sedikit ujungnya.
  • Gunakan ujung bawang putih yang telah dipatahkan itu pada area mata yang mengalami belekan.
  • Oleskan secara hati hati agar tidak masuk kemata.
  • Jika ada rasa pedih dan sedikit gatal itu adalah reaksi yang alami dari bawang putih yang didalamnya mengandung zat anti peradangan dan sebagai antibiotik alami.
  • Lakukan cara ini setiap kali menjelang tidur malam agar ketika bangun tidur  di keesokan hari terhindar dari penumpukan kotoran berlebih disudut mata.
  1. Mentimun

Anda dapat memanfaatkan mentimun sebagai kompres mata agar mata selalu segar, terhindar dari dehidrasi dan terhindar dari belekan setiap pagi. Caranya adalah:

  • Haluskan ketimun lalu taruhlah selama 5 sampai 10 menit dilemari es.
  • Ambilah dan celupkanlah dua kapas kedalamnya lalu peraslah perlahan hingga menyisakan sedikit airnya dalam kapas.
  • Kompreslah kedua mata anda dengan meletakkan kedua kapas tadi dimasing masing kelopak mata. Resapi sejuknya ketimun.
  • Buah ketimun bersifat mendinginkan dan menenangkan urat urat dan pembuliuh darah sekitar mata dan kelopak.
  1. Kentang

Anda dapat memanfaatkan kentang sebagai kompres agar mata terhindar dari kelelahan, mengatasi mata belekan dan membuat bening penglihatan. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Kupas kulit kentang lalu bersihkan kentang dengan seksama hingga getah yang ada dipermukaan menghilang.
  • Setelah itu irislah kecil kecil dan dihaluskan dengan blender.
  • Simpan kentang yang seperti jus itu didalam lemari es dalam waktu 5 sampai 10 menit.
  • Pakailah sebagai kompres untuk kedua mata anda dengan menggunakan dua kapas yang sebelumnya sudah dicelupkan kedalam jus kentang tersebut.
  1. Kantung Bekas Teh Celup

Anda bisa menggunakan bekas teh celup tak terpakai untuk mengompres mata sebelum tidur malam. Cara ini bermanfaat untuk membuat mata terjaga kebeningannya dan dapat terhindar dari belekan di setiap pagi hari. Caranya adalah :

  • Kantung teh celup bekas dicelupkan pada air teh basi (teh bekas kemarin).
  • Setelah itu masukkan bekas kantung teh celup selama 5 menit dilemari es agar memberi efek sejuk pada mata ketika pengompresan dilakukan
  • Lakukan pengompresan dengan teh celup yang sudah tak terpakai dua kali seminggu.
  • Teh celup basi bersifat menenangkan urat, permukaan kulit dan pembuluh darah disekitar mata dan kelopaknya.

Cara Mengatasi Belekan Pada Bayi

Berikut ini cara mengatasi belekan yang bisa anda lakukan pada bayi anda :

  • Kapas bersih dan air hangat. Jika mata bayi belekan tetapi terjadi karena proses alamiah yaitu karena habis bangun tidur maka bersihkan belek yang ada disudut matanya dengan menggunakan kapas bersih yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat. bersihkan ujung mata bayi secara hati hati hingga kotoran mata dapat diambil.
  • Gerakan halus dan pemijatan. Membuat gerakan memutar mutar perlahan sekaligus memijat dengan penekanan yang lembut pada area pangkal hidung atas bayi kearah hidung bagian bawah. Kebiasaan ini dapat menyehatkan saaluran rongga hidung sekaligus area matanya dan mampu mencegah bayi terserang belekan dalam jumlah banyak yang lengket pada pagi hari setelah bangun tidur.
  • Pengompresan. Jika mata bayi belekan dalam jumlah yang banyak dan lengket maka ambilah kapas yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat untuk mengompres mata bayi. lakukan berulang kali hingga lengket pada belekannya mudah untuk dibersihkan.
  • Konsultasi dokter. Jika mata bayi berair, kemerahan, ada pembengkakan disekitar area kelopak matanya disertai dengan belekan dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya segera berobat  dan berkonsultasi pada dokter anak tentang penyakit belekan tersebut agar dokter dapat mengantisipasi. Dokter akan memberikan resep obat yang direkomendasikan khusus untuk bayi yang sesuai dengan usianya.

Untuk mempertahankan kesehatan mata bukan hanya terpaku pada kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A saja, tetapi harus di imbangi dengaan kebiasaan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat itu dengan cara menjauhi segala bentuk udara yang mengandung banyak radikal bebas dan memberi perawatan ekstra menggunakan bahan alami seperti bawang putih, daun sirih, mentimun ataupun kentang seperti yang telah diterangkan diatas. Gaya hidup sehat itu bisa menghindarkan diri kita dari berbagai macam penyebab belekan mata. Semoga artikel ini bermanfaat

You may also like