Cara Mencuci Tangan yang Benar dan Steril

cara mencuci tangan

  • Adi : “Wah sudah waktunya makan siang, nasi padang enak nih sepertinya! “
  • Deni : “bener juga, ayam pop, rendang sama sayur enak juga nih, ayo kita makan“
  • Adi : “Eh, tapi cuci tangan dulu lah sebelum makan“
  • Deni : “ah nanti aja, cuci tangannya setelah makan aja“

Mungkin kita sudah tidak asing dengan percakapan di atas, bukan soal makan nasi padangnya, tapi soal cuci tangan yang sepertinya cuman menjadi nomer dua dalam menjaga kesehatan.

Tahukah anda? Sejak mandi pagi hingga makan siang, tangan sudah terkontaminasi jutaan kuman? Mulai dari setir mobil, stang sepeda motor, pegangan tangan di kereta, gagang pintu, bahkan tempat duduk pun memiliki kuman. Setelah terkontaminasi, langsung makan tanpa cuci tangan? Bisa dibayangkan kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Langkah Mencuci Tangan yang Tepat

CDC (Center for Disease Control and Prevention) memiliki rekomendasi cara mencuci tangan yang tepat dan steril untuk membersihkan tangan, yaitu :

  1. Basuhlah tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih
  2. Gosok permukaan kedua tangan, pastikan tidak ada yang terlewat
  3. Setelah sabun merata, gosokkan kedua tangan anda selama 15 – 20 detik
  4. Bersihkan bagian sela-sela kedua jari tangan
  5. Setelah selesai bilaslah sabun sambil menggosokkan kedua tangan
  6. Keringkan tangan menggunakan hand dryer atau handuk

Nah, mudah bukan? Hanya dengan beberapa detik, maka dijamin anda akan terhindar dari kuman – kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Cuci Tangan tanpa Sabun

Lalu bagaimana ketika ingin mencuci tangan, tapi tidak menemukan sabun? Tak masalah, anda dapat menggunakan hand sanitizer yang dapat dibeli di apotik. Namun ingat, untuk beli di apotik atau toko obat, jangan beli di lapak pedagang aksesoris pinggir jalan, karena kandungan sanitizernya diragukan.

Selain itu, juga bisa menggunakan alkohol. Alkohol dan hand sanitizer dinilai dapat menjadi pengganti sabun dalam membunuh kuman penyebab penyakit. Caranya adalah :

  1. Cukup basuhkan tangan anda dengan hand sanitizer atau alcohol
  2. Gosokkan kedua tangan anda
  3. Gosok juga bagian sela – sela jari anda
  4. Keringkan dengan menggunakan handuk atau tissue.

Waktu yang Diperlukan untuk Mencuci Tangan

Setelah mengetahui cara mencuci tangan yang tepat, maka anda juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Hanya sebelum dan sesudah makan saja? Tentu saja tidak. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang mewajibkan anda mencuci tangan anda :

1. Sebelum dan sesudah makan

Pastilah hal ini harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terkontaminasinya makanan yang akan kita konsumsi dengan kuman, sekaligus mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh kita.


2. Sebelum dan sesudah menyiapkan bahan makanan

Bukankah kuman akan mati ketika bahan makanan dimasak? Memang benar. Masalahnya bukan terletak pada bahan makanannya, tetapi kuman – kuman yang menempel pada tangan anda ketika mengolah bahan mentah.

3. Sebelum dan sesudah mengganti popok

Untuk menjaga sterilnya kulit bayi dari kuman – kuman berbahaya yang dapat menginfeksi, maka anda wajib untuk mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah mengganti popok bayi.

4. Setelah buang air besar dan buang air kecil

Perlu penjelasan lagi? Sudah pasti ketika melakukan buang air besar dan buang air kecil kuman dan bakteri akan mudah menempel pada tangan anda, dan harus dibersihkan.

5. Setelah bersin atau batuk

Sama seperti buang air kecil dan buang air besar, ketika bersin atau batuk, itu artinya anda sedang menyemburkan bakteri dan kuman dari mulut dan hidung anda. Refleks anda pastinya menutup mulut dan hidung dengan tangan, yang artinya, kuman akan menempel pada tangan anda.

6. Sebelum dan setelah menggunakan lensa kontak

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi pada bagian mata ketika anda menempelkan lensa kontak pada mata anda.

7. Setelah menyentuh binatang

Bulu binatang merupakan penyumbang bakteri dan kuman yang sangat besar, sehingga anda wajib mencuci tangan anda setelah bersentuhan dengan binatang, terutama yang berbulu tebal


8. Setelah menyentuh sampah

Sampah, sudah pasti merupakan sumber bakteri dan kuman yang sangat berbahaya bagi tubuh. Wajib hukumnya bagi anda untuk mencuci tangan setelah menyentuh sampah.

9. Sebelum menangani luka

Luka, terutama pada bagian tubuh tertentu akan sangat sensitive terhadap bakteri dan kuman. Apabila anda tidak mencuci tangan sebelum menangani luka, maka kemungkinan terjadinya infeksi karena bakteri dan kuman akan menjadi semakin tinggi.

10. Setelah memegang benda “umum”

Mungkin agak berlebihan, tetapi anda harus tahu, benda – benda umum memiliki kandungan bakteri dan kuman yang sangat tinggi, sehingga wajib anda bersihkan. Benda-benda umum yang memiliki banyak bakteri dan kuman antara lain :

  • Uang
  • Handle pintu
  • Pegangan pada bus atau kereta
  • Alat absensi sidik jari
  • Besi pegangan jembatan
  • Tombol lift
  • Dan benda-benda lain yang digunakan oleh orang banyak

Bahaya Penyakit Akibat Tidak mencuci Tangan

Berikut ini jenis penyakit yang mungkin timbul ketika anda melewatkan cuci tangan :

  1. Sakit perut
  2. Muntaber
  3. Flu
  4. Radang tenggorkan
  5. Amandel
  6. Asma
  7. Gangguan pernapasan lain

Selain itu masih banyak sekali penyakit yang dapat timbul karena kuman yang masuk ke tubuh. Selain itu, kuman tersebut juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui sela-sela kuku jari. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kontaminasi kuman pada bagian tangan.

Mengerikan? Iya. Karena itu sangat perlu membiasakan diri untuk mencuci tangan secara steril dan benar.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, March 2015 / 10:38 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat